#resepwedangronde

84 posts

TOP POSTS

Sore beberes dapur, nemu bumbu dapur yg numpuk, g kepake. Cz tiap masak paling cm butuh dikit. Drpd busuk aq kupasin aj, aq bikin minuman beras kencur. yang jelas Istimewa beras kencurnya. 😁😁
@berbagiresep yuk.
BERAS KENCUR ISTIMEWA

Bahan:
100gr beras putih (jangan yg wangi y)
kencur ( ukuran 6ruas jari org dewasa)
Jahe (ukuran 2ruas jari)
Kunyit (ukuran 2ruas jari)
2 bh Asam jawa
100gr gula jawa
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Air untuk merebus

Cara membuat :
1. Cuci bersih smua bahan
2. rendam beras kurleb 3jam dg air bersih
3. Rebus air dan masukkan jahe,kencur,kunyit,gula jawa,asam jawa,garam,gula. Aduk2 sampai mendidih dan gula telah larut. Saring.
4. blender beras dan ampas rebusan dan campur dengan air saringan rebusan. Saring kembali.
5. Siap d sajikan hangat maupun dingin.. Selamat mencoba.. 😊😊 #resepberaskencur #berbagiresep
#beraskencur #like4like
#resepwedangronde

WEDANG RONDE
By @bubenscuisine thx sudah @berbagiresep

Sore kemarin, ketika mochi kacang dan wedang jahe bertemu di saat hujan, WEDANG RONDE for the win ! 😆

Bahan Mochi :
20 sdm tepung beras ketan
5 sdm tepung tapioka
isian pake kacang cincang sangrai & gula pasir

Bahan Wedang Jahe :
400 ml air matang
2 ruas jahe (digeprek & sangrai)
2 btg sereh di geprek
1 btr gula merah
5 sdm gula pasir

Cara Buat
Buat adonan mochi : campur rata tepung beras ketan & tapioka, beri air hangat sedikit, uleni sampai kalis.Jika adonan sudah kalis & bisa dibentuk, buatlah bola bola kecil yg berisikan kacang cincang.Rebus mochi dalam air mendidih, jika sdh terapung, maka angkatlah & tiriskan.

Wedang Jahe : Rebus air hingga mendidih, lalu masukan jahe, sereh, gula pasir, & gula merah. Aduk sampe gula larut, hingga mendidih kembali.

Mochi +Wedang jahe = WEDANG RONDE, siap disajikan selagi hangat.

#Resepwedangronde #resepronde

Hellow hellooow baru sempet nulis resep lagi (nyalin sih lebih tepatnya) udah dua minggu ini badan nya masih capek plus radang dan batuk.. Pengennya tu makan anget-anget wedang jahe.. Nah pas banget di ruko depan rumah ada yg jual, enaaak bgt tp beberapa hari dia ga jualan hiks pedihnya di PHP-in hahaha
Lalu mulailah cari contekan di @doyanbaking dengan sisa2 tenaga yg ada, eehhh tu resep ngacoo hiks.. Kok adonannya encerrr bgt kebangetan kayak bubur gimana mau dipulung kan, akhir nya saya cari resep lain ternyata resepnya samaaaaa hanya saja penggunaan airnya 1/2 dr resep awal, waahhh ternyata yg punya resep salah nulis takaran, hadoh terpaksa saya lanjutkan ga mungkin dibuang tapi jadinya yaaaa buanyak sampe akhirnya nyerah dan ga sanggup ngelanjutin HAHAHAHA dan kebetulan isiannya cuma untuk satu resep. Yaudah sisa adonan saya simpen dikulkas ajalah nunggu tenaga balik baru bikin lagi dan tinggal bikin isiannya.. Pas udah mateng haduuhhh puasss bgt!! 😍😍
.
WEDANG RONDE.
•••••••••••••••••
Wedang :
3 bonggol jahe, bakar kupas (ga dibakar juga gapapa), geprek *tingkat kepedasan atur sendiri sesuai selera
1 batang serai, geprek
2 lembar daun pandan, simpul
1/2 gula merah kira2 50gr (yg suka bening, gulmer nya skip aja)
Gula putih secukupnya (selera)
*masak semua bahan, koreksi rasanya. Sisihkan
.
Ronde :
300 gr tepung ketan rosebrand
1.5 sdm tepung sagu/tapioka kualitas bagus
200 ml air hangat (bisa ditambah saat ngulenin kalau masih belum/kurang kalis)
1 sdt garam
Pewarna makanan merah dan hijau
Air (untuk merebus ronde)
Isian kacang tanah :
300 gr kacang tanah kupas, sangrai (sumpaah mending pake yg kupass ya, saya pake kacang kulit, bikin istighfar terus ngupasinnya hahahah)
Gula merah, gula putih. (Selera, nanti bisa dicicip sewaktu blender isiannya)
*sisakan sedikit kacang sangrai untuk taburan
*masukkan kacang sangrai, gula merah dan gula putih, blender pakai blender bumbu. Jangan terlalu halus. Sisihkan
.
Cara membuat :
1. Siapkan baskom, masukkan tepung ketan, garam, tuang air hangat sedikit2, sambil diuleni, jika sudah bisa dipulung airnya di stop yaa. Bagi tiga bagian, Beri warna hijau merah dan biarkan putih.
LANJUT DI KOLOM COMMENT YA 😘

