#jelajahbogaindonesia

1349 posts

TOP POSTS

Jauh sebelum makanan khas negara lain memborbardir Indonesia, sesungguhnya Indonesia sudah punya makanan yang mirip. Kue mochi? Manado udah punya Temo Coe loh, jajanan dr tepung ketan berbentuk bulat diisi gula merah dan wijen sangrai. Lasagna? Orang Banjarmasin sudah kenyang makan Ipau Basumap, lapis demi lapis kulit crepes yg diisi daging/ayam cincang dan wortel, lalu diguyur santan kental.
.
.
Nah yg ini juga istimewa. Keju identik sbg panganan asli Barat, tapi siapa sangka di kabupaten Enrekang Sulsel, penduduk lokal telah membudidayakan susu sapi/kerbau menjadi Keju Dangke. Uniknya, proses pembuatan keju Dangke memakai getah pepaya untuk memisahkan air dan lemak. Selain itu nanas juga dimanfaatkan agar rasanya sedikit masam dan membuat keju berwarna kekuningan. Bongkahan lemak yg telah difermentasi tsb kemudian dicetak di batok kelapa sambil dipadatkan. Setelah itu baru dibungkus daun pisang untuk kemudian dijajakan di pinggir jalan. .
.
Untuk rasa, mirip kayak tahu hanya jauh lebih gurih. Teksturnya padat mirip keju feta, jadi jangan bayangkan keju ini akan meleleh saat dipanggang ya.
.
.
Gimana? Yang lagi mampir Makasar atau Sulsel, yuk sekalian melipir ke Enrekang untuk melihat langsung cara pembuatan keju Dangke, mencicipi gurihnya Dangke goreng cocol sambal, sekaligus ikut melestarikan budaya Indonesia. Sayang ah kalo lidah kita berkiblat ke luar tanpa tahu kalo Indonesia itu... kayaaaaaa banget!! .
.
.
.
.
.
.
#kejudangke #dangke #dangkecheese #enrekang #jelajahbogaindonesia #jelajahbogasulawesi #traditionalcheese #indonesiancheese #asliindonesia #gnfi #golocal #acmi #indonesiabanget #indonesianfoods #damniloveindonesia #galeripanganlokal

Bosen sama panganan londo, yuk mampir ke pulau seberang Sulawesi.
Kue kukus gula merah ini lembut dengan aroma pandan yg kuat dari adonan dan takir pandannya. Paling marem disajikan hangat dengan taburan kelapa parut.

Apang Coe
Sumber: buku Primarasa Indonesia Aneka Kue Tradisional punya @anitajoyo πŸ˜„

Bahan:
10 helai daun pandan lebar utk takir
150 gr gula merah
125 ml air kelapa
200 gr tepung beras
5 gr ragi instan
75 gr tepung terigu serbaguna
1/2 sdt garam
1/2 sdt baking powder
200 ml santan dr 1/2 butir kelapa
2 pandan potong 2cm

Cara membuat:
Potong daun pandan lebar sepanjang 25 cm, lipat tanpa putus 5x5 cm. Potong 1/2 lipatan, lalu bentuk takir (spt melipat kardus), jepret pake streples (iki boso opo toh, gugling aja klo g ngerti ya πŸ˜…).
Sisir gula merah, masak bersama air kelapa dan daun pandan hingga gula larut. Saring, sisihkan hingga hangat.
Masukkan tepung beras di wadah, tuang air gula merah sedikit demi sedikit sambil dikeplok2 hingga halus sekitar 15 menit.
Masukkan ragi instan, aduk rata, istirahatkan 30menit.
Masukkan tepung terigu, garam dan santan, lalu keplok2 selama 15 menit. (Stlh fase ini sy istirahatkan lagi 15 mnt).
Panaskan dandang dengan api sedang. Tuang adonan ke takir hingga hampir penuh lalu kukus selama 20 menit tanpa membuka tutup dandang.
Angkat, sajikan dengan kelapa parut.

Catatan:
- sy ngukusnya 3 batch, batch pertama yg ngakak, lainnya senyum simpul. Spertinya adonan gbisa nunggu? Jd sediakan dandang besar 😁
- sbg taburan saya pake kelapa parut segar. Biar lbh awet, kelapa parut + garam sauprit dikukus dulu

#bakecycle #jelajahbogaindonesia #jelajahsulawesi #apangcoe

Hasil komen2an di foto Keju Dangke kemarin, sy jadi tahu kalo di India juga punya keju segar serupa bernama Paneer (suwun mbak @igustiayudewi for the insight). Penasaran, gugling dong 😝. Laluuu nyoba ah Keju Dangke diolah kayak masakan Indihe Tumere Jahe Acha Acha yg pake Paneer. Nemu di pinterest ada Paneer Stuffed Peppers, langsung deh melipir ke tukang sayur beli paprika.
.
.
Resepnya hasil utak-atik (kulkas) ya, senemunya bahan. Enak juga ternyata Dangke dimasak kare πŸ˜‹πŸ˜‹ Pssst, olahan Dangke lain seperti Pizza udah tayang di blog loh πŸ˜‰
.
.
Paprika Panggang Isi Dangke

