#jelajahbogaindonesia

1352 posts

TOP POSTS

Bosen sama panganan londo, yuk mampir ke pulau seberang Sulawesi.
Kue kukus gula merah ini lembut dengan aroma pandan yg kuat dari adonan dan takir pandannya. Paling marem disajikan hangat dengan taburan kelapa parut.

Apang Coe
Sumber: buku Primarasa Indonesia Aneka Kue Tradisional punya @anitajoyo 😄

Bahan:
10 helai daun pandan lebar utk takir
150 gr gula merah
125 ml air kelapa
200 gr tepung beras
5 gr ragi instan
75 gr tepung terigu serbaguna
1/2 sdt garam
1/2 sdt baking powder
200 ml santan dr 1/2 butir kelapa
2 pandan potong 2cm

Cara membuat:
Potong daun pandan lebar sepanjang 25 cm, lipat tanpa putus 5x5 cm. Potong 1/2 lipatan, lalu bentuk takir (spt melipat kardus), jepret pake streples (iki boso opo toh, gugling aja klo g ngerti ya 😅).
Sisir gula merah, masak bersama air kelapa dan daun pandan hingga gula larut. Saring, sisihkan hingga hangat.
Masukkan tepung beras di wadah, tuang air gula merah sedikit demi sedikit sambil dikeplok2 hingga halus sekitar 15 menit.
Masukkan ragi instan, aduk rata, istirahatkan 30menit.
Masukkan tepung terigu, garam dan santan, lalu keplok2 selama 15 menit. (Stlh fase ini sy istirahatkan lagi 15 mnt).
Panaskan dandang dengan api sedang. Tuang adonan ke takir hingga hampir penuh lalu kukus selama 20 menit tanpa membuka tutup dandang.
Angkat, sajikan dengan kelapa parut.

Catatan:
- sy ngukusnya 3 batch, batch pertama yg ngakak, lainnya senyum simpul. Spertinya adonan gbisa nunggu? Jd sediakan dandang besar 😁
- sbg taburan saya pake kelapa parut segar. Biar lbh awet, kelapa parut + garam sauprit dikukus dulu

#bakecycle #jelajahbogaindonesia #jelajahsulawesi #apangcoe

Bosen labu dibikin kolak, tapi pengen yang legit2 tradisional, yuk kluarin blender n kukusan bentar bikin Talam Labu.
Talam Labu yg satu ini lembut meski udh nginep, mau dinikmati hangat atau dingin sama enaknya 😍

Talam Labu
Sumber: @irarodrigues

Bahan:
180 gr labu kukus, haluskan
200 ml santan kental
50 gr tepung beras
25 gr tepung tapioka
90 gr gula pasir
1/2 sdt garam
2 butir telur
1/4 sdt vanili (pake 1/2 sdt pasta vanila)

Lapisan santan, aduk rata:
180 ml santan kental
40 gr tepung beras
1/2 sdt garam

Cara membuat:
Campur jadi satu adonan talam di blender, haluskan. Diamkan sejenak.
Panaskan kukusan dg api besar, saat air kukusan mendidih, kecilkan apinya.
Tuang adonan talam 2/3 tinggi cucing yg telah dioles minyak goreng.
Kukus selama 10 menit.
Buka tutup kukusan, tuang lapisan santan di atas adonan talam, kukus kembali selama 5 menit.
Angkat, dinginkan sebentar, keluarkan dr cucing.

Notes:
Bagian tersulit: ngluarin talam dr cucing. Mau cucing plastik/keramik, saya ga lulus bikin talam yg mulus 😞😩 spertinya tergantung amal ibadah 😁😅 #bakecycle #talamlabu #jelajahbogaindonesia
#yukbelajarmasak #doyanbaking

Persembahan hari ini dari Melayu sumatera utara, roti jala. Ini makanan ringan tapi nendang banget disantap kala hujan begini. Mau mencoba, mari coba resep dari kontributor pilihan kami hari ini.
#Repost @dabeldi_kitchen .
・・・
Roti jala adalah makanan yang berasal dari Melayu Sumatera Utara. Biasanya makanan ini disuguhkan bersama kuah kari Melayu.
Di Deli makanan ini terkenal disajikan dengan kari kambing dan acar nanas. Menurut budayawan M Muhar Omtatok, roti jala merupakan makanan Melayu yang bisa saja teradaptasi dari unsur India. Roti jala juga terdapat di Kepulauan Riau dengan nama roti kirai. (Sumber :wikipedia)
____________________________________ ~ Roti Jala Kuah Kari Ayam ~