Suka banget yg satu ini, kalo beli kan semangkok dapetnya cuma dikit...mending bikin sendiri, semangkok bisa dapet banyaaaak😜
Anak2 request ga mau pake isi kacang...yess ga perlu blender2 kacang deh😁
.
WEDANG RONDE
By @kristinaliess
Bahan:
250 g tepung ketan putih
100 ml air hangat
100 ml santan kental
2 sdm minyak sayur
1 sdt garam
Pewarna makanan (hijau dan merah)
.
Bahan kuah:
50 g jahe, kupas dan parut (tambahkan bila ingin rasa jahe yg kuat)
1 L air
200 g gula pasir
50 g gula merah
1/4 sdt garam
2 lembar daun pandan, simpulkan
.
Cara:
1. Buat ronde: campurkan semua bahan, aduk rata sampai adonan menyatu dan bisa dipulung.
2. Bagi adonan menjadi 3. Satu bagian biarkan berwarna putih, 2 bagian lain masing2 beri pewarna hijau dan merah. Bulat2kan adonan.
3. Rebus air sampai mendidih, lalu masukkan bulatan ronde dan rebus sampai bulatan ronde mengapung. Angkat menggunakan saringan kemudian rendam selama 5 menit dlm air es.
4. Buat kuah: rebus air dan jahe parut sampai mendidih. Matikan api dan diamkan selama 20 menit. Saring air jahe dan peras ampas jahe agar keluar sarinya.
5. Rebus kembali air jahe, tambahkan gula pasir, gula merah, garam dan daun pandan. Rebus hingga mendidih, matikan api kemudian saring kembali.
6. Sajikan ronde dgn kuahnya.
.
#db_wedangronde #resepwedangronde

Wedang Ronde Jahe GuLMer nya @tintinrayner
Badan lagi meriang2 karena cuaca belakangan gak jelas. Tapi namanya seorang ibu kan gak punya jatah cuti sakit. Wkwkwk.. Daripada beneran jadi flu, hajar dulu deh pake wedang ronde.
Resepnya dari ci Tintin ya:

300gr tepung ketan
1.5 sdm tepung kanji
700-800cc air (sampai adonan bisa dipulung)
1lt air utk merebus
Air gula untuk merendam bola2

200gr kacang tanah sangrai, cincang
Gula merah+gula pasir
Air sedikit supaya adonan gampang dibentuk

1.5lt air
5-6 ruas jahe bakar. Aku kasih banyakan sekalian buat obat masuk angin
3lbr daun pandan
2bh serai memarkan

Campur tepung dengan air sedikit2 sampai adonan bisa dibentuk. Beri pewarna.

Campur semua adonan isian kacang, pulung menjadi bulat2.
Ambil adonan tepung, pipihkan, osi dengan kacang, bulatkan.
Rebus bola2 sampai mengambang/matang. Masukkan bola2 kedalam air gula.

#WedangRonde
#tintinraynergiveaway
#novembergiveaway
#ResepWedangRonde

Wedang Ronde
---
Source: @tintinrayner
Bahan Bola:
300gr tepung ketan
1,5 sdm tepung kanji
700ml air atau sampai dapat dipulung

Bahan isi:
Kacang tanah sangrai
Gula merah+gula pasir
Air sedikit biar ga ngeprul aja

Bahan kuah:
Air
Gula merah+gulpas
Jahe
Sereh keprek
Daun pandan
- aku satuin aja masaknya, manis dan pedes sesuai selera
.
- campur semua bahan bola sampai bisa dipulung
- bentuk bulat dan isi
- rebus sampai mengambang
- sajikan dengan kuah jahe gulmer

Cocok buat dimakan sambil ujan2 begini.. #wedangronde #resepwedangronde

Soreee... aku masih liburan jd masaknya jg libur dulu tp alhamdulillah masih punya stok foto+resep untuk di share.
Btw ini bentuk soes nya geje tp kopong kok dalemnya. yang istimewa vla nya asem2 seger, tp kalo gada mangga dibuat plain vla aja. eggless pula jd lebih ekonomis.

CLASSIC CHOUX PASTRY with Mango Vla
Recipe by Ibu Fatmah Bahalwan NCC
Made by @Mbaiyya

Bahan:
225 ml air putih
¼ sdt garam
1 sdm gula pasir (aku gapake)
100 gr margarin (aku palmia royal)
125 gr terigu protein tinggi (cakra)
4 butir telur atau 3 telur ukuran besar

Custard filling:
1-2 buah mangga harum manis, blender dagingnya hingga benar2 halus (kalo pgn plain tambahin 3 sdm unsalted butter aja)
750 ml susu cair
¾ sdt garam
75 gr custard powder/maizena (aku pake hercules)
pasta vanilla secukupnya

Cara:
Masak air, margarin dan garam hingga mendidih.
Kecilkan api, masukkan terigu. Aduk cepat dengan spatula kayu, hingga kalis. Jaga agar adonan tidak kosong.
Matikan api, biarkan hangat.
Masukkan telur satu persatu, mixer dgn speed tinggi hingga rata.
Masukkan adonan ke piping bag/plastik segitiga yg sudah diberi spuit. Spuit ke atas loyang yg sdh diolesi margarin.
Noted: kalo adonan keenceran (meleber saat dispuit), masukin kulkas dulu sktr 10menit baru dispuit ke loyang.
Panggang suhu 200C selama 25 menit, jangan sekalipun membuka pintu oven ya supaya soesnya ga kempes.

Cara membuat vla:
Larutkan custard powder dgn sebagian susu cair, sisihkan.
Masak sisa susu cair, gula, garam, pasta vanilla hingga mendidih. Kecilkan api.
Masukkan larutan custard powder. Aduk cepat hingga meletup2.
Masukkan puree mangga sambil diaduk terus, matikan api.
Aduk terus hingga benar2 dingin.

