[PR] Gain and Get More Likes and Followers on Instagram.

#resensi

3130 posts

TOP POSTS

Judul : Forgive to Forget
Karya : Daisy Ann
Penerbit : Grasindo
Pengulas : Hania Pratiwi N.
.
“If God can take away something you never imagined losing, then God can replace it by something you never imagined owning.” Ada kenangan yang tak menyenangkan. Bagi Gio, Surabaya memberinya kenangan yang menyedihkan. Ada kenangan tentang ibundanya, juga kenangan enam tahun lalu tentang seseorang yang kehilangan nyawa tepat di depan matanya. Namun pekerjaan memaksa lelaki itu untuk kembali ke kota kelahirannya. Bagi Clarissa, kenangan terakhirnya tentang Glenn selalu membuatnya terpuruk. Perempuan itu menenggelamkan dirinya dalam lautan pekerjaan, melupakan urusan hatinya sendiri. Gio seolah membantunya dengan tumpukan pekerjaan yang tidak ada habisnya. Namun seringkali, kenangan pahit tak semudah itu dilupakan, terutama ketika hati terasa sulit memaafkan. Mana yang lebih berat?

Memaafkan orang lain atau memaafkan diri sendiri? Hidup Gio dan Clarissa berbenturan pada satu malam. Pernah merasakan rasanya hampir mati sekaligus melihat kematian orang lain di hadapannya, membuat sikap Gio berubah. Satu sama lain, keduanya belajar memahami, bahwa beban tak selalu bisa diukur dari beratnya, namun juga berapa lama kenangan menyakitkan itu harus dibawa. “Because sometimes the matter is how long you can take it.” #sastra #indonesia #literasi #smamda #sidoarjo #literature #novel #book #sinopsis #resensi

Sembari istirahat siang, kalian bisa baca review @fauziahoctvny terhadap AMOR FATI maupun KALA. Sebab Kisah Saka dan Lara ada di keduanya. So, makin mantep kan buat adopsi keduanya, hahahaha.....Terima kasih. .
.
.
I'm finished this book. Baru beberapa menit yang lalu sampe nyepam ke ka bella haha.
.
.
I don't know, buku ini bener-bener buat aku speechless! Terharu, seneng, sedih, gregetan semua campur aduk sampe mau meledak. Baca buku ini seperti diajak ke ruangan luas yang isinya bermacam-macam hal.
.
.
Kalo di KALA semesta gampang banget pertemuin mereka tapi di Amor Fati jangan harap, sampe rasanya gemes sendiri.
.
.
Amor Fati punya banyak hal yang bisa diambil, yang awalnya ga terima jadi menerima karna selalu ada penjelasan yang dapat dipahami.
.
.
Ka @hujan_mimpi dan ka @iidmhd terimakasih udah ciptain Saka Lara. Aku belajar banyak dari mereka terlebih dari Ana, pesan yang kalian tulis lewat buku ini udah sampai ke aku. Senang rasanya baca buku yang bikin isi kepala nambah. So, semangat berkarya. Aku tunggu karya selanjutnya😉
.
.
"Karena, saat kamu enggak tau harus percaya sama siapa, percaya aja sama diri kamu sendiri. Enggak usah berusaha menjelaskan agar orang percaya sama kamu. Karena pada akhirnya nanti, saat sebuah makna akhirnya terungkap, mereka enggak punya pilihan lain, selain percaya sama kamu." hlm 350
.
.
Rate : 5/5 🌟🌟🌟🌟🌟
.
.
.
.
#AMORFATI #KALA #Hujan_mimpi #iidmhd #eleftheriawords #IGBookreview #Bookstagram #bookstagramindonesia #books #Tumblr #gradienmediatama #Lara #Saka #Noveladdict #bookaddict #QOTD #quotes #resensi #photography #puisi - #regrann

Dalam Posesif, kata “selamanya” bermakna ganda. Pertama, “selamanya” sebagai sebuah bualan remaja naif; kedua, “selamanya” sebagai ikrar kesetiaan yang tak bisa dan tak boleh ditawar. Sepanjang film, dua makna itu saling tumpang tindih.

Simak #resensi “Posesif: Putri Orang di Hati Putra Orang” oleh Raksa Santana di http://bit.ly/ResensiPosesif.

Nama: Wibawa Galih Ramdhani D
Kelas : IX-F
Absen: 36
1. Identitas artikel:
Judul: Pentingnya pendidikan
Tema: Pendidikan
Penulis:Tia Herawati
Sumber artikel: tiaherawati.blogspot.co.id
2. Alasan memilih artikel untuk di resensi: Karena pendidikan itu sangat penting
3. Isi artikel: Berbicara tentang pendidikan, tentunya kita sebagai manusia yang hidup di masyarakat menyadari arti penting dari pendidikan. Pendidikan merupakan segala bidang penghidupan, dalam memilih dan membina hidup yang baik, yang sesuai dengan martabat manusia. Tentu dari pernyataan tersebut, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa pendidikan merupakan hal yang sangat penting yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sebagai manusia. 
Pendidikan dapat membedakan manusia dari segi kedudukannya di masyarakat. Orang yang berpendidikan tinggi akan jauh lebih dihargai orang lain dalam masyarakat. Dari segi tingkat atau kedudukan dalam pekerjaan, pendidikan juga sangat berpengaruh. Apalagi kalau sudah menyangkut pada jabatan, tentu orang yang berpendidikan tinggi dapat diposisikan pada kedudukan yang lebih tinggi pula. Sebaliknya, orang yang berpendidikan lebih renda akan diposisikan pada kedudukan atau jabatan yang lebih rendah pula dalam pekerjaannya. Karena setiap bidang pekerjaan disesuaikan dengan kemampuan seseorang, agar bisa melaksanakan pekerjaannya dengan baik. Hal tersebut juga akan menentukan pendapatan dari setiap pekerjaannya.
4. Hikmah atau manfaat:
Dengan kita menyadari bahwa pentingnya pendidikan, diharapkan mampu untuk meningkatkan rasa kepeduliaan terhadap pendidikan. Semoga dengan pendidikan, kehidupan kita kan menjadi lebih baik.
#resensi #remedial

Nama :NoviOktaviani
Kelas. :IX-G
Absen :22
Untuk memenuhi remedial PAS B.Indonesia
1. Identitas
•Judul :Kemasan baru toleransi
•Tema :Agama
•Penulis :Nino Paulus
•Sumber artikel :Internet
2. Alasan memilih artikel untuk diresensi:
Karena artikel ini menjelaskan bahwa sebaiknya kita menghadiahkan nilai-nilai yang baik kepada generasi selanjutnya.
3. Isi artikel:
Bahwa yang paling mengerikan, penghujat yang mengaku pemeluk agama tersebut, berusaha sedapatnya meyakinkan bahwa ajaran (paham) yang dipeluk agama lain itu salah, kemudian meluruskannya sesuai versi agamanya. Sangat disayangkan penghujat yang bermodel seperti sekarang ini.
4. Hikmah dan manfaat dari yang diresensi:
Meskipun kita berbeda agama, namun tetap harus saling menghormati jangan sampai saling menghujat

#resensi #remedial

Nama : Windi
Kelas : IX-D
No.absen : 34
PAS Remedial B.Indonesia •>Identitas Artikel
Judul : Setiap Muslim Wajib Mempelajari Agama
Penulis : Dr. M. Saifudin Hakim.MSc
Sumber : Internet
•>Alasan; Karena sebagian orang menganggap menuntut ilmu Agama sekedar Sunnah, Dan tidak peduli akan mempelajari ilmu agama. •>Isi Artikel; Sebagian diantara kita mungkin menganggap bahwa hukum menuntut ilmu agama sekedar sunnah saja, Yang di beri pahala bagi Yang melakukannya. Dan tidak berdosa lagi siapa saja yang meninggalkannya. Padahal terdapat beberapa kondisi di mana hukum menuntut ilmu agama adalah wajib atas setiap muslim (Fardhu 'ain) Sehingga berdosalah setiap orang yang meninggalkannya. Sebagaimana sabda Rosulullah Shallallahu 'alaihi wasalam, Yang Artinya; "Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim"(H.R Ibnu Majah.Dinilai shahih oleh Syaikh Albani dalam shahih Wa Dha'if sunan Ibnu Majah no. 224).
Dalam hadits ini, Rosulullah Saw dengan tegar menyatakan bahwa menuntut ilmu itu hukumnya Wajib atas setiap mmuslim. Bukan bagi sebagian orang muslim saja lalu, "ilmu"apakah yang dimaksud dalam hadits ini? Penting untuk diketahui bahwa ketika Allah Ta'ala atau Rosul-Nya Muhammad Saw menyebutkan kata"Ilmu"saja dalam al-quran atau As-Sunnah, maka lalu yang dimaksud adalah ilmu syar'i (ilmu agama) termasuk kata"ilmu"yang terdapat dalam hadits diatas.---
•>Hikmah/Manfaat; Dengan belajar agama dapat memberikan tuntunan dan ajaran hidup, belajarr agama dapat mendekatkan diri kepada Allah Swt.
#resensi #remedial
.