Bahan:
Β½ buah bawang Bombay, cincang kasar
1 siung bawang putih, cincang
3 buah paprika ukuran sedang, potong horizontal atasnya, lalu keruk bijinya sehingga menyerupai mangkuk dengan tutup
1 bongkah keju Dangke, hancurkan dengan garpu
1 sdm bumbu kare (atau 1/2 sdm bubuk kari)
1 tomat, potong dadu
3 bunga bawang, iris tipis (boleh diganti daun bawang)
Gula, garam, merica
Minyak goreng
.
.
Cara membuat:
Panaskan oven 180 C.
Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bawang Bombay dan bawang putih hingga harum.
Masukkan bumbu kare, tumis hingga wangi.
Masukkan keju Dangke, aduk-aduk hingga bumbu merasuk.
Terakhir masukkan tomat dan bunga bawang, gula garam merica, aduk rata. Tes rasa.
Isi paprika dengan tumisan Dangke hingga penuh, lalu letakkan di Loyang. Panggang hingga paprika lembut, sekitar 20-25 menit.
Angkat, sajikan hangat dengan acar timun.
.
.
.
.
.
.
#kejudangke #dangke #dangkecheese #enrekang #jelajahbogaindonesia #jelajahbogasulawesi #traditionalcheese #indonesiancheese #asliindonesia #gnfi #golocal #acmi #indonesiabanget #indonesianfoods #damniloveindonesia #galeripanganlokal #paneer #paprika #bellpeppers #dangkestuffedpeppers #olahandangke #olahankeju #shareresep #berbagiresep #doyancooking #doyanmasak #thekitchn #thefeedfeed #foodblogfeed

Ini acar timun. Beberapa kali ditanya resep nya 😁 sy kira semua org bisa bikin acar krn gampaaang. Makan mie goreng , mie rebus kurang seger ya kalo ga pake acar mknya sy selalu stock acar di kulkas simpan dalam botol. Resep kira2 aja ini , dicicipin aja kalo suka manis tambahin gula nya, suka asam tambahin cuka nya. Tp ini sih kyknya kemarin sy bikin udh pas sih berasa asam dan manis nya plus pedes2 dikiit dr cabe rawit nya. Timun yg sy pakai ini ukuran besar ya. Kalo suka bawang merah tambahin juga gpp. Nanas, wortel juga boleh. Pkknya sesuai selera ya

ACAR TIMUN
By : xanderskitchen

Bahan :
2 bh timun uk besar
Cabe rawit secukupnya
1 sdm cuka
1 sdm peres gula pasir
1/2 sdt garam

Cara buat
1. Cuci kupas timun, buang biji nya potong kotak2 ( sesuai selera mau panjang2 jg boleh )
2. Cabe rawit dicuci iris2
3. Dalam mangkok campur timun, cabe, cuka, garam dan gula. Aduk rata. Cicipi. Simpan dalam kulkas

Kalo sy simpan dalam botol supaya ga makan tempat 😁

#xanderskitchenrecipe

Udh lama banget ngga makan pempek pistel yg isi kates itu lho...kates itu pepaya. Kebetulan di kebun belakang banyak pepaya muda, tinggal metik ga beli. Bikin pake sisa tenggiri pas 450 gr dapat segini...banyak ya

PEMPEK PISTEL
By : xanderskitchen

Bahan :
450 gr tenggiri halus
400 ml air putih
5 siung bawang putih, haluskan
400 gr sagu / tapioka
Garam, gula secukupnya
Sagu secukupnya buat di tangan dan talenan

Cara buat :
1. Masukkan ikan yg sudah dihaluskan ke dalam baskom
2. Masukkan bawang putih
3. Tambahkan garam, gula secukupnya, air sedikit2 aduk rata sampai halus tidak berbiji
4. Tambahkan sagu sedikit2 aduk rata pakai sendok plastik /kayu
5. Ambil sebagian adonan beri isi, bentuk pistel
6. Cemplungkan pempek ke dalam air yg mendidih. Rebus sampai matang
7. Angkat. Tiriskan

Bahan buat isi :
250 gr pepaya muda , diserut
1 sdm ebi bilas air, tumbuk halus
3 siung bawang putih dihaluskan
2 btr bawang merah dihaluskan
Garam , gula , merica secukupnya

Cara buat isian :
Tumis bumbu halus dan ebi sampai harum, masukkan pepaya muda tambahkan garam, gula, merica. Masak sampai pepaya cukup empuk dan agak mengering

#xanderskitchenrecipe

Anak2 sukaa banget makan teri disambelin sama kacang panjang gini. Bakalan nambah nasi mulu. Senangnya anak2 sy ga ada yg cerewet atau susah makan. Apa aja yg dimasak pasti dimakan. Sayuran mau. Pedees jg doyan 😁

SAMBAL TERI KACANG PANJANG
By : xanderskitchen

Bahan :
250 gr teri medan, bilas air goreng kering
Semangkok kacang panjang

Bumbu yg dihaluskan :
30 bh cabe keriting merah campur cabe rawit
15 btr bawang merah
1 bh tomat
Garam, gula secukupnya

