#resepbundaku

475 posts

TOP POSTS

CILOK KUAH CEKER ala @dewi.yuliana23 .

ADONAN CILOK :
Campur 150 grm tapioka, 100 grm terigu, 1sdt bawang putih bubuk,1 batang daun bawang iris, garam dan kaldu jamur secukupny dengan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai menjadi adonan yang kalis .

ISIAN :
Tumis 3 siung bawang putih cincang sampai wangi tambahkan 5 buah cabe rawit merah iris tumis sampai sedikit kecoklatan lalu masukkan 10 butir bakso sapi, boleh utuh/di iris kecil (bisa juga memakai sosis/daging ayam cincang) bumbui dgn kaldu jamur dan merica, beri sedikit air, masak sampai mengering. siap jadi isian .

CARA :
1. Ambil sdkit adonan cilok (besarny sesuai selera) beri isian lalu bulatkan sampai semua habis sambil merebus air
2. Masukkan bulatan2 cilok kedalam air mendidih dan tunggu sampai mengapung/matang, angkat sisihkan .

KUAH CEKER :
1. Masukkan ceker yang sudah bersih kedalam air mendidih, rebus sebentar, angkat buang airny, rebus lagi ceker dengan air yang baru. sementara itu ...
2. Tumis bumbu halus (4 siung bawang putih, 1 ruas kencur, 3 buah cabe merah keriting/cabe rawit sesuai selera) sampai wangi tambahkan 4 lembar daun jeruk tumis lagi sampai benar2 matang dan mengeluarkan minyak
3. Masukkan tumisan bumbu kedalam rebusan ceker, beri garam, kaldu jamur dan sedikit gula, masak terus sampai ceker empuk dan bumbunya meresap jangan lupa cek rasa
4. Terakhir masukkan ciloknya, masak sebentar, angkat matikan api
5. Sajikan cilok kuah ceker dengan taburan daun bawang dan bon cabe πŸ˜‹πŸ‘πŸ‘Œ . .

#cilok #cilokkuahceker #cilokkuah #resepcilok #doyancooking #doyanmasak #berbagiresep #shareresep #marimasak #yukbelajarmasak #resep_yummy #resepindonesia #reseproemah #hobimasakid #appronid #fotomasak #instafood #resepdapurku #resepbundaku

AREM AREM by @dewi.yuliana23

BAHAN KULIT :
300 grm beras cuci bersih
800 ml santan segar (disesuaikan dng jenis beras yg digunakan, me.. beras agak pera)
1 lmbr daun pandan
1 batang sereh memarkan
2 lmbr daun salam
1 sdt garam

ISI :
150 grm daging ayam cincang
100 gram tahu potong dadu kecil goreng
100 grm tempe potong dadu kecil goreng
1 batang wortel potong dadu kecil
6 siung bamer cincang
4 siung baput cincang
3 cabe merah keriting potong2 kecil
1 batang sereh memarkan
sdkit lengkuas memarkan
2 lmbr daun salam
2 sdm kecap manis
garam, bubuk kaldu jamur dan merica bubuk secukupny

CARA MEMBUAT :
untuk isi :
1. Tumis duo bawang sampai wangi kemudian masukkan potongan cabe, sereh, lengkuas dan daun salam tumis lagi sebentar sampai benar2 matang
2. Masukkan ayam cincang aduk2 terus agar ayam tdk menggumpal, masak lagi sampai ayam berubah warna dan matang
3. Tambahkan potongan wortel, tahu dan tempe beri kecap manis, garam, bubuk kaldu jamur dan merica bubuk secukupny aduk rata baru masukkan sdkit saja air dan masak terus sampai air mengering angkat sisihkan

untuk kulit :
Campur semua bahan aduk dan masak dng api sedang sampai santan habis dan menjadi nasi aron

Penyelesain :
Ambil secukupny nasi aron (banyak dan besarny sesuai selera) letakkan diatas daun pisang lebarkan dan isi dengan bahan isian secukupny lalu bungkus dan semat dengan lidi dikedua ujungny (seperti lontong) kemudian kukus selama 25-30 menit/sampai matang πŸ˜‹

#aremarem #reseparemarem #berbagiresep #doyancooking #doyanbakingcemilan #hobimasakid #fotomasak #instafood #marimasak #yukbelajarmasak #resepbundaku #appronid #resep_yummy #reseproemah #resepindonesia #resepdapurku #lezatnikmat #doyanmasak#resep #resepkuliner #

🌰 : Banana Steam Cake
πŸ“£ : @tyasprabowo

Bahan :
100 gr Tepung Terigu Segitiga
2 Butir Telur
75 gr Gula Pasir
75 gr Butter, lelehkan
1/2 sdt Vanilli (saya gak pakai)
1/2 sdt Ovalet
50 gr Pisang Ambon, haluskan
Pewarna Kuning dan Hijau secukupnya
Selai Coklat secukupnya untuk isian dan hiasan

1. Panaskan kukusan, tutup kukusan jangan lupa diberi serbet yaa, supaya air tidak menetes ke adonan.
2. Mixer gula pasir, telur dan ovalet dengan kecepatan tinggi sampai putih mengembang dan kaku.
3. Matikan mixer, masukkan tepung terigu aduk rata, lalu tuang butter yang sudah dilelehkan, masukkan pisang yang sudah dihaluskan, aduk rata.
4. Bagi adonan menjadi 2 bagian, satu adonan beri pewarna hijau dan satu adonan lagi beri pewarna kuning.
5. Masukkan ke dalam cetakan pisang yang sudah dioles margarin dan ditaburi tepung. (isi 1/2 cetakan lalu beri selai coklat, tutup kembali dengan adonan sampai penuh)
6. Kukus selama 15 menit dengan api sedang. Setelah matang keluarkan dari cetakan dan beri hiasan selai coklat atau coklat leleh.
Banana steam cake yummy siap dinikmati..
Happy Baking..
.
.
.
#recookappron #bananacake #bananasteamcake #kiddossnack #ykmk2014_recipes #ykmk2014 #shareresep #resepmommies #resepbundaku #rotikuebolu #foodlovers #instafood

Ngemill time πŸ˜‹, bocil yang suka..emaknya enggak doyan πŸ˜‚πŸ˜… (takut gendut, padalan udah kelebihan berat badan πŸ˜‚)
.
Oreo Truffles
By @tyasprabowo
Bahan :
1 Packs Biskuit Oreo
100 gr Cream cheese, suhu ruang.
100 gr Coklat Putih, lelehkan
Secukupnya Dark Cooking Chocolate, lelehkan.