Edisi belum siap dipoto~

#Resensi'18 #Panitiaresensi
#Smaf'17 #smanda

Nama:Pani Andini
Kelas:IX - G
Absen:23
Untuk Memenuhi Remidial  PAS bahasa Indonesia

1.Identitas Artikel :
Judul: Pentingnya memahami bacaan sholat
Tema:  Agama
Penulis: Atepur
Sumber Artikel: Internet
2.Alasan memilih buku untuk di resensi :
Karena di dalam artikel ini terdapat pentingnya arti bacaan sholat karena itulah saya tertarik meresensi artikel ini.

3.Isi Artikel :
Arti bacaan sholat perlu kita pahami baik secara gelobal maupun kata perkata dengan memahami apa yang kita baca sholat khusyu lebih mudah di raih sebaliknya, jika kita tidak mengerti apa yang kita baca maka hati dan fikiran akan lebih mudah terisi oleh gurisan-gurisan lain yang dapat mengganggu ke khusyuan sholat.

4.Hikmah dan manfaat dari yang di resensi :
Dengan membaca artikel ini, saya bisa mengetahui arti-arti dari bacaan sholat. #resensi #remedial

Nama:Akmalmaulana
Kelas:ix B

Nama artikel:Tindakan yang merusak mata
Penulis:Taufik rahman
Sumber:Internet

Alasan memilih artikel ini:
Karena artikel ini sangat bermanfaat,agar kita tahu tindakan apa saja yang dapat merusak mata

Isi Artikel
Berlama lama didepan layar monitor seperti komputer lapto notebook da sebagainya membawa mata akan merasa mudah lelah da jika hal ini akan menjadi pemicu rusaknya mata anda dapat mengurangi intensitas cahaya monitor sehingga tidak begitu terang da tidak mudah merusak mata anda

Hikmah dan manfaat
Agar kita tahu tindakan tindakan yang dapat merusak mata
#remidial#resensi

MOST RECENT

"Semua Untuk Hindia" - Iksaka Banu

One of the Indonesia's greatest short-stories anthology so far. Taking a rare angle as a "colonialist" or "someone who was trapped on being colonialist", Iksaka succeed on making suspense from the beginning of each stories. The presence of widely known historical figures in the middle of "fictional" set up and narratives, drove us just an inch closer to realize that sometimes facts is possibly stranger than any fictions.
#2018BiblioProject 4 out of 36

#bookstagram #books #postcolonials #anthology #kompas #book #shortstory #cerpen #resensi #excerpt #synopsis #literature #bibliography #library #insta #instagram

Judul : Koala Kumal
Karya : Raditya Dika
Penerbit : Gagas Media
Pengulas : Wildan Firmansyah A.
.
Suatu ketika ada seorang pria yang bernama dika, dia memiliki pacar yang bernama andrea. Sebentar lagi Dika dan Andrea ingin menikah. tetapi disaat undangan sudah tersebar dan sudah akan tiba waktu dilaksanakannya acara pernikahan. Andrea memilih untuk membatalkan acara pernikahan tersebut.
Sampai tiba saatnya dimana ia bertemu seorang wanita bernama trisna. trisna adalah seorang yang periang dan perhatian. Karena tau dika adalah seorang penulis terkenal, ia mengajaknya untuk menjadi bintang tamu diacara club kecilnya.
.
Dengan melakukan berbagai macam cara trisna menyuruh dika untuk bangkit dan membalas dendam kepada andrea yang sudah membuatnya seperti ini.
Seiring berjalannya waktu Dika menjadi mengetahui hubungan trisna dengan pacarnya dimasa lalu. Ternyata sakit hati trisna melebihi apa yang di rasakan oleh dika.
.
Patah hati merupakan salah satu proses menuju kedewasaan. #sastra
#indonesia #literasi #smamda #sidoarjo #literature #novel #book #sinopsis #resensi

Di suatu pelayaran tanpa angin, aku menengadah ke langit.
Tempat beribu tanya menguap,
menjadi kebingungan-kebingungan yang mendung.

Aku sering mengutuk kehilangan.
Bukan perkara ditinggalkan,
namun sekedar merasa, kehilangan.

Aku bahkan bertanya lebih dalam,
kapan aku merasa memiliki, hingga harus merasa kehilangan.

Apakah aku juga tak bisa memilih,
perihal apa saja yang dapat membuatku merasa memiliki dan kehilangan?


••••••


Kalo di Kala aku sebel bgt, kalo Amor Fati aku susah move on!😂
.
.
.
#AMORFATI #KALA #Hujan_mimpi #iidmhd #eleftheriawords #IGBookreview #Bookstagram #bookstagramindonesia #books #Tumblr #gradienmediatama #Lara #Saka #Noveladdict #bookaddict #QOTD #quotes #resensi #photography #puisi

.
.
Aciiiihhhhh 💓
.
.#Repost from @wolfcxreads with @regram.app ... .
{Review #PeonysWorld 00} @bipgramedia @keziaeviwiadji
.
.
🙋‍♀️ Hello~~ Finally i'm back into the bookstagram comunity life!!😆😆 I have finished my 1st semester on the univesity, so i can start reading again😎.
.
🍃 Jadi, hari ini aku balik dengan 1 buku fantasy-romance yang kece banget karya Kak @keziaeviwiadji berjudul Peony's World!😍😍
.
👸 Cover Peony's World yang sukses bikin aku jatuh hati dengan visualisasi dari 2 tokoh utama yang ada di dalam cerita, yaitu Peony dan Jovan. Cover ini benar2 mendetail sekali dan sangat pas dengan isi novelnya. Ada unsur dream catcher yang memiliki peranan penting dalam cerita. Lalu, ada Peony dengan sebagian rambut warna peachnya yang terlihat mengulurkan tangan untuk mengajak orang-orang untuk masuk ke dalam dunianya. Ini semua keren banget. Karena cover ini juga aku mendapatkan buku ini hehehe. So, i'm gonna say big thanks to @bipgramedia and @keziaeviwiadji for sending this beautiful novel to me💘💘💘.
.
I'm totally fall in love with the story😍.
.
😇 Starting tomorrow, i'm gonna talking or reviewing this book on my instagram. So, don't forget to keep following my post~
Aku bakalan ngajak kalian berpetualang bersama gadis cantik dengan bakat istimewa yang akan mengajak kalian menginjak dua dunia, 'dunia nyata' dan 'dunia ciptaannya'.
.
.
#Keziapunyacerita #keziaeviwiadji #Peonysworld #fantasy #novelremaja #novelfantasi #bookreview #igbooks #resensi #sayabaca #penerbitbip #booklover #instabook #bipgramedia #booktagram #reviewbuku #bookworm #antimainstream #bookstagrammer #dreamcatcher #novelbaru #BookLover #bibliophile #novelindonesia #reviewnovel #pageturner #rekomended #novelremaja #komentarpembaca

Judul : Forgive to Forget
Karya : Daisy Ann
Penerbit : Grasindo
Pengulas : Hania Pratiwi N.
.
“If God can take away something you never imagined losing, then God can replace it by something you never imagined owning.” Ada kenangan yang tak menyenangkan. Bagi Gio, Surabaya memberinya kenangan yang menyedihkan. Ada kenangan tentang ibundanya, juga kenangan enam tahun lalu tentang seseorang yang kehilangan nyawa tepat di depan matanya. Namun pekerjaan memaksa lelaki itu untuk kembali ke kota kelahirannya. Bagi Clarissa, kenangan terakhirnya tentang Glenn selalu membuatnya terpuruk. Perempuan itu menenggelamkan dirinya dalam lautan pekerjaan, melupakan urusan hatinya sendiri. Gio seolah membantunya dengan tumpukan pekerjaan yang tidak ada habisnya. Namun seringkali, kenangan pahit tak semudah itu dilupakan, terutama ketika hati terasa sulit memaafkan. Mana yang lebih berat?

Memaafkan orang lain atau memaafkan diri sendiri? Hidup Gio dan Clarissa berbenturan pada satu malam. Pernah merasakan rasanya hampir mati sekaligus melihat kematian orang lain di hadapannya, membuat sikap Gio berubah. Satu sama lain, keduanya belajar memahami, bahwa beban tak selalu bisa diukur dari beratnya, namun juga berapa lama kenangan menyakitkan itu harus dibawa. “Because sometimes the matter is how long you can take it.” #sastra #indonesia #literasi #smamda #sidoarjo #literature #novel #book #sinopsis #resensi

Nama:Hilman jizdan M
Kelas:9f
Untuk memenuhi nilai PAS Bahasa Indonesia
1.Identitas artikel ☆judul;MENUMBUHKAN SEMANGAT BELAJAR PADA ANAK
☆penulis: Surya F Ginting
☆Sumber artikel: blogspot.com
2.alasan memilih artikel yang diresensi: Agar menumbuhkan semangat semangat belajar pada anak dan anak tidak akan malas belajar lagi.
3.isi artikel:Manusia adalah seorang pembelajar sejati dimana dia akan selalau mempelajari lingkungan terus menerus baik secara langsung sebagai informasi atau sebagai bekal dia beradapatasi. Dan pembelajaran ini dimulai dari hal sederhana ketika anak masih kecil seperti ketika dia belajar merasakan benda, berjalan atau bicara. Akan tetapi kebanyakan orang tua masih belum mengerti bahwa bagaimana kita menyikapi proses pembelajaran waktu kecil ini sangat berarti untuk pembelajaran di kemudia hari. Pada umumnya masih sering proses pembelajaran pada saat anak anak mendapat perlakuan respon yang kurang baik. Baik ketika mereka sedang belajar merasa dengan mulutnya, ketika mereka belajar berjalan, atau kita mereka belajar berbicara yang belum paham mereka mengerti arti kata kata tersebut.
Ketika sudah mulai berbicara dan banyak bertanya, jawaban yang didapatpun tidak memuaskan dan bahkan cenderung menyakiti rasa keingin tahu si anak. mungkin ini karena faktor kelelahan saat mengasuh atau capek memberikan penjelasan yang berulang-ulang. Biasanya anak saat melihat barang baru di rumah dan anak cenderung ingin menunjukan dan mencoba.
4.hikmah atau mamfaat: anak bisa lebih giat lagi belajarnya. Baik di sekolah maupun dirumah
#resensi #remedial

