[PR] Gain and Get More Likes and Followers on Instagram.

#ramadhan3

MOST RECENT

Aamiin ya mujibassa'ilin
PayTren big..big...big
Mudah2an ke depan PayTren bisa sejajar dg bank-bank besar Nasional.
Anda mau nggak ikut di dalamnya?
Masa mau jd nontonnin aja!!! Pingin ikut?
Info pendaftaran 👇klik👇

http://bit.ly/2y0BzM8

Wa : 0853 1593 6885

#puasa
#puasa2017
#puasaramadhan
#puasaramadhan2017
#puasasehat
#ramadhan
#ramadhan2017
#ramadhan1438h
#ramadhansale
#ramadhankareem
#ramadhanmubarak
#ramadhanku
#ramadhan3
#paytren
#paytrenuym
#pakaipaytrenaja
#paytreninaja

Aamiin ya mujibassa'ilin
PayTren big..big...big
Mudah2an ke depan PayTren bisa sejajar dg bank-bank besar Nasional.
Anda mau nggak ikut di dalamnya?
Masa mau jd nontonnin aja!!! Pingin ikut?
Hubungin WA 081295809106

#puasa
#puasa2017
#puasaramadhan
#puasaramadhan2017
#puasasehat
#ramadhan
#ramadhan2017
#ramadhan1438h
#ramadhansale
#ramadhankareem
#ramadhanmubarak
#ramadhanku
#ramadhan3
#paytren
#paytrenuym
#pakaipaytrenaja
#paytreninaja

Sekarang Jamannya Praktis, Hemat dan Efisien loch
Yuk pake paytren. Mengapa sih harus pake PayTren? Tentu saja karna alasan di atas ya...tapi asyiiinya lagi nih..bisa punya peluang bisnis yang bisa dikerjakan kapan saja dan dimana saja..mau tau?

Anda yang belum pake Paytren. Yuk daftar PayTren sekarang ya..mumpung dah tanggal muda nih.. Sisihkan uang anda untuk investasi bisnis paytren. Yuk diskusi sama kami jika belum tau apa itu paytren ya... Daftar payTren Sekarang!

Di link TN0404913.paytren.net

#puasa
#puasa2017
#puasaramadhan
#puasaramadhan2017
#puasasehat
#ramadhan
#ramadhan2017
#ramadhan1438h
#ramadhansale
#ramadhankareem
#ramadhanmubarak
#ramadhanku
#ramadhan3
#paytren
#paytrenuym
#pakaipaytrenaja
#paytreninaja

Telat banar
#ramadhan3

Selesa betul qurta @the_official_razz lain macam design ni ...banyak colour plak tu pasni nak post yg hijau plak😄🙌🏻 ..#ramadhan3 #day3 #rizamin @rizamination #filmmaker

Ngn anak buah jd la.. #mcm2gaya
#sukasuka
#ramadhan3

Alhamdulillah..hari ni genap 3 bulan... #cucuNo7
#Ramadhan3

#Ramadhan3.0 (23/70)
.
"Wahai jiwa yang tenang! Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang ridha dan diridhai-Nya. Maka masuklah ke dalam golongan hamba-hamba-Ku, dan masuklah ke dalam surga-Ku".
Q.S Al-Fajr (89): 27-30
.
Untuk menutup Ramadhan kali ini, izinkan saya bertadabbur atas ayat ini.
.
"Yaa ayyatuhannafsul muthmainnah!"
"Wahai jiwa yang tenang!"
.
Apakah hati ini terpanggil? Apakah yg dipanggil di ayat tersebut adalah hati yg di dalam dada ini? Adakah Ramadhan membuatnya tenang dan ridha atas panggilan-Nya?
Ya Allah apakah hati ini adalah yg tenang, yg ia ridha pada-Mu dan Engkau ridha padanya? :')
.
Apakah ini hati yg Kau katakan termasuk ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yg shalih dan berhak atas surga-Mu??
.
"Yaa ayyatuhannafsul muthmainnah!"
Apakah hati ini terpanggil?? :''')
.
#ramadhanproduktif #tadabbur #istighfar #semogaistiqamah