1. Hancurkan biskuit oreo beserta isinya dengan menggunakan chopper atau blender.
2. Campurkan cream cheese dengan oreo yang sudah dihancurkan, aduk rata. Masukkan di kulkas 15 menitan.
3. Bentuk bulat-bulat kecil adonan oreo yang sudah didinginkan, sisihkan.
4. Lelehkan coklat putih, caranya :potong2 kecil coklat putih taruh di mangkok. Rebus air di panci kecil sampai mendidih matikan api, taruh mangkok berisi potongan coklat putih di atas panci (mangkok harus lebih besar dari panci ya). Aduk2 sampai coklat putih leleh. Cara melelehkan dark cooking chocolate sama yaa.
5. Masukkan bulatan oreo ke coklat putih leleh, tiriskan. Hias atasnya dengan Dark Cooking Coklat yang dilelehkan. (Boleh juga ditaburin almond atau sprinkles..menghiasnya suka2 aja dan sesuai selera).
.
.
.
#oreotruffles #bolabolaoreo #oreocheese #fotokue #shareresep #resepmommies #resepbundaku #foodlovers - #regrann

@Regrann 🍰🍭thanks dear🍰🍭 @siska_dewi_lestari - Fiuuhh...masih ada yang bisa diselamatkan untuk difoto.. Cookies ini favoritnya anak-anak saya dan pak suami. Bikin 1 resep buat ngisi toples lebaran, rencananya nyicil jauh2 hari bikin. Eh 2-3 hari habis, blm jg sampe lebaran, hihi. Tahun lalu juga gitu.. tapi gpp, saya senang aja asal dimakan beneran.. 😁. Ya mau ga mau bikin lg nanti, kalo sempat dan ada waktu.. 😊😁. Btw, ini saya kasih nama choco balls, bingung mau ngasih nama apa. Sebenarnya dalamnya itu cookies putri salju keju kemudian dibaluri coklat leleh +ceres, gittuu...trs putri salju kejunya harusnya ga usah pake gula ngadonnya, soalnya luarnya kan full coklat, jd udah manis banget, ini aja saya pake gula sedikit kemanisan.. tp suka2 sih ya..😁😊. Saya tulis aja resepnya terutama untuk dokumentasi saya pribadi. Krn lupa tahun kemaren saya pk resep putri salju yg mana jd ini cookies putri saljunya saya nyontek punya mba Tintin Rayner yg saya kurangi takarannya. Monggo silahkan kalo sdh punya resep andalan putri salju masing2 juga bisa.

BAHAN :
200 gram butter
2 kuning telur
270 gram terigu protein rendah
80 gram gula halus
70 gram maizena
15 gram susu bubuk
50 gram keju cheddar parut
1 sdt vanila essence

BAHAN BALURAN :
DCC secukupnya
Ceres secukupnya

CARA MEMBUAT:
1. Campur butter, gula halus dan telur, mixer dg kecepatan rendah sebentar asal tercampur rata, kemudian matikan mixer.
2. Masukkan keju parut, vanila essence, aduk rata menggunakan spatula.
3. Masukkan campuran tepung terigu, maizena dan susu bubuk sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
4. Bentuk bulat adonan, jangan terlalu besar, letakkan pada loyang yang telah diolesi margarin secara tipis, panggang pada oven sampai matang. Kemudian angkat. Biarkan sampai agak dingin.
5. Parut DCC menggunakan parutan keju kemudian lelehkan dg cara mentimnya.
6. Setelah cookies agak dingin, celupkan pada coklat yg telah dilelehkan, kemudian gulingkan pada ceres, begitu seterusnya, angin2kan dulu sampai coklat mengeras, baru tata di toples.

#resepchocoballs #ri_kuelebaran #doyanbaking #berbagiresep #cakedankue #resepkue #resepkuekering #hobimasakid #resepbundaku #reseproemahan #fotokue #foodlovers

Repost @siska_dewi_lestari
・・・
Tahu tempenya ga kelihatan, sorry...soalnya ketutup kuah dan tadi dipotong kotak-kotak kecil...😎😊.
Ini yg masak mama saya, saya cuma lihat aja.. Terus kali ini buat opornya santannya dibuat agak encer aja, dimakan pake lontong, naroh kuahnya agak banyak, jadinya tambah nikmat.. 😊.
.
OPOR AYAM TAHU TEMPE

BAHAN :
1/2 kg ayam, cuci bersih, potong-potong
1 papan tempe, potong dadu
3 kotak tahu, potong dadu
2 L santan
Gula dan garam secukupnya

BUMBU CEMPLUNG :
1 btg serai, memarkan
Lengkuas memarkan
3 lbr daun jeruk
3 lbr daun salam

BUMBU HALUS :
7 siung bawang merah
12 siung bawang putih
4 butir kemiri
2 cm jahe
2 cm kunyit
1 sdt ketumbar
Sedikit jintan

