zharnd zharnd

174 posts   3,872 followers   936 followings

Bunga Lompat  Indonesian Muslimah Blogger🌻 Est. 1997, wandering around since then. #bungalompat

Perkenalkan, sahabat-tak-pernah-lepas saya sejak lahir, mereka sih memanggilnya MAUT. Kalau saya sebut dia bestfriend lah. Kemana-mana ngikut.
.
Iya, kami bersahabat, dekat sekali. Sampai sering lupa dia mengintaiーeh maksudnya memperhatikan saya.
.
Bahkan lebih dekat daripada umik, abi, adek2, uti, abah, ikan leleku, ikan gurameku, dan....kamu, iya kamu.
.
Makanya, entah kamu...atau si maut dulu yang datang.
.
Yang jelas, kalau saya tidak ada, kalian tahu saya pergi bersama siapa. Ya sahabat dekat saya itu.
.
Doakan saja, bismillah biidznillah.
.
Ohya, kalau sahabat dekatmu, siapa?
.
#bungalompat#longskirtraveler#travelblogger#malangcitizen#malangblogger#sidoarjo#bloggerindonesia#muslimahindonesia#muslimahblogger#bloggersidoarjo#bloggermalang#selfreminder#sahabatdekat

🔝not me but umikku yg sedang memegang aku. Iya aku, kan aku زهرةーbunga.
.
Bunga tidak selalu berbentuk indah seperti edelweis, namun lambang keabadian. Dia kuat tumbuh di daerah gunung yg dingin.
.
Bunga tidak selalu harum, seperti rafflesia arnoldi. Tapi dia unik, terkenal, dan misterius.
.
Bunga tidak selalu mudah dan gampang, seperti mawar. Dia menjadi lambang untuk perempuan yang memiliki 'izzah. Menawan nian dilihat, namun tidak gampang digenggam.
.
Bunga tidak selalu menonjol nampang, seperti kemuning. Kecil bentuknya, namun siapapun yang lewat pasti mencium baunya.
.
It goes same with us, as human being.
.
Memelihara respekーrasa menghargai. Masing-masing teman di kanan dan kiri kita memiliki kebaikan dan kekurangan.
.
Karena bukan SETAN, yang selalu jahat. Bukan MALAIKAT yang selalu taat.
.
Menjadi manusia milenial keren itu, berarti dapat melihat celah kebaikan pada keburukan ➡ kemudian ditiru. Dan mendoakan keburukan apabila mendapati ➡ sehingga dia bertaubat, dan kita sendiri dihindarkan.
.
Wallahualam bisshawwab.
.
Pagi yang dingin di Malang,
dalam rangka mengingatkan diri sendiri.
ーMerjosari, 2018.
.
#hikmahnafidah#bloggerindonesia#bloggermuslimah#malangcitizen#malangblogger#bloggerngalam#bloggersidoarjo#travelblogger#longskirtraveler#bungalompat#zahrahnida

Hijrah? Apa saya hijrah?
.
Ketika saya bertanya kepada salah satu teman SMA, katanya; dari dulu luaran saya (kurang lebih) seperti 'ini'.
.
Dalamnya? Bukan hijrah, tapi ibaratnya (sudah seperti) ekspedisi hopping planet dari galaksi Triangulum, berusaha menuju galaksi Bimasakti (apabila dimisalkan Bimasakti adalah last check point kehijrahan yang hakiki). Tapi sampai sekarang masih di galaksi Andromeda.
.
Btw akhir-akhir ini Malang gerah yeu.
.
#bungalompat#travelblogger#malangcitizen#malangblogger#bloggerindonesia#bloggermuslimah#bloggersidoarjo#longskirtraveler#pantaimalang#pantainganteb