PENTING!
Supaya soes mengembang/ga kempes, pastikan oven benar2 panas saat loyang dimasukkan ke oven.
Ovennya jangan dibuka tutup yaa, ngintip dr kaca oven aja. Sabaarrr.. 😁
.
Semoga bermanfaat.
.
.
#wedang #wedangronde #rondejahe #wedangjahe #resepwedangronde #kolak #resepkolak #resepkolakpisang #kolakpisang #pisangbolen #pisangmolen #pisanggoreng #pisangcoklat #cakepisang #bijisalak #resepbijisalak #resepbolugulung #bolugulung #bolukukus #camilan #cakepisang #cakepisangkukus #cakekukus. #buburkacangijo #resepbuburket

Bikin Wedang Ronde yuukk.. Enak angeett hehehhe.. Hayuukk cobain.. Wedang ronde
Source diah didi kitchen
Bahan ronde :
100 gram tepung ketan, 1 sendok makan tepung sagu, 1/4 sendok teh garam, 100 ml air hangat ( kurang lebih ya ), 1 tetes pewarna merah muda, 1 tetes pewarna hijau tua
Bahan isi (aduk rata):
50 gram kacang tanah kupas, disangrai, dihaluskan, 1-2 sendok makan gula pasir

Bahan kuah:
800 ml air , 150 gram jahe ( sesuai selera pedasnya ), dibakar, dikupas, dimemarkan, 2 lembar daun pandan, 2 lembar daun jeruk , 100 gram gula pasir ( sesuai selera manisnya ), 1 sendok makan gula merah, garam ½ sendok teh

Cara membuat:
Ronde: aduk rata tepung ketan, tepung sagu, garam. Tuang air hangat sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis dan licin.( air bisa ditambah atau di kurangi..yang penting adonan sudah kalis atau bisa di bentuk )
Bagi 3 bagian. Satu bagian tambahkan pewarna merah muda. Satu bagian tambahkan pewarna hijau tua dan sisanya biarkan putih.
Ambil sedikit adonan kulit. Pipihkan. Beri isi. Bentuk bulat. Rebus dalam air mendidih sampai mengapung. Tiriskan.
Kuah: Rebus air, jahe, dan daun pandan serta daun jeruk. Masak dengan api kecil sampai beraroma.
Masukkan gula merah dan gula pasir. Aduk sampai larut. Saring.
Sajikan hangat ronde bersama kuah
#doyancooking #shareresep #resepdapurnyatiya #aneka_camilan_dapurnyatiya #resepmakanan #resepmasakan #resepminuman #wedangronde #resepwedangronde

Teman di saat hujan ☔️ 😍😍 Wedang ronde feat Homemade Rock Candy 👍 RESEP WEDANG RONDE
BAHAN RONDE
135 ml air matang hangat
150 gr tepung ketan
1/4 sendok teh garam
Pewarna makanan jika suka

BAHAN ISI RONDE
100 gr kacang tanah (sudah dikupas), goreng sangrai
25 gr gula pasir
1/8 sdt garam
BAHAN SIRUP JAHE

2000 ml air
400 gr gula pasir
400 gr jahe, dibakar, lalu digeprak
1 sdt garam
4 lbr daun pandan
6 btg serai, geprek

BAHAN PELENGKAP
200 gr kolang-kaling rebus, diiris kecil-kecil. Atau bisa juga tanpa diiris dan direbus sampai empuk. Kalau suka bisa ditambahkan pewarna.
25 gr sagu mutiara merah (optional)
Kacang tanah sangrai secukupnya
3 buah roti tawar hilangkan kulitnya, potong kotak-kotak

ISI WEDANG RONDE 👉  ulek kasar separuh dari kacang tanah saat masih hangat, gula pasir , dan garam sampai berbentuk menjadi butiran kecil-kecil tidak terlalu halus. Tambahnkan sedikit air agar mudah dibentuk. Bentuk secukupnya lalu sisihkan. Untuk sisa kacang bisa dijadikan isian sirup jahenya.

CARBUT RONDE 👉 campurkan tepung ketan dan garam. Aduk-aduk hingga rata. Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit dan diuleni sampai adonan kalis. Bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuka hati, lalu beri pewarna jika suka. Bulatkan dan isi dengan isian ronde tadi. Jangan lupa alas piring untuk ronde ditaburi tepung agar tidak lengket.
masak air hingga mendidih. Masukkan bola Ronde yang sudah dibuat. Rebus hingga bola ronde mengapung. Seanjutnya angkat dan tiriskan.
CARBUT SIRUP JAHE 👉 campurkan air, gula pasir, jahe,daun pandan, dan serai rebus bahan tersebut dengan api kecil sampai mendidih dan harum.
CARA PENYAJIAN 👉 masukan bahan isian ronde dan pelengkapnya kedalam mangkok, lalu tuangkan kuah ronde ke dalam mangkok.
Untuk lebih jelasnya bisa dicek di channel THV (link ada di bio)

#wedangronde #youtuber #rockcandy #camilan #resepwedangronde #yogyakarta

MOST RECENT

Pichi Pichi

Ingredients

2 cups grated cassava, no need to squeeze out liquids
1 cup sugar
1¾ cups water
2 teaspoon of baking soda solution
1 cup grated coconut

Instructions

In a deep bowl, combine all ingredients together and mix thoroughly.
.
Fill individual cup molds about three-quarter full or a bit more but leave some space because it can rise a bit while steaming.
.
Arrange the filled molds in a steamer and steam for about 40-60 minutes or until they become translucent.
.
Let them cool down completely so it is easier to remove from the molds, or place them in the fridge to shorten the cooling time.
.
Roll each Pichi Pichi in grated coconut or grated cheese.