Bahan Kari Ayam :
- 1/2 kg ayam, potong2 kecil,cuci bersih
- 3 buah kentang, potong kotak
- 400 ml santan kental
- 500 ml air putih
- 2 butir cengkeh
- 1 ruas kayu manis - 1bh kapulaga - 1 bh bunga lawang
- 1 sdt ketumbar bubuk
- 1 sdt merica bubuk
- 2 lembar daun jeruk
- 2 lembar daun salam
- 1 ruas lengkuas geprek
- 1 bh sereh,geprek
- garam dan gula secukupnya
- minyak untuk menumis

Bumbu halus :
- 6 buah cabe merah
- 7 bh cabe merah kering,rendam air panas sebentar
- 5 butir bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 1 ruas jari kunyit
- 1 ruas jari jahe

Cara membuat :
1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, rempah2 dan daun. Masak sambil diaduk sampai harum. Masukkan ayam, aduk sampai berubah warna
2. Masukkan air, kentang dan santan kental, beri garam dan gula secukupnya, masak sampai mendidih dan kentang matang.
3. Matikan api. Siap dihidangkan bersama roti jala.

Roti Jala :
- 400 gr tepung terigu
- 2 butir telur ayam
- 1 sdt garam
- 3 sdm minyak goreng
- 750 ml air putih ( bisa ditambahkan sampai adonan menjadi encer seperti adonan kulit risoles )

Cara membuat :
1. Campur semua bahan dan blender sampai halus. Bikin dadar dengan cetakan roti jala. Lipat sesuai selera. Siap dihidangkan bersama kari.
#jelajahbogaindonesia
#jelajahbogasumaterautara

Cooked, styled and photographed by @dabeldi_kitchen.

Soto menjadi salah satu hidangan populer di Indonesia. Dibuat sarapan, enaak. Makan siang pake soto? Pas banget lah.. Lah malem nyoto juga? Oke juga kok..
Di Indonesia, ada sekitar 25 aneka soto, mungkin lebih ya.. Karena hampir setiap daerah punya soto khas masing2.
Kali ini, kita jelajahi tanah pasundan dengan mencicipi soto bandung, dengan kuah bening dan irisan lobaknya😋😋 .
.
Repost @elizasetiawan with @repostapp.
・・・
Soto Bandung

Salah satu makanan Indonesia favorit kami. Biarpun bumbunya minimalis, tp rasanya maxi 😋 Resep langsung copas dari blog saya ya, maaf gak sempet translate.
.

Ingredients :

500 gr shank beef, cut into 3x3 cm or according to your liking.
2,25 L water
8 cloves of garlic, mashed
3-4 cm of fresh ginger, mashed
4 cm galangal, mashed
2 lemongrass, mashed
3 bay leaves
2-3 tbsp of vegetable oil
2-3 tsp of salt
3/4 tsp pepper powder
300 gr daikon, cut into about 0,5 cm circle

boiled chili sauce, boiled the following and the blend until smooth. -4 red cayenne chilies
-2 bird eye chilies
- juice from 1 lime
- salt - a pinch of sugar
- about 70-100ml of water

Garnish and accompaniments :

2 handfull of soy bean. Soaked into water about 30-45 minutes until it skin looks chipped. Drain with paper towel and deep fry until golden brown. Use low heat as they got dark easily, make sure the oil is hot.

1 bunch of scallion, thinly slice
1 buch of chinese celery, thinly slice

sweet soy sauce (optional, I never use soy sauce for this soto, but some prefer adding a tsp or two of sweet soy sauce. Its your call)

HOW TO :
1. Bring to the boil the shank beef, and simmer for about 1 hour until the beef tender. Or else use pressure cooker to finish faster.
2. Heat the oil in a frying pan, sautee the mashed garlic, ginger, galangal, lemongrass and bay leaves until fragrant. Transfer to beef soup.

3. Season the soup with salt and pepper.

4. Add the sliced daikon, bring to the boil and turn off the heat.

5. Serve with friend soy bean, sliced celery, sliced scallion, sweet soy sauce and boiled chilies.

Cooked, styled and photographed by @elizasetiawan .
.