CARA MEMBUAT :
1. Goreng sebentar tahu dan tempe, jangan sampai kering, angkat, sisihkan.
2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan bumbu cemplung, tumis lagi sebentar sampai wangi. Beri gula dan garam.
3. Masukkan potongan ayam, aduk rata, masak sebentar. Kemudian masukkan tahu tempe, aduk rata, biarkan sebentar.
4. Masukkan santan masak sampai mendidih dan ayam matang. Cek rasa, jika sudah pas, angkat dan sajikan dg taburan bawang goreng.
.
#resepoporayam #sdl_opor #berbagiresep #berbagiresep #doyancooking #resepbundaku #like #foodie #foodlovers #homecooking #shareresep #resepbundaku #yummyfood #instafoodie #foodstagram #fotomasak #resepmasakanindonesia #instalike #instafood

@Regrann from @seto_beri - Biasanya klo pesan menu ini di restaurant udah kena 30rb per porsi, dikit juga cuma seiiprit yaah, nah klo bikin sendiri bisa sak kuwali tuh modal 40rb sajah hehe.. SAPO TAHU UDANG (4 porsi)

Bahan :
Udang kupas bersih 1/4, bakso ikan 5, 1 wortel besar, brokoli, sawi hijau/putih, 2 tahu sutra/tahu jepang iris 2 cm dan goreng sebentar, daun bawang

Bumbu :
1 bawang bombay iris kotak, 3 baput geprek lalu cacah halus, 1cm jahe geprek, cabai merah iris, garam, royco, gula, 2 sdm saos tiram, 1 sdm saos sambal, merica, kaldu udang (dari hasil rebusan kulit udang), sedikit air dicampur 1 sdm tepung maizena, minyak dan mentega

Caranya :
Tumis bawang bombai, baput, dgn minyak dan mentega sampai harum, masuk cabai lanjut dgn udang kupas&bakso, oseng sebentar masukkan air kaldu udang, wortel, tunggu empuk masukkan jahe, brokoli dan sawi, terakhir masukkan tahu, garam, royco, gula pasir, saos sambal, merica & saos tiram, diamkan sebentar sampai tahu berubah warna, masukkan air yg sudah dicampur maizena, terakhir masukkan daun bawang, angkat dan sajikan hangat2 😊

#sapotahu #resepsapotahu #sapotahuseafood #sapotahuudang #berbagiresep #doyancooking #belajarmasak #hobimasakid #reseproemahan #reseproemah #yukbelajarmasak #anekaresepmasakan #resepindonesia #resepdapurku #resepyummy #resepbundaku - #regrann

Yang masih ngantuk biar melek pake yg pedes2 yuk.

CILOK KUAH CEKER ala @dewi.yuliana23 .

ADONAN CILOK :
Campur 150 grm tapioka, 100 grm terigu, 1sdt bawang putih bubuk,1 batang daun bawang iris, garam dan kaldu jamur secukupny dengan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai menjadi adonan yang kalis .

ISIAN :
Tumis 3 siung bawang putih cincang sampai wangi tambahkan 5 buah cabe rawit merah iris tumis sampai sedikit kecoklatan lalu masukkan 10 butir bakso sapi, boleh utuh/di iris kecil (bisa juga memakai sosis/daging ayam cincang) bumbui dgn kaldu jamur dan merica, beri sedikit air, masak sampai mengering. siap jadi isian .

CARA :
1. Ambil sdkit adonan cilok (besarny sesuai selera) beri isian lalu bulatkan sampai semua habis sambil merebus air
2. Masukkan bulatan2 cilok kedalam air mendidih dan tunggu sampai mengapung/matang, angkat sisihkan .

KUAH CEKER :
1. Masukkan ceker yang sudah bersih kedalam air mendidih, rebus sebentar, angkat buang airny, rebus lagi ceker dengan air yang baru. sementara itu ...
2. Tumis bumbu halus (4 siung bawang putih, 1 ruas kencur, 3 buah cabe merah keriting/cabe rawit sesuai selera) sampai wangi tambahkan 4 lembar daun jeruk tumis lagi sampai benar2 matang dan mengeluarkan minyak
3. Masukkan tumisan bumbu kedalam rebusan ceker, beri garam, kaldu jamur dan sedikit gula, masak terus sampai ceker empuk dan bumbunya meresap jangan lupa cek rasa
4. Terakhir masukkan ciloknya, masak sebentar, angkat matikan api
5. Sajikan cilok kuah ceker dengan taburan daun bawang dan bon cabe πŸ˜‹πŸ‘πŸ‘Œ . .

#cilok #cilokkuahceker #cilokkuah #resepcilok #doyanmasak #berbagiresep #shareresep #marimasak #yukbelajarmasak #resepku_yummy #resepindonesia #reseproemah #hobimasakid #appronid #fotomasak #instafood #resepdapurku #resepbundaku @RepostIt_app

NASI GORENG TELUR ASIN by @dewi.yuliana23

BAHAN :
untuk 3 porsi
3 piring nasi putih
2 butir kuning telur asin hancurkan
1 sdm margarin
1/4 buah bawang bombay cincang
5 siung bawang putih cincang
1 buah cabe merah keriting iris kecil
2 buah cabe rawit merah iris2
1 batang daun bawang iris2
1 sdm saus tiram
1/2 sdm kecap ikan
garam, kaldu jamur, gula dan merica bubuk secukupny

CARA MEMBUAT :
1. Tumis cincangan bawang bombay dan bawang putih dng margarin sampai wangi dan sdkit kecoklatan, lalu masukkan kuning telur asin aduk2 sampai berbusa
2. Masukkan semua irisan cabe dan daun bawang masak lg sampai wangi, lalu masukkan nasi putih dan aduk sampai rata
3. Bumbui dng saus tiram, kecap ikan, garam, kaldu jamur, sejumput gula dan sdkit merica bubuk, masak dan aduk terus sampai benar2 rata dan nasi mulai mengering
4. Angkat sajikan dng lauk pendamping sesuai selera πŸ˜‹

nasi gorengny jg bisa ditambahkan potongan udang, ayam atau sosis sesuai selera πŸ˜‰
#nasigorengtelurasin #berbagiresep #hobimasakid #doyancooking #doyanmasak #fotomasak #resepbundaku #marimasak #resep_yummy #instafood #resepdapurku #reseproemahku #reseproemah #appronid #lezatnikmat

MOST RECENT

Yang masih ngantuk biar melek pake yg pedes2 yuk.