Read more: http://www.foxyfolksy.com/pichi-pichi-recipe/#ixzz4ey0gWtO0
.
.
#wedang #wedangronde #rondejahe #wedangjahe #resepwedangronde #kolak #resepkolak #resepkolakpisang #kolakpisang #pisangbolen #pisangmolen #pisanggoreng #pisangcoklat #cakepisang #bijisalak #resepbijisalak #resepbolugulung #bolugulung #bolukukus #camilan #cakepisang #cakepisangkukus #cakekukus #buburkacangijo #resepbuburketan #buburketanhitam #cakedankue #berbagiresep #shareresep #doyancooking

Hujan dan dingin begini, bikin Wedang Ronde yuukk.. Enak angeett hehehhe.. Hayuukk cobain...😁😀
Bahan ronde :
100 gram tepung ketan,
1 sdm tepung sagu,
1/4 sdt garam,
100 ml air hangat (krg lebih)
1 tetes pasta pandan

Bahan isi (aduk rata):
50 gram kacang tanah kupas, disangrai, dihaluskan,
1-2 sdm gula pasir

Bahan kuah:
800 ml air
150 gram jahe ( sesuai selera pedasnya ), dibakar, dikupas, dimemarkan,
2 lembar daun pandan,
2 lembar daun jeruk
100 gram gula pasir ( sesuai selera manisnya ), 1 sdm gula merah
½ sdt garam

Cara membuat:
Ronde:
1. Aduk rata tepung ketan, tepung sagu, garam.
2. Tuang air hangat sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis dan licin.( air bisa ditambah atau di kurangi..yang penting adonan sudah kalis atau bisa di bentuk )
3. Bagi 2 bagian. Satu bagian tambahkan pewarna hijau tua dan sisanya biarkan putih.
4. Ambil sedikit adonan kulit. Pipihkan. Beri isi. Bentuk bulat. Rebus dalam air mendidih sampai mengapung. Tiriskan.

Kuah:
1. Rebus air, jahe, dan daun pandan serta daun jeruk. Masak dengan api kecil sampai beraroma.
2. Masukkan gula merah dan gula pasir. Aduk sampai larut. Saring.

Sajikan hangat ronde bersama kuah. Selamat mencoba...God bless 😚😄😍 #doyancooking #happycooking #wedangronde #resepwedangronde

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh. .
Stok foto Banana Bread yang udah berkali2 dibikin, karena gampang banget, dan enakk 😋😋🍰🍰. .

Banana Bread.
By mommy @3tanti
Source : Mbak @veronicadhani.

Bahan :
.
- 230 gr tepung terigu serbaguna.
- 100 gr gula kastor.
- 30 gr gula palem.
- 1 sdt baking powder.
- 1/4 sdt soda kue.
- 1/4 sdt garam.
- 2 butir telur, kocok lepas.
- 113 gr margarin, lelehkan.
- 400 gr pisang ambon (saya pakai 3 buah), kupas dan haluskan dengan garpu.
- 1 sdt esens vanila.
.
Taburan :
- 50 gr choco chips.
.
Cara membuat :
.
1. Panaskan oven 180°c, siapkan loyang loaf, olesi dasar dan sisinya dengan margarin taburi sedikit tepung terigu. Sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu, baking powder, soda kue dan garam, aduk hingga rata. Tambahkan gula palem dan gula kastor, aduk rata. Sisihkan.
3. Dalam wadah lain masukkan pisang, telur, dan mentega cair, aduk rata.
4. Masukkan ke dalam campuran tepung dan aduk perlahan dengan spatula, aduk cukup sampai bercampur saja tidak usah sampai halus dan lembut.
5. Tuang adonan ke dalam loyang dan taburi atasnya dengan choco chips.
6. Oven kurang lebih 60 menit sampai matang dan kecokelatan. Lakukan tes tusuk dengan menggunakan lidi.
7. Angkat dan langsung pindahkan ke cooling rack.
8. Sajikan hangat.
.
Selamat mencoba 🍰🍰.
.
.
#wedang #wedangronde #rondejahe #wedangjahe #resepwedangronde #kolak #resepkolak #resepkolakpisang #kolakpisang #pisangbolen #pisangmolen #pisanggoreng #pisangcoklat #cakepisang #bijisalak #resepbijisalak #resepbolugulung #bolugulung #bolukukus #camilan #cakepisang #cakepisangkukus #cakekukus. #buburkacangijo #resepbuburketan #buburketanhitam #cakedankue #berbagiresep #shareresep #doyancooking

