#ucapanbaik

43 posts

TOP POSTS

perkataan seseorang mencerminkan kepribadiannya. tiada kata yang terucap tanpa lidah, lidah merupakan organ tubuh yang kecil yang diberi oleh Tuhan. Tuhan menciptakannya supaya manusia memuliakan nama Tuhan dengan mengucapkan kata - kata yang memuji Tuhan, serta memberkati orang lain bukan mematikan karakter orang lain
#penguasaandiri
#ucapanbaik
#belajartaatsampaimemutihrambutku

UCAPAN YANG BAIK DAPAT MEMBENTENGI DARI ADZAB NERAKA 🗻 Dari 'Adi bin Hatim radhiallahu 'anhu, ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda

اتقوا النار ولو بشق تمرة فمن لم يجد فبكلمة طيبة 📡 'Jagalah diri kalian dari api neraka walaupun dengan (bersedekah) sepotong buah kurma. Barangsiapa tidak menemukan (sesuatu yang dapat ia sedekahkan), maka dengan ucapan yang baik.'." (HR. Al-Bukhari dan Muslim) 📙📔 Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah menjelaskan, ☑️ "Jadikanlah tameng pelindung antara kalian dengan api neraka, walaupun dengan bersedekah sepotong buah kurma. Karena sesungguhnya hal itu dapat membentengi kalian dari api neraka, jika Allah menerima sedekah tersebut." ☑️ 'Barangsiapa tidak menemukan (sesuatu yang dapat ia sedekahkan), maka dengan ucapan yang baik' seperti engkau mengatakan kepadanya, 👉🏻 bagaimana kabarmu?
👉🏻 bagaimana keadaanmu?
👉🏻 bagaimana kabar saudara-saudaramu?
👉🏻 bagaimana keadaan keluargamu? 🔵 dan yang semisal dengan itu. Karena kata-kata seperti ini termasuk ucapan yang dapat menggembirakan sahabatmu." 🌍 Lihat: Syarah Riyadhus Shalihin (4/62)
📝 Diterjemahkan oleh: Tim Warisan Salaf

#Fawaidumum
〰〰➰〰〰
🍉 Warisan Salaf menyajikan Artikel dan Fatawa Ulama Ahlussunnah wal Jama'ah
🍏 Channel kami https://bit.ly/warisansalaf 💻 Situs Resmi http://www.warisansalaf.com •┈┈┈┈•✿❁✿••✿❁✿•┈┈┈┈• 🍃Turut menyebarkan:
Whatsapp: 🌹syarhus sunnah lin nisaa`
Channel Telegram:
http://bit.ly/syarhussunnahlinnisa
Website:
http://catatanmms.wordpress.com

Turut menyebarkan
Instagram : @akhwatart

#ucapanbaik#benteng#adzabneraka#dakwahsalaf

Tidak ada seorang pun yang ucapannya lebih baik—sebagus apapun retorika dan gaya bahasanya—dibandingkan dengan ucapan orang yang berdakwah atau mengajak manusia untuk mentauhidkan sekaligus menaati Allah SWT (Al-Jazairi, Aysar at-Tafasir, III/480). "Siapakah yang lebih baik ucapannya dibandingkan dengan orang yang berdakwah (mengajak) kepada (agama) Allah…" (TQS Fushilat [41]: 33). #Dakwah #UcapanBaik

Ceritanya mau Liqo di mesjid tapi lagi ada taklim yg hebring. Jadi melipir sajalah ke sini meh jongjons ~
Well, liqo kali ini ngebahas cara-cara berkomunikasi menurut Alquran. Nah konteks komunikasi ditemukan dalam lafazh "Qaulan" (perkataan). Terus apa aja sih 6 cara panduan Islami dalam berkomunikasi?
1.Qaulan Sadida--perkataan yg benar (QS. An-Nisa:9)
2. Qaulan Baligha--efektif ( QS. An-Nisa’: 63)
3. Qaulan Ma’rufa--ucapan yg baik ( QS. Al-Baqarah: 235; QS. An- Nisa’: 5& 8; QS. Al-Ahzab: 32)
4. Qaulan Karima--berkata mulia ( QS. Al-Isra’: 23)
5.Qaulan Layina--lemah lembut ( QS. Thaha: 44)
6. Qaulan Maisura--mudah dipahami ( QS. Al-Isra’: 28)

Keenamnya itu pun mendukung ayat yang jadi prinsip dasar komunikasi dalam Islam, yaitu: “Dan berkatalah kamu kepada semua manusia dengan cara yang baik (husna)” (QS. Al-Baqarah:83). So, sebenernya Alquran itu udah paling lengkap jadi pedoman. Bahasanya juga gampang dimengerti, tinggal kitanya aja yg bikin implementasinya sesuai pedoman.