Cara masak :
1. Potong2 kacang panjang, goreng sebentar. Angkat
2. Dg sisa minyak, goreng teri. Angkat
3. Tumis bumbu yg dihaluskan sampai harum beri garam dan gula. Tumis bumbu sampai matang
4. Masukkan kacang panjang dan teri. Aduk rata. Sajikan

Note : kalo teri asiin banget hati2 pemakaian garam

#xanderskitchenrecipe

#homecooking#teribalado#delicious#indonesianfood#doyancooking#fotomasak#kokikutv#yukmasak#yukbelajarmasak#masakbarengyuuk#cakedankue#berbagiresep#resepindonesia#jelajahbogaindonesia#kulinerkhasindo#describeindonesia#seleranusantara#shareresep#foodblogger#resepyummy#mykitchen#resepmasakan#tasteofindonesia#rasaindonesia#amazingindonesiafood

Lamaa ya ga kasih resep 😁 Ini ayam goreng tp tanpa bumbu daun. Simple. Sukaa ayam goreng minim bumbu gini , enak berasa ayamnya ga ketutup bumbu. Kali ini pake jahe ya bukan lengkuas
AYAM GORENG
By: xanderskitchen

Bahan :
1 ekor ayam kampung, potong2
Garam, gula dan air secukupnya

Bumbu yg dihaluskan :
7 btr bawang merah
3 siung bawang putih
Seruas kunyit
Sejempol jahe

Cara masak :
1. Cuci dan potong2 ayam
2. Balurkan bumbu yg sudah dihaluskan ke ayam, remas2 sedikit diamkan kira2 30mnt
3. Tuang ayam bersama bumbu ke dalam wajan, beri air, garam, gula secukupnya
4. Ungkep ayam sampai empuk dan air habis
5. Goreng ayam dalam minyak panas sampai kecoklatan. Sajikan
#xanderskitchenrecipe

KEMBUNG CABE HIJAU
By : xanderskitchen

Bahan :
1 kg ikan kembung
Air jeruk nipis
Garam secukupnya

Bahan utk cabe hijau :
500 gr cabe hijau besar
100 gr bawang merah
1 sdm air jeruk nipis
4 lbr daun jeruk sobek2

Cara masak :
1. Bersihkan kembung, beri garam dan air jeruk nipis. Goreng sampai matang. Sisihkan
2. Tumbuk kasar cabe hijau , bawang merah , tambahkan air jeruk nipis
3. Panaskan sisa minyak menggoreng ikan, tumis cabe dan daun jeruk. Beri garam. Aduk sampai matang
4. Masukkan kembung goreng. Aduk rata. Sajikan

#xanderskitchenrecipe

Udah lama banget ngga masak rendang ayam. Kemarin pengen masak ayam taliwang tp udh 4x berturut2 taliwang mulu. Wah...ini bener2 enak sedeep anak2 sampai nambah2 makannya. Resep rendang ayam sama aja dg rendang daging yg biasa sy bikin. Beda nya bumbu buat rendang ayam sy tumis dulu dan tambahin kelapa sangrai spy bumbunya makin medok. Makan bumbu nya aja enaak kog 😁... Sy lebih suka rendang yg rada kering, lebih wangiii . Silahkan bikin sesuai selera aja mau kering atau masih berkuah...dipanasin terus2an jg bakal kering kog

O ya utk Xanderskitchen Giveaway bahan baku yg digunakan tetap Ikan segar ya bukan jenis seafood lain , bukan ikan asin atau ikan kaleng. Bakso2an , pempek tidak termasuk

RENDANG AYAM
By : xanderskitchen

Bahan :
2 ekor ayam kampung
2000 ml santan dr 2 btr kelapa tua parut tanpa kupas kulit
3 btg sereh digeprek
1 lbr daun kunyit disobek2
4 lbr daun salam
3 genggam kelapa parut, disangrai sampai coklat dan ditumbuk halus

Bumbu yg dihaluskan :
200 gr cabe keriting merah + rawit
20 btr bawang merah
6 siung bawang putih
1 sdt jinten
1 sdt adas
1 btr pala
5 btr cengkeh
3 btr kemiri
1 sdt merica
4 sdm ketumbar
Seruas jahe
Seruas lengkuas
Seruas kunyit
Garam , gula secukupnya

Cara masak :
1. Potong2 ayam. Tumbuk bumbu hingga halus
2. Tumis bumbu halus bersama sereh, daun kunyit, daun salam sampai harum dan matang
3. Masukkan ayam, aduk2 hingga berubah warna. Tuang santan. Masukkan kelapa sangrai tumbuk, garam, gula secukupnya. Aduk rata. Masak sambil ditimba2 spy santan tidak pecah. Kecilkan api
4. Teruskan memasak dg api kecil sampai rendang ayam mengering dan berminyak

#xanderskitchenrecipe
#homecooked#rendang#rendangayam#fotomasak#kokikutv#yukbelajarmasak#resepmasakan#yummy#foodgasm#cakedankue#foodstagram#foodporn#instafood#foodlover#mykitchen#foodporn#foodblog#vscofood#delish#doyancooking#tasteofindonesia#amazingindonesiafood#berbagiresep#shareresep#resepyummy#jelajahbogaindonesia#doyanmasak#kulinerpadang#seleranusantara

