#suudzon

1129 posts

TOP POSTS

🔹

Sebagaimana kita ketahui, bahwa berburuk sangka kepada orang lain adalah akhlak yang tercela dan dilarang dalam agama.

Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam juga bersabda:

إياكم والظنَّ، فإنَّ الظنَّ أكذب الحديث “
jauhilah prasangka, karena prasangka itu adalah perkataan yang paling dusta” (HR. Bukhari-Muslim). Inilah hukum asal prasangka buruk terhadap sesama Muslim, yaitu terlarang. Karena kehormatan seorang Muslim pada asalnya terjaga dan mulia.
.
.
.
#berprasangkaburuk #suudzon #hadits #dyanafandevi

That time when a total stranger invited me to aboard his yacht so i step in with no hesitation bcs here in UK people are genuinely nice! 💙 but if it's in Indonesia instead, i might question his motive, choose to politely refuse & run as fast as i can 😂👋 #sadtruth #suudzon

Jauhi prasangka buruk💔💔
🍀🍀🍀
#untukku #nasehat #jauhi #prasangka #suudzon 📹 @yufid.tv

AKU MERASA KURANG.
.
Jika kita ingin tahu bahayanya menganggap diri lebih baik, maka coba lihatlah pada kekurangan kita dalam ketaatan. Lalu lihat para orang yang menyatakan kita baik. Maka kalau seandainya mereka tahu kekurangan kita, pasti mereka akan menjauh.
.
Seharusnya sikap seorang muslim adalah mengedepankan suuzhon (prasangka jelek) pada diri sendiri. Ia merasa dirinya serba kurang. Tak perlulah ia memandang kejelekan pada orang lain. Kita ingat kata pepatah,
. “Semut di seberang lautan nampak, namun gajah di pelupuk mata tak nampak.”
.
Dari Abu Hurairah, ia berkata,
.
يُبْصِرُ أَحَدُكُمْ القَذَاة فِي أَعْيُنِ أَخِيْهِ، وَيَنْسَى الجَذَل- أو الجَذَع – فِي عَيْنِ نَفْسِه
ِ
.
“Salah seorang dari kalian dapat melihat kotoran kecil di mata saudaranya tetapi dia lupa akan kayu besar yang ada di matanya.” (HR. Bukhari dalam Adabul Mufrod no. 592, shahih secara mauquf).
.
Sumber: RumayshoCom
.
.
#dakwahtauhid #dakwah #tauhid #husnudzon #suudzon

Sebuah laman di BBC Indonesia merilis sekitar 10 toko buku tercantik di Dunia. Satu dari mereka ada di tempat yang sempat saya datangi minggu lalu. .
.
Boekhandel Dominicanen (nama toko buku tersebut) yang terletak di Maastricht, Belanda ini cukup menyita perhatian saya. Awalnya saya mengira ini museum atau gereja klasik, namun ini toko buku. Dengan sejarah masa lalu yang cukup rumit, jadilah toko buku super megah ini. Perpaduan klasik, unik, tapi lengkap. Bahkan buku berbahasa inggris mudah ditemukan di sini. Satu lagi, penggila fiksi termasuk novel, maupun penikmat puisi-puisi klasik mungkin bisa jadi satu pilihan yang sangat tepat ketika memutuskan untuk datang ke tempat ini. .
.
Ketika toko buku online semakin merajalela, barangkali ini salah satu cara menyaksikan bentuk toko buku sesungguhnya.
.
.
Selamat liburan musim panas semuanya. :) #liburtetepgawe #liburtetepkece #boekhandeldominicanen

Photo by @iqbal.grissee

Saya dalam 28 detik #life #danceon

Shoot&edit:@gairah_

nyokap sakit -> anaknya ikut -_-
(suami: murah amat itu berobat, tp dokternya gitu yah, obatnya paten g? farmasi-nya lama bgt -> udah keenakan berobat di siloam gini nih -_-
#suudzon wkwkwkwkwk)

Selamat hari PRAMUKA
Sampai sekarang masih hafal Dasa Dharma,tapi masih banyak kekurangan dalam melaksanakannya😢 Maafkan bila ku telah membuat kekecewaan🙏
#ulah #suudzon #semangat45 #merdeka

MOST RECENT

.
.
Jauhilah sifat buruk sangka, karena sifat tersebut hanya akan mengotori hati dan menambah dosa.
.
Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman :
.
“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan berprasangka, karena sesungguhnya sebagian tindakan berprasangka adalah dosa dan janganlah kamu mencari-car kesalahan orang lain” (Q.S. Al-Hujurat : 12)
.
Rasulullah shalallahu'alaihi wa salam juga berpesan dalam salah satu hadistnya:
.
“Berhati-hatilah kalian dari tindakan berprasangka buruk, karena prasangka buruk adalah sedusta-dusta ucapan. Janganlah kalian saling mencari berita kejelekan orang lain, saling memata-matai, saling mendengki, saling membelakangi, dan saling membenci. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara”
.
.
#katanabi #hadist #hadits #rasul #sunah #sunnah #rasulullah #islam #islamindonesia #dakwah #hijab #hijabindonesia #akhlakmulia #akhlakrasul #teladanrasul #islamcintadamai #imanislam #cintaislam #muslim #muslimah #syar'i #curiga #buruksangka #suudzon #khusnudzon