Semoga bermanfaat. \★/ #Liqo
#JagaLisan #ucapanbaik #komunikasi #alquran #perkataan #baik #komunikasiefektif #committee #hijaberscommunitybandung
#bandung #19 #mei #2016

Boleh katakan orang lain dengan kata kasar dan jangan pernah doakan mereka.. Tidak tahu sama sekali siapakah yang lebih baik dan siapa yang merasa baik. .
.
.
.
.
Semua hanya Tuhan yang tahu.
#UcapanBaik
#Niat
#BerhentiBerkataKasar
#BerpikirJernih

Manusia akan berbicara buruk tentang dirimu dalam tiga keadaan;

1. Ketika mereka tidak memiliki apa yang engkau miliki.

2. Ketika mereka tidak mampu menjadi seperti dirimu.

3. Ketika mereka tidak bisa sampai kepada kedudukanmu. Imam Ibnu Hazm rahimahullah berkata: "Kecerdasan itu terletak pada sikap tidak peduli (cuek) terhadap perkataan dan komentar manusia, namun memperdulikan/memperhatikan perkataan sang Pencipta, yakni Allah Azza wa Jalla." Barang siapa yang menyangka ia bisa selamat dari celaan & cercaan manusia, maka ia adalah orang gila." Jika baik menurut Allah maka jgn pedulikan omongan orang lain..... #herwindimana #anakgilabukanjahil
#ungkapanfikiran #ilmunyamasihsedikit #perlubelajarlagi #baik #ucapanbaik #oppof1 #masihhina #instagram #insyallah #manfaat #amiiin

Yg suka ama lagu DESPACITO yg lg booming dan kekinian,kayak dek bimo yg lagi sukaaa ama lagu ini.klo bisa dari yg di cover ulang ama GEN HALILINTAR ajaaah.krn liryk nya udah banyak di gubah dan artinya lebih baik.krn klo DESPACITO Yg aslinya arti liryk nya jorok banget.makanya aku pilihkan liryk DESPACITO dari GEN HALILINTAR yg baik aja artinya,Bukan kah ucapan adalah doa??? Dan apa yg kita ucapkan ,kelak akan di pertanggung jawabkan ???👍👍👌👌👌#genhalilintar#song#ucapanbaik#

Berat memang menjaga lisan
Namun jauh lebih berat bila kita harus menanggung akibat dari lisan yang tak terjaga.

Karena lisan semua bermula & berakhir.
Awali dengan ucapan yang baik & akhiri dengan penuh hikmah.

#quote #ahmadsyarif #munsheed #nasheed #inspirasinger #lisan #ucapanbaik #jagalisan #religion #muslim #pemuda #hijrah #riau

MOST RECENT

Yg suka ama lagu DESPACITO yg lg booming dan kekinian,kayak dek bimo yg lagi sukaaa ama lagu ini.klo bisa dari yg di cover ulang ama GEN HALILINTAR ajaaah.krn liryk nya udah banyak di gubah dan artinya lebih baik.krn klo DESPACITO Yg aslinya arti liryk nya jorok banget.makanya aku pilihkan liryk DESPACITO dari GEN HALILINTAR yg baik aja artinya,Bukan kah ucapan adalah doa??? Dan apa yg kita ucapkan ,kelak akan di pertanggung jawabkan ???👍👍👌👌👌#genhalilintar#song#ucapanbaik#

●Malulah Berdusta●
Jarak antara mulut dan telinga kurang dari satu jengkal. Sebelum ucapan sampai ke telingamu, ia terlebih dahulu sampai ke telinga Imam Zaman ajf.
-Ayatullah Syeikh Behjat qs-

#malu #dusta #jarak #mulut #telinga #jengkal #ucapan #imamzaman #imammahdi #ayatullah_bahjat #kutipan #selfreminder #salingmengingatkan #jagaucapan #hatihatiberkata #ucapanbaik #manfaat #katabijak #katahikmah #katamutiara

Pikiran dan Ucapan sangat berpengaruh pada proses perjalanan kehidupan..
.
.
#berpikirpositif #berpikirpositive #kebaikan #manfaat #mutiaraqolbu #mutiaraqolbuku #sadardiri #kesadaran #introspeksidiri #ucapanbaik

Ramadhan Mubarak.
Waktu bagai pedang
menebas keadaan hilang jadi kenangan. Perlahan terlampaui perlahan menghilang. "Apa yang paling jauh? Masa lalu" ~ imam Al - Ghazali