MOST RECENT

from @dianandariskia - Jauh sebelum makanan khas negara lain memborbardir Indonesia, sesungguhnya Indonesia sudah punya makanan yang mirip. Kue mochi? Manado udah punya Temo Coe loh, jajanan dr tepung ketan berbentuk bulat diisi gula merah dan wijen sangrai. Lasagna? Orang Banjarmasin sudah kenyang makan Ipau Basumap, lapis demi lapis kulit crepes yg diisi daging/ayam cincang dan wortel, lalu diguyur santan kental.
.
.
Nah yg ini juga istimewa. Keju identik sbg panganan asli Barat, tapi siapa sangka di kabupaten Enrekang Sulsel, penduduk lokal telah membudidayakan susu sapi/kerbau menjadi Keju Dangke. Uniknya, proses pembuatan keju Dangke memakai getah pepaya untuk memisahkan air dan lemak. Selain itu nanas juga dimanfaatkan agar rasanya sedikit masam dan membuat keju berwarna kekuningan. Bongkahan lemak yg telah difermentasi tsb kemudian dicetak di batok kelapa sambil dipadatkan. Setelah itu baru dibungkus daun pisang untuk kemudian dijajakan di pinggir jalan. .
.
Untuk rasa, mirip kayak tahu hanya jauh lebih gurih. Teksturnya padat mirip keju feta, jadi jangan bayangkan keju ini akan meleleh saat dipanggang ya.
.
.
Gimana? Yang lagi mampir Makasar atau Sulsel, yuk sekalian melipir ke Enrekang untuk melihat langsung cara pembuatan keju Dangke, mencicipi gurihnya Dangke goreng cocol sambal, sekaligus ikut melestarikan budaya Indonesia. Sayang ah kalo lidah kita berkiblat ke luar tanpa tahu kalo Indonesia itu... kayaaaaaa banget!! .
.
.
.
.
.
.
#kejudangke #dangke #dangkecheese #enrekang #jelajahbogaindonesia #jelajahbogasulawesi #traditionalcheese #indonesiancheese #asliindonesia #gnfi #golocal #acmi #indonesiabanget #indonesianfoods #damniloveindonesia #galeripanganlokal -

Hasil komen2an di foto Keju Dangke kemarin, sy jadi tahu kalo di India juga punya keju segar serupa bernama Paneer (suwun mbak @igustiayudewi for the insight). Penasaran, gugling dong 😝. Laluuu nyoba ah Keju Dangke diolah kayak masakan Indihe Tumere Jahe Acha Acha yg pake Paneer. Nemu di pinterest ada Paneer Stuffed Peppers, langsung deh melipir ke tukang sayur beli paprika.
.
.
Resepnya hasil utak-atik (kulkas) ya, senemunya bahan. Enak juga ternyata Dangke dimasak kare πŸ˜‹πŸ˜‹ Pssst, olahan Dangke lain seperti Pizza udah tayang di blog loh πŸ˜‰
.
.
Paprika Panggang Isi Dangke

Bahan:
Β½ buah bawang Bombay, cincang kasar
1 siung bawang putih, cincang
3 buah paprika ukuran sedang, potong horizontal atasnya, lalu keruk bijinya sehingga menyerupai mangkuk dengan tutup
1 bongkah keju Dangke, hancurkan dengan garpu
1 sdm bumbu kare (atau 1/2 sdm bubuk kari)
1 tomat, potong dadu
3 bunga bawang, iris tipis (boleh diganti daun bawang)
Gula, garam, merica
Minyak goreng
.
.
Cara membuat:
Panaskan oven 180 C.
Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bawang Bombay dan bawang putih hingga harum.
Masukkan bumbu kare, tumis hingga wangi.
Masukkan keju Dangke, aduk-aduk hingga bumbu merasuk.
Terakhir masukkan tomat dan bunga bawang, gula garam merica, aduk rata. Tes rasa.
Isi paprika dengan tumisan Dangke hingga penuh, lalu letakkan di Loyang. Panggang hingga paprika lembut, sekitar 20-25 menit.
Angkat, sajikan hangat dengan acar timun.
.
.
.
.
.
.
#kejudangke #dangke #dangkecheese #enrekang #jelajahbogaindonesia #jelajahbogasulawesi #traditionalcheese #indonesiancheese #asliindonesia #gnfi #golocal #acmi #indonesiabanget #indonesianfoods #damniloveindonesia #galeripanganlokal #paneer #paprika #bellpeppers #dangkestuffedpeppers #olahandangke #olahankeju #shareresep #berbagiresep #doyancooking #doyanmasak #thekitchn #thefeedfeed #foodblogfeed