Hellow hellooow baru sempet nulis resep lagi (nyalin sih lebih tepatnya) udah dua minggu ini badan nya masih capek plus radang dan batuk.. Pengennya tu makan anget-anget wedang jahe.. Nah pas banget di ruko depan rumah ada yg jual, enaaak bgt tp beberapa hari dia ga jualan hiks pedihnya di PHP-in hahaha
Lalu mulailah cari contekan di @doyanbaking dengan sisa2 tenaga yg ada, eehhh tu resep ngacoo hiks.. Kok adonannya encerrr bgt kebangetan kayak bubur gimana mau dipulung kan, akhir nya saya cari resep lain ternyata resepnya samaaaaa hanya saja penggunaan airnya 1/2 dr resep awal, waahhh ternyata yg punya resep salah nulis takaran, hadoh terpaksa saya lanjutkan ga mungkin dibuang tapi jadinya yaaaa buanyak sampe akhirnya nyerah dan ga sanggup ngelanjutin HAHAHAHA dan kebetulan isiannya cuma untuk satu resep. Yaudah sisa adonan saya simpen dikulkas ajalah nunggu tenaga balik baru bikin lagi dan tinggal bikin isiannya.. Pas udah mateng haduuhhh puasss bgt!! 😍😍
.
WEDANG RONDE.
•••••••••••••••••
Wedang :
3 bonggol jahe, bakar kupas (ga dibakar juga gapapa), geprek *tingkat kepedasan atur sendiri sesuai selera
1 batang serai, geprek
2 lembar daun pandan, simpul
1/2 gula merah kira2 50gr (yg suka bening, gulmer nya skip aja)
Gula putih secukupnya (selera)
*masak semua bahan, koreksi rasanya. Sisihkan
.
Ronde :
300 gr tepung ketan rosebrand
1.5 sdm tepung sagu/tapioka kualitas bagus
200 ml air hangat (bisa ditambah saat ngulenin kalau masih belum/kurang kalis)
1 sdt garam
Pewarna makanan merah dan hijau
Air (untuk merebus ronde)
Isian kacang tanah :
300 gr kacang tanah kupas, sangrai (sumpaah mending pake yg kupass ya, saya pake kacang kulit, bikin istighfar terus ngupasinnya hahahah)
Gula merah, gula putih. (Selera, nanti bisa dicicip sewaktu blender isiannya)
*sisakan sedikit kacang sangrai untuk taburan
*masukkan kacang sangrai, gula merah dan gula putih, blender pakai blender bumbu. Jangan terlalu halus. Sisihkan
.
Cara membuat :
1. Siapkan baskom, masukkan tepung ketan, garam, tuang air hangat sedikit2, sambil diuleni, jika sudah bisa dipulung airnya di stop yaa. Bagi tiga bagian, Beri warna hijau merah dan biarkan putih.
LANJUT DI KOLOM COMMENT YA 😘

Makan Ronde ini jadi inget Ronde Jahe buatan ema.. karena rasanya yang mirip.. 😍 thx ya @tintinrayner for sharing this recipe 😍
.
TANG YUAN aka WEDANG RONDE JAHE GULA MERAH
Simple bangett,kenyal,lembuttt
By : @meina83
Source by @tintinrayner
.
Bola bola
300 gr Tepung Ketan >Rosebrand
1.5 sdm Tepung Kanji
700-800 cc air(sesuaikan sendiri sampe bisa dipulung bulet) me: air hangat bgt
1 liter air untuk merebus bola2
>Bulatan bole kasi 2sdt air kapur sirih kalo suka (aku ga pake)
.
Isian
200 gr Kacang Tanah kupas,sangrai
Gula merah+gula pasir sesuai selera
.
Wedang Jahe
1.5 liter air
5-6 ruas jahe,bakar,kupas,geprek
(mau pedes/sedang atur sendiri ya)
3 lembar daun pandan simpulkan
2 batang serai,geprek (aku ga pake)
.
Rendaman Gula
Kira2 aja rebus air+gula pasir+gula jawa sampe cukup mengental untuk rendaman bola2 biar legitt
.
Langkah langkah
1. Tepung ketan+kanji,dikasi air sedikit2,sambil diuleni sampai elastis bisa dipulung.
Bagi jadi bbrp bagian,kasi pewarna masing2
2. Bentuk adonan,Ambil sedikit adonan,isi dgn kacang.
> kalo aku kasi air dikit biar ga ambyar/amprul waktu ngisi
3. Rebus air,masukkan bulatan2 ronde di api kecil,tunggu sampai mengapung(uda mateng), tiriskan,masukkan dalem Rendaman Gula.
4. Penyajian : Sajikan tangyuan/ronde bersama air gula di mangkok,trus guyur wedang jahenya,hmmm angettt di perut

#tangyuan #ronde #glutinousball #reseprondejahe #rondejahegulamerah #reseptangyuan #byme #homemadetangyuan #puddingtahuhua #wedangjahe #wedang #wedangronde #resepwedangronde #resepwedang #resepwedangjahe #doyanbaking #cakedankue #resepyummy #berbagiresep #wefangtahu #proltape #resepcake #caketape #cakekacang

🌻 BAKING IDEAS 🌻
.
Sweet Tofu Pudding

Source : http://rasamalaysia.com/chinese-sweet-tofu-pudding-doufu-hua/2/

Ingredients:
6 cups homemade soy milk
2 teaspoons gypsum
2 teaspoons cornstarch or potato starch
1/3 cup water

Ginger Syrup:
One 2-inch piece fresh ginger, peeled and pounded
8 oz rock sugar
1 cup water
1 screwpine (pandan) leaf, knotted

OR

Gula Melaka Syrup:
8 oz gula Melaka
1 cup sugar
1 screwpine (pandan) leaf, knotted

Method:

Make the syrup by boiling the ingredients until the syrup reduces to a thicker consistency. If you make both syrups, reduce the amount by half.

In a bowl, mix together the gypsum, starch and water. Stir to combine well.

Bring the soy milk to boil. As soon as it boils, skim off the foam/bubbles. Turn off the heat.

Stir the gypsum mixture and add to a wide pot. Pour the soy milk into the pot, at about 1 foot above the pot. This will make sure that the gypsum mixture distributes well in the soy milk. DO NOT STIR.

Cover the pot with a kitchen towel and then with the lid. Let the tofu pudding set, for about 1 hour.