Sembari istirahat siang, kalian bisa baca review @fauziahoctvny terhadap AMOR FATI maupun KALA. Sebab Kisah Saka dan Lara ada di keduanya. So, makin mantep kan buat adopsi keduanya, hahahaha.....Terima kasih. .
.
.
I'm finished this book. Baru beberapa menit yang lalu sampe nyepam ke ka bella haha.
.
.
I don't know, buku ini bener-bener buat aku speechless! Terharu, seneng, sedih, gregetan semua campur aduk sampe mau meledak. Baca buku ini seperti diajak ke ruangan luas yang isinya bermacam-macam hal.
.
.
Kalo di KALA semesta gampang banget pertemuin mereka tapi di Amor Fati jangan harap, sampe rasanya gemes sendiri.
.
.
Amor Fati punya banyak hal yang bisa diambil, yang awalnya ga terima jadi menerima karna selalu ada penjelasan yang dapat dipahami.
.
.
Ka @hujan_mimpi dan ka @iidmhd terimakasih udah ciptain Saka Lara. Aku belajar banyak dari mereka terlebih dari Ana, pesan yang kalian tulis lewat buku ini udah sampai ke aku. Senang rasanya baca buku yang bikin isi kepala nambah. So, semangat berkarya. Aku tunggu karya selanjutnya😉
.
.
"Karena, saat kamu enggak tau harus percaya sama siapa, percaya aja sama diri kamu sendiri. Enggak usah berusaha menjelaskan agar orang percaya sama kamu. Karena pada akhirnya nanti, saat sebuah makna akhirnya terungkap, mereka enggak punya pilihan lain, selain percaya sama kamu." hlm 350
.
.
Rate : 5/5 🌟🌟🌟🌟🌟
.
.
.
.
#AMORFATI #KALA #Hujan_mimpi #iidmhd #eleftheriawords #IGBookreview #Bookstagram #bookstagramindonesia #books #Tumblr #gradienmediatama #Lara #Saka #Noveladdict #bookaddict #QOTD #quotes #resensi #photography #puisi - #regrann

Nama:Muhammad Abdillah mf
Kelas:ix¬B
Absen:15
Untuk memenuhi persyaratan remedial PAS bahasa indonesia
1.identitas artikel :
Judul:tenis meja
Tema:olahraga
Penulis:eko warlianto
Sumber :internet
2.Alasan memilih artikel:karena saya suka olahraga tenis meja
3.Isi artikel:menjelaskan tentang sejarah tenis meja sebelum masa perang dunia ke 2.
4.hikmah dan manfaat dari artikel:
Memberi informasi tentang sejarah tenis meja

#resensi #remedial @lupyad

Nama: IlhamTaufik
Kelas: IX-F
No. Absen: 15
Identitas yang diresensi
Judul: Pentingnya Hutan Mangrove
Tema: Lingkungan
Penulis: Cecep iskandar
Sumber Artikel: Internet
Alasan memilih artikel untuk diresensi: Karena agar semua orang tau bagaimana pentingnya hutan mangrove

Isi Artikel: Hutan mangrove adalah ekosistem hutan daerah pantai yang terdiri dari kelompok pepohonan yang bisa hidup dalam lingkungan berkadar garam tinggi. Salah satu ciri tanaman mangrove memiliki akar yang menyembul ke permukaan. Penampakan mangrove seperti hamparan semak belukar yang memisahkan daratan dengan laut.

Kata mangrove berasal dari kata mangue (bahasa Portugis) yang berarti tumbuhan, dengan grove (bahasa Inggris) yang berarti belukar.1 Sementara itu dalam literatur lain disebutkan bahwa istilah mangrove berasal dari kata mangi-mangi (bahasa Melayu Kuno). Hutan mangrove adalah suatu kelompok jenis tumbuhan berkayu yang tumbuh disepanjang garis pantai tropis dan subtropis yang terlindung dan memiliki semacam bentuk lahan pantai dengan tipe tanah anaerob.

#resensi#remedial

Nama :Mohammad Bilal Ashary
Kelas :IX-E
No Absen:14
Untuk memenuhi remedial PAS Bahasa Indonesia

1. Identitas artikel
Judul:Sejarah Bahasa Indonesia
Penulis:Hedi Sasrawan
Sumber:internet

2. Alsan memilih artikel yang di resensi:Ingin mengetahui sejarah terciptanya Bahasa Indonesia

3. Isi artikel:Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu Riau. Bahasa tersebut dituturkan di kawasan Sumatera bagian utara. Bahasa Melayu telah dijadikan lingua franca di kepulauan Indonesia selama setengah milenium terakhir. Prasasti Kedukan Bukit adalah literatur tertua berbahasa Melayu yang diketahui saat ini. Berarti bahsa tersebut telah digunakan oleh kerajaan Sriwijaya. Bahasa Melayu tersebar ke seluruh pelosok nusantara oleh para pedagang yang kebanyakan berasal dari Sriwijaya. Pada zaman dahulu, bahasa Melayu berfungsi sebagai bahasa kebudayaan, bahasa perhubungan (lingua franca), bahasa perdagangan, dan bahasa resmi kerajaan.Bahasa Indonesia terpilih sebagai bahasa resmi teks Proklamasi Kemerdekaan pada tahun 1945 yang terinspirasi dari Sumpah Pemuda pada tahun 1928

4.Manfaat atau hikmah dari artikel yang diresensi:Kita jadi tahu sejarah terciptanya Bahasa Indonesia

#remedial #resensi

Nama: Shergia Mega Meita
Kelas: IX-G
No Absen: 29
Untuk memenuhi remedial PAS B.Indonesia
1. Identitas
•Judul: Pendidikan Motivasi Hidup
•Tema: "Jangan Pernah Menyerah"
•Penulis: Nabila Nusadina
•Sumber Artikel: Internet
2. Alasan memilih artikel untuk diresensi: Karena artikel ini menjelaskan sadari bahwa dalam setiap perjalanan hidup, pasti kita akan dihadapakan dengan berbagai masalah, yang kadang-kadang memang sangat berat.
3. Isi Artikel:
Jangan menjadi orang yang manja seperti anak kecil. Contoh sederhana adalah ketika Anda menjadi seorang pedagang dan mendapati barang dagangan Anda tidak laku dijual dalam beberpaa hari lalu kemudian Anda memutuskan berhenti menjadi pedagang begitu saja. Itu adalah contoh sikap mudah menyerah, akan lebih baik jika Anda mengevaluasi terlebih dahulu, apa yang kurang dari dagangan Anda, atau ada cara yang mungkin salah dalam strategi, dan lain-lain. Karena harus Anda sadari bahwa dalam setiap perjalanan hidup, pasti kita akan dihadapakan dengan berbagai masalah, yang kadang-kadang memang sangat berat.
4. Hikmah dan Manfaat dari yang diresensi:
Yakinlah bahwa di dalam sebuah masalah yang berat tersebut pasti ada hikmah yang kadang kita tidak akan mengerti sebelum kita menghadapi masalah tersebut. Maka dari itu, hadapi masalah tersebut dengan lapang dan penuh semangat, jangan menjadi orang yang mudah menyerah.

#resensi #remedial

Bu @lupyad

Judul : Dear Nathan
Karya : Erisca Febriani
Penerbit : Best Media
Tahun terbit : 2016
Pengulas : Farah Athiyah

Novel ini mengisahkan di masa indah putih abu-abu, persahabatan, pelajaran, kebersamaan dan pentingnya menghargai perasaan.

Dimulai dari keterlambatan siswa gadis yang baru mengikuti upacara pertama di sekolah barunya yang bernama Salma Alvira dengan seorang laki laki yang membantu menyelusup ke dalam sekolah. Setelah diselidiki, laki laki itu bernama Nathan yang diyakini anak itu nakal, sering menjadi bahan gosip murid murid saru sekolah.