Dalam satu minggu kehidupan terakhir, saya mengambil kesimpulan; setiap individu di dunia tidak akan pernah lepas dari asumsi/opini/pendapat/penilaian orang lain. Tidak bisa mengelak, dan tidak bisa memberhentikan.
.
Bahkan ketika masih dikandungan, bahkan ketika kuburnya sudah tertancap nisan.
.
Karena satu manusia dengan manusia lain itu terlihat mata, terdengar telinga, dan terasa gerak-geriknya.
.
Jangan heran apabila maksud hati mengunggah tulisan/video/foto dg maksud A, ditangkap B oleh oranglain. Karena meski bahasa bersifat konvensional, dia juga arbitrer. Mana suka. Wajar kalau terjadi perbedaan pemahaman terhadap suatu tanda, penanda, dan petanda.
.
Apalagi setiap manusia tumbuh bersama pemikiran dan hati mereka sendiri, dalam satu tubuh. Tidak dengan pikiran/hati orang lain, secara harfiah. Tidak bisa kan, 'hey sini mana pikiranmu, biar aku bisa paham apa maumu'.
.
Kita hanya bisa menerka.
.
Buat saya pribadi, sudah waktunya paham bahwa; sampai kapanpun tidak bisa mengelak asumsi/opini/persepsi dari orang lain. Yang dilakukan adalah; jalani saja apabila menurut keyakinan benar. Tapi jangan tulikan telinga butakan mata terhadap nada-nada nasehat (tingkatkan sensitifitas thdp anjuran yang membangun, bukan yang merusak).
.
Buat saya pribadi, masih berusaha untuk; dengarkan substansi yang disampaikan, bukan oleh siapa yang mengutarakan.
.
Wallahualam.
.
-Zahrah, di Malang yang mulai panas.
.
#bungalompat#trenggalek#muslimahblogger#muslimahindonesia#travelblogger#malangblogger#malangcitizen#pasirputihtrenggalek

Tidak suka/benci orang lain itu wajar, manusiawi. Tapi coba tilik lagi, dengan rasa tidak suka itu apakah saya semakin terpacu menjadi manusia lebih baik.
.
.
Atau malah tenggelam berlarut-larut membesarkan rasa benci, tanpa melakukan apa-apa.
.
Oh betapa meruginya.
.
Karena menurut saya, seperti Prabowo dan Jokowi. Tidak semua orang suka, dan tidak semua membenci salah satu salah dua.

Bukan main doa, "allahumma inni as'aluka 'ilman nafi'an wa rizqan thayyiban wa 'amalan mutaqabbalan."
.
Biar kata orang, 'kamu ini kuliahnya apa kerjanya apa kok ga nyambung'. Takdir tiap orang berbeda dalam kemanfaatan ilmunya. Ada yang linier, ada yang tidak. Rahasia Allah, ilmu kita yang mana yang membawa kita menjadi 'manusia bermanfaat'.
.
Na'dzubillahi min dzalik itu kalau hati dan pikiran tidak pernah puas dengan pundi-pundi dunia. Mengerikan, jika ada pundi digenggaman tangan, tapi rasa ingin lebih menggerogoti. Kepada Allah, semoga tiap sen pundi dijadikan kebaikan yang menentramkan hati supaya mudah bersyukur.
.
Kiranya semoga Allah menerima setiap rakaat shalat, bacaan dzikir/ngaji, lapar puasa, basah wudhu, ucapan baik, wa ghairu dzalik, sebagai amalan yang berkah dan diterima. Sedihnya bila berniat ibadah tapi menjadi sia-sia.
.
#bungalompat#longskirtraveler#bloggerindonesia#genpijatim#bloggersidoarjo#bloggermuslimah#hijabblogger#indonesianblogger#travelblogger#trenggalek#cengkrong#mangrove#pancercengkrong

[TAG TEMAN/KENALANMU YANG MAU WISUDA wkwk]
.
Ceritanya, besok Sabtu ada beberapa mbak dan mas yang wisuda (summon UIN Maliki+UB hehe). Nitip doa, untuk kakak-kakak sekalian....
.
Bismillah ⚡
Kak, semoga ilmunya berkah ya.

Nggak mesti ilmu yang sesuai dengan jurusan di fakultas kok.

Bisa jadi ilmu (sampingan) lain yang membuat kita menjadi manusia lebih berguna bagi nusa bangsa (wihiw wkwk). Yang penting itu kebermanfaatannya bagi orang lain. Bukan 'ilmu gue nih keren, bisa bikin manusia bersinar kayak belut listrik'. Tapiii~~ seluas apa ilmu itu tersebar? Sebanyak apa orang-orang yang berubah menjadi lebih baik dengan ilmu yang kakak punya 😁

Bukan berarti semerta-merta menyampingkan ilmu sesuai jurusan loh ya. Cuma kan wallahua'lam bisshawab, di mana Allah beri kita jalan terbaik menuju surga? Because as I read in one of Dan Brown's book ('kay I forget the title😂), and as a famous proverb said;

ALL ROADS LEAD TO ROME, literally there are many ways to Rome loh, beneran.
.
You believe that Allah is the greatest 'appropriate-path' giver right?