CILOK KUAH CEKER ala @dewi.yuliana23 .

ADONAN CILOK :
Campur 150 grm tapioka, 100 grm terigu, 1sdt bawang putih bubuk,1 batang daun bawang iris, garam dan kaldu jamur secukupny dengan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai menjadi adonan yang kalis .

ISIAN :
Tumis 3 siung bawang putih cincang sampai wangi tambahkan 5 buah cabe rawit merah iris tumis sampai sedikit kecoklatan lalu masukkan 10 butir bakso sapi, boleh utuh/di iris kecil (bisa juga memakai sosis/daging ayam cincang) bumbui dgn kaldu jamur dan merica, beri sedikit air, masak sampai mengering. siap jadi isian .

CARA :
1. Ambil sdkit adonan cilok (besarny sesuai selera) beri isian lalu bulatkan sampai semua habis sambil merebus air
2. Masukkan bulatan2 cilok kedalam air mendidih dan tunggu sampai mengapung/matang, angkat sisihkan .

KUAH CEKER :
1. Masukkan ceker yang sudah bersih kedalam air mendidih, rebus sebentar, angkat buang airny, rebus lagi ceker dengan air yang baru. sementara itu ...
2. Tumis bumbu halus (4 siung bawang putih, 1 ruas kencur, 3 buah cabe merah keriting/cabe rawit sesuai selera) sampai wangi tambahkan 4 lembar daun jeruk tumis lagi sampai benar2 matang dan mengeluarkan minyak
3. Masukkan tumisan bumbu kedalam rebusan ceker, beri garam, kaldu jamur dan sedikit gula, masak terus sampai ceker empuk dan bumbunya meresap jangan lupa cek rasa
4. Terakhir masukkan ciloknya, masak sebentar, angkat matikan api
5. Sajikan cilok kuah ceker dengan taburan daun bawang dan bon cabe πŸ˜‹πŸ‘πŸ‘Œ . .

#cilok #cilokkuahceker #cilokkuah #resepcilok #doyanmasak #berbagiresep #shareresep #marimasak #yukbelajarmasak #resepku_yummy #resepindonesia #reseproemah #hobimasakid #appronid #fotomasak #instafood #resepdapurku #resepbundaku @RepostIt_app

#Repost @dewi.yuliana23 (@get_repost)
・・・
CILOK KUAH CEKER ala @dewi.yuliana23 .

ADONAN CILOK :
Campur 150 grm tapioka, 100 grm terigu, 1sdt bawang putih bubuk,1 batang daun bawang iris, garam dan kaldu jamur secukupny dengan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai menjadi adonan yang kalis .

ISIAN :
Tumis 3 siung bawang putih cincang sampai wangi tambahkan 5 buah cabe rawit merah iris tumis sampai sedikit kecoklatan lalu masukkan 10 butir bakso sapi, boleh utuh/di iris kecil (bisa juga memakai sosis/daging ayam cincang) bumbui dgn kaldu jamur dan merica, beri sedikit air, masak sampai mengering. siap jadi isian .

CARA :
1. Ambil sdkit adonan cilok (besarny sesuai selera) beri isian lalu bulatkan sampai semua habis sambil merebus air
2. Masukkan bulatan2 cilok kedalam air mendidih dan tunggu sampai mengapung/matang, angkat sisihkan .

KUAH CEKER :
1. Masukkan ceker yang sudah bersih kedalam air mendidih, rebus sebentar, angkat buang airny, rebus lagi ceker dengan air yang baru. sementara itu ...
2. Tumis bumbu halus (4 siung bawang putih, 1 ruas kencur, 3 buah cabe merah keriting/cabe rawit sesuai selera) sampai wangi tambahkan 4 lembar daun jeruk tumis lagi sampai benar2 matang dan mengeluarkan minyak
3. Masukkan tumisan bumbu kedalam rebusan ceker, beri garam, kaldu jamur dan sedikit gula, masak terus sampai ceker empuk dan bumbunya meresap jangan lupa cek rasa
4. Terakhir masukkan ciloknya, masak sebentar, angkat matikan api
5. Sajikan cilok kuah ceker dengan taburan daun bawang dan bon cabe πŸ˜‹πŸ‘πŸ‘Œ . .

#cilok #cilokkuahceker #cilokkuah #resepcilok #doyancooking #doyanmasak #berbagiresep #shareresep #marimasak #yukbelajarmasak #resep_yummy #resepindonesia #reseproemah #hobimasakid #appronid #fotomasak #instafood #resepdapurku #resepbundaku

SAYUR SOP KAYA REMPAH
By : @indahdapur
Bahan :
10 buah ceker
10 butir telur puyuh rebus
1 buah wortel, potong sesuai selera
Segenggam kacang merah
1/2 buah tomat ukuran besar, potong-potong
1 batang daun bawang, potong 1 cm
1 batang daun seledri, potong 1 cm
2 batang kayu manis
3 buah kapulaga
4 buah cengkeh
2 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk
1 sdt gula pasir
1/2 sdt pala bubuk
2 sdm minyak untuk menumis
1500 ml air
Bumbu Halus :
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sdt merica butiran
Pelengkap :
Bawang merah goreng
Cara Membuat :
1. Rebus ceker 3 menit, buang air rebusan pertama. Rebus kembali hingga empuk.
2. Masukkan telur puyuh & kacang merah, masak sampai matang.
3. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan kayu manis, kapulaga & cengkeh, tumis kembali sampai harum, kemudian masukkan ke dalam panci sop.
4. Masukkan wortel, masak hingga 1/2 matang, beri garam, pala bubuk, gula & kaldu bubuk, koreksi rasa.
5. Terakhir masukkan daun bawang & tomat, aduk sebentar.
6. Sajikan dengan taburan bawang merah goreng.
#doyancooking #resepmasakanindonesia #resepmasakannusantara #resepsayursop #indahdapur #foodoftheday #foodphotography #cookoftheday #cookingwithlove #menurumahan #masakanrumah #foodie #foodporn #instafood #fotomasak #rahasiadapur #resepmasakan #marimasak #doyanmasak #panduanmemasak #hobimasak #bakingcooking_ #resepbundaku #ourecipe #iphonesia #iphone7plus #resepdapur #resepyummy #foodgasm #mykitchen