Namun, setelah kejadian itu banyak rangkaian kejadian yang justru mengatarkan Salma untuk lebih dekat dengan Nathan. Dua kepribadian ini sangat bertolak belakang, seperti langit dan bumi, yang tidak dapat bersatu tetapi bisa saling melengkapi satu sama lain.
~~~~~~~~~
#sastra #literasi #smamda #sidoarjo #literature #book #resensi #sinopsis

Hidup punya rotasi yang berbeda, kita tidak selalu diatas terkadang juga kita dibawah?? Jadi, percaya lah kita harus menghargai sebuah proses kehidupan dunia dan bersyukurlah kepada Allah yang maha kuasa??
.
.
.
.
.
.
#sensasidunia#allah#rotasikehidupan#resensi#dunianalamsemesta#gondrong#hidupsederhana

I'm finished this book. Baru beberapa menit yang lalu sampe nyepam ke ka bella haha.
.
.
I don't know, buku ini bener-bener buat aku speechless! Terharu, seneng, sedih, gregetan semua campur aduk sampe mau meledak. Baca buku ini seperti diajak ke ruangan luas yang isinya bermacam-macam hal.
.
.
Kalo di Kala semesta gampang banget pertemuin mereka tapi di Amor Fati jangan harap, sampe rasanya gemes sendiri.
.
.
Amor Fati punya banyak hal yang bisa diambil, yang awalnya ga terima jadi menerima karna selalu ada penjelasan yang dapat dipahami.
.
.
Ka @hujan_mimpi dan ka @iidmhd terimakasih udah ciptain Saka Lara. Aku belajar banyak dari mereka terlebih dari Ana, pesan yang kalian tulis lewat buku ini udah sampai ke aku. Senang rasanya baca buku yang bikin isi kepala nambah. So, semangat berkarya. Aku tunggu karya selanjutnya😉
.
.
"Karena, saat kamu enggak tau harus percaya sama siapa, percaya aja sama diri kamu sendiri. Enggak usah berusaha menjelaskan agar orang percaya sama kamu. Karena pada akhirnya nanti, saat sebuah makna akhirnya terungkap, mereka enggak punya pilihan lain, selain percaya sama kamu." hlm 350
.
.
Rate : 5/5 🌟🌟🌟🌟🌟
.
.
.
.
#AMORFATI #KALA #Hujan_mimpi #iidmhd #eleftheriawords #IGBookreview #Bookstagram #bookstagramindonesia #books #Tumblr #gradienmediatama #Lara #Saka #Noveladdict #bookaddict #QOTD #quotes #resensi #photography #puisi

Nama: Fricilla kania Dewi
Kelas: IX - G
No.absen: 12 Untuk memenuhi remedial PAS B.indonesia

1.Identitas artikel :
Judul: Pentingnya Pendidikan
Penulis: Tia Herawati
Sumber: Internet

2.Alasan memelih artikel ini : Karena artikel tersebut menjelaskan betapa pentingnya pendidikan bagi siswa siswi untuk meningkatkan pendidikan yang lebih baik lagi.

3.Isi artikel : Pendidikan merupakan segala bidang penghidupan, dalam memilih dan membina hidup yang lebih baik,sesuai denga martabat manusia.Orang yang berpendidikan tinggi akan jauh lebih dihargai orang lain dalam masyarakat.Sebaliknya, yang berpendidikan lebih rendah akan diposisikan pada kedudukan atau jabatan yang lebih rendah pula dalam pekerjaannya.Selain memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan, lembaga pendidikan juga berfungsi sebagai sarana, alat, atau cara untuk mengembangkan kepribadian, emosional, moral, dan sosial karena sangat berguna bagi anak ketika memasuki dunia masyarakat.Oleh karena itu, dengan kita menyadari bahwa pentingnya pendidikan lebih tinggi.

4.Hikmah dan manfaat : Kita dapat menyimpulkan bahwa pentingnya pendidikan lebih tinggi dari segalanya.

#remedial #resensi

Nama: Muhamad Rivan N Y M
Kelas : IX-A
Absen: 29

Untuk memenuhi salah satu tugas bahasa indonesia.
1. Identitas Artikel
Judul: Kesombongan Dosa Yang Sulit Di Hindari
Penulis: Ikhwatun Safitri Khikmah
Sumber: Internet
2. Alasan memilih artikel ini unutuk di resensi Alasan saya memilih artikel ini untuk di resensi karena artikel ini karena perbuatan dosa harus di perbaiki
3.Isi dalam Artikel Sesungguhnya mudah bagi seseorang meninggalkan dosa-dosa besar, namun ada beberapa dosa yang bersifat halus dan tersembunyi sehingga tidak disadari seseorang, atau kalau pun yang bersangkutan menyadarinya tetap saja sulit baginya untuk membuangnya. Sebagai contoh, demam typhus yang merupakan penyakit berat yang diikuti demam tinggi, bisa segera diobati dengan obat yang tepat, tetapi tuberkulosa yang bekerja diam-diam tak terlihat malah lebih sulit pengobatannya.

Begitu juga dengan dosa-dosa halus yang tersembunyi dengan akibat manusia bersangkutan tidak bisa mencapai derajat keruhanian yang luhur. Bentuknya adalah dosa-dosa akhlak yang menimbulkan gangguan dalam kehidupan sosial. Perbedaan sedikit saja dalam status sosial telah menimbulkan kedengkian, kebencian, kecemburuan, kemunafikan dan ketakaburan dimana seseorang lalu memandang rendah saudaranya. Kalau ada seseorang yang melakukan shalat secara patut selama beberapa hari dan orang-orang memujinya karena itu, ia lalu menjadi korban kesombongan dan rasa harga diri tinggi sehingga kehilangan ketulusan yang sebenarnya menjadi tujuan pokok daripada peribadatan.

Jika Allah s.w.t. mengaruniakan kekayaan, pengetahuan, status sosial yang tinggi atau kehormatan, orang cenderung mulai memandang rendah saudaranya yang lain yang tidak memperoleh karunia tersebut. Bila karena sifat keras kepala atau rasa permusuhan, hubungan seseorang dengan saudaranya menjadi buruk.
4. Hikmah dan manfaat Kesadaran melakukan perbuatan Dosa
Yaitu kita harus menjauhi prilaku dosa,seperti dosa yang sulit di buang yaitu,Takabur dan Kesombongan.Dan kita harus merubahnya dari perilaku tersebut.

#resensi #remedial

Nama: Fitria Andyasti
Kelas: IX-G
No. Absen: 11
Untuk memenuhi remedial PAS B.Indonesia
1. Identitas:
•Judul: Hakikat Hidup
•Tema: Agama
•Penulis: Arif Luqman Nadhirin
•Sumber: Internet
2. Alasan memilih artikel untuk diresensi:
Karena di artikel tersebut menerangkan bahwa dunia adalah sarana dan mencari bekal untuk akhirat agar bersungguh-sungguh dalam beramal dan mencari imu ketika didunia.
3. Isi artikel:
Hakikat hidup bisa terungkap dari pernyataan Ali bin Abi Thalib. Menurutnya, awal kehidupan adalah tangisan, pertengahannya adalah ujian dan ujungnya adalah kefanaan. Dalam perjalanan hidup ini tidak ada orang yang tidak mendapat ujian walaupun kadarnya berbeda-beda namun ujian itu pasti ada. Semua yang ada dalam genggaman kita pada dasarnya hanya asesoris dan hiasan termasuk gelar akademis, kekayaan, harta dan keduaniaan lainnya. Kalau sudah selesailah semua, giliran pintu kematian yang akan dirasakan seluruh umat manusia. Ada sesuatu yang kita akam dimiliki secara abadi sampai di akherat dan juga yang hanya didunai ini. Maka jadikan dunia ini sebagai sarana dan mencari bekal untuk masuk ke alam selanjutnya. Karena alam yang akan dilalui manusia hanyalah one way, satu tiket. Alias tidak bisa balik lagi.
4. Hikmah/manfaat:
Bisa dijadikan cerminan hidup agar waspada, berhati-hati, bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu dan beramal ketika didunia ini.

#resensi #remedial

Nama : Windi
Kelas : IX-D
No.absen : 34
PAS Remedial B.Indonesia •>Identitas Artikel
Judul : Setiap Muslim Wajib Mempelajari Agama
Penulis : Dr. M. Saifudin Hakim.MSc
Sumber : Internet
•>Alasan; Karena sebagian orang menganggap menuntut ilmu Agama sekedar Sunnah, Dan tidak peduli akan mempelajari ilmu agama. •>Isi Artikel; Sebagian diantara kita mungkin menganggap bahwa hukum menuntut ilmu agama sekedar sunnah saja, Yang di beri pahala bagi Yang melakukannya. Dan tidak berdosa lagi siapa saja yang meninggalkannya. Padahal terdapat beberapa kondisi di mana hukum menuntut ilmu agama adalah wajib atas setiap muslim (Fardhu 'ain) Sehingga berdosalah setiap orang yang meninggalkannya. Sebagaimana sabda Rosulullah Shallallahu 'alaihi wasalam, Yang Artinya; "Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim"(H.R Ibnu Majah.Dinilai shahih oleh Syaikh Albani dalam shahih Wa Dha'if sunan Ibnu Majah no. 224).
Dalam hadits ini, Rosulullah Saw dengan tegar menyatakan bahwa menuntut ilmu itu hukumnya Wajib atas setiap mmuslim. Bukan bagi sebagian orang muslim saja lalu, "ilmu"apakah yang dimaksud dalam hadits ini? Penting untuk diketahui bahwa ketika Allah Ta'ala atau Rosul-Nya Muhammad Saw menyebutkan kata"Ilmu"saja dalam al-quran atau As-Sunnah, maka lalu yang dimaksud adalah ilmu syar'i (ilmu agama) termasuk kata"ilmu"yang terdapat dalam hadits diatas.---