Jauh sebelum makanan khas negara lain memborbardir Indonesia, sesungguhnya Indonesia sudah punya makanan yang mirip. Kue mochi? Manado udah punya Temo Coe loh, jajanan dr tepung ketan berbentuk bulat diisi gula merah dan wijen sangrai. Lasagna? Orang Banjarmasin sudah kenyang makan Ipau Basumap, lapis demi lapis kulit crepes yg diisi daging/ayam cincang dan wortel, lalu diguyur santan kental.
.
.
Nah yg ini juga istimewa. Keju identik sbg panganan asli Barat, tapi siapa sangka di kabupaten Enrekang Sulsel, penduduk lokal telah membudidayakan susu sapi/kerbau menjadi Keju Dangke. Uniknya, proses pembuatan keju Dangke memakai getah pepaya untuk memisahkan air dan lemak. Selain itu nanas juga dimanfaatkan agar rasanya sedikit masam dan membuat keju berwarna kekuningan. Bongkahan lemak yg telah difermentasi tsb kemudian dicetak di batok kelapa sambil dipadatkan. Setelah itu baru dibungkus daun pisang untuk kemudian dijajakan di pinggir jalan. .
.
Untuk rasa, mirip kayak tahu hanya jauh lebih gurih. Teksturnya padat mirip keju feta, jadi jangan bayangkan keju ini akan meleleh saat dipanggang ya.
.
.
Gimana? Yang lagi mampir Makasar atau Sulsel, yuk sekalian melipir ke Enrekang untuk melihat langsung cara pembuatan keju Dangke, mencicipi gurihnya Dangke goreng cocol sambal, sekaligus ikut melestarikan budaya Indonesia. Sayang ah kalo lidah kita berkiblat ke luar tanpa tahu kalo Indonesia itu... kayaaaaaa banget!! .
.
.
.
.
.
.
#kejudangke #dangke #dangkecheese #enrekang #jelajahbogaindonesia #jelajahbogasulawesi #traditionalcheese #indonesiancheese #asliindonesia #gnfi #golocal #acmi #indonesiabanget #indonesianfoods #damniloveindonesia #galeripanganlokal

Jajan tradisional yg ga keliatan tradisional. Kenapa? Soalnya sy wadahin pake paper cup, bukan pake takir pandan sesuai resep. Kenapa? Soalnya takir buatan sy malah bocor2 akhirnya adonannya bleberan keluar πŸ˜‚

Disajikannya juga pake kelapa parut, tp gada di foto soalnya waktu sy foto kelapanya belum diparut πŸ˜‚

Di Lombok Barat ada nih yg kyk gini, tp sebutannya apem gitu doank. Enak loh ini πŸ˜‰

Makasih resepnya mba Ki πŸ™
.
.
APANG COE
Source: @dianandariskia

Bahan:
Paper cup secukupnya
150gr gula merah
125ml air kelapa
200gr tepung beras
5gr ragi instan
75gr tepung terigu serbaguna
1/2sdt garam
1/2sdt baking powder
200ml santan dr 1/2 butir kelapa (sy: santan instan)

Langkah:
1. Sisir gula merah, masak bersama air kelapa & daun pandan hingga gula larut. Saring, sisihkan hingga hangat.
2. Masukkan tepung beras di wadah, tuang air gula merah sedikit demi sedikit sambil dikeplok2 hingga halus sekitar 15 menit.
3. Masukkan ragi instan, aduk rata, istirahatkan 30menit.
4. Masukkan tepung terigu, garam dan santan, lalu keplok2 selama 15 menit. (Stlh fase ini sy istirahatkan lagi 15 mnt).
5. Panaskan dandang dengan api sedang. Tuang adonan ke cup hingga hampir penuh. Masukkan ke dandang, jangan sampai terlalu penuh. Lalu kukus selama 20 menit dengan api besar tanpa membuka tutup dandang.
6. Angkat, sajikan dengan kelapa parut.

#cookingfoodie #cookingfoodie_jajanantradisional

Ini sup maraq yang kurang pake kunyit. Tapi semua bahan-bahannya diusahain sama ama resep yang dikasih ama bang @fawazisme . Sampe se kelabet juga diusahain cari. Hehehe
.
Rasanya suka, rempah banget. Makasih bang resepnya. Boleh lah share resep2 keluarga lainnya πŸ˜‰

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh...
Red velvet ini salah satu idola buibu kemarin. Motreknya pada umpel2an dan pada gak sabar mau nyicipin. Bahkan ada yang sambil menggumam "potong kuenya...potong kuenya sekarang juga..." 😴😴😴. Kan yang motrek jadi gak pokeus πŸ˜‘. Tapi emang kok ini salah satu cake yang bikin saya penasaran. Ternyata setelah dipotong, dicicip dengan sepenuh jiwa, masyaaAllah. Uennaaakkk pake banget.
Soale pilihan rasa buat saya itu cuman 2 : enak, dan uenak banget hehe. Alhamdulillah berhasil saya selamatkan 1/4nya buat anak2 hahaha...
Yang penasaran juga seperti saya kemarin boleh lho pesen cake ini di @nurulsyaira_cakes
Jazaakillahu khairan mbak Nurul, jangan kapok yes πŸ˜„. Semoga jualan kuenya berkah dan lancar. Aamiin...
.
.
#bbfphotolicioustanjung #bbfphotoliciousday #workshop #redvelvetcake #redvelvet
#foodphotography #halalfood #foodblogfeed #momsdailyreport
#banjarbungasfoodies #52wfpppotd #f52grams #foodamology #idfoodblogger #foodblog #pujihamzah #tanjungtabalong #urangbanjar #urangbanua #thekitchn #jelajahbogaindonesia #feastindonesia