Permisiii nyang manis mau liwaaattt...
🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌 Pisang Karamel ini baru pertama x saya bikin pakai gula merah didalamnya, supaya apa?supaya meler2 gitu kaya karamel 😁 klo pakai gula putih kurang cantik jadinya.. eh tp sebenernya bagusan pakai palm sugar yah tp saya gak punya 😹✌ #piscok #pisanggoreng #pisangkaramel #cemilan #sweetfood #idemakanan #idemasak #doyancooking #doyanmasak #berbagiresep #resepindonesia #makanantradisional #indonesianfood #olahankelapa #sayurmayur #resepbundaku #anekaresepmakanan #cooking #homecooked #homemade #dapurku #resepenak #reseplezat

Credit to @dewi.yuliana23
🍑🍑thanks dear🍑🍑 . : CILOK KUAH CEKER ala @dewi.yuliana23 .

ADONAN CILOK :
Campur 150 grm tapioka, 100 grm terigu, 1sdt bawang putih bubuk,1 batang daun bawang iris, garam dan kaldu jamur secukupny dengan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai menjadi adonan yang kalis .

ISIAN :
Tumis 3 siung bawang putih cincang sampai wangi tambahkan 5 buah cabe rawit merah iris tumis sampai sedikit kecoklatan lalu masukkan 10 butir bakso sapi, boleh utuh/di iris kecil (bisa juga memakai sosis/daging ayam cincang) bumbui dgn kaldu jamur dan merica, beri sedikit air, masak sampai mengering. siap jadi isian .

CARA :
1. Ambil sdkit adonan cilok (besarny sesuai selera) beri isian lalu bulatkan sampai semua habis sambil merebus air
2. Masukkan bulatan2 cilok kedalam air mendidih dan tunggu sampai mengapung/matang, angkat sisihkan .

KUAH CEKER :
1. Masukkan ceker yang sudah bersih kedalam air mendidih, rebus sebentar, angkat buang airny, rebus lagi ceker dengan air yang baru. sementara itu ...
2. Tumis bumbu halus (4 siung bawang putih, 1 ruas kencur, 3 buah cabe merah keriting/cabe rawit sesuai selera) sampai wangi tambahkan 4 lembar daun jeruk tumis lagi sampai benar2 matang dan mengeluarkan minyak
3. Masukkan tumisan bumbu kedalam rebusan ceker, beri garam, kaldu jamur dan sedikit gula, masak terus sampai ceker empuk dan bumbunya meresap jangan lupa cek rasa
4. Terakhir masukkan ciloknya, masak sebentar, angkat matikan api
5. Sajikan cilok kuah ceker dengan taburan daun bawang dan bon cabe πŸ˜‹πŸ‘πŸ‘Œ . .

#cilok #cilokkuahceker #cilokkuah #resepcilok #doyancooking #doyanmasak #berbagiresep #shareresep #marimasak #yukbelajarmasak #resep_yummy #resepindonesia #reseproemah #hobimasakid #appronid #fotomasak #instafood #resepdapurku #resepbundaku #ri_cilok

TUMIS ATI AMPELA SAUS TIRAM
By : @siska_dewi_lestari

BAHAN :
250 gram ati ampela, rebus sampai matang, potong-potong.
1 buah kentang, potong kotak
Cabe merah besar, iris
Cabe hijau besar, iris
5 siung Bawang putih
1/2 buah bawang bombay, iris
3 sdm Saus tiram
3 sdm kecap manis
1 sdm kecap inggris
1 lembar daun salam
Lengkuas, memarkan
Gula dan garam secukupnya

CARA MEMBUAT :
1. Tumis bawang putih, bawang bombay, cabe merah dan hijau serta daun salam dan lengkuas sampai wangi.
2. Masukkan kentang, beri sedikit air, masak sampai matang.
3. Masukkan ati ampela, saus tiram, kecap inggris, aduk rata, cek rasa. Beri sedikit gula dan garam. Jika sdh pas angkat dan sajikan

#resepatiampelasaustiram #sdl_atiampela #berbagiresep #doyancooking #resepbundaku #like #foodie #foodlovers #homecooking #shareresep #resepbundaku #yummyfood #instafoodie #foodstagram #fotomasak #resepmasakanindonesia #instalike #instafood

NASI GORENG SPESIAL ALA SOLARIA
By : @indahdapur
Bahan :
2 piring nasi putih dingin sisa semalam
1 potong ayam goreng, suwir-suwir
6 buah bakso, pototong jadi 4
Bumbu :
6 siung bawang merah, iris
3 siung bawang putih, cincang
2 buah cabe merah besar, iris bulat
2 buah cabe rawit merah, iris bulat
1 batang daun bawang, iris kasar
1/2 sdm kecap asin
1 sdt kecap ikan
1/2 sdt minyak wijen
2 sdm kecap manis
2 sdm margarine
Pelengkap :
Bawang goreng, untuk taburan
1 butir telur, dadar & iris-iris
Sosis goreng
Kerupuk
Cara Membuat :
1. Panaskan margarine, tumis bawang merah & bawang putih sampai harum. Tambahkan cabe merah & cabe rawit, tumis kembali sampai harum.
2. Masukkan ayam suwir & bakso.
3. Masukkan nasi putih, beri kecap asin, kecap ikan, minyak wijen & kecap manis (masak dengan api besar agar bumbu merasuk).
4. Koreksi rasa, terakhir masukkan daun bawang, aduk sebentar saja.
5. Sajikan dengan irisan telur dadar, sosis goreng, kerupuk & taburan bawang goreng.
#doyancooking #resepmasakanindonesia #resepmasakannusantara #resepnasigoreng #indahdapur #foodoftheday #foodphotography #cookoftheday #cookingwithlove #menurumahan #masakanrumah #foodie #foodporn #instafood #fotomasak #rahasiadapur #resepmasakan #marimasak #doyanmasak #panduanmemasak #hobimasak #bakingcooking_ #resepbundaku #ourecipe #iphonesia #iphone7plus #resepdapur #resepyummy #foodgasm #mykitchen