•>Hikmah/Manfaat; Dengan belajar agama dapat memberikan tuntunan dan ajaran hidup, belajarr agama dapat mendekatkan diri kepada Allah Swt.
#resensi #remedial
.

NAMA:HENDRA MAULANA
KELAS: IX-F
Remidial Penilaian Akhir Semester untuk memenuhi Tugas Bahasa Indonesia.
1.Identitas Artikel
Judul : Pergaulan Remaja Masa Kini.
Penulis : Mas Eko
Sumber : https://ekoteknik.wordpress.com
2. Alasan memilih Artikel ini untuk di resensi:
Karena Pergaulan Remaja jaman sekarang sungguh berbeda jauh dengan pergaulan remaja Sebelumnya.
3.Isi Dalam Artikel:

Banyak yang bilang bila pergaulan remaja saat ini sudah sangat jauh berubah dibanding pada masa-masa sepuluh tahun silam. Remaja sekarang lebih mampu berekspresi pada emosi dan mengungkapkan perasaan tanpa sembunyi-sembunyi dan malu seperti dulu. Sudah lumrah saat ini kita melihat remaja mengungkapkan kemarahan, sedih dan kegembiraanya dengan kata-kata yang terucap secara langsung, Teman Baiktanpa basa-basi seperti halnya remaja pada zaman dahulu. Dengan santai mereka bisa mengungkapkan ketidak sukaanya pada ayah atau pun ibunya.

Merangkul dan mencium mesra ibu mereka tercinta. Perilaku ini pun diterapkan pada pergaulan mereka sehari-hari. Dengan biasa mereka mengexpresikan perasaan cinta dan sayang pada pacar mereka di tempat-tempat umum. Sudah umum dilihat saat ini bila di mall-mall para remaja biasa bergandengan tangan, berpelukan bahkan berciuman. Buat para orang tua, perilaku seperti ini sangat mengejutkan dan membuat mereka merasa kuatir. Namun, seringkali para orang tua lupa, bahwa saat mereka remaja, perilaku mereka pun sering membuat kecut hati para orang tua mereka sendiri! apabila orang tua terlalu keras akibat perasaan kuatir yang mereka miliki, maka remaja akan cenderung memberontak dan bersikap jauh lebih keras dan pertikaian antara orang tua dan anak pun tidak dapat lagi dihindari.

Remaja bergaul memang adalah sebuah kebutuhan. Sama halnya dengan dahaga yang ingin terpuaskan. Mereka ingin mengenal banyak orang dari berbagai lingkungan. Ini sebetulnya tidak terlepas dari proses pencarian jati diri semata. Dengan membebaskan perasaan dan isi hati, mereka juga mengharapkan kebebasan dan ketenangan jiwa. Bila dikekang, mereka nampak begitu sedih dan terkekang. Tapi bila pergaulan terlalu dibebaskan, juga sangat mengkuatirkan.

Nama : Sari Nurmulia
Kelas : lX - G
No absen : 28

1).Identitas Artikel
Judul Buku : Mukjizat Gerakan Shalat
Penulis : Drs.MadyoWratsongko,MM & dr.Sagiran M. Kes
Penerbit : Qultum Media
Tahun terbit : 2005
Tebal buku : i-xxxix + 98 Halaman
Sumber : https://sharingwithita.wordpress.com/2012/01/28/contoh-resensi-buku-ilmu-pengetahuan/

2). Alasan saya memilih artikel ini agar kita dapat mengetahui mukjizat gerakan sholat juga agar menyadarkan pada semua akan pentingnya sholat .
3).Isi artikel
Artikel  ini berisi gabungan pemahaman tentang tubuh manusia dipandang dari sisi medis, psikologi, religius, akupuntur, seni beladiri, olahraga, olahrasa, olah nafas,bahkan dari segi fisika, biolistrik, yang masih belum jauh dari asalnya berupa monolog dari nara sumber dan beberapa pengalaman empiris para praktisi yang kemudian mengembangkannya. Dengan membaca buku ini pembaca dapat mengetahui bahwa gerakan Shalat itu berguna dan dapat menghindarkan penyakit sistem saraf, penyakitaliran darah dan penyakit dari dalam tubuh lainnya.

Buku yang di karang oleh Drs. Madyo Wratsongko, MM dan rekannya dr. Sagiran, M.Kes, yang berjudul asli ”Mukjizat gerakan Shalat” ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2005 dan mendapat “Best Seller” atau penjualan terbanyak, jadi tidak usah diragukan lagi kelayakan buku ini untuk dibaca jika sudah di buktikan dengan mendapatnya gelar “Best Seller” pada buku ini.

Sebelum terciptanya buku ini sekitar 20 tahun lalu, dalam kelompok diskusi yang pesertanya terdiri dari mahasiswa berbagai fakultas, jurusan, dan universitas muncul satu pertanyaan, kenapa gerakan shalat sedemikian rupa ?. Sekarang setelah berbagai ahli agama, ahli kesehatan ahli fisika, ahli beladiri dan ahli di bidang lainnya membuktikan, bahwa sesungguhnya Allah itu menciptakan gerakan Shalat itu untuk menjaga agar tubuh kita menjadi sehat belum lagi jika di tambah dari fungsi-fungsi rukun iman yang lainnya yang juga dapat membuat tubuh manusia menjadi sehat.

4).hikmah artikel ini Hikmahnya semoga pembaca artikel ini bisa lebih gia dalam  sholat karena gerakan sholat itu bermanfaat juga .

#Resensi#Remedial

Nama:Haliza Nurulwapa
Kelas :IX - F
No absen: 13
Untuk memenuhi Remidi Bahasa Indonesia
1. Indentitas Artikel
Judul:Motivator terbaik adalah dirimu sendiri
Penulis:Edvan M kautsar
Sumber: www.Kompasiana.com
2. Alasan memilih artikel : karena saya sedang mencari motivasi untuk merubah hidup ke arah yang lebih baik.
3. Isi Artikel
Motivasi adalah dorongan semangat atau perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Artinya, dalam hidup ini kita akan selalu membutuhkan motivasi untuk melakukan berbagai hal dalam mencapai tujuan tujuan kita.
4.Hikmah/manfaat
Dengan membaca artikel ini saya menjadi tahu bahwa motivasi itu datang tidak hanya dari orang lain, melainkan dari diri sendiri.
#Resensi
#Remidi

Nama :NoviOktaviani
Kelas. :IX-G
Absen :22
Untuk memenuhi remedial PAS B.Indonesia
1. Identitas
•Judul :Kemasan baru toleransi
•Tema :Agama
•Penulis :Nino Paulus
•Sumber artikel :Internet
2. Alasan memilih artikel untuk diresensi:
Karena artikel ini menjelaskan bahwa sebaiknya kita menghadiahkan nilai-nilai yang baik kepada generasi selanjutnya.
3. Isi artikel:
Bahwa yang paling mengerikan, penghujat yang mengaku pemeluk agama tersebut, berusaha sedapatnya meyakinkan bahwa ajaran (paham) yang dipeluk agama lain itu salah, kemudian meluruskannya sesuai versi agamanya. Sangat disayangkan penghujat yang bermodel seperti sekarang ini.
4. Hikmah dan manfaat dari yang diresensi:
Meskipun kita berbeda agama, namun tetap harus saling menghormati jangan sampai saling menghujat

#resensi #remedial

Nama:Liseu Indriyani
Kelas :IX-G
No.Absen:15
Untuk memenuhi remedial PAS B.Indonesia
1.Identitas artikel
Judul artikel:Membangun Pribadi Pantang Menyerah
Penulis artikel: Hilman
Sumber : http://cafemotivasi.com/menjadi-pribadi-yang-bermanfaat-buat-orang-lain/

2.Alsan memilih artikel ini : Karena menurut saya artikel ini sangat memotivasi kehidupan dalam membangun sikap pribadi patang menyerah dalam menghadapi segala sesuatu.

3.Isi artikel:Pribadi pantang menyerah (tangguh) adalah tidak lain sebutan bagi pribadi yang tidak merasa lemah terhadap sesuatu yang terjadi dan menimpanya. Pribadinya menganggap sesuatu yang terjadi itu dari segi positifnya. Ia yakin betul bahwa sekenario Allah itu tidak akan meleset sedikit pun.Pribadi pantang menyerah dan tangguh ini, tidak lain adalah pribadi yang memiliki kemampuan untuk bersyukur apabila ia mendapat sesuatu yang berkaitan dengan kebahagiaan, kesuksesan, medapat rezeki, dll. Sebaliknya, jika ia mendapati sesuatu yang tidak diharapkannya, entah itu berupa kesedihan, kegagalan, mendapat bala bencana, dll., maka ia memiliki ketahanan untuk selalu bersabar. Dan pribadi seperti ini memposisikan setiap kejadian yang menimpanya adalah atas ijin dan kehendak Allah. Ia pasrah dan selalu berusaha untuk bangkit dengan cara mengambil pelajaran dari setiap kejadian tersebut.Pribadi pantang menyerah ini bukan saja semata-mata dilihat secara fisik. Tetapi lebih-lebih dan yang lebih penting justru adanya sifat positif dalam jiwanya yang begitu tangguh dan kuat.
Seseorang menjadi kuat, pada dasarnya karena mentalnya kuat. Seseorang menjadi lemah, karena mentalnya lemah. Begitu juga, seseorang sukses, karena ia memiliki keinginan untuk sukses. Dan seseorang gagal, karena ia berbuat gagal.Hadist Nabi yang menyebutkan bahwa: “Orang mukmin yang kuat lebih disukai dan lebih baik dari mukmin yang lemah. Jadi, manusia tangguh dam kuat itu, sudah seharusnya menjadi cita-cita kita dalam rangka mengabdi kepada Allah.Kita harus optimis dan selalu berusaha untuk mencapai yang terbaik dalam hidup ini.