Saya sebenernya rada bingung sm Masyarakat kita, baru di Indonesia keluarga seorang Presiden pake apa aja di permasalahin harganya,
Pake murah pencitraan, buatan Indonesia juga salah katanya kaya wong Ndeso, baru pake bermerek dikatain juga, lah piyeee tohhhh
Lah wong Duit ne dewe koq sing mumet kalian
Kalau uang dr korupsi dipermasalahin ya sah sah aja,
Wong bapake presiden beli sepatu 7.7 jt aja koq ributttttt
Sing Ndeso sopo iki 👀👀
Kalau bapaknya kang Becak (sorry bukan menghina profesi ) nah itu yg aneh duit dr mana......
Wong Bapake presiden koq beli sepatu 7.7 jt ora isoooo ,
Berdikari sendiri , usaha Makobar, karyawane ake...
Nyinyir menghujat anak presiden sepatue larang rakyate susah,

Yg menghujat situ waras????
Cape d.....
#berfikir #jangan #picik #iri #dengki #suudzon

Don't judge a book from it's cover, for true!

Hari ini spt biasa hunting buku, ojan jarang bgt minta beliin buku disini, krn biasa dia baca on the spot aja bukunya, hehe
Tapi hari ini dia nemu buku, abis dibaca, dia minta beliin. Iya, it's dino, his fave.
Ibu enggan membelikan, krn udin byk buku perdinoan Kita dirumah. Trus juga liat judul itu buku ada rubbish segala, plus cover dino nya lg injek2 mobil pula. Should be a story about a naughty dino deh! #suudzon

Ternyata setelah ditengok isi buku itu.. wah... Wah..
Ini cerita ttg bumi yg dirusak oleh manusia. Pohon ditebangin, gali gali Sana sini, sampah dimana-mana dan bakar2 bikin polusi udara. Sampai........ Dinosaurs dari jutaan tahun lalu bangkit dr kubur (hehee), mereka kzl liat kondisi bumi skrg, gak spt dijaman mereka dl, yg asri dan indah.
Jadi dino2 ini bekerja sama membersihkan bumi, bahkan menanam pohon dan bunga2.. sampai bumi menjadi indah kembali.
What a shame you people!
Masa mesti nunggu dino bangkit lagi??!!! Dino said "Earth is a place for everyone, to be enjoyed and cared for"

A very good book to read, nice choice kakakkk

#bookreview

BERSYUKURLAH, MAKA AKAN ALLAH TAMBAHKAN NIKMAT MU
BERSEDEKAHLAH, MAKA AKAN ALLAH TAMBAHKAN REZEKI MU
.
.
#bersyukur #nikmatAllah #AllahMahaBesar #hormatiorangtua #suksesduniaakhirat #curhatjangandimedsos #nyebarinfitnah #suudzon #cariperhatian #durhakasamaorangtua #hidupsengsara

🔹

"Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri." -Ir. Soekarno
.
.
.
.
.
.
.
.
#merdeka #indonesia #hutri72 #72 #17agustus #happyindependenceday #lfl #like4like #likeforlike #fff #marshmellow #marshmellowmusic #mellogang #thejakmania #thejak
#banyakin #hashtag #dikitin #suudzon

Allah Ta’ala berfirman. “Hai orang-orang yg beriman, jauhilah kebanyakan berprasangka, karena sesungguhnya sebagian tindakan berprasangka adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain” (Al-Hujurat : 12)

Dalam ayat ini terkandung perintah untuk menjauhi kebanyakan berprasangka, karena sebagian tindakan berprasangka ada yg merupakan perbuatan dosa. Dalam ayat ini juga terdapat larangan berbuat tajassus. Tajassus ialah mencari-cari kesalahan-kesalahan atau kejelekan-kejelekan orang lain, yg biasanya merupakan efek dari prasangka yg buruk.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda. “Berhati-hatilah kalian dari tindakan berprasangka buruk, karena prasangka buruk adalah sedusta-dusta ucapan. Janganlah kalian saling mencari berita kejelekan orang lain, saling memata-matai, saling mendengki, saling membelakangi, dan saling membenci. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yg bersaudara” (HR. Al-Bukhari hadits no. 6064 Muslim 2563)

Amirul Mukminin Umar bin Khathab berkata, “Janganlah engkau berprasangka terhadap perkataan yg keluar dari saudaramu yg mukmin kecuali dgn persangkaan yg baik. Dan hendaknya engkau selalu membawa perkataannya itu kepada prasangka-prasangka yg baik”
.
🎞 @instadakwahvideo
.
#backtoquranandsunnah #ustadznuzuldzikri #ikhwantegal #prasangkaburuk #suudzon

Selamat hari PRAMUKA
Sampai sekarang masih hafal Dasa Dharma,tapi masih banyak kekurangan dalam melaksanakannya😢 Maafkan bila ku telah membuat kekecewaan🙏
#ulah #suudzon #semangat45 #merdeka

Ustad Adi Hidayat - Raji Ibadah Namun Gemar Mencela .

Sumber : https://m.youtube.com/watch?v=ExlU1mLvffo

Semoga bermanfaat
#rajin #Ibadah #gemar #mencela #suudzon
#UstadAdiHidayat
#pemuda #hijrah

praduga buruk itu seperti hantu. ketakutan yang kaucipta sendiri. untuk apa dipelihara?
.
#suudzon #husnudzon #human #sociallife #bekind #bepositive

Most Popular Instagram Hashtags