#Ramadhan3.0 (22/30)
.
"Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang.
Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.
Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal".
Q.S Ali Imran (3): 133-136
.
😞
.
#ramadhanproduktif #tadabbur #ampun #taubat #akhirramadhan

#Ramadhan3.0 (21/30)
.
"Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: "Bilakah datangnya pertolongan Allah?" Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat".
Q.S Al-Baqarah (2): 214
.
"Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta".
Q.S Al-Ankabut (29): 2-3
.
Ini satu lagi alasan kenapa tidak perlu risau yg berlebihan thd cobaan dan kesulitan yg sampai pada kita. Ya, dgn berpikir bahwa sesungguhnya ujian tsb datang agar kita 'naik kelas', ujian tsb datang bisa jd sbg jalan terbukanya pintu surga untuk kita, ditambah lg di akhir ayat 214 surat Al-Baqarah di atas Allah katakan bahwasanya pertolongan Allah itu amat dekat, maka itu semua sudah cukup untuk menenangkan hati dan menguatkan langkah dalam menghadapi segala hal dalam kehidupan. .
Benarlah bahwa kebahagian dan ketenangan itu datangnya dari sendiri. Berangkat dari pikiran dan hati yg selalu ingat pada pencipta-Nya :)
.
Wallahu a'lam.
#ramadanproduktif #tadabbur #berjuangkesurga #tenanginhati #mindset

#Ramadhan3.0 (20/30)
.
"Dan jikalau Allah melapangkan rezeki kepada hamba-hamba-Nya tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi, tetapi Allah menurunkan apa yang dikehendaki-Nya dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Maha Melihat".
Q.S Asy-Syura (42): 27
.
Ga boleh salah fokus nih. Harus yakin bahwa perkara rezeki udah diatur sama Allah, sudah dihitung berapa ukuran yg terbaik untuk hamba-Nya.
.
Dan sesungguhnya apa yg sudah ditetapkan itu pasti terjadi, yg sudah ditetapkan itu pasti sampai pada waktunya, yg sudah ditetapkan itu pasti ga akan ketuker, yg sudah ditetapkan itu ga akan dikurang-kurangin.
.
Apakah manusia ga boleh memimpikan jd kaya? Boleh banget, harus malah, biar bisa makin banyak sedekahnya.
Apakah manusia ga usah kerja krn udh dijamin rezekinya? Kerja itu sbg syariat agar rezeki sampai kepada kita, dan kerja itu niatnya karena Allah memang memerintahkan manusia untuk bekerja serta mencari karunia di dunia. Tp berarti kalo kerja ga usah khawatir dan ga usah nyerobot hak orang lain, krn sekali lagi rezeki udah diatur.
.
Tp jujur saya khawatir ngomong gini, krn 'dunia' masih blm 'dibuka' buat saya jd kayaknya masih woles aja sama godaan harta makanya bisa ngomong kayak di atas. 😂
Semoga Allah kuatkan iman dan hati kita, kuat dalam 'menghadapi dunia'. Semoga kita tidak termasuk orang-orang yg melampaui batas. Semoga selalu husnuzhan sama Allah.
Ingetin saya kalo lupa. Saling jaga saling do'ain Insya Allah.
Bismillah.
.
#ramadhanproduktif #tadabbur #muhasabah #rezeki

#Ramadhan3.0 (19/30)
.
"Maka karena itu serulah (mereka kepada agama ini) dan tetaplah (beriman dan berdakwah) sebagaimana diperintahkan kepadamu dan janganlah mengikuti hawa nafsu mereka dan katakanlah: "Aku beriman kepada semua Kitab yang diturunkan Allah dan aku diperintahkan supaya berlaku adil diantara kamu. Allah-lah Tuhan kami dan Tuhan kamu. Bagi kami amal-amal kami dan bagi kamu amal-amal kamu. Tidak ada pertengkaran antara kami dan kamu, Allah mengumpulkan antara kita dan kepada-Nya-lah kembali (kita)"".
Q.S Asy-Syura (42): 15
.
Ini salah satu ayat yg menggambarkan ttg tuntunan bersikap seorang da'i. Clear.
.
#ramadhanproduktif #tadabbur