4.Hikmah dan Manfaat:Kita bisa mengetahui bahwa setiap manusia memiliki sikap optimis dalam menjalani kehidupan.
#Resensi #Remedial

Nama : Mohammad Bilal Ashary
Kelas : IX-E
No. Absen:14
Untuk memenuhi remedial PAS Bahasa Indonesia.
1. Identitas artikel
Judul::Artikel kesehatan
Penulis:-
Sumber:Prema's blogspot.com
Tema:sosial

2. Alasan memilih artikel yang di resensi: Agar mengetahui tentang kemiskinan, penyebab nya dan cara penanggulangannya

3. Isi artikel:Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan merupakan masalah global. Sebagian orang memahami istilah ini secara subyektif dan komparatif, sementara yang lainnya melihatnya dari segi moral dan evaluatif, dan yang lainnya lagi memahaminya dari sudut ilmiah yang telah mapan.
Penyebab kemiskinan
Masalah kemiskinan memang telah lama ada sejak dahulu kala. Padamasa lalu umumnya masyarakat menjadi miskin bukan karena kurang pangan,tetapi miskin dalam bentuk minimnya kemudahan atau materi. Dari ukurankehidupan modern pada masa kini mereka tidak menikmati fasilitas pendidikan pelayanan kesehatan, dan kemudahan - kemudahan lainnya yang tersedia pada jaman modern. Pemerintah Indonesia yang berorientasi mengembangkan Indonesiamenjadi negara maju dan mapan dari segi ekonomi tentu menganggap kemiskinan adalah masalah mutlak yang harus segera diselesaikan disamping masalah lain yaitu ketimpangan pendapatan, strukturisasi pemerintahan, inflasi, defisit anggaran dan lain -lain.
Cara Penanggulangan Kemiskinan
Upaya penanggulangan kemiskinan pada hakekatnya merupakan upaya bersama dari semua pemangku kepentingan, sehingga membutuhkan sinergi dan kemitraan dengan semua pihak. Pemerintah, termasuk pemerintah daerah, kalangan swasta, kalangan organisasi kemasyarakatan, kalangan universitas dan akademisi, kalangan politik dan tentunya masyarakat sendiri.
4. Manfaat atau hikmah dari artikel yang di resensi:menjadikan kita tahu apa penyebab dan cara penanggulangan kemiskinan

#Remedial #Resensi

Nama: Haliza Nurulwapa
Kelas : IX - F
No absen : 13
Untuk memenuhi Remidi Bahasa Indonesia
1. Indentitas Artikel
Judul: pendidikan karakter
Penulis : Neng Rista Indriani
Sumber : www.Kompasiana.com
2. Alasan memilih artikel : karena saat ini Indonesia sedang gencar - gencarnya menjalankan pendidikan karakter, dan saya ingin tahu apakah sebenarnya makna pendidikan karakter itu.
3. Isi Artikel
Pendidikan karakter untuk membangun peradaban bangsa.
Pendidikan adalah hal yang sangat dianggap penting di dunia, karena dunia butuh akan orang yang berpendidikan agar dapat membangun negara yang maju. Tapi selain itu karakter pun sangat diutamakan karena orang pada zaman ini tidak hanya melihat pada betapa tinggi pendidikan ataupun gelar yang telah diraih, melainkan pada karakter diri pribadi dari setiap orang.
4. Hikmah/manfaat
Dengan membaca artikel ini saya menjadi tahu bahwa pendidikan karakter diperlukan untuk membangun kehidupan lebih baik dan beradab.
#Resensi
#Remidi

Judul buku : R Raja Ratu & Rahasia
Penerbit: Best Media
Pengarang : wulanfadi

Membaca novel ini seakan akan saya sedang menaiki wahana Tornado, yang di awal membuat jantung saya berdegup kencang, lalu berteriak di tengah ketakutan namun berakhir bahagia di kala tornado itu berhenti. Persis seperti kebahagian yang dirasakan oleh para tokoh di novel ini.

Wulanfadi, seorang remaja yang sebentar lagi melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, telah berhasil menulis sebuah cerita yang bisa membuat para pembaca berdecak kagum.Meskipun cerita di novel ini berlatarbelakang SMA seperti novel A karya Wulanfadi sebelumnya, novel ini terasa lebih mellow dibanding novel A. Penulis telah menceritakan sosok Ratu yang berubah setelah kepergian kedua orang tuanya, namun tetap dia jalani dengan lapang dada.Ratu membuat keputusan berat dalam hidunya.Disini pula, Ratu mengenal sosok Raja yang humoris, tegas, namun memiliki rasa gengsi yang tinggi mempunyai rahasia besar.

#sastra #indonesia #literasi #smamda #sidoarjo #literatur #novel #book #sinopsis #resensi

Nama:Fricilla Kania Dewi
Kelas:IX - G
No.Absen:12 Untuk memenuhi remedial PAS B.indonesia
1.Identitas artikel : -Judul:Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja -Tema:Remaja -Penerbit:Mirawidy -Sumber:Internet
2.Isi artikel : Masa remaja merupakan masa dimana para remaja masih mencari jati diri mereka masing-masing. Pergaulan remaja sekarang banyak yang menyalah gunakan. Seperti halnya berpacaran di luar batas kewajaran , contohnya melakukan hal-hal negative yang seharusnya dihindari dan tidak dilakukan.Sekarang,seiring dengan perkembangan jaman,banyak sekali kasus-kasus yang menimpa remaja pada usia yang produktif ini,contohnya melakukan hal-hal negative yang seharusnya dihindari dan tidak dilakukan.
3.Alasan memilih artikel ini : Karena menurut saya artikel ini menceritakan tentang pergaulan bebas remaja yang tidak patut untuk di contoh,seperti pacaran di luar batas kewajaran.
4.Hikmah dan manfaat : Kita dapat menyimpulkan bahwa pergaulan bebas remaja sangat tidak baik,terutama untuk wanita.
#remedial #resensi

Judul: UNFINISHED JOURNAL
Karya: Fauzi
Penerbit: mizan
Pengulas: Azizah Deltarizka

Kehidupan di masa depan tahun 2093, Ardi Nurdiana seorang siswa sma yang berjuang hidup di bumi layaknya neraka. Hal ini disebabkan oleh perang nuklir yang sangat dahsyat menyebabkan berkurang nya pasokan oksigen, tanah yang menjadi gersang, dan terjadi kelangkaan air bersih. Ia hidup di dalam kubah buatan yang disebut kota akan tetapi setiap harinya selalu ada korban berjatuhan akibat dehidrasi hebat ataupun keracunan air yang mengandung logam mineral berat. Hal ini juga berlaku pada temannya yang menjadi korban insiden tersebut.
Kakaknya yang sudah tidak tahan akan hal ini memutuskan untuk pergi ke Amerika demi mencari teknologi yang memumpuni untuk memperbaiki keadaan Indonesia kala itu.
Disaat Nurdi menunjungi tempat ia biasa bermain dengan temannya ia bertemu dengan Profesor Erid. Profesor itu memiliki jalan pikiran yang sama dengan Nurdi. Beliau membuat sebuah tabung yang dinamakan mesin waktu akan tetapi hanya Nurdi yang bisa memperbaiki kekejaman manusia terhadap lingkungannya di masa lalu. Dan dimulailah perjalanan Nurdi untuk menyelamatkan lingkungan demi masa depan planet ini. Tetapi, perjalan nurdi hanya bisa di bantu oleh kita yang hidup di masa kini.

#sastra #indonesia #literasi #smamda #sidoarjo #literature #novel #book #sinopsis #resensi

[BUKU] ORANG-ORANG BLOOMINGTON: REFLEKSI SISI GELAP MANUSIA
.
Saat sudah selesai membaca buku ini, kita dapat tahu bahwa ada satu benang halus yang menghubungkan masing-masing cerita. Dari semua cerpen, Budi Darma selalu menggunakan sudut orang pertama atau “aku”. Ditambah karakter sosok “aku” yang selalu mempunya sikap penasaran dan rasa ingin tahu yang besar akan banyak hal. Bahkan, pada cerita tertentu tokoh “aku” ini tidak saja menjadi sosok yang kepo tetapi menjadi sosok yang menyebalkan.
.
Selengkapnya klik link di bio
.
#tdktmpn #blog #blogger #buku #book #sastra #cerpen #budidarma #orangorangbloomington #review #resensi

Nama : Shinta Dwi Lestari
Kelas : IX-G
No Absen :30 Untuk memenuhi tugas remedial PAS B.Indonesia.
1.Identitas Artikel :
-Judul : Ingat Allah Hatimu akan Tenang
-Tema : keagamaan
-Penulis : Fikri At Tammy
2.Alasan memilih artikel untuk di resensi : Karena menurut saya dalam isi artikel ini banyak menjelaskan tetang hikmah dalam berdizir dan supaya kita selalu mengingat Allah SWT,juga agar hati kita selalu tenang dan mendapatkan ridho Allah SWT.
3.Isi artikel : Dengan berzikir kepada Allah, awan ketakutan, kegalauan, kecemasan dan kesedihan akan sirna. Bahkan dengan berdzikir kepada Allah segunung tumpukan permasalahan dan segala beban kehidupan akan sirna dengan sendirinya.
