#pasahatulosmulagabe

MOST RECENT

"UNGKAPAN SYUKUR"
Kami Bersyukur Tuhan menganugrahkan orang tua terhebat serta bijaksana kepada kami.
Kami terlahir dari rahim ibu yang hebat dan dibesarkan dengan cinta kasih serta doa yg tulus dari orangtua hingga kami hidup bersama.
Kami Bersyukur Tuhan menganugrahkan berkat tak ternilai kepada kami.
Kami terharu merasakan dan melihat kedua orangtua kami sangat menantikan kedatangan anugrah tak ternilai tersebut.
...
Dan inilah salah satu usaha orangtua kami yang membuat kami terharu :
โ€ข Papa ku semakin giat memancing ikan segar (papa cuman suka ikan yg dia pancing sendiri krn fresh dan segar) agar aku semangat makan ikan (secara dr kecil sabby ga suka makan ikan) ๐Ÿ˜. Peletnya pun udang supaya ikan yg makan pun segar dan bergizi ๐Ÿ˜.
โ€ข Mama ku semakin giat olahraga setiap pagi menjaga pola hidup dan beli vitamin ini itu agar kuat momong pahompunya (tulang belakang mama pernah cidera jadi mama ektra menjaga kondisinya) . Dan selalu semangat mengolah dan mengantarkan ikan hasil pancingan papa serta makanan bergizi lainnya ke rumah kami ๐Ÿ˜.
โ€ข Papa pekanbaru tanpa sepengetahuan kami menanam bangun2 di pekarangan rumah agar tidak susah membelinya dan mudah dikonsumsi oleh ku agar asi ku lancar serta berkualitas ๐Ÿ˜.
โ€ข Mama pekanbaru selama 4 bulan di pekanbaru selalu masak ikan (segala jenis ikan di perkenalkan kepada ku agar ku suka makan ikan) dan semua makanan bergizi lainnya . selama kami di jakarta pun mama pekanbaru selalu memantau perkembangan kami ๐Ÿ˜.
...
๐Ÿ˜‡Tak semua perjalanan kehidupan ini sesuai keinginan kami dan memang berat menerima kenyataan bahwa perjalanan ini bukan seturut keinginan kami melainkan seturut kehendak Tuhan. Dan kami menyadari bahwa semua itu terjadi Agar kami selalu berserah (bukan pasrah) kepada Tuhan.
#cerpensabby #sabbypregnancy
.
๐Ÿ™Kami bersyukur bukan karna kami terpaksa tapi karna kami menyadari bahwa Tuhanlah yang selalu menyertai kehidupan kami baik suka dan duka.
#sabrinamelindaqoute
.
.
#happyfamily #bigfamily #familygoals #givethanks #simatupang #siraitnabolon #mambosuri #pasahatulostondi #pasahatulosmulagabe #acaraadatbatak #sukubatak #pregency #pregnant #pregnancystyle #storyofsabby #latepost

Terima kasih Tuhan untuk kebaikanMu, penyertaanMu sempurna semua rangkaian acara pengucapan syukur 7 bln kehamilan anak pertama kami, adat Batak Pasahat Ulos Mula Gabe berjalan dengan baik dan indah, semua karena anugerahMu.. ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™ #PengucapanSyukur #Nujuhbulanan #AdatBatak #PasahatUlosMulaGabe #ThankGod