Bukber Alumni SMPN 1 SAKRA Alumni 2010 "Enget mase saq laeq" #Ramadhan3

#Ramadhan3.0 (18/30)
.
"Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al Quran. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar".
Q.S At-Taubah (9): 111
.
Bahwa sudah janji Allah untuk memberikan surga pada orang-orang mukmin yg menyerahkan diri dan hartanya sepenuhnya untuk Allah. Bahkan untuk semakin memperkuatnya Allah sampaikan bahwa janji tersebut sudah tertulis tidak hanya di Al-Qur'an melainkan juga di dalam Taurat dan Injil. Juga dgn pertanyaan retoris ttg dzat yg paling menepati janji.

Allah.. Sungguh manusia tidak dizholimi, tidak diminta mengabdi, tidak diminta menyerahkan semua yg ada padanya dgn sia-sia, tidak. Tapi Allah mengganti semuanya, membeli semuanya dgn surga yg luasnya seluas langit dan bumi, yg kenikmatannya tidak pernah bisa dibayangkan oleh manusia, dan jual beli tersebut merupakan jual beli yg menguntungkan bagi manusia. Bahkan menanglah manusia yg berhasil dgn jual belinya ini. Maka sungguh, ini semua semata-mata untuk kebaikan manusia itu sendiri.

Tapi seperti apakah orang-orang mukmin yg menyerahkan diri dan harta mereka untuk Allah?
Disampaikan dalam lanjutan ayat di atas, surat At-Taubah ayat 112
"Mereka itu adalah orang-orang yang bertaubat, yang beribadat, yang memuji, yang melawat, yang ruku', yang sujud, yang menyuruh berbuat ma'ruf dan mencegah berbuat munkar dan yang memelihara hukum-hukum Allah. Dan gembirakanlah orang-orang mukmin itu". Demikianlah ciri-ciri orang yg akan mendapatkan keuntungan yg besar dari perniagaannya dgn Allah. Dan itu semua diawali dari taubat, mengakui segala kesalahan, berserah diri pada Allah, lurus niat ikhlas hanya pada-Nya. Kemudian dia beribadah, menjadi orang yg shalih, tapi juga mushlih. Krn shalihnya bukan cuma untuk diri sendiri melainkan dia menyeru org lain pada kebaikan dan mencegah dari yg munkar.

Wallahu a'lam bishshawab.
Smg kita trmasuk di dalamnya.

#Ramadhan3.0 (17/30)
.
"Hai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu".
Q.S Muhammad (47): 7
.
Ayat yg dahsyat banget buat saya. Punya kekuatan dan berkali-kali terbukti di sepanjang episode kehidupan saya.
.
Pertama kali dikenalkan dgn semangatnya ayat ini adalah ketika di SMA, oleh kakak2 dari @rohis48 kala itu, sekaligus dimulainya episode pertama berjuang bersama ayat ini. .
Tiga tahun perjalanan di SMA dgn menjadikan ayat ini sbg sumber kekuatan kami, hingga tagline kami saat itu "Bangun Semangat 747!". Ya, muncul angka sakti 747 yg artinya ayat ke-7 dari surat ke-47. Dan memang saya sungguh merasakan betapa Allah benar2 menolong orang2 yg menolong agamanya. Masya Allah.
.
Episode kedua adalah selama 3 tahun di @izzatulislamipaui, yg lagi2 Allah tunjukkan janjinya lewat ayat ini.
.
Tapi kali ini izinkan saya bercerita lebih banyak ttg episode yg sedang kami lewati saat ini. Ya, foto itu adalah foto saudara2 yg luar biasa kerennya. Yg dari mereka Allah berikan buat saya begitu banyak pelajaran, inspirasi, sekaligus rasa syukur.
.
Kalau mengutip kata2 Ust. Almuzammil Yusuf bbrp hari lalu, "Pikul beban dakwah bersama. Menangislah bersama dakwah. Sesungguhnya tangisan bersama dakwah itu bisa menenangkan hati". Maka terkhusus episode saat ini, dari merekalah salah satunya saya belajar mengenai hal tsb.
.
Mungkin ayat 747 itu tidak sesering didengungkan sebagaimana dulu, tp semangat dari ayat tsb begitu dalam mereka tunjukkan dari setiap kontribusi mereka. Sampai kadang saya bingung sbnrnya dimana mereka menempatkan kepentingan diri mereka sendiri di hatinya. Setinggi dan sesering apa sbnrnya mereka mendahulukan diri mereka. Entah sebenarnya mereka masih pada mikirin hidupnya apa nggak, haha 😂
Ya, karena selama ini yg terlihat dari mereka itu adlh semangat dakwahnya, keinginan untuk memberikan manfaat buat orang lain. Ketutup semua deh tuh segala urusan pribadi, ckck.
.
Semoga Allah karuniakan kesehatan, kelapangan hati, berkah, dan keyakinan yg kuat pada jalan-Nya untuk kalian serta saudara-saudaraku semuanya. Aamiin :)
.
Terakhir, ada lirik nasyid yg keren bgt buat kalian di comment 👇