Maka tidaklah mengherankan bila orang-orang yang selalu mengingat Allah senantiasa bahagia dan tertram hidupnya, itulah yang memang seharusnya terjadi. Adapun yang sangat mengherankan adalah bagaimana orang-orang yang lalai dari berdzikir kepada Allah itu justru menyembah berhala berhala dunia. Padahal Allah SWT berfirman : “Berhala-berhala itu mati tidak hidup dan berhala-berhala itu tidak mengetahui apakah penyembah-penyembahnya akan dibangkitkan” (Q.S An-Nahl : 21).
4.Hikmah/Manfaat : Kita dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT,dengan cara berdizir dan memohon ampunan supaya kita di beri hidayah dan mendapat kan Ridho dari Allah SWT.
#Remedial#Resensi

Nama: Wibawa Galih Ramdhani D
Kelas : IX-F
Absen: 36
1. Identitas artikel:
Judul: Pentingnya pendidikan
Tema: Pendidikan
Penulis:Tia Herawati
Sumber artikel: tiaherawati.blogspot.co.id
2. Alasan memilih artikel untuk di resensi: Karena pendidikan itu sangat penting
3. Isi artikel: Berbicara tentang pendidikan, tentunya kita sebagai manusia yang hidup di masyarakat menyadari arti penting dari pendidikan. Pendidikan merupakan segala bidang penghidupan, dalam memilih dan membina hidup yang baik, yang sesuai dengan martabat manusia. Tentu dari pernyataan tersebut, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa pendidikan merupakan hal yang sangat penting yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sebagai manusia. 
Pendidikan dapat membedakan manusia dari segi kedudukannya di masyarakat. Orang yang berpendidikan tinggi akan jauh lebih dihargai orang lain dalam masyarakat. Dari segi tingkat atau kedudukan dalam pekerjaan, pendidikan juga sangat berpengaruh. Apalagi kalau sudah menyangkut pada jabatan, tentu orang yang berpendidikan tinggi dapat diposisikan pada kedudukan yang lebih tinggi pula. Sebaliknya, orang yang berpendidikan lebih renda akan diposisikan pada kedudukan atau jabatan yang lebih rendah pula dalam pekerjaannya. Karena setiap bidang pekerjaan disesuaikan dengan kemampuan seseorang, agar bisa melaksanakan pekerjaannya dengan baik. Hal tersebut juga akan menentukan pendapatan dari setiap pekerjaannya.
4. Hikmah atau manfaat:
Dengan kita menyadari bahwa pentingnya pendidikan, diharapkan mampu untuk meningkatkan rasa kepeduliaan terhadap pendidikan. Semoga dengan pendidikan, kehidupan kita kan menjadi lebih baik.
#resensi #remedial

Nama: Fitria Andyasti
Kelas: IX-G
No. Absen: 11
Untuk memenuhi remedial PAS B.Indonesia
1. Identitas:
•Judul: Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia •Tema: Pendidikan •Penulis: Mochie
•Sumber Artikel: Internet
2. Alasan memilih artikel untuk diresensi:
Karena di artikel tersebut menerangkan bahwa kualitas pendidikan di Indonesia sangatlah memprihatinkan dan mengingatkan bahwa kualitas pendidikan di Indonesia harus menjadi lebih baik lagi.
3. Isi artikel:
Indonesia semakin hari kualitasnya makin rendah, Indonesia menempati peringkat 10 dari 14 negara. Sedangkan untuk kualitas para guru, kulitasnya berada pada level 14 dari 14 negara berkembang.Salah satu faktor rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia adalah karena lemahnya para guru dalam menggali potensi anak. Para pendidik seringkali memaksakan kehendaknya tanpa pernah memperhatikan kebutuhan, minat dan bakat yang dimiliki siswanya. Kelemahan para pendidik kita, mereka tidak pernah menggali masalah dan potensi para siswa. Pendidikan seharusnya memperhatikan kebutuhan anak bukan malah memaksakan sesuatu yang membuat anak kurang nyaman dalam menuntut ilmu. Proses pendidikan yang baik adalah dengan memberikan kesempatan pada anak untuk kreatif. Itu harus dilakukan sebab pada dasarnya gaya berfikir anak tidak bisa diarahkan.Selain kurang kreatifnya para pendidik dalam membimbing siswa, kurikulum yang sentralistik membuat potret pendidikan semakin buram. Kurikulum hanya didasarkan pada pengetahuan pemerintah tanpa memperhatikan kebutuhan masyarakat. Lebih parah lagi, pendidikan tidak mampu menghasilkan lulusan yang kreatif, sehingga kualitas pendidikan di Indonesia sangatlah memprihatinkan.
4. Hikmah/Manfaat:
1. Bagi Pemerintah
Bisa dijadikan sebagai sumbangsih dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
2. Bagi Guru
Bisa dijadikan sebagai acuan dalam mengajar agar para peserta didiknya dapat berprestasi lebih baik dimasa yang akan datang.

#resensi #remedial

Nama: Akmal Juliansyah
Kelas: IX-A
No absen: 04
1. Identitas artikel
Judul: Pernyataan Trump soal Yerusalem Bisa Picu Ketegangan Baru di Timur Tengah
Tema: Konflik Yerusalem
Penulis: Ambaranie Nadia Kemala Movanita
sumber: http://nasional.kompas.com/read/2017/12/10/05502321/pernyataan-trump-soal-yerusalem-bisa-picu-ketegangan-baru-di-timur-tengah
2. Alasan memilih artikel ini untuk diresensi; karena saya ingin memberitahukan bahwa Palestina butuh dukungan dari kita
3. Isi artikel; Trump mengakui kedaulatan Israel sebagai negara yang memiliki hak seperti setiap negara berdaulat lainnya untuk menentukan ibu kotanya sendiri. Pengakuan tersebut dianggap Trump sebagai sebuah fakta penting untuk mencapai perdamaian antara Israel dan Palestina yang selama ini berkonflik.
Menurut dia, pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel merupakan hal yang tepat untuk dilakukan.
#Resensi#Remedial

Nama: Muhamad Zidan Maulana
Kelas: IX - A Remedial PAS untuk memenuhi tugas B.Indonesia
1.identitas artikel:
- Judul artikel: Bahaya merokok
- Penulis: Andi Arif
- sumber: Internet

2.Alasan memilih artikel untuk di resensi: Alasan saya memilih artikel ini karena menurut saya artikel ini sangat bermanfaat untuk masyarakat terutama par pecandu rokok akan bahaya merokok.

3.isi artikel:
Siapa yang tidak mengenal ROKOK ?
Zaman sekarang siapa sih yang tidak mengenal zat adiktif pada rokok? Bahaya merokok? Sudah banyak sekali sekarang kita mengetahui bahayanya mengisap zat adiktif, selain kita membakar uang kita juga dapat merugikan diri sendiri, mungkin tidak sekarang dampak yang terlihat pasti masa yang akan datang akan sangat terlihat dampak dari merokok itu sendiri, contoh yang sering kita temui di masyarakat atau lingkungan sekitar , yaitu pada seorang laki-laki terlihat dada yang sudah memerah, karang gigi yang akan menguning, bahkan aroma mulut yang tidak sedap dihirup. Hal itu banyak sekali masyarakat yang tidak peduli tentang seberapa bahayanya merokok tersebut, bahkan sampai terdapat iklan bahayanya merokok. Berikut beberapa bahaya merokok. Rokok yaitu tembakau yang dibalut atau diselimuti dan  berukuran panjang antara 70 mm hingga 120 mm dengan diameter 10 mm. Rokok dibakar pada satu ujungnya dan dibiarkan membara atau menyala agar asapnya dapat dihirup melalui mulut seseorang pada ujung yang tidak dibakar dengan rasa yang manis.Kebiasaan merokok telah menjadi budaya diberbagai negara dibelahan dunia.

4.Hikmah dan manfaat:
Menambah pengetahuan tentang bahaya merokok bagi kesehatan tubuh kita.
#Resensi #Remidial

Zaidan_salam
Judul : time riders the eternal war
Karya : Alex scarrow
Penerbit : Alex media Komputindo
Pengulas : m. Zaidan Zuhdi salam

Time riders the eternal war merupakan sekuel ke 4 dari novel time rider karya Alex scarrow. Liam o'cornor, Maddy Carter dan sal Vikram secara tidak sengaja membuka sebuah gelombang waktu dan mengubah seluruh sejarah perang saudara Amerika. Dilain sisi Abraham Lincoln mengikuti Liam kemasa depan dari tahun 1831, jika para penjelajah waktu tidak berhasil mengembalikan Lincoln kemasa lalu, perang saudara tidak akan pernah berakhir dan dunia akan berada dalam bahaya ketidakpastian.

#sastra#indonesia#literasi#smamda
#sidoarjo#literature#novel#book
#sinopsis#resensi

KARYA-KARYA TAYLOR SHERIDAN DAN KEPEKAAN KHAS MANUSIA DESA

Ada yang mengklasifikasikan ini sebagai trilogi karya Sheridan: Siccario (2015), Hell Or High Water (2016) dan Wind River (2017). Dua film pertama Taylor Sheridan menggarap penulisan naskah, terakhir ini dia total sebagai penulis naskah serta menyutradarai.