Yak akhirnya sampai juga di acara batak yg satu ini #nujuhbulananbabybulon atau nama lainnya #pasahatulosmulagabe berhubung cuman dilakukan di anak pertama aja jd nanti pas di adik2 baby bulon nanti g dilakuin deh. Sempet bingung buat g yah atau g ush. Pas bgt si papi sakit. buat atau ngak, atau dibuat #nujuhbulananbabybulon tp papi dirumah sama perawat atau dibuat di rumah papimami tp ternyata dibatak ga boleh dirumah perempuan dan atauatau lainnya! Oke akhirnya sampai jg ditanggal 23 juni hari yg tepat buat mendoakan si bulon tepat #31weeks #3days.. lewat dikit ora popo yg penting ternyata si papi udh membaik dan bs dtg di acara #nujuhbulananbabybulon ๐Ÿ’ƒ๐Ÿผ๐Ÿ’ƒ๐Ÿผ walaupun acara bahagia malah jd mewek!! Semangat sehat opung papi biar bs ajak maen bola #mylittlebulon ๐Ÿ™๐Ÿป
.
Terimakasih semua nasehatnya dari keluarga besar Tampubolon dan Situmorang! Yg gua inget harus jd *suami siaga yah @ryanaustra wkwkkw!! Kalo kata ryan butuh bimbingan penuh karena perubahan yg cepat, dr doli2 - menikah - dan skrg mau jd bapak ๐Ÿคฃ, nah kalo gua! Kata abang gua โ€œanak bontotโ€ yah gitulah, ank kesayangan papi yg dijailin saudaranya nangis dan mereka yg gangguin pasti diomelin wkwkkw! Udh g bs kolokan lg! Kudu bs jd momma hebat!!
.
Oke jd pd intinya, acara adat #nujuhbulananbabybulon #ulosmulagabe adalah suatu doa dan pengharapan agar wanita yang akan melahirkan bisa berjalan lancar, lahir dengan sempurna, sehat dan selamat baik sang ibu dan bayinya tanpa ada halangan apapun, yang mengganggu proses persalinannya!!
.
I still need to wait 2 more months to see my miracle one ๐Ÿค—

Tujuh Bulanan โ€œPasahat Ulos Mula Gabe/ Ulos Tondiโ€ buat calon kesayangan kami. Terimakasih buat semua opung2nya yang baik, buat kedua bou, tulang dan nangudanya.. God bless us all, God bless our hopes and prayers.
Ah canโ€™t wait to see you next month my love! ๐Ÿ˜˜โค๏ธโค๏ธ ๐Ÿ“ท by @glorypatrice ๐Ÿ˜
.
.
#ulostondi #ulosmulagabe #pasahatulosmulagabe #nujuhbulanan #tujuhbulanan #tujuhbulananbatak #adatbatak

Mazmur 139:14 "Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib;
ajaib apa yang Kau buat,
dan jiwaku benar-benar menyadarinya." #grace
#momstobe
#dadstobe
#20mei2018
#pasahatulosmulagabe

Mambosuri ( Pasahat ulos mula gabe ) Nujuh bulanan-nya adat batak.
Banyak yang doain kita bertiga abang. Sehat ya Nakk, sebentar lagi ketemu kita. ๐Ÿ™โค๐Ÿ˜๐Ÿ‘ถ๐Ÿ‘ผ #latepost
#love
#pasahatulosmulagabe #nujuhbulanan
#adatbatak

Saya selalu tertarik untuk belajar sesuatu berkaitan dengan budaya yang menjadi akar dari setiap pribadi. Senang sekaliย  bisa menghadiri acara Tujuh Bulanan Adat Batak - PASAHAT ULOS MULA GABE
Pasangan Ika @ikanov dan Pieter (Ucok). Ulos Mula Gabe yang artinya awal keturunan yang banyak. Pihak orang tua perempuan datang untuk membawakan makanan dan memberikan Ulos Mula Gabe. Seorang ibu menerima ulos ini hanya satu kali dalam hidupnya.

Intinya, acara adat ini adalah suatu doa dan pengharapan agar calon ibu yang akan melahirkan anak pertama (buha baju) bisa berjalan lancar, sehat dan selamat, baik sang ibu dan bayinya tanpa ada halangan apapun yang mengganggu proses persalinannya.

Congratulations Ika @ikanov & Ucok. Wishing you great health and safe delivery.