#Ramadhan3.0 (16/30)
.
"Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil"".
Q.S Al-Isra' (17): 23-24
.
"Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun . Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu”.
Q.S Luqman (31): 14
.
Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, belia berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu'”.
HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548
.
Selamat hari ibu!
.
#ramadanproduktif #ibu

#Ramadhan3.0 (14-15/30)
.
"Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: "Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu"".
Q.S Fussilat (41): 30
.
Bagi saya, ada banyak hal luar biasa yg bisa ditadabburi dari ayat ini. Ayat yg menjadi penguat dan kabar gembira bagi orang-orang muslim.
.
Jika kita perhatikan pesan dalam ayat ini, maka kita akan menyadari bahwa menjadi istiqamah itu sulit, dan jalan yg akan ditempuh pasti melelahkan atau mungkin terasa menyakitkan. Kenapa demikian? Karena pesan malaikat yaitu, "Janganlah kamu takut dan jangan bersedih hati". Artinya memang sudah menjadi sunnatullah bagi orang-orang muslim bahwa seperti itulah jalan yg akan ditempuhnya di dunia. Tapi apa itu buruk? Tidak, karena sesungguhnya orang-orang itu tidak akan pernah sendirian. Ada Allah dan para malaikat yg selalu membersamainya, dan itu pasti cukup untuknya.
.
Berikutnya, sangat jelas dalam ayat ini bahwa Allah menjanjikan surga bagi mereka. Yaitu bagi orang-orang yg tanpa takut, tanpa ragu, dengan jelas menyatakan bahwa "Saya muslim", dan dia istiqamah dalam keislamannya. Ditambah lagi, orang-orang itu adalah orang-orang yg orientasinya pada kebaikan akhirat. Kenapa? Sekali lagi karena seperti itulah yg digambarkan dalam pesan malaikat di ayat ini, yakni surga lah yg dihadiahkan, surga lah yg diharapkan. Maka kalau boleh dikatakan, surga tersebut dijanjikan bagi orang-orang yg juga mengharapkan surga selama perjuangan kehidupannya di dunia.
.
Wallahu a'lam bishshawab.
Mohon diingatkan jika ada yg salah dari tulisan di atas.
.
#ramadanproduktif #tadabbur #istiqamah #sayamuslim #surga