CILOK KUAH CEKER ala @dewi.yuliana23 .

ADONAN CILOK :
Campur 150 grm tapioka, 100 grm terigu, 1sdt bawang putih bubuk,1 batang daun bawang iris, garam dan kaldu jamur secukupny dengan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai menjadi adonan yang kalis .

ISIAN :
Tumis 3 siung bawang putih cincang sampai wangi tambahkan 5 buah cabe rawit merah iris tumis sampai sedikit kecoklatan lalu masukkan 10 butir bakso sapi, boleh utuh/di iris kecil (bisa juga memakai sosis/daging ayam cincang) bumbui dgn kaldu jamur dan merica, beri sedikit air, masak sampai mengering. siap jadi isian .

CARA :
1. Ambil sdkit adonan cilok (besarny sesuai selera) beri isian lalu bulatkan sampai semua habis sambil merebus air
2. Masukkan bulatan2 cilok kedalam air mendidih dan tunggu sampai mengapung/matang, angkat sisihkan .

KUAH CEKER :
1. Masukkan ceker yang sudah bersih kedalam air mendidih, rebus sebentar, angkat buang airny, rebus lagi ceker dengan air yang baru. sementara itu ...
2. Tumis bumbu halus (4 siung bawang putih, 1 ruas kencur, 3 buah cabe merah keriting/cabe rawit sesuai selera) sampai wangi tambahkan 4 lembar daun jeruk tumis lagi sampai benar2 matang dan mengeluarkan minyak
3. Masukkan tumisan bumbu kedalam rebusan ceker, beri garam, kaldu jamur dan sedikit gula, masak terus sampai ceker empuk dan bumbunya meresap jangan lupa cek rasa
4. Terakhir masukkan ciloknya, masak sebentar, angkat matikan api
5. Sajikan cilok kuah ceker dengan taburan daun bawang dan bon cabe πŸ˜‹πŸ‘πŸ‘Œ . .

#cilok #cilokkuahceker #cilokkuah #resepcilok #doyancooking #doyanmasak #berbagiresep #shareresep #marimasak #yukbelajarmasak #resep_yummy #resepindonesia #reseproemah #hobimasakid #appronid #fotomasak #instafood #resepdapurku #resepbundaku

Sayang tadi gak nemu kemangi, jadi kurang nyuuss.. 😒 eh trus ini bumbu urapnya ada yg dikukus dan ada yg dioseng kaya saya yaa.. knp pilih yg dioseng?krn supaya tahan lama gak mudah basi, maklum yg makan cuma 2 orang jadi harus pinter2 nyimpen makanan supaya awet dimakan 2x sampe nanti malam 😊

SAYUR URAP / GUDANGAN
Bahan :
Sayur bebas sesuai selera
1/2 Kelapa parut
Daun jeruk

Bumbu ulek :
4 bamer
4 baput
3 cabai merah
2 rawit merah
2cm kencur
1 terasi abc
Sedikit gula merah
Sedikit ebi halus
Garam gula/royco

Caranya:
- cuci bersih sayuran, rajang halus dan rebus sebentar saja (asal layu)
- tumis bumbu halus (saya diblender pakai sedikit air) sampai wangi, masukkan daun jeruk
- masukkan kelapa parut (kecilkan api dan terus dioseng)
- campur sayur dengan kelapa bumbu di tempat lain, aduk2 dengan tangan sampai bumbu bercampur

#urap #urab #sayururap #sayururab #gudangan #gudanganmateng #resepurab #resepurap #resepgudangan #resepsayur #idemakanan #idemasak #doyancooking #doyanmasak #berbagiresep #resepindonesia #makanantradisional #indonesianfood #olahankelapa #sayurmayur #resepbundaku #anekaresepmakanan #cooking #homecooked #homemade #dapurku #resepenak #reseplezat

#Repost @resepanekamasakan with @repostapp
・・・ SAPO TAHU UDANG (4 porsi)

Bahan :
Udang kupas bersih 1/4, bakso ikan 5, 1 wortel besar, brokoli, sawi hijau/putih, 2 tahu sutra/tahu jepang iris 2 cm dan goreng sebentar, daun bawang

Bumbu :
1 bawang bombay iris kotak, 3 baput geprek lalu cacah halus, 1cm jahe geprek, cabai merah iris, garam, royco, gula, 2 sdm saos tiram, 1 sdm saos sambal, merica, kaldu udang (dari hasil rebusan kulit udang), sedikit air dicampur 1 sdm tepung maizena, minyak dan mentega

Caranya :
Tumis bawang bombai, baput, dgn minyak dan mentega sampai harum, masuk cabai lanjut dgn udang kupas&bakso, oseng sebentar masukkan air kaldu udang, wortel, tunggu empuk masukkan jahe, brokoli dan sawi, terakhir masukkan tahu, garam, royco, gula pasir, saos sambal, merica & saos tiram, diamkan sebentar sampai tahu berubah warna, masukkan air yg sudah dicampur maizena, terakhir masukkan daun bawang, angkat dan sajikan hangat2 😊