Swipe for more pictures & video ๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰
.
.
.
#wulantilaar #beautyfromwithin #tujuhbulananadatbatakย  #pasahatulosmulagabe #heritage #tradition

Pasahat Ulos Mula Gabe/ Mambosuri/ Ulos ni Tondi/ Nujuhbulanan

Semua suku pasti punya acara ini dengan nama sebutan dan filosofinya masing-masing. Setelah melalui prosesnya kemaren baru paham filosofi versi bataknya acara ini dari saudara-saudara yang hadir dan memberi petuah.
Jadi kalo di Batak dulu namanya Ulos ni Tondi, tujuan acaranya untuk menenangkan hati dan jiwa calon mamak yang akan melahirkan, karena zaman dulu melahirkan adalah salah satu perkara yang sangat sulit, perkara hidup dan mati. Makanya biasanya untuk anak pertama aja. Tapi ngga masalah juga kalo mau diadain terus buat anak selanjutnya.

Acaranya sebaiknya dilakukan pas matahari bergerak naik ke puncaknya which is sebelum jam 12 (kira-kira jam 11) yang tujuannya biar Rezeki dan Semua Kebaikan buat calon mamak dan bapak ini terus naik dan meningkat.
Untuk acaranya sendiri diawali dengan Pasahat Dekke Simudur-udur, Pasahat Ulos Mula Gabe, naro Beras Sipir ni Tondi ke kepala aii dan suami, terus Mandok Hata, dan ngga lupa dong makan bersama hohoo

Yak kira-kira begitu yang aiii tangkap tentang perTujuhBulanan Versi Batak ini ๐Ÿ˜Š

#nujuhbulanan
#mambosuri
#pasahatulosmulagabe
#ulosmulagabe
#ulosnitondi
#adatbatak
#tujuhbulanan
#batakese
#traditionalculture
#batak

โค๏ธ9 Des 2017โค๏ธ Pasahat Ulos Mula Gabe atau Nujuh bulanan adat Batak.. Mumpung hari ini masih 2017, baru sempet post, padahal ini moment the best yang dinanti dan sekali seumur hidup aja diadakan (dalam adat Batak hanya untuk anak pertama). Sehat2 selaluu ya dirimu nakk dan semua proses berjalan lancar, seperti banyak doa dan kata2 motivasi yg diberikan banyak keluarga kita dlm acara ini โค๏ธ๐Ÿ˜‡ @herwanto14 #mamborsuri #pasahatulosmulagabe #nujuhbulan #30weekspregnant #mypregnancy #homesweethome #hutauruk #simanjuntak #family #latepost

Pasahat Ulos Mula Gabe, acara nujuh bulanan-nya adat Batak.
Banyak yang doakan kita bertiga, abangg. Semoga kamu sehat2 selalu yaa.
2 bulanan lagi kita akan berjumpa. Saling kerjasama terus ya kita bang.
Love you my babyB โค
.
.
#pasahatulosmulagabe #ulosmulagabe #tujuhbulanan #nujuhbulanan #adatbatak #batak #love #panggabean #samosir

Oleh karna itu, bagi orang yang percaya, janji Tuhan akan terpenuhi pada waktunya dan bagi Tuhan tidak ada yang mustahil.

Sedikit berbagi mengenai acara syukuran 7 bulanan dlm adat batak atau lebih dikenal dengan istilah "Manaruho aek ni utte/mangalehon ulos mula gabe". Dimana orang tua pihak perempuan datang membawakan makanan dan memberikan ulos Mula Gabe agar nantinya proses kelahiran dapat berjalan lancar. Disebut istilah ulos mula gabe karena keluarga sedang menantikan hagabeon yang artinya kelahiran anak pertama. Jadi seorang ibu menerima ulos Mula Gabe ini hanya satu kali dalam hidupnya. orang tua saya meletakkan Ulos Mula Gabe ke bahu boru (saya) dan hela (suami saya), dan juga meletakkan beras sipir ni tondi ke atas kepala boru dan helanya.