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh..
Bismillaah.
Alhamdulillah.. hari ini benar2 dimudahkan Allah ngadain workshop kecil2an di rumah. Natural light yang bersahabat, gak mendung, dan kue2 yang dibawa ibu2 juga masyaaAllah uennaaak semua.
Kalo yang ini selai dari @sachi_fruit_jam yang jugak uennaak tenan dan yang terpenting halal juga. Isinya selai yang masih ada buah aslinya. Ada 4 varian rasa. Semuanya enak pake banget. Syegeeer.
Semua peserta dapet voucher diskon belanja di Sachi lhooo. Keren yaaa.
Penasaran? Cuss ke IGnya yah!
Terimakasih kakak @sachi_fruit_jam πŸ˜‰.
Terimakasih juga temen2 yang udah meluangkan waktunya buat belajar bareng. Semoga berkah yaaa...
.
.
#bbfphotoliciousday #bbfphotolicioustanjung #foodphotography #halalfood #foodblogfeed #momsdailyreport
#banjarbungasfoodies #52wfpppotd #f52grams #foodamology #idfoodblogger #foodblog #pujihamzah #tanjungtabalong #urangbanjar #urangbanua #thekitchn #jelajahbogaindonesia #feastindonesia #endorse #endorsement #productphoto #fotoproduk

.
.

Saya mah sarapan sama Tahu kuning plus Sambel Hejo aja lah udah cukup
(soalnya plus nasi putih anget πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…)
.
.

Sambel Hejo
10 buah Cabai Hijau
100gr Cabe rawit hijau
2siung bawang putih
1ruas kencur
1buah tomat Hijau (ukuran sedang)
gula dan garam
2sdm minyak goreng (utk menumis)

Haluskan semua bahan jadi satu lalu tumis sebentar hingga harum. Koreksi Rasa
Sajikan bersama lauk pauk kegemaran masing masing
#uploadkompakan
#uksamarindamenyambal
#ukresep #ibuhebatappron
#kompakersbandung #cookpadindonesia
#foodamology #52wfpppotd #ir_food #foodamology #jelajahbogaindonesia #feastindonesia #pocket_food #still_life_gallery #shareresep #

Bismillaah...
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh ^^
Halo Ci @tintinrayner izin ikutan #tintinraynergiveaway3 yaaah...
Semoga sukses terus olshopnya ^^
.
.

Bingka Kurma

3 butir telur
3 gelas santan
150 gram kurma, buang biji
3 sdm gula (sesuai selera)
1/2 sdt garam
3 sdm tepung terigu

Panaskan kukusan dengan api sedang, bungkus tutup dengan serbet bersih.
Masukkan kurma dan 1 gelas santan ke dalam blender, blender sampai halus
Masukkan telur ke dalam blender, blender lagi sampai tercampur rata.
Masukkan sisa bahan, blender lagi.
Alasi cetakan bingka dengan daun pisang atau plastik, tuang adonan sampai 3/4 penuh
1 resep ini jadi 2 loyang bingka ukuran standar.
Kukus selama 45 menit atau sampai matang.
Dinginkan, masukkan kulkas.
Sajikan dingin lebih maknyussss.
.
.
#foodphotography #halalfood #foodblogfeed #momsdailyreport
#banjarbungasfoodies #52wfpppotd #f52grams #foodamology #idfoodblogger #foodblog #pujihamzah #tanjungtabalong #urangbanjar #urangbanua #thekitchn #jelajahbogaindonesia #feastindonesia

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh...
Sarapan apa pagi ini? Saya sarapan nasi kuning dong, lengkap dengan ayam Kalasan, tahu bacem dan serundeng sisa kemarin πŸ˜…. Alhamdulillah... Kemarin masak nasi kuning lengkap selauk2nya, atas rikwes si bontot lanang. Aih tumben. Prestasi banget buat si saya yang males repot. Eh jangan salah. Pake bumbu LaRasa dari SASA ini bener2 memudahkan ibu2, kerjaan di dapur jadi gak lama. Gak pake ngupas bawang dan ngulek, cocok buat menu sahur dan buka puasa Ramadhan besok!

Ayam Kremes Kalasan dan Tahu Bacem

1 ekor ayam, potong2
4 buah tahu
1 bungkus Bumbu Ungkep Ayam Kalasan LaRasa dari SASA.
1 liter air kelapa
3 sdm kecap manis (sesuai selera)

Kucuri ayam dengan air jeruk nipis, biarkan sebentar.
Dalam panci, rebus air kelapa dan bumbu serta kecap manis.
Masukkan potongan ayam, tutup panci, kecilkan api.
Masak sampai bumbu meresap dan air tinggal separuh, angkat ayam.
Masukkan tahu, masak lagi sampai air ungkepan tinggal sedikit.
Dinginkan ayam dan tahu.
Goreng ayam dan tahu dalam minyak panas, jangan terlalu lama nanti tekstur ayamnya keras.