#jelajahbogaindonesia #jelajahbogajawabarat

#Repost @isnasutanto with @repostapp.
・・・
PISANG RAI .
Jajanan tradisional khas Bali ini berbahan dasar pisang, biasanya digunakan untuk upacara keagamaan atau sebagai camilan seharian-hari. Penampakannya hampir sama dengan es pisang hijau dari Sulawesi Selatan, namun yang membedakan pisang rai diberi taburan kelapa parut. Sedangkan di Jawa Barat ada kue putri noong yang terbuat dari pisang yang dibalut singkong parut, bentuknya tidak jauh beda dengan pisang rai dan ditaburi kelapa parut juga.

Cara membuat pisang rai cukup mudah yaitu pisang dilumuri adonan tepung beras lalu direbus dalam air mendidih sampai matang. Setelah itu gulingkan dalam parutan kelapa yang sudah dikukus, ini yang membuat rasa pisang rai menjadi semakin gurih.

Indahnya Indonesia ku. Dari bahasa, warna kulit, kain tradisional, rumah adat, sampai makanan pun mempunyai ciri khas yang membedakan dari mana kita berasal. Dan karena keberagaman ini kita menjadi satu dan semakin mencintai Indonesia ku. 😘💗
#jajananindonesia #indonesiantradisionalfood #jelajahbogaindonesia #jelajahbogabali
.

11juli2016
Motrek urap, tapi daun singkongnya ketinggalan difoto😁 faktor U *nyisir ngitung uban*
.
Sayurnya mah bisa apa ajah ya, bisa pake kol, wortel, daun2an ijo opo ae wes.. Tidak termasuk daun pintu cat ijo yooo
.
Kalau untuk makan saat itu, urap kelapa bisa tidak pakai dikukus, jd setelah di campur bumbu halus dan kelapa parut, bisa langsung diurap ke sayur rebusnya👌
.
Peyek ples mendol, besok yes resepnya, insyaaAllah😊
.
.
URAP SAYUR
.

1 ikat kecil kacang panjang, potong2
1 ikat sawi ijo, potong2
150 gr taoge
1 ikat daun singkong, rebus, iris2

Bahan Kelapa:
1/2 butir kelapa 1/2 tua, kupas, parut kasar
Bumbu Halus:
6 buah cabai merah
3 siung bawang putih
3 cm kencur
6 lembar daun jeruk
1/2 sendok teh garam
2 sdt gula
1 sdt terasi

Cara
1. Rebus masing-masing sayuran, jangan sampai overcooked. Angkat. Tiriskan
2. Urap kelapa: aduk rata kelapa parut dan bumbu halus
3. Kukus 25 menit sampai matang. Angkat. Campur dengan sayuran

MOST RECENT

_____________________
.
.

Sudah pada mbalik dari kampung bukan ??? .
Sudah pada mbongkar-mbongkar kardus oleh-oleh bukan ??? .
Hehe.. Alhamdulilah ... Kangen nya terobati ... Meskipun sebentar ... Udah ketemu dan kumpul bersama orang tua dan sanak saudara... Alhamdulilah banget..^^ .
.
.
.
. .
.
. . *Semoga Allah menerima amal ibadah kita.
Menjadikan kita termasuk yang kembali kepada fitrah dan meraih kemenangan.
Semoga di masa yang akan datang kita juga senantiasa dalam kebaikan.. ^^ .
.
.
. .

If : Madumongso ... .
Hanya ada pas lebaran aja ... (,")v .
.
.
.
.

______________________________

Semakkung libur lebaran bela...pah kham NYERUIT pai
.
.
Nyeruit adalah tradisi makan bersama suku lampung.
Pastinya dalam nyeruit harus ada
sambel delan /terasi , ikan bakar, lalapan jengkol/pete/jaling terong goreng dan kuah dari pindang ikan. Tambah tempoyak makin mantab..
Dan...harus dimakan rame2 karena intinya nyeruit itu makan besar bersama sanak keluarga dan kerabat
.
Yuk baca review dan foto hasil karya masakan mba @dwishintami
.
.
@Regrann from @dwishintami - BIG LUNCH TODAY : grilled fish, tempeh, vegetables soup with tamarind, stinky bean, chili soy sauce, chili shrimp paste
🌶
🌶
🌶

Bacakan yuk ada ikan bakar, sambel terasi,sambel kecap, lalapan, sayur asem,siap2 abis nasi sebakul deh 😂😂kalo urang sunda mah istilahnya bacakan, lamon ulun lampung "nyeruit jejamo"😂😂 .
.
#homemade #bacakan#grilledfish#indonesianfood#jelajahbogaindonesia#asianfood#asiancuisine#tasteofindonesia#food#foodgasm#foodpict#foodporn#foodlover#lunch#pics_at_home#picoftheday#instafood#instalike#yummy#delicious#nomnomnom#vscofood#ptk_food#foodstyling#foodshare#igfoods#foodphoto#eeeeeats#ulunlampung#nyeruit

________________
.
.

Sebenarnya hari ini badan saiah agak ngedrop.... Dari kemarin demam dan susah buat nelen... Haha... .
Bandel sih , buka puasa banyakin minum es dan gorengan.. Haha.. Habis enak sih...
#curhatdikitbolehya.. ^^ .