Apa yg membuat cerita garapan Sheridan istimewa? Dia peka, dengan kepekaan khas manusia desa. Dia peka pada hal2 kecil di alam, (bunyi, bau, warna) juga sorot mata, kegalauan minim kalimat, sikap pasif yg khas (sekali lagi) manusia desa.

Tipikal kepekaan yg sulit bertahan ketika manusia kebanyakan mengkonsumsi bacaan, tontonan, diktat kuliah, getol dengan perang wacana: NU vs HTI lah, NKRI vs Khilafah, kapitalis vs sosialis, haters vs lovers dlsb, manusia modern makin kehilangan kepekaan. Tapi pada Sheridan, pada cerita2nya, kepekaan itu masih ada, bertahan.

Konfliknya tidak melulu hitam putih, ada gradasi, ada pemahaman holistik pada tokoh-tokohnya. Dan selalu ada kegelisahan manusia desa,. suku asli, yang tersesat di rimba modernitas.

Keturunan native Indian yg jadi Sherif, penggembala kuda yg anak-anaknya sekolah di kota dan tidak mau melanjutkan peternakannya, desa yg dikepung bank dan tambang atau, pada film ini misalnya;

Seorang keturunan Indian berduka karena kematian anaknya, mewarnai wajahnya sebagai tradisi suku, ditanyakan apakah benar seprti itu (soalnya jelek) "Ndak tahu, tidak ada siapa-siapa yg mengajariku. Aku tak punya lagi leluhur. Mereka mengambil semuanya" satire, pedih sekaligus lucu.

Tipe film Sheridan seperti kita menikmati pedesaan. Sekilas, ceritanya seperti ya gitu doank (pengkhususannya crime) tapi kalau anda cukup peka, banyak sekali pesan yang terselip dari partikel-partikelnya. Seperti desa dan manusia2 desa yg asli.

Tambahan soal daerah reservasi Indian, Rm Mangun pernah membikin catatan tentang persoalan di daerah reservasi ketika tahun 1988.

#resensi #movie #film #resensijurek

Nama:Akmalmaulana
Kelas:ix B

Nama artikel:Tindakan yang merusak mata
Penulis:Taufik rahman
Sumber:Internet

Alasan memilih artikel ini:
Karena artikel ini sangat bermanfaat,agar kita tahu tindakan apa saja yang dapat merusak mata

Isi Artikel
Berlama lama didepan layar monitor seperti komputer lapto notebook da sebagainya membawa mata akan merasa mudah lelah da jika hal ini akan menjadi pemicu rusaknya mata anda dapat mengurangi intensitas cahaya monitor sehingga tidak begitu terang da tidak mudah merusak mata anda

Hikmah dan manfaat
Agar kita tahu tindakan tindakan yang dapat merusak mata
#remidial#resensi

Nama: Dina Nurhalimah
Kelas: IX-B
No. Absen: 04
Untuk memenuhi Remedial PAS B. Indonesia.
1. Identitas:
》Judul: Kebiasaan Buruk Pola Makan Orang Indonesia
》Penulis: -
》Sumber Artikel:
@info_kesehatan.id
2. Alasan memilih artikel untuk diresensi:
Karena artikel ini menerangkan tentang pentingnya menjaga pola makan bagi kesehatan tubuh.
3. Isi Artikel:
Ternyata banyak orang Indonesia yang belum cukup baik untuk menjaga pola makannya. Kita sering dihadapkan dengan makan makanan instan dan bumbu penyedap yang banyak. Ini adalah kebiasaan buruk orang Indonesia dalam pola makanan:
》Berlebihan konsumsi makanan asin
》Minuman serba manis
》Makan junk food
》Doyan gorengan
》Kurang makan sayur dan buah
4. Hikmah dan manfaat yang didapat dari artikel yang diresensi:
Dapat menyadarkan orang-orang bahwa menjaga pola makan yang baik itu sangat penting bagi kesehatan.

#resensi #remidi

@Regrann from @alfinrizalisme - Buku "Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur!" karya @gusmuh12 ini masuk dalam "SERATUS BUKU SASTRA INDONESIA YANG PATUT DIBACA SEBELUM DIKUBURKAN" Terbitan I:boekoe. .
Saya membaca buku ini hampir dua kali.
.
Pertama takjub, kedua marah. Kenapa? Mengapa ide semacam ini enggak terpikir oleh saya? Tapi buru-buru saya ralat, memang mesti @gusmuh12
yang menulis cerita ini, jangan yang lain. . .
Lha terus saya nulis apa? Ya yang lain. Tunggu saja! .
Kalau kalian mau beli dan baca buku ini, jangan sungkan. Saya memang merekomendasikan untuk kalian baca! . . .
Murah, 60k saja. . .
.
.
.
Tersedia juga di @warungarsip @radiobuku
#muhidinmdahlan #photobook #shop #jualbuku #resensi #rekomendasi #sastra #buku #bacaan #tiamp #tuhanizinkanakumenjadipelacur - #regrann

Judul: Danur
Karya: Risa Saraswati
Penerbit: Kawah Media
Pengulas: Amisha Nindi P.D

Risa, seorang anak kecil yang selalu sendirian, kesepian dan selalu ditinggal oleh orang tuanya bekerja. Suatu hari Risa ulang tahun dan merayakannya sendiri. Dia berdoa agar bisa memiliki teman untuk menemani dia bermain. Akhirnya, disaat itu juga munculah 5 anak kecil yang menjadi sahabatnya yaitu peter, janshen, william, hans, dan hendrick. Mereka ialah makhluk yang tidak bisa dilihat oleh orang biasa yang bisa disebut hantu tetapi mereka sama sekali tidak suka disebut hantu karena mereka ingin sama seperti manusia.

Seiring berjalannya waktu, Risa sudah menjadi remaja dan dia tetap berteman dengan ke 5 orang sahabatnya itu hingga sekarang. #sastra #indonesia #literasi #smamda #sidoarjo #literature #novel #book #sinopsis #resensi

Judul : Jejak
Karya : Alishba
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama - M&C
Pengulas : Amaliyah Widya Mahanani

9 Juni 2001
Uncu,  Firman,  Iwan, Nopeng,  dan Andre mendaki Gunung Marapi untuk persiapan ospek anggota SISPALA.  Di antara kelima pemuda itu,  hanya Uncu yang pernah mendaki Gunung Marapi sebelumnya.  Saat sudah mendekati puncak,  Andre dan Nopeng memaksa untuk berangkat duluan,  sementara teman-teman yang lain sedang beristirahat.
Selama berada di puncak,  Andre dan Nopeng terpesona oleh keindahan ladang bunga edelweis.  Mereka pun mengumpulkan bunga itu dengan tamak hingga lupa waktu. Mereka terperangkap selama berjam-jam hingga akhirnya dari kejauhan tampak gumpalan kabut dan awan hitam berjalan sangat cepat ke arah puncak.

Mereka panik bukan main,  berputar-putar mencari jalan,  hingga akhirnya masuk ke hutan larangan.  Hutan yang sudah lama ditutup dan tak boleh dilalui.  Hutan yang dulu pernah menyisakan kejadian tragis. Hutan yang menjadi saksi hilangnga dua belas pendaki dan jasadnya ditemukan dalam keadaan tak bernyawa.
Namun nasib berkata lain.  Mereka telah mengulang sejarah tesebut dengan melalui Hutan Larangan. Makhluk halus, bahkan kaum hunian pun sempat membuat berbagai jebakan agar mereka ikut terperangkap masuk ke dimensi lain,  serta banyak cobaan-cobaan lain yang mereka temui sepanjang perjalanan.
#sastra #indonesia #literasi #smamda #sidoarjo #literature #novel #book #Sinopsis #Resensi

Aku menjabat tangan keduanya. Lalu menanyakan apa yang terjadi sampai mereka datang malam malam ke pondok untuk menjemput ku. Saat itu kakakku menjelaskan bahwa sudah beberapa hari ibu sakit. .
.
.
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Tentang kisah orang-orang yang berlari mengejar mentari..
.
Tentang mimpi....
.
Tentang ambisi...
.
.
Judul : Tentang Mimpi
Penulis : Halim Muhammad Ihsan
Penerbit : @penerbiternest
Tahun : 2017
Halaman : v+ 389 hlm.
Ukuran : 13 cm x 19 cm
ISBN : 978-602-61917-7-9
Harga : Rp 65.000,- (Belum Ongkir)
.
.
.
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
#penerbitindie #penerbiternest #tokobuku #tokopedia #bookstore #bookish #sabtu #sastra #novel #novels #novelty #ikapi #mojangbandung #bandung #penulis #buku #bukucantik #booklife #review #bookreview #ulasan #resensi

⏩ FOTO DIATAS SILAKAN DIGESER ⏩
.
.
Thank u @eugeniarakhma untuk reviewnya.😗😙
Makasih juga sudah membaca novel-novelku 😍😍
Sukses untuk buku anak-anak karyamu ya 🤗
Ditunggu juga novel.perdanamu 😎
Tetap produktif menulis agar kebaikan dan cinta kasih sampai ke hati pembaca 👍💖
.
.
.
.
.
#Keziapunyacerita #keziaeviwiadji #Peonysworld #novelremaja #novelfantasi #bookreview #igbooks #penerbitbip #bipgramedia #booklover #instabook #sayabaca #bipgramedia #booktagram #reviewbuku #bookworm #fantasy #resensi #goodreads #antimainstream #bookstagrammer #dreamcatcher #bookstagramerindonesia #BookLover #bibliophile #novelindonesia #reviewnovel #pageturner #rekomended #novelremaja #novelbaru #komentarpembaca

Most Popular Instagram Hashtags