Kremes :
Air sisa ungkep ayam
Secukupnya tepung terigu
Aduk rata
Panaskan minyak sisa menggoreng ayam, tuang adonan dengan sendok sayur, biarkan sampai kecokelatan. Angkat, tiriskan.
Sajikan dengan ayam goreng Kalasan.

Tata nasi kuning, kremesan, ayam goreng, tahu bacem dan ayam serundeng.
Sajikan.
Resep serundeng udah pernah deh dishare, silakan jalan2 di galeri saya yah. .
.
Oh iya, @KreasiSasa sedang mengadakan lomba resep #DapurRamadanSasa2017 loh. Hadiah utama nya uang tunai Rp. 2.000.000,-* dan ada hadiah untuk pemenang beruntung juga berupa voucher belanja (Sodexo) senilai Rp. 500.000 setiap minggu nya. Yuk ikutan.. Untuk info lengkapnya, follow @KreasiSasa yah!
.
.
#foodphotography #halalfood #foodblogfeed #momsdailyreport
#banjarbungasfoodies #52wfpppotd #f52grams #foodamology #idfoodblogger #foodies #pujihamzah #tanjungtabalong #urangbanjar #urangbanua #thekitchn #hautecuisines #ayamkalasan #jelajahbogaindonesia

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh...
Tahu gejrot asal Cirebon.
Saya yang #urangbanjar aja seneng banget sama makanan satu ini. Enak, sehat, dan hemat. Yang terakhir itu yang paling penting πŸ˜….
.
Tahu Gejrot
(Diadaptasi dari resep mbak Diah Didi)
Bahan :
5-7 buah tahu pong kotak (saya tahu biasa) goreng

Bumbu , ulek kasar :
3 siung bawang putih
3 butir bawang merah
10 buah cabai rawit hijau ( sesuai selera )
Gula merah 1 sendok makan
Kecap manis 1 sendok makan ( sesuai selera )
1 sendok teh air asam jawa
Garam 1/2 sendok teh
Gula pasir 1 sdm
Air 100 - 150 ml

Cara membuat :
Ulek kasar semua bahan bumbu, tambahkan gula merah, kecap dan air panas. Aduk rata. Koreksi rasa, sesuaikan selera.
Kalau saya rebus sebentaar aja sampe mendidih saja.
Potong2 tahu, siram dengan kuah kecap pedas. Sajikan.
.
.
@uploadkompakan @cirebonsultana #cirebonsultana #langsunggawedemen
#ukchallenge120 #uploadkompakan

#Repost @pujihamzah with @repostapp
・・・
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh...
Pagiiii! Mendung aja ya di Tanjung. Bikin nila masak woku gini cucok buat makan siang nanti. Gampang bikinnya, hasilnya juga endesss. Anak2 syukkaaa!
.
.
Nila Masak Woku

1 kg ikan nila, cuci bersih, lumuri jeruk nipis dan garam, goreng setengah matang saja.

Seikat daun kemangi
5 lembar daun jeruk purut
1 batang sereh, geprek
Gula garam kaldu bubuk (optional)

Bumbu halus :
5 siung bawang merah
7 siung bawang putih
3 butir kemiri
2 ruas jari kunyit
2 ruas jari jahe

Panaskan minyak, tumis bumbu halus beserta daun jeruk dan sereh sampai wangi.
Masukkan air, ikan dan gula garam kaldu bubuk, biarkan mendidih dan meresap ke dalam daging ikan.
Menjelang mematikan api, masukkan kemangi, masak sebentar lagi.
Sajikan hangat dengan sambel korek atau nyeplus cabe. Saya pake sambel korek dan masyaaAllaah. Boros nasi!
Alhamdulillah... Note : -jangan terlalu lama menggoreng ikan karena kalau terlalu kering teksturnya gak lembut lagi.
-Bisa banget kalo ikannya gak digoreng dulu, teksturnya akan sangat lembut dan gampang ancur sih kalo di saya hihi... suka-suka ajaa.
-Bisa pake ayam, ikan mas, tongkol, tuna atau apa aja yaa.
-Bisa ditambahin daun bawang dan tomat iris di akhir cerita, eh masakan, bareng kemangi, tambah sedap. Saya lagi gak punya.
Pokoke suka suka sesuai selera.
.
#foodphotography #foodblogfeed #momsdailyreport
#banjarbungasfoodies #52wfpppotd #f52grams #foodamology #idfoodblogger #foodies #pujihamzah #tanjungtabalong #urangbanjar #urangbanua #thekitchn #hautecuisines #jelajahbogaindonesia #nilamasakwoku #woku

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh...
Pagiiii! Mendung aja ya di Tanjung. Bikin nila masak woku gini cucok buat makan siang nanti. Gampang bikinnya, hasilnya juga endesss. Anak2 syukkaaa!
.
.
Nila Masak Woku

1 kg ikan nila, cuci bersih, lumuri jeruk nipis dan garam, goreng setengah matang saja.

