#muamalah

5373 posts

TOP POSTS

SEPAKAT GA?

Admin jadi teringat kisah amirul mukminin umar ibnu khattab

Pernah ada seseorang yang memberikan persaksian di hadapan Umar bin Al-Khathab, maka Umar pun berkata, “Aku tidak mengenalmu, dan tidak me-mudharat-kan engkau meskipun aku tidak mengenalmu. Datangkanlah orang yang mengenalmu.”
.
Maka ada seseorang dari para hadirin yang berkata, “Aku mengenalnya, wahai Amirul Mukminin.”
.
Umar berkata, “Dengan apa engkau mengenalnya?”
.
Orang itu berkata, “Dengan keshalihan dan keutamaannya.”
.
Umar berkata, “Apakah dia adalah tetangga dekatmu, yang engkau mengetahui kondisinya di malam hari dan di siang hari serta datang dan perginya?”
.
“Tidak.”
.
“Apakah dia pernah bermuamalah denganmu berkaitan dengan dirham dan dinar, yang keduanya merupakan indikasi sikap wara’ seseorang?” tanya Umar lagi.
.
“Tidak.”
.
Umar berkata lagi:

فَرَفِيْقُكَ فِي السَّفَرِ الَّذِي يُسْتَدَلُّ بِهِ عَلَى مَكَارِمِ الأَخْلاَقِ؟
.
“Apakah dia pernah menemanimu dalam safar, yang safar merupakan indikasi mulianya akhlak seseorang?”
.
Orang itu berkata, “Tidak.”
.
Umar menimpali, “Jika demikian engkau tidak mengenalnya.”
.
(Atsar ini dishahihkan Syaikh Al-Albani dalam Irwaul Ghalil 8/260 no 2637)

Follow @kajianislamchannel
Follow @kajianislamchannel

#instagram #islam #kajianislam #nasihat #nasehat #akhlak #adab #amanah #safar #tetangga #muamalah #kisah

Tes tes 1 2 3.. 😅😅
Akhirnya si patung sali dan shalihah mendarat cantik dibunyu 😘😘.. Alhamdulillah stok ready hanya sisa ini yah kak..
Kita coba coba buka dari ba'da ashar sampe ba,da magrib yah kakak cantik.. Gamis Zizara 40 pcs tadi langsung ludes sisa 19 pcs saja.. semoga semakin berkurang yah^^ Yang dibunyu silahkan kerumah yah.
Di jalan pangkalan Penjahit rizal.

Walaupun belum dicat, lemari belum datang kita coba-,coba dulu lah kan^^ Xixii

#muamalah
#ameerahboutique

#kawan-kawan seperjuangn#Perdata#Muamalah....

Jarang ketemu, ketemu pisan gaya e gg karu"an..#gg gelem kalah kro areg alay
#bukber 2017
#Muamalah D 2015