#sapotahu #resepsapotahu #sapotahuseafood #sapotahuudang #berbagiresep #doyancooking #belajarmasak #hobimasakid #reseproemahan #reseproemah #yukbelajarmasak #anekaresepmasakan #resepindonesia #resepdapurku #resepyummy #resepbundaku - #regrann

Sarapan yuuuks... 4 sehat 5 sempurna klo kata pak misua πŸ˜…

SAYUR URAP / GUDANGAN
Bahan :
Sayur bebas sesuai selera
1/2 Kelapa parut
Daun jeruk

Bumbu ulek :
4 bamer
4 baput
3 cabai merah
2 rawit merah
2cm kencur
1 terasi abc
Sedikit gula merah
Sedikit ebi halus
Garam gula/royco

Caranya:
- cuci bersih sayuran, rajang halus dan rebus sebentar saja (asal layu)
- tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan daun jeruk
- masukkan kelapa parut (kecilkan api dan terus dioseng)
- campur sayur dengan kelapa bumbu di tempat lain, aduk2 dengan tangan sampai bumbu bercampur

#urap #urab #sayururap #sayururab #gudangan #gudanganmateng #resepurab #resepurap #resepgudangan #resepsayur #idemakanan #idemasak #doyancooking #doyanmasak #berbagiresep #resepindonesia #makanantradisional #indonesianfood #olahankelapa #sayurmayur #resepbundaku #anekaresepmakanan #cooking #homecooked #homemade #dapurku #resepenak #reseplezat

Bikinin bekal suami ke kantor sekalian buat sarapan sendiri πŸ˜‹ Seneng banget bisa bawain bekal suami tiap hari, bukan irit, bukan juga pelit 😁 Tapi bisa meminimalisir dia biar gak jajan yg gak sehat, coz sedih kalo liat dia sakit gara2 jajan sembarangan 😘
.
PISANG KARAMEL
By : @indahdapur
Bahan :
2 buah pisang kepok ukuran besar, potong memanjang menjadi 4 bagian
8 lembar kulit lumpia siap pakai
1 sdm tepung terigu, larutkan dengan 2 sdm air (untuk mengelem)
Minyak secukupnya
Topping :
Keju cheddar
Messeis
Susu
Gula
Cara Membuat :
1. Siapkan kulit lumpia, isi dengan 1 potong pisang & topping sesuai selera (keju cheddar). Beri sedikit susu, lipat seperti melipat risol, lem ujungnya dengan larutan terigu. Lakukan hingga habis.
2. Goreng dengan minyak panas & api sedang.
3. Sajikan.
#doyancooking #resepmasakanindonesia #resepmasakannusantara #reseppisangkaramel #indahdapur #foodoftheday #foodphotography #cookoftheday #cookingwithlove #menurumahan #masakanrumah #foodie #foodporn #instafood #fotomasak #rahasiadapur #resepmasakan #doyancookingcemilan #doyanmasak #panduanmemasak #hobimasak #bakingcooking_ #resepbundaku #ourecipe #iphonesia #iphone7plus #resepdapur #resepyummy #resepsimple #mykitchen

BATAGOR IKAN TENGGIRI
By : @indahdapur
.
Bahan Batagor :
10 buah tahu pong, potong segitiga kemudian balik (harusnya pakai tahu putih Yun-Yi)
200 gr ikan tenggiri fillet
1 batang daun bawang, iris tipis
100 gr tepung tapioka
20 gr tepung terigu
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt bawang putih bubuk
1,5 sdt garam
1,5 sdt kaldu bubuk
1 sdt gula pasir
4 siung bawang putih, iris tipis kemudian goreng
1 butir telur
5 cubes es batu
.Cara Membuat :
1. Haluskan tenggiri fillet dengan food processor.
2. Tambahkan merica bubuk, bawang putih bubuk, garam, gula, kaldu bubuk & bawang putih goreng.
3. Masukkan es batu, bergantian dengan tepung tapioka & tepung terigu, haluskan hingga lembut.
4. Masukkan telur & daun bawang, giling terus sampai tercampur rata.
5. Isi tahu dengan adonan, lakukan sampai habis.
6. Goreng dengan api kecil hingga matang.
7. Sajikan dengan saus kacang.
.
Bahan Saus Kacang :
100 gr kacang tanah, goreng
3 siung bawang putih
4 buah cabe merah
3 buah cabe rawit merah
1 sdt gula putih
1/2 buah gula merah ukuran kecil
1/2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk
150 ml air
3 sdm minyak goreng
1 sdm kecap manis
1 sdm saus sambal
1,5 lembar daun jeruk
2 buah jeruk limau, masing-masing belah jadi 2
Cara Membuat :
1. Haluskan semua bahan kecuali daun jeruk.
2. Masak sampai mendidih dgn daun jeruk hingga air susut, koreksi rasa.
#doyancooking #resepmasakanindonesia #resepmasakannusantara #resepbatagor #indahdapur #foodoftheday #foodphotography #cookoftheday #cookingwithlove #menurumahan #masakanrumah #foodie #foodporn #instafood #fotomasak #rahasiadapur #resepmasakan #doyancookingcemilan #doyanmasak #panduanmemasak #hobimasak #bakingcooking_ #resepbundaku #ourecipe #iphonesia #iphone7plus #resepdapur #resepyummy #resepsimple #mykitchen

#Repost @rotikuebolu
・・・
🌰 : Choco Balls Cookies
πŸ“£ : @siska_dewi_lestari

BAHAN :
200 gram butter
2 kuning telur
270 gram terigu protein rendah
80 gram gula halus
70 gram maizena
15 gram susu bubuk
50 gram keju cheddar parut
1 sdt vanila essence

BAHAN BALURAN :
DCC secukupnya
Ceres secukupnya

CARA MEMBUAT:
1. Campur butter, gula halus dan telur, mixer dg kecepatan rendah sebentar asal tercampur rata, kemudian matikan mixer.
2. Masukkan keju parut, vanila essence, aduk rata menggunakan spatula.
3. Masukkan campuran tepung terigu, maizena dan susu bubuk sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
4. Bentuk bulat adonan, jangan terlalu besar, letakkan pada loyang yang telah diolesi margarin secara tipis, panggang pada oven sampai matang. Kemudian angkat. Biarkan sampai agak dingin.
5. Parut DCC menggunakan parutan keju kemudian lelehkan dg cara mentimnya.
6. Setelah cookies agak dingin, celupkan pada coklat yg telah dilelehkan, kemudian gulingkan pada ceres, begitu seterusnya, angin2kan dulu sampai coklat mengeras, baru tata di toples.