#Ramadhan3.0 (13/30)
.
Semesta bertasbih, bagaimana manusia?
.
"Telah bertasbih kepada Allah apa saja yang ada di langit dan apa saja yang ada di bumi; dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana".
Q.S Ash-Shaff (61): 1
.
"Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun".
Q.S Al-Isra' (17): 44
.
Banyak ayat di Al-Qur'an serta hadits shahih yg menyatakan bahwa semua makhluk Allah bertasbih pada-Nya, baik itu makhluk yg hidup ataupun benda yg mati. Semua yg ada di langit dan bumi bertasbih pada-Nya. Semesta bertasbih pada-Nya.
.
Kawan, pernah lihat video perbandingan besar manusia dgn bumi, matahari, galaksi, dan sebagainya?
Mari kita coba membayangkan sedikit ttg video tersebut. Di alam semesta ini ada kita, manusia. Di sekelilingnya ada banyak hewan, jutaan jenisnya, milyaran jumlahnya. Lalu tumbuhan, pun juga milyaran jumlahnya. Semuanya terhampar di permukaan bumi. Kemudian gunung, batu, air yg mengalir, awan, kemudian kita naik ke atas sampai langit, planet-planet, matahari, bintang yg milyaran jumlahnya, terus saja sampai galaksi-galaksi yg lain.
Mari kita bayangkan, berapa jumlah semua makhluk Allah itu. Sekarang semua makhluk Allah tsb sedang bertasbih pada-Nya. Bayangkan jika semua yg ada di alam semesta ini berotasi mengelilingi satu pusat yg sama, dan sekali lagi semuanya bertasbih dalam rotasinya dgn bahasanya masing-masing.
.
Kemudian diantara semua makhluk tadi ada makhluk kecil yg namanya manusia, jumlahnya tidak seberapa dibandingkan makhluk Allah yg lain, tapi bahkan manusia-manusia ini ingkar pada Tuhan-Nya. Ketika semua benda dan alam semesta yg luas ini selalu bertasbih pada Tuhan-Nya, sebagian manusia berada di frekuensi yg berbeda dari frekuensinya alam semesta.
.
Kalau kita sadar, sesungguhnya kita ini adalah bagian kecil di tengah kumparan tasbihnya semesta!
Semuanya bertasbih sedangkan kita lalai dari tasbih pada-Nya :').
Astaghfirullah. Allahu akbar. Segala puji bagi Allah, Tuhannya manusia :')
.
#Ramadanproduktif #tadabbur #ntms

#Ramadhan3.0 (12/30)
.
"Dan bacakanlah (Muhammad) kepada mereka berita orang yang telah Kami berikan kepadanya ayat-ayat Kami, kemudian dia melepaskan diri dari pada ayat-ayat itu, lalu dia diikuti oleh syaitan (sampai dia tergoda), maka jadilah dia termasuk orang-orang yang sesat.
Dan kalau Kami menghendaki, sesungguhnya Kami tinggikan (derajat)nya dengan ayat-ayat itu, tetapi dia cenderung kepada dunia dan menurutkan hawa nafsunya yang rendah, maka perumpamaannya seperti anjing jika kamu menghalaunya diulurkannya lidahnya dan jika kamu membiarkannya dia mengulurkan lidahnya (juga). Demikian itulah perumpamaan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami. Maka ceritakanlah (kepada mereka) kisah-kisah itu agar mereka berfikir.
Amat buruklah perumpamaan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan kepada diri mereka sendirilah mereka berbuat zalim. Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk; dan barangsiapa yang disesatkan Allah, maka merekalah orang-orang yang merugi".
Q.S Al-A'raf (7): 175-178
.
Mungkin urutannya begini, ada seseorang, sudah sampai pelajaran ttg Islam dan ayat-ayat Allah padanya, kemudian dia ingkar melepaskan diri dari ayat tsb. Kemudian syaitan mengikutinya dan ia tergoda untuk mengikuti dunia dan hawa nafsu yg rendah. Orang-orang seperti ini berarti telah menzhalimi diri sendiri dan termasuk orang-orang yg menjadi sesat.
Wallahu a'lam bishshawab.
.
Maka sekali lagi wajar juga kalo sehari minimal tujuh belas kali kita berdo'a, "Ihdinashshiraathal mustaqiim. Shiraathalladziina an'amta 'alayhim. Ghairilmaghdhuubi 'alayhim waladhdhoolliin". Ya Allah, tunjukilah kami jalan yg lurus, (yaitu) jalan orang-orang yg telah Engkau beri nikmat kepadanya, bukan (jalan) mereka yg dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yg sesat. Aamiin.
.
#ramadanproduktif #liburanproduktif #Qur'an #tadabbur #ntms

Most Popular Instagram Hashtags