To serve, use a shallow ladle to scrape some of the tofu pudding into a serving bowl. Add some syrup and serve immediately.
.
.
#puddingtahuhua #wedangjahe #wedang #wedangronde #resepwedangronde #resepwedang #resepwedangjahe #doyanbaking #cakedankue #resepyummy #berbagiresep #resepkuebasah #kuebasah #ondeone #resepkuelapis #kuelapis #lapislegit #kuetradisional #airjahe #soerabi #oguracake #oguragreentea

WEDANG RONDE RICE COOKER

Masih cinta sama resep2nya mbak Diah didi, hehe. Lengkap deh. Pengen wedang ronde tapi bahan ga lengkap. Apa daya cuma ondol2, kolang kaling diguyur wedang jahe puedeees. Ini juga saya buat pake rice cooker

Resep nyusul ya

#thepowerofricecooker #wedangronde #wedangrondericecooker #resepwedangronde

Wedang Ronde Homemade
Tetiba semalem kepingin pake bgt wedang ronde, cari2 resep lahh. Alhamdulillah menu yg cucok resep dari mbak @dapurmita. Nuhun Yoo mbak resepnya lsg di eksekusi hari ini.
#wedangronde #wedangjahe #resepwedangronde #resepdapurmita #likeforshared #likeforlike #instapict #instafood #nofilter #food #doyancooking #doyanbaking #indonesianfood #hujan #minuman #minumananget

Resep by Diah didi kitchen
Bubur sumsum●
By : @silvisil88

100 g tepung beras yang bagus
½ sdt garam
650 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 lembar daun pandan, potong-potong

Saus:
200 g gula merah, sisir
200 ml air
3 cm kayu manis batangan,cuci bersih
1 lembar daun pandan, potong-potong
sedikit garam

Cara membuat:
● Campur tepung beras, dengan sebagian santan dan garam. Aduk rata.Masak sisa santan dan pandan hingga mendidih.
● Tuangkan larutan tepung beras, aduk hingga kental dan mendidih. Masak terus dan aduk terus agak lama biar dgn api kecil agar tidak bau tepung mentah. Angkat.
● Saus: Masak semua bahan hingga mendidih dan gula larut. Masak terus dengan api kecil hingga kuah gula merah mengental dan kecoklatan. Angkat, saring.
Sajikan bubur dengan Sausnya.

#resepbubur
#resepenak
#resepmudah
#resepmasakan
#homemade
#instafood
#resepbubursumsum #bubursumsum #minumanhangat #wedangjahe #wedangronde #wedang #resepwedangronde #resepwedang #resephangat #resepbunda #resepcake #ongolongol #kenyel #airjahe #bolujadul #resepcake #resepbaking #bakpao #puddingbuahnaga

Resep by Diah didi kitchen
Bubur sumsum●
By : @silvisil88

100 g tepung beras yang bagus
½ sdt garam
650 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 lembar daun pandan, potong-potong

Saus:
200 g gula merah, sisir
200 ml air
3 cm kayu manis batangan,cuci bersih
1 lembar daun pandan, potong-potong
sedikit garam

Cara membuat:
● Campur tepung beras, dengan sebagian santan dan garam. Aduk rata.Masak sisa santan dan pandan hingga mendidih.
● Tuangkan larutan tepung beras, aduk hingga kental dan mendidih. Masak terus dan aduk terus agak lama biar dgn api kecil agar tidak bau tepung mentah. Angkat.
● Saus: Masak semua bahan hingga mendidih dan gula larut. Masak terus dengan api kecil hingga kuah gula merah mengental dan kecoklatan. Angkat, saring.
Sajikan bubur dengan Sausnya.

#resepbubur
#resepenak
#resepmudah
#resepmasakan
#homemade
#instafood
#resepbubursumsum #bubursumsum #minumanhangat #wedangjahe #wedangronde #wedang #resepwedangronde #resepwedang #resephangat #resepbunda #resepcake #ongolongol #kenyel #airjahe #bolujadul #resepcake #resepbaking #bakpao #puddingbuahnaga

Disini lagi hujan.. ngemil-ngemil cantiik yuk 🍵🍵...😉😉
.
Wedang Ronde
By : @mommyzaina
.
150 gr tepung ketan
1sdm tepung kanji
350 ml air
Pewarna makanan
Kacang tanah kupas yg sangrai , tumbuk kasar campur dgn gula pasir
3 ruas jahe bakar, geprek
Daun pandan, simpulkan
Gula pasir / gula merah
1500 ml air
Cara :
Campur tepung ketan & tepung kanji, tambahkan air sedikit demi sedikit sp adonan bisa dipulung. Bagi adonan jadi 3 bagian lalu beri warna.
Ambil sedikit adonan ,pipihkan beri isian kacang, bulatkan, lakukan sampai habis.
Didihkan air lalu masukan ronde masak sampai mengapung, angkat Dan sisihkan.
Didihkan air dlm panci,masukkan jahe yg sudah digeprek, gula dan daun pandan, masak sp mendidih masukkan ronde ,masak sebentar, matikan api.
Wedang ronde nya saya beri tambahan potongan roti tawar dan skm.
.
#wedangronde #doyanbaking #berbagiresep #pocketfood #ykmk2014_recipes #fotomasak #jepretmasakan #berbagiresep #instafood #foodshare #foodie #foodstagram #wedangjahe #resepwedangronde #resepwedang #hangat #minumananget #makananhangat #resepkue #resepbaking #ronde #rondejahe #airjahe

Assalamu'alaykum.. Sore-sore ngemil yang anget2 ahh..perpaduan manis dan gurih bikin nyess di tenggorokan 😋
.
.
BUBUR KETAN HITAM
By : @mufidahnisaa

Bahan:
- 200 gr ketan hitam
- 100 gr gula merah, sisir
- 2 sdm gula pasir
- 1 lembar daun pandan, simpulkan
- Secukupnya air
- Secukupnya garam
- 2 x 65 ml santan instan
- 2 sdm tepung beras/maizena dicampur dgn sedikit air