#ramadhan #mubarak #berkah #brotherhood #zakat #infaq #sadakah #sabar #tawakal #tafakur #menahan #ucapanbaik #sikapbaik #tindakanbaik #menolong #syukur #ampunan

perkataan seseorang mencerminkan kepribadiannya. tiada kata yang terucap tanpa lidah, lidah merupakan organ tubuh yang kecil yang diberi oleh Tuhan. Tuhan menciptakannya supaya manusia memuliakan nama Tuhan dengan mengucapkan kata - kata yang memuji Tuhan, serta memberkati orang lain bukan mematikan karakter orang lain
#penguasaandiri
#ucapanbaik
#belajartaatsampaimemutihrambutku

Rabi bin Khutaim rahimahullah pernah bilang : "Kagak ade bagus-bagusnye sebuah ucapan kecuali 9 hal : + Tahlil (Laillaha illallah) + Takbir (Allahu Akbar) + Tasbih (Subhanallah) + Tahmid (Alhamdulillah) + Nanya tentang yang baek
+ Nyari perlindungan dari kejahatan + Menikmati yang baek
+ Ngelarang kejahatan + Baca al Qur'an *Translate Gaya Bebas
#UcapanBaik #Tahlil #Takbir #Tasbih #Tahmid #Berlindung #AlQuran

Ucapan yang baik itu sungguh menyejukkan . kita semua membutuhkan, untuk menentramkan hati, menetralisir pikiran,meluruskan perilaku,dan banyak lagi. Lisan ini sebagaimana fitrahnya, adalah jalan berjuta kebaikan, sumber warna – warni hidayah. Maka, doa memohon lisan yang sidiq dan buah tutur yang baik adalah doa para utusan terkasih. Banyak orang terangkat derajatnya karena lisan.
.
Al – qur’an telah menggambarkan secara indah tentang ucapan yang baik :
Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit, *pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat. (QS : Ibrahim 24 – 25 )
.
Seperti pohon yang baik,katanya. Bijaksana sekali Rabb kita, membuat perumpaan ucapan dengan tetumbuhan. Sebab , percayalah, laksana pohon, ucapan itu hidup dan menghidupkan. Merambat melalui telinga, menyusup ke relung jiwa, menyusun pola piker, dan muaranya membentuk perilaku. Serupa apa yang sering di dengar, seperti itulah watak terbentuk.
.
Mari kita sirami dan suburkan pohon indah kehidupan itu. Ia adalah pohon ucapan yang bijak.sebab , Di zaman ini, hidup disesaki ucapan gossip dan fitnah bahkan aib dan kebohongan di umbar. Maka, yang terjadi adalah tumbangnya pohon – pohon rimbun tadi, merusak sendi – sendi kehidupan, mengoyak rasa saling percaya dan persaudaraan, berganti caci maki dan permusuhan.
.
Ya Allah, jadikan lisan ini yang sidiq , pembawa ucpan yang baik, Amiin.
.
#semangathidup #ucapanbaik #ibadah #hijrah #dakwahislam #teladanrosul #negeriakhirat #like #share #kedamaian #bermanfaat #bagibagi_ins

Ini beberapa kalimat yang di ucapkan saat......(baca:gambar).
Jangan sampai kebolak balik ya. Beda ucapan, beda makna, beda konteks pragmatisnya kawan. O iya hati-hati juga saat pengucapannya, how to pronounciate it. Hati2 juga ni, jangan sering-sering bersumpah atas nama Allah (Demi Allah, Haqqul yaqin, wallohi, Tallohi) untuk hal2 yang tidak perlu banged. Intinya, gunakan semua pada konteks meaningnya, jangan buat main2.
Panggil nama saudara kita dengan panggilan jelek aja di larang kan (Suroh Al-Hujurat ayat 11), apalagi nama Allah, Tuhan yang menciptakan kita. Yuk, be wise how to use it.
Boleh juga ni Good lucknya di ganti Allah yuftah alaikum.
#ucapanbaik#islamicvalue#sumpah#silmykaffah#tadabbur#tafakkur

Manusia akan berbicara buruk tentang dirimu dalam tiga keadaan;

1. Ketika mereka tidak memiliki apa yang engkau miliki.

2. Ketika mereka tidak mampu menjadi seperti dirimu.

3. Ketika mereka tidak bisa sampai kepada kedudukanmu. Imam Ibnu Hazm rahimahullah berkata: "Kecerdasan itu terletak pada sikap tidak peduli (cuek) terhadap perkataan dan komentar manusia, namun memperdulikan/memperhatikan perkataan sang Pencipta, yakni Allah Azza wa Jalla." Barang siapa yang menyangka ia bisa selamat dari celaan & cercaan manusia, maka ia adalah orang gila." Jika baik menurut Allah maka jgn pedulikan omongan orang lain..... #herwindimana #anakgilabukanjahil
#ungkapanfikiran #ilmunyamasihsedikit #perlubelajarlagi #baik #ucapanbaik #oppof1 #masihhina #instagram #insyallah #manfaat #amiiin

Most Popular Instagram Hashtags