Dan , hari ini juga jadwal bikin takjil buat anak-anak tadarusan di musholla... .
Alhamdulilah ... Masih kuat bikin takjil ... Semangat !! Emak kudu setrong yess.. (,")v .
.
.

Crackers Isi Ragout 
Resep : dari berbagai sumber ^^ .

Bahan :
10 buah crakers yang asin ( boleh lebih / kondisional)
Pelapis :
1 buah telur, kocok lepas

Resep ragout ayam:
1 1/2 sendok makan margarin untuk menumis
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
3 sendok makan tepung terigu protein sedang
400 ml susu cair
200 gram ayam rebus, suwir / potong dadu
50 gram wortel, potong kotak kecil, rebus
100 gram kentang, potong kotak kecil, rebus
1 sendok teh garam / bumbu kaldu bubuk
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh pala bubuk
1 sendok teh gula pasir ( atau sesuai selera )
daun bawang iris

Cara membuat
Rogout : panaskan margarin. Masukkan bawang bombay. Tumis sampai harum. Tambahkan tepung terigu. Aduk sampai bergumpal.
Masukkan susu cair sedikit-sedikit sambil diaduk sampai licin. Tambahkan ayam, wortel, garam, merica bubuk, pala bubuk, dan gula pasir. Aduk rata. test rasa..
Masukkan daun bawang...
Aduk rata.

Ambil satu buah crakers ... Beri isi ragout ... tutup dengan crakers satu lagi di atasnya..
Celup ke kocokan telur....
Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai kekuningan...
Potong menyerong jadi dua bagian...
Sajikan...
.
.
.

Eh , yang mau mudik hati-hati ya... Senang nya... (,")v
.
.

Maghrib kurang 5 menit lagi yess.... .
.

_____________________

____________________________
.
.

#Ramadhanday14... .
Mulai bingung deh mau masak apa untuk buka nanti ?? .
Akhirnya , tanya sama si gadis cilik yang lagi belajar puasa....
.
Emak : Ais... Nanti mau buka sama apa ?? .
Ais : Mah... Nanti buka nya mau maem sama sayur santen gak pedes....
Emak : (yang tadi nya udah bingung tambah bingung) ¢¥€£§π£¥€%$%# .

Gak tau ini namanya sayur apa , asal cemplang-cemplung aja.... Yang jelas ini sayur santen paporitnya si ais.... Hihi (,")v .

Bahan :
1/4 kg dagingsapi , rebus , potong2 dadu
1/4 kg kikilsapi , rebus , potong-potong
Tahu potong dadu goreng sebentar
Tempe potong dadu goreng sebentar .

Bumbu :
5 siung bawang merah iris
5 siung bawang putih iris
Daun bawang iris
Santan
Kaldu sapi
Gula
Garam
Merica
Penyedaprasa (opsional)
Daun salam
Laos .
Cabe rawit utuh
.
.

Tumis bawang merah , bawang putih , daun bawang ,laos , daun salam tumis hingga harum .. Masukkan daging sapi , kikil sapi , tahu , tempe , kaldu sapi... Tunggu mendidih ... Masukkan santan ... Beri gula garam merica cabe rawit... Test rasa... Sajikan... .
.

Mayan , dapet satu wajan gede .. Bisa untuk menu sahur juga... #emakirit... Hahaha....
.
.

Selamat menunggu adzan maghrib .. ^^
.
.