#resepchocoballs #sdl_cookies #doyanbaking #berbagiresep #cakedankue #resepkue #resepkuekering #hobimasakid #resepbundaku #reseproemahan #fotokue #foodlovers #foodies #instalike

Repost @siska_dewi_lestari
・・・
Tahu tempenya ga kelihatan, sorry...soalnya ketutup kuah dan tadi dipotong kotak-kotak kecil...😎😊.
Ini yg masak mama saya, saya cuma lihat aja.. Terus kali ini buat opornya santannya dibuat agak encer aja, dimakan pake lontong, naroh kuahnya agak banyak, jadinya tambah nikmat.. 😊.
.
OPOR AYAM TAHU TEMPE

BAHAN :
1/2 kg ayam, cuci bersih, potong-potong
1 papan tempe, potong dadu
3 kotak tahu, potong dadu
2 L santan
Gula dan garam secukupnya

BUMBU CEMPLUNG :
1 btg serai, memarkan
Lengkuas memarkan
3 lbr daun jeruk
3 lbr daun salam

BUMBU HALUS :
7 siung bawang merah
12 siung bawang putih
4 butir kemiri
2 cm jahe
2 cm kunyit
1 sdt ketumbar
Sedikit jintan

CARA MEMBUAT :
1. Goreng sebentar tahu dan tempe, jangan sampai kering, angkat, sisihkan.
2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan bumbu cemplung, tumis lagi sebentar sampai wangi. Beri gula dan garam.
3. Masukkan potongan ayam, aduk rata, masak sebentar. Kemudian masukkan tahu tempe, aduk rata, biarkan sebentar.
4. Masukkan santan masak sampai mendidih dan ayam matang. Cek rasa, jika sudah pas, angkat dan sajikan dg taburan bawang goreng.
.
#resepoporayam #sdl_opor #berbagiresep #berbagiresep #doyancooking #resepbundaku #like #foodie #foodlovers #homecooking #shareresep #resepbundaku #yummyfood #instafoodie #foodstagram #fotomasak #resepmasakanindonesia #instalike #instafood

Tahu tempenya ga kelihatan, sorry...soalnya ketutup kuah dan tadi dipotong kotak-kotak kecil...😎😊.
Ini yg masak mama saya, saya cuma lihat aja.. Terus kali ini buat opornya santannya dibuat agak encer aja, dimakan pake lontong, naroh kuahnya agak banyak, jadinya tambah nikmat.. 😊.
.
OPOR AYAM TAHU TEMPE

BAHAN :
1/2 kg ayam, cuci bersih, potong-potong
1 papan tempe, potong dadu
3 kotak tahu, potong dadu
2 L santan
Gula dan garam secukupnya

BUMBU CEMPLUNG :
1 btg serai, memarkan
Lengkuas memarkan
3 lbr daun jeruk
3 lbr daun salam

BUMBU HALUS :
7 siung bawang merah
12 siung bawang putih
4 butir kemiri
2 cm jahe
2 cm kunyit
1 sdt ketumbar
Sedikit jintan

CARA MEMBUAT :
1. Goreng sebentar tahu dan tempe, jangan sampai kering, angkat, sisihkan.
2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan bumbu cemplung, tumis lagi sebentar sampai wangi. Beri gula dan garam.
3. Masukkan potongan ayam, aduk rata, masak sebentar. Kemudian masukkan tahu tempe, aduk rata, biarkan sebentar.
4. Masukkan santan masak sampai mendidih dan ayam matang. Cek rasa, jika sudah pas, angkat dan sajikan dg taburan bawang goreng.
.
#resepoporayam #sdl_opor #berbagiresep #berbagiresep #doyancooking #resepbundaku #like #foodie #foodlovers #homecooking #shareresep #resepbundaku #yummyfood #instafoodie #foodstagram #fotomasak #resepmasakanindonesia #instalike #instafood

TUMIS ATI AMPELA SAUS TIRAM
By. @siska_dewi_lestari

BAHAN :
250 gram ati ampela, rebus sampai matang, potong-potong.
1 buah kentang, potong kotak
Cabe merah besar, iris
Cabe hijau besar, iris
5 siung Bawang putih
1/2 buah bawang bombay, iris
3 sdm Saus tiram
3 sdm kecap manis
1 sdm kecap inggris
1 lembar daun salam
Lengkuas, memarkan
Gula dan garam secukupnya

CARA MEMBUAT :
1. Tumis bawang putih, bawang bombay, cabe merah dan hijau serta daun salam dan lengkuas sampai wangi.
2. Masukkan kentang, beri sedikit air, masak sampai matang.
3. Masukkan ati ampela, saus tiram, kecap inggris, aduk rata, cek rasa. Beri sedikit gula dan garam. Jika sdh pas angkat dan sajikan.
#resepatiampelasaustiram #sdl_atiampela #berbagiresep #doyancooking #resepbundaku #like #foodie #foodlovers #homecooking #shareresep #resepbundaku #yummyfood #instafoodie #foodstagram #fotomasak #resepmasakanindonesia #instalike #instafood

Most Popular Instagram Hashtags