Cara membuat:
1. Rendam beras ketan hitam (semalaman) saya hanya 3 jam.
2. Rebus air dan ketan hitam hingga mendidih sambil terus diaduk. Masukkan gula merah, gula pasir dan garam. Aduk terus. Tambahkan air sesuai tingkat kelembutan yg diinginkan. Tes rasa. Masak hingga matang.
3. Kuah santan: campur santan, garam, daun pandan, dan campuran tepung beras/maizena + air. Masak hingga mendidih dan mengental.
4. Hidangkan bubur ketan hitam dengan kuah santan kental.. 😋
.
.
.
#buburketanhitam #resepbuburketanhitam #homemade #resepkacangijo #kacangijo #kacanghijau #wedangronde #wedangjahe #resepwedangronde #resepwedang #martabakmanis #martabakmanis #resepmartabak #santan #resepsarapan #resepsoerabi #soerabi #bolujadul #resepketan #buburketan #ketanhitam #kuepukis #reseppukis #puddingtahuhua #pudding

Puding biskut regal 🍮👍🏻 .
By : @widiyanareden
.
Bahan-bahan : • 3 bks agar-agar
• 1 bks biskuit regal
• 3 butir telur
• 2 buah kelapa (dibagi menjadi 8 gelas santan)
• 1/2 kg gula pasir
• 3 sdm bubuk coklat
• 1 buah naga (untuk memberi warna pink pada puding)

Cara membuat :
1. Masukan 3 gelas santan ke dalam wadah campur dengan 1 bungkus agar-agar lalu gula, 2 butir kuning telur kemudian buah naga yang telah di hancurkan. Masak hingga mendidih, setelah mendidih tuang ke dalam cetakan.
2. Setelah lapisan pertama dingin, susun lah biskuit regal sesuai keinginan.
3. Untuk lapisan kedua lakukan hal yg sama dengan lapisan pertama hanya warna dr buah naga diganti dengan bubuk coklat.
3. Tunggu lapisan kedua hingga mengeras.
4. Untuk lapisan terakhir, mixer putih telur hingga mengembang. Campur hasil mixer dengan 2 gelas santan bersama 1 bungkus agar-agar. Setelah mendidih tuang kedalam cetakan yang sama dengan lapisan pertama dan kedua. Tunggu hingga mengeras.
5. Puding siap di makan.
#doyanbaking #homemade
Selamat mencoba😊 #redencooking
.
.
#reseppudding #puddingcoklat #pudding #resepku_yummy #reseptradisional #resepkue #puddingregal #puddingrotitawar #puddingenak #reseppao #bakpao #pao #kueregal #regal #chiffoncake #resepbubursumsum #resepbuburketan #resepwedangronde

💜 I love you everyday, not just on Vals day. Happy Vals day moms 💜

Bismillah... Bolu kukus Mawar
By : @ardhaniluvnabva

Bahan:
2 butir telur
1 sdt emulsifier
175 gram gula pasir
250 gram tepung terigu
200 ml santan
3 pewarna makanan

Cara membuat:
1. Panaskan kukusan
2. Mixer telur, emulsifier dan gula sampai kental dan berjejak.
3. Turunkan speed mixer yang terendah. Masukkan tepung dan santan bergantian 3 tahap.
4. Ambil 3 bagian adonan dalam wadah dan beri pewarna
5. Oles cetakan dengan minyak. Ambil sedikit masing-masing adonan yang berwarna. Lalu tuangi adonan putih.
6. Kukus selama 15 menit.
Entry for mysquarephoto
Semoga berkenan kentangnyai ...
Yuk ikutan rek... yuliantin_muji
vy_viya
ritavena .
.
#resepvalentine #valentine #valentinerecipe #reseptradisional #resepwedangronde #resepnapoleoncake #resepyummy #bolukukuskopi #bolukukus #resepbolukukus #resepantigagal #bolukukusantigagal #bolu #kuelucu #resepnomnom #donatmeises #donatkentang

Wedang Ronde
By : @endahomemade
.
.
Bismillah... Assalamu'alaikum... Malem ini bebikin yang sesuai cuaca. Pas ujan, dingin, dan kebetulan punya simple syrup yang dibikin beberapa hari sebelumnya. Hasilnya....kuahnya wangi, pokoknya mantaaappp. .
.
BAHAN :
1 liter air, didihkan untuk merebus bola2 wedang ronde
100gr tepung ketan
Gula merah, potong kecil2 secukupnya untuk isian
Air secukupnya untuk membuat adonan bola2 ronde
Pewarna merah dan hijau secukupnya
Kacang tanah sangrai secukupnya
Simple syrup secukupnya (gula dimasak dengan air sampai larut)
3 rimpang jahe, bakar, cuci, kupas lalu geprek
1 lembar daun pandan, simpulkan
1 batang sere, geprek
1200 ml air untuk kuah wedang .
CARA MEMBUAT :
-buat adonan bola2 ronde dengan mencampurkan tepung ketan dan air secukupnya sampai bisa dipulung,beri pewarna, isi dengan gula merah, bentuk bulat lalu rebus sampai mengapung, angkat, tiriskan
-rebus jahe, pandan dan sere dengan 1200ml air, biarkan menyusut sedikit (kira2 tinggal 1000ml)
-dalam mangkuk/gelas beri beberapa bola2 ronde, siram dengan simple syrup, lalu kuah wedang, taburi kacang sangrai ,siap dinikmati
#wedangronde #baverage_endahomemade #doyanbaking #cakedankue
#resepwedangronde #reseprori #peanut #peanutrecipe #blueberry

Hujan2, dingin2 enaknya minum yg anget2 ☺☺☺ ~WEDANG RONDE ~
Resep : @elizabeth_widya

Isi Ronde :
125 gr kacang tanah
30 gr gula jawa (sesuai selera)