🚇RIBA
[ Bagian 2 ]
.
ΞΞΞ HUKUM RIBA ΞΞΞ
.
■ Riba dengan segala bentuknya adalah haram dan termasuk dosa besar, dengan dasar al-Qur'an, as-Sunnah, dan ijma’ ulama.
.
Ξ Dalil dari al-Qur'an di antaranya adalah:
.
︴“Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.” [Al-Baqarah: 275]
.
◈ Juga dalam firman-Nya:
.
︴“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman. Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu.” [Al-Baqarah: 278-279]
.
Ξ Dalil dari As-Sunnah di antaranya:
.
▷ [a] Hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu:
.
︴“Jauhilah tujuh perkara yang menghan-curkan –di antaranya– memakan riba.” [Muttafaqun ‘alaih]
.
▷ [b] Hadits Abu Juhaifah radhiyallahu ‘anhu riwayat al-Bukhari:
.
︴“Semoga Allah melaknat pemakan riba.” [HR. Al-Bukhari]
.
Dalam hadits Jabir radhiyallahu ‘anhu yang diriwayatkan Al-Imam Muslim, yang dilaknat adalah pemakan riba, pemberi makan orang lain dengan riba, penulis dan dua saksinya, lalu Nabi -ﷺ- menyatakan:
.
︴“Mereka itu sama.”
.
Para ulama sepakat bahwa riba adalah haram dan termasuk dosa besar.
.
◈ Keadaan-nya seperti yang digambarkan oleh Ibnu Taimiyah rahimahullah sebagai berikut:
.
“Tidak ada suatu ancaman hukuman atas dosa besar selain syirik yang disebut dalam al-Qur'an yang lebih dahsyat daripada riba.”
.
◈ Kesepakatan ini dinukil oleh al-Mawardi rahimahullah dan an-Nawawi rahimahullah dalam al-Majmu'. [9/294, cetakan Dar Ihya’ at-Turats al-'Arabi].
.
ΞΞΞ FAEDAH ΞΞΞ
.
■ Para ulama sepakat bahwa riba adalah haram di negara Islam secara mutlak,
● antara muslim dengan muslim,
● muslim dengan kafir dzimmi,
● muslim dengan kafir harbi.
.
[↑] Mereka berbeda pendapat tentang riba yang terjadi di negeri kafir antara muslim dengan kafir. Pendapat yang rajih tanpa ada keraguan lagi adalah pendapat jumhur yang menyatakan keharamannya secara mutlak dengan keumuman dalil yang tersebut di atas. Yang menyelisihi adalah Abu Hanifah dan dalil yang dipakai adalah lemah. Wallahu a’lam.
.
… bersambung di komentar.

Alhamdulillah Rukyatul Hilal untuk
1 Ramadhan 1438 Hijriah/2017 Masehi success 🌙 ======================
📷Thanks @rozakhsaputro
#rukyatulhilal2017
#muamalah
#ilmufalak
#iainponorogo
#iain_ponorogo_hits

Tulang Rusuk. Bukan dari kepala untuk di jadikan atasan, dan bukan dari kaki untuk di jadikan bawahan. 🌹😆
#iainponorogo
#kampus2
#Muamalah⁴

MOST RECENT

Alhamdulillah sejak dulu saya jualan, ga pernah nawar2in PM PM ke orang duluan, apalagi sampe komen promosi dagangan di postingan orang. Jualan ada etikanya, ada adabnya. Klo beretika in syaa Allah malah banyak dpt teman dr jualan.
Ingat juga, untuk seorang #muslim, perdagangan diatur dalam bab #muamalah yg sangat luas. Untuk itu lebih baik skrg2 saya ga jualan dulu, mending nyari ilmu dulu, biar jualan saya terhindar dari riba, ghoror, & mayshir. Nanti klo udah tau sedikit2 ilmunya in syaa Allah mulai jualin lg tanemannya. Klo skrg jualin pot & perlengkapan dulu deh ke org2 dekat. Klo perlengkapan kayanya lbh jelas harga beli, harga jual, dll-nya.
.
Foto taneman: #Euphorbia francoisi hybrid...
#Cactus #kaktus #succulent #sukulen #succulove #dessertplants #instaplants #beautyplants #flowers #plantsoftheday #plantsphotography #miniplants #minigarden #segarnursery #bandung #indosucculents #indonesia

Bismillah bi idznillah,
*"mari berqurban!!!"* Berbagi dalam kebahagiaan, berbagi dalam keceriaan kecpada kaum yg kurang mampu. Merupakan usaha kita untuk membersihkan dan mensucikan harta kita, bila kita mau berkorban. *"elQurtah"* Layanan Qurban Tahunan, hadir sebagai upaya dan solusi kongkret dalam penanganan pelayanan hewan Qurban. Sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan keni'matan yang alloh swt berikan.

elQurtah hadir melayani anda dalam upaya melaksanakan ibadah Qurban yg sebentar lagi hadir di hadapan.

Mari tekadkan niat, perkuat bagi yg sudah ada niat berqurban.