Seikat daun kemangi
5 lembar daun jeruk purut
1 batang sereh, geprek
Gula garam kaldu bubuk (optional)

Bumbu halus :
5 siung bawang merah
7 siung bawang putih
3 butir kemiri
2 ruas jari kunyit
2 ruas jari jahe

Panaskan minyak, tumis bumbu halus beserta daun jeruk dan sereh sampai wangi.
Masukkan air, ikan dan gula garam kaldu bubuk, biarkan mendidih dan meresap ke dalam daging ikan.
Menjelang mematikan api, masukkan kemangi, masak sebentar lagi.
Sajikan hangat dengan sambel korek atau nyeplus cabe. Saya pake sambel korek dan masyaaAllaah. Boros nasi!
Alhamdulillah... Note : -jangan terlalu lama menggoreng ikan karena kalau terlalu kering teksturnya gak lembut lagi.
-Bisa banget kalo ikannya gak digoreng dulu, teksturnya akan sangat lembut dan gampang ancur sih kalo di saya hihi... suka-suka ajaa.
-Bisa pake ayam, ikan mas, tongkol, tuna atau apa aja yaa.
-Bisa ditambahin daun bawang dan tomat iris di akhir cerita, eh masakan, bareng kemangi, tambah sedap. Saya lagi gak punya.
Pokoke suka suka sesuai selera.
.
#foodphotography #foodblogfeed #momsdailyreport
#banjarbungasfoodies #52wfpppotd #f52grams #foodamology #idfoodblogger #foodies #pujihamzah #tanjungtabalong #urangbanjar #urangbanua #thekitchn #hautecuisines #jelajahbogaindonesia #nilamasakwoku #woku

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh....
.
#uploadkompakan #ukwelcomemay

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh...
Saya pecinta soto garis keras. Yes, soto apa aja. Soto Banjar, Coto Makasar, Soto Suroboyo, kalo ditraktir mah gak nolak hihi...
Soto Suroboyo Pak Doel di Pembataan depan Polres Tabalong ini salah satu soto yang tak tertolak. Saya gak perlu nambah kecap lagi, udah pas endes di lidah saya -- ya, itu salah satu cara saya menilai kelezatan masakan; gak perlu nambahin kecap atau saus apa2 lagi ke dalamnya.
Recomended deh.
.
#foodphotography #foodblogfeed #momsdailyreport #foodreview #sotosuroboyo #kulinertanjung #tabalongkuliner #review #kulinertabalong
#banjarbungasfoodies #52wfpppotd #f52grams #foodamology #idfoodblogger #foodies #pujihamzah #tanjungtabalong #urangbanjar #urangbanua #thekitchn #hautecuisines #jelajahbogaindonesia

Kerupuk.
Makan terasa hambar tanpanya πŸ˜….
.
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh...
Motret baru tadi siang gegara dari kemarin bingung mau motret apaan buat #52wfppcrunchy minggu ini.
Yowis yang ada di dapur aja yaa.
.
Monggo krisannya kakak2 manteman handai taulan #52wfppteam #52weeksfoodphotographyproject @52wfpp #52wfpppujihamzah .
#foodphotography #foodblogfeed #momsdailyreport
#banjarbungasfoodies #52wfpppotd #f52grams #foodamology #idfoodblogger #foodies #pujihamzah #tanjungtabalong #urangbanjar #urangbanua #feastindonesia #jelajahbogaindonesia

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh... Ada yang ngidam mie ayam nih *nunjuk idung sendiri*. Tung itung itung, beli buat penduduk satu rumah lumayan yaa hihi... belum lagi kalo ada adegan nambah. Alarm tanggal tua berdering dengan kencangnya haha...
Akhirnya bikin sendiri aja. Pakenya mie telor kemasan tinggal rebus. Ayamnya pake bumbu persis seperti tongseng ayam kemarin, tambahin tahu biar banyak πŸ˜… dan minus tomat dan kol. Rasanya? MasyaaAllaah. Nambah2? Hayukkk gak masalaaaah mau berapa mangkok.
Alhamdulillah... .

Mie Ayam

1 ekor ayam potong2 ukuran sedang, lumuri jeruk nipis, bilas, goreng asal berkulit.
3 buah tahu, goreng.

Bumbu, haluskan :
5 butir bawang merah
7 butir bawang putih
3 butir kemiri
2 sdt ketumbar
2 ruas jari jahe
2 ruas jari kunyit
1 sdt merica

Bumbu tambahan :
1 batang sereh, geprek
2 lembar daun jeruk purut
2 lembar daun salam
2 ruas jari lengkuas, geprek
Kecap manis secukupnya
Air asam jawa

Gula & garam
Kaldu bubuk (optional)

Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan bumbu tambahan sampai wangi dan langunya hilang
Tambahkan air matang dan air asam jawa, biarkan mendidih
Masukkan ayam dan tahu, gula, garam dan kaldu bubuk.
Tutup wajan, biarkan sampai meresap.
Sajikan dengan mie telor dan sawi rebus.
.
#foodphotography #foodblogfeed #momsdailyreport
#banjarbungasfoodies #52wfpppotd #f52grams #foodamology #idfoodblogger #foodies #pujihamzah #tanjungtabalong #urangbanjar #urangbanua #thekitchn #hautecuisines #jelajahbogaindonesia #berbagiresep #shareresep

follow this page in feedly

Most Popular Instagram Hashtags