Dilanjutkan dengan memberikan boru dan helanya makanan khusus yang berupa ikan mas, disebut dengan dengke sitiotio, dengke simudurmudur dengan harapan dari orang tuanya kiranya Tuhan berkenan memberkati Boru dan Helanya, agar tiotio haroan (persalinan) yang akan datang serta orangtua calon baby tetap seia sekata dalam perjalanan hidup mereka (mudurudur). Puji Tuhan acara berjalan dengan sederhana, hikmat dan lancar. Terima kasih untuk seluruh anggota keluarga yg telah membantu serta mendoakan kami terlebih untuk anakku yg ga rewel dan sangat kooperatif selama acara berlangsung. We love you already nak ๐Ÿ’™๐Ÿ‘ถ
Credit ๐Ÿ“ท by: @richardrumapea
#ulosmulagabe #7bulanan #mybaby #adatbatak #familyphotography #pasahatulosmulagabe #instadaily #picoftheday #greatfull

Suami istri hamil.. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… #pasahatulosmulagabe #linaldo #32weekspregnant

Mauliate ma di Debata di sude pasu-pasuNa. Mauliate nang di sude keluarga dohot dongan sahuta di sipanganon dohot ulos mangiring namardongan tangiang๐Ÿ™
#mambosuri
#mangirdak
#manonggot
#pasahatulosmulagabe
#babyshower
#nujuhbulan
#gratefulmoment
#29weekspregnant

We are so ready to be "showered" with prayers and foods๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ™ Para tamu undangan ckup siapin doa aj yaa karena kado bukan bagian dari tradisi baby showernya halak batak๐Ÿ˜
#mambosuri
#mangirdak
#manonggot
#pasahatulosmulagabe
#babyshower
#nujuhbulan
#aninvitation

Mauliate di klrga nami namamboan hami ditangiangmuna marhite sipanganon dekke simudur udur dohot ulos. Sai dao ma sahit jala gok dibulanna paimahon haroan on.
#latepost
#mambosuri
#pasahatulosmulagabe
#pasahatdekkesimundurundur

Happiest birthday to my lovely sister @ny.simbolon . I hope you always be happy, be grateful and enjoy life. Be strong and vibrant as you always do and please add more patience for my little nephew. I love you unconditionally. God bless you and your little family ๐Ÿ˜‡๐Ÿค—๐Ÿ˜™๐Ÿ˜š๐Ÿ’ž #7bulanan #pasahatulosmulagabe #bataknese #tradition #birthday #celebration #lovely #family

Syukuran 7 bulanan adat batak atau dikenal dengan istilah โ€œManaruho Aek Ni Utte / Mangalehon Ulos Mula Gabeโ€ dimana pihak orangtua perempuan datang untuk membawakan makanan ikan mas & makanan kesukaan anak perempuannya dan memberikan ulos Mula Gabe agar nantinya proses kelahiran dapat berjalan lancar. Disebut istilah ulos Mula Gabe karena keluarga sedang menantikan hagabeon yang artinya kelahiran anak pertama. Jadi seorang ibu menerima ulos Mula Gabe ini hanya satu kali dalam hidupnya. Hula-hula (orangtua perempuan) memberikan boru (anak perempuan) dan helanya (menantu laki-laki) makanan khusus yang berupa ikan mas disebut dengan Dengke Sitiotio & Dengke Simudurmudur dengan harapan dari orangtuanya kiranya Tuhan berkenan memberkati boru dan helanya agar persalinan (tiotio haroan) yang akan datang dan agar mereka berdua seia sekata dalam perjalanan hidup mereka (mudurudur). Selanjutnya dari pihak paranak (keluarga laki-laki) memberikan Tudu-tudu Ni Sipanganon kepada pihak parboru (keluarga perempuan) berupa daging babi (dengan kepala yang masih utuh) sebagai simbol rasa hormat kepada pihak hula-hulanya.

#PasahatUlosMulaGabe #BabyShower #NujuhBulanan ๐Ÿ‘ผ๐Ÿ’›

Most Popular Instagram Hashtags