#istanadhuafa
#commdev_isdhu
#muamalah
#qurban
#harirayaadha
#gunakandinarmu
#berbagi
#peduli
#kebersamaan

Bismillah bi idznillah... mari berqurban!!! Berbagi dalam kebahagiaan, berbagi dalam keceriaan kepada kaum yg kurang mampu. Merupakan usaha kita untuk membersihkan dan mensucikan harta kita, bila kita mau berkorban. *"elQurtah"* Layanan Qurban Tahunan, hadir sebagai upaya dan solusi kongkret dalam penanganan pelayanan hewan Qurban. Sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan keni'matan yang alloh swt berikan.

elQurtah hadir melayani anda dalam upaya melaksanakan ibadah Qurban yg sebentar lagi hadir di hadapan.

Mari tekadkan niat, perkuat bagi yg sudah ada niat berqurban.

#istanadhuafa
#commdev_isdhu
#muamalah
#qurban
#harirayaadha
#gunakandinarmu
#berbagi
#peduli
#kebersamaan

Yakin nih nggak ngiler liat yg seger² begini.....ini tuh bikin mata melek tp nggak bikin kantong bengek 😀😁.....yaaaa ini dia cireng kekinian yg lg hits cireng guyur bandung,yuuu order yuuu caranya.... Kepoin WA nya sy yaa 08988666534
Booking (masuk list) bayar dng cara transfer (ada bukti transfernya) kirim dech....tunggu mamang kurir nyampe rmh yaaa,stlh itu segera eksekusi yaaa biar nggak ngences 😁😜
Oh iya follow jg yaa @theguyam_gayem nya yaaa.......
.
.
.
.
.
.
#cireng #cirengkekinian #cirenghits #cirengguyurpedes #cirengguyurbandung #jajananenak #jajananmurahmeriah #jajananseger #jatinangor #jatinangorku #jatinangorhadekasohor #muamalah #muamalahberkah

Ayah Bunda .. yuk buka rekening Tabungan iB Tunas Hasanah untuk putra putri tercinta 😊... Dalam rangka menyambut Hari Anak , buka rekening iB Tunas dengan setoran mulai Rp 500.000,00 berhadiah buku "Muamalah untuk Anak" 😍
😍
Segera datangi BNI Syariah terdekat ya .. #hasanahtitik #bnisyariah #bnisyariahbekasi #tabungan #tabungananak #muamalah #syariah #hijrah #perbankan #bni #bni46

Sebelum terjun
Pahami dulu perniagaan
Karena kita berhadapan dengan
Hal halal dan haram
Agar terhindar dari hal syubhat
Agar terhindar dari yang haram
Agar terhindar dari berlaku dzalim
Agar tenang bermuamalah
Agar yang halal membawa kita ke syurga Nya
Barokah dan melimpah

InsyaAlloh

#kajiantentangjualbeli
#perniagaandenganAlloh
#perniagaanadalahibadah
#perniagaan
#muamalah
#maryamkids
#ghinayya

Menurut PSAK 105 dalam Wasilah (2008:114), kontrak mudharabah dapat dibagi atas tiga jenis, yaitu:
.
1.◾ Mudharabah Muthlaqah
.
Mudharabah dimana pemilik dananya memberikan kebebasan kepada pengelola dana dalam pengelolaan investasinya. mudharabah ini disebut juga investasi tidak terikat.
.
2. ◾ Mudharabah Muqayyadah
.
Mudharabah yang pemilik dananya memberikan batasan kepada pengelola dana mengenai lokasi, cara dan atau objek investasi atau sektor usaha. mudharabah ini disebut juga investasi terikat.
.
3. ◾ Mudharabah Musytarakah
.
Mudharabah yang pengelola dananya turut menyertakan modal atau dananya dalam kerjasama investasi.
.
___________________________________________
#ekonomisyariah #mudharabah #esquad15
#paytrenustyusufmansur
#bisnisberkah
#bisnisonline
#pengusahamuslim
#paytren
#ekonomiislam
#ustyusufmansur
#bisnis
#barokah
#pengusaha
#success
#entepreneur
#bali
#money
#bussiness #muamalah #sukses #paytreninaja

Most Popular Instagram Hashtags