Lubang Segitiga, jadi teringat masa kecil. Biasanya sering dijumpai di mushalla-mushalla desa. Sambil berpikir, 'kalo ngintip tiba-tiba bakal ada yang kagetin gak ya'. Soalnya pasti menghadap perkebunan.

Di sinilah tempat kelahiran saya, di antara semak belukar yang menjadi pelindung sebuah air terjun mungil. Sebuah tempat menyenangkan bagi dryad kecil tumbuh besar, dan mudah untuk mendapatkan minum makanan bergizi.

How you treat your social media account(s)? Gajah mati ninggal gading, manusia mati ninggal nama. Dulu, punya 'nama' bisa karena nulis kitab ilmu seperti Sibaweh (nahwu) atau Hellen Keller (motivasi hidup). Sekarang mah jamannya sosmed, upload foto, bikin caption, tag, hastag.

Berarti bila mati, manusia jaman now, gak hanya meninggalkan 'nama', tapi juga unggahan-unggahan tulisan atau foto.

Kalau wafat; akun, tulisan, dan foto itu masih akan ada di sana. Bisa jadi jariyah bila tulisannya bermanfaat atau fotonya menginspirasi.

Jadi, bagaimana kamu memperlakukan akun media sosial mu?
.
#travelblogger#bloggersidoarjo#bloggermuslimah#bloggermalang#malangcitizen#pantaimalang#wisatamalang#pantaibalekambang#muslimahindonesia#INDOTRAVELLERS

For you and I, may Allah ease (y)our hardness in learning-studying-craving ayatullah in this amazing world. Keep (y)our feet run, or walk, or-even-it's okay to crawl.
.
.
Untuk kamu, tetaplah mengagumkanku dengan istiqamah menjaga niat lillahi ta'ala, semoga diberi keluasan ilmu akhirat dan dunia.
.
Kehadiran Abu Bakar As-Shiddiq yang setia membela Islam, bukan tanpa sebab.
.
Kehadiran Umar bin Khatthab yang tegas dan kuat membela Islam, bukan tanpa alasan.

Kehadiran Utsman bin Affan yang dermawan dan loyal demi Islam, bukan tanpa alasan.
.
Kehadiran Ali bin Abi Thalib yang cerdas berilmu dan muamalah, bukan tanpa alasan.
.
Biar kata sudah dekat kiamat, gempuran kebebasan penggunaan teknologi canggih, biar kata 'kamu makhluk jaman milenial', memang kenapa?
.
Mmmm (kamu/kita/kami) mau gak...istiqamah untuk terus upgrade belajar panduan hidup seorang muslim, mu'min, muhsin? Aku juga, insyaAllah. Temani, dampingi, ingatkan aku. Nasehati aku.
.
Untuk kamu, yang baca tulisan ini sampai di sini 🌾
.
#IDCorners#muslimahindonesia#muslimahblogger#indonesianblogger#bloggermalang#bloggersidoarjo#travelblogger#visitindonesia#malang#malangblogger#wisatamalang#pantaimalang#malanhbeach#batubengkung#pantaibatubengkung#hijabtraveller

It's located in Malang. Still hesitate to visit this beautiful city?
.
.
Anyway!
Soon, I (Bunga Lompat), will have lil project with my amazing schwester @amaliya_rahmatin (Nona Langit).
.
It's about muslimah and traveling🏄
좀 기다려! We're waiting your participation🌻
.
#pantaimalang#pantaitanjungsirap#tanjungsirap#ngalamkipa#INDOTRAVELLERS#hijabtraveller#malangcitizen#bloggersidoarjo#malangblogger#longskirt#bungalompat#travelblogger#IDCorners#bloggermuslimah#indonesianblogger#malang#wisatamalang

Most Popular Instagram Hashtags