Kulit ronde :
150 gr tepung Ketan
2 sdm tepung tapioka
1/2 sdt garam
Air hangat secukupnya
Pewarna makanan merah dan hijau
Air Jahe :
1200 ml air
150 gr jahe
2 batang serai
5 cm kayu manis
2 lembar daun pandan
Gula jawa secukupnya (sesuai selera)

1. Isian ronde : sangrai kacang sampai matang, tumbuk sampai halus tambahkan gula jawa yg telah disisir campur hingga rata.
2. Kulit : campur tepung ketan, tapioka dan garam, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai bisa dipulung, bagi menjadi 2 tambahkan pewarna
3. Ambil adonan kulit pipihkan beri isian kemudian bulat2 kan. Rebus sampai mengapung
4. Air jahe : bakar jahe sampai bau harum kemudian bersihkan arang yg menempel, keprak, serai ambil bagian putihnya kemudian keprak, campur semua bahan rebus sampai mendidih.
5. Ambil ronde kemudian siram dengan kuah jahe. Sajikan hangat

#wedangronde #ronde #jahe #resepwedangronde #doyancooking #doyanbaking #alinecooking #alinebaking #alinekitchen #mykitchen #myhobby #myactivity

Tips membuat wedang ronde :
1. Sebaiknya masukkan bahan isian kacang tanah ke dalam plastik segitiga, agar saat pengisian lebih mudah, tidak ambyar.
2. Jangan membentuk ronde terlalu besar, karna saat direbus akan mengembang.
3. Saat merebus ronde, beri minyak goreng 2 sdm agar saat diangkat ronde tidak lengket & menempel satu sama lain.

#resepwedangronde #dapurmita #wedangronde

Lagi pengen yg anget2, kalo beli seporsi cuma dapet 3 biji doang, bikin lebih enak lebih puasss. Jahenya juga berasa.
TANG YUAN aka WEDANG RONDE
⬇️
Bahan :
- 400 gr Tepung ketan (aku pake rosebrand)
- 3 sdm Tepung tapioka
- 400 ml air hangat kuku (sesuaikan sampai bisa dipulung)
- 1/2 sdt garam
- Pewarna makanan (merah & hijau)
Bahan isi :
- 150 gr kacang tanah kupas (sangrai, haluskan)
- 7 sdm Gula pasir
- Air secukupnya
Bahan kuah :
- 4 ruas Jahe (bakar, kupas, memarkan)
- 200 gr gula merah (sisir halus)
- 2 lembar daun pandan
- 800 ml air bersih
⬇️
Cara membuat :
- isi : campurkan kacang tanah sangrai yg telah dihaluskan dengan gula pasir, masukkan air sedikit hingga menyatu (tidak ambyar)
- Kuah : Masukkan semua bahan kuah, tunggu sampai mendidih sambil diaduk.
- Campurkan tepung ketan, tapioka, garam dengan air hangat sampai diuleni hingga adonan kalis (tidak keras tidak lembek)
- Bagi adonan menjadi 3, beri pewarna masing2.
- Bentuk bulat adonan & masukkan isian kacang tanah, taruh di wadah yg sudah dilumuri tapioka (jangan ditumpuk), lakukan sampai adonan habis.
- Rebus ronde dalam air mendidih sampai mengapung & matang. Tiriskan
- Campurkan ronde dengan kuah jahe. Sajikan.
- Bisa ditambahkan bahan pelengkap seperti kacang tanah sangrai, kolang kaling atau roti tawar.
#resepwedangronde #reseptangyuan #wedangronde #dapurmita

.
WEDANG RONDE
.
bahan :
200gr tepung ketan
3 sdm tepung kanji/sagu/tapioka /aci
1/4 kg kacang tanah (sangrai)
1/4 kg gula pasir
pewarna makanan
2 keping gula merah
2 ruas jahe (geprek)
bahan gak wajib :
1 batang serai kecil (geprek)
10 biji cengkeh
2 bungkus vanelli
1/4 sdt garam
.
langkah2 :
1. membuat isi moci :
tumbuk kacang tanah yg sudah disangrai, jangan sampai terlalu halus. masukkan 1 sdm gula merah bubuk, beri 5 sdm air / sampai terasa lengket ketika di aduk rata, kemudian bentuk menjadi bola2 kecil
2. membuat moci :
campurkan tepung beras dan tepung kanji, beri air sedikit demi sedikit uleni sampai kalis (jangan terlalu lumer). bagi menjadi 3 bagian, setiap bagian di beri 2 tetes pewarna makanan, (saya pakai warna hijau, rose, dan yg satu lagi tidak diberi pewarna).
setelah warna tercampur rata, bentuklah bola2 kecil dan besar. (kecil tidak ada isian, besar ada isian). atau bisa juga dibuat isian semua. jangan lupa gelindingkan adonan bola2 diatas tepung ya supaya tidak lengket/menyatu dengan yg lainnya. setelah selesai, rebus air hingga mendidih kemudian masukkan bola2 moci tersebut sampai mengapung (artinya sudah matang) angkat dan tiriskan.
3.membuat wedang jahe :
rebus air setengah panci saja beserta jahe, cengkeh dan sereh, setelah agak panas masukkan gula pasir, gula merah, garam dan vaneli, aduk hingga rata. matikan api bila sudah mendidih.
4. sediakan mangkuk, masukkan moci dan beri kuah wedang jahe, tambahkan sedikit kacang sangrai sebagai pelengkap,
wedang ronde siap disajikan 😍
#resepmasakan
#resepwedangronde
#resepwedang
#resepwedangjahe
#resepjajanan
#resepenak
#resepenakmudah

follow this page in feedly

Most Popular Instagram Hashtags