____________________

Kuih muih Ramadhan,klepon kentangnya tayang lagi,selamat berpuasa☺️ KUE KLEPON KENTANG
Source : @ninana_kitchen
Bahan :
400 gr tepung ketan
250 ml jus pandan suji
200 gr kentang kukus
Sejumput garam

Untuk isian :
150 gr gula merah sisir

Untuk taburan :
200 gr kelapa muda parut dikukus dengan 1/2 sdt garam

Langkah :
1. Haluskan kentang kukus aduk rata dengan tepung ketan
2. Masukkan jus pandan suji uleni mpai adonan kalis
3. Ambil satu bulatan, masukkan gula merah sisir lalu bulatkan kembali
4. Rebus klepon ke dalam air mendidih sampai klepon naik kepermukaan
5. Angkat dan tiriskan kemudian gulingkan ke dalam kelapa kukus
@uploadkompakan
#ukkuihmuihramadhan
#uploadkompakan
#ukdwishintami
#ukresep

_________________
.
.

#RamadhanDay4 .
.

Yaay , kesampain juga bikin Lodho Ayam .... (,")g
.
Jangan tanya bumbu nya apa aja yak , hihi... Ini bumbunya langsung di datangkan dari asal muasal makanan enaaaak ini.... Yap , Dari Tulungagung.... .
Oleh-oleh dari kesayangan mama tjantik @lyaenggar ...
.
Bumbune haujek .. Rempah-rempahe kerasaa bangeet.... Jan .. Manteeep tenan .... .
Kapan-kapan pengen juga bikin bumbune sendiri .. Hehe .
.

Jane @lyaenggar .. Lemah Teles ya jane....^^ .
.

Oh ya , sesuai dengan petunjuk si empunya bumbu lodho ini... .
Aku pakek ayam kampung terus di panggang ... .
Eh ini juga bisa buat menu saur ... Tinggal manasin aja... (,")v .
.

Selamat menunggu bedug maghrib ya .... . .^^ .

_______________________

from @dianandariskia - Jauh sebelum makanan khas negara lain memborbardir Indonesia, sesungguhnya Indonesia sudah punya makanan yang mirip. Kue mochi? Manado udah punya Temo Coe loh, jajanan dr tepung ketan berbentuk bulat diisi gula merah dan wijen sangrai. Lasagna? Orang Banjarmasin sudah kenyang makan Ipau Basumap, lapis demi lapis kulit crepes yg diisi daging/ayam cincang dan wortel, lalu diguyur santan kental.
.
.
Nah yg ini juga istimewa. Keju identik sbg panganan asli Barat, tapi siapa sangka di kabupaten Enrekang Sulsel, penduduk lokal telah membudidayakan susu sapi/kerbau menjadi Keju Dangke. Uniknya, proses pembuatan keju Dangke memakai getah pepaya untuk memisahkan air dan lemak. Selain itu nanas juga dimanfaatkan agar rasanya sedikit masam dan membuat keju berwarna kekuningan. Bongkahan lemak yg telah difermentasi tsb kemudian dicetak di batok kelapa sambil dipadatkan. Setelah itu baru dibungkus daun pisang untuk kemudian dijajakan di pinggir jalan. .
.
Untuk rasa, mirip kayak tahu hanya jauh lebih gurih. Teksturnya padat mirip keju feta, jadi jangan bayangkan keju ini akan meleleh saat dipanggang ya.
.
.
Gimana? Yang lagi mampir Makasar atau Sulsel, yuk sekalian melipir ke Enrekang untuk melihat langsung cara pembuatan keju Dangke, mencicipi gurihnya Dangke goreng cocol sambal, sekaligus ikut melestarikan budaya Indonesia. Sayang ah kalo lidah kita berkiblat ke luar tanpa tahu kalo Indonesia itu... kayaaaaaa banget!! .
.
.
.
.
.
.
#kejudangke #dangke #dangkecheese #enrekang #jelajahbogaindonesia #jelajahbogasulawesi #traditionalcheese #indonesiancheese #asliindonesia #gnfi #golocal #acmi #indonesiabanget #indonesianfoods #damniloveindonesia #galeripanganlokal -

Hasil komen2an di foto Keju Dangke kemarin, sy jadi tahu kalo di India juga punya keju segar serupa bernama Paneer (suwun mbak @igustiayudewi for the insight). Penasaran, gugling dong 😝. Laluuu nyoba ah Keju Dangke diolah kayak masakan Indihe Tumere Jahe Acha Acha yg pake Paneer. Nemu di pinterest ada Paneer Stuffed Peppers, langsung deh melipir ke tukang sayur beli paprika.
.
.
Resepnya hasil utak-atik (kulkas) ya, senemunya bahan. Enak juga ternyata Dangke dimasak kare 😋😋 Pssst, olahan Dangke lain seperti Pizza udah tayang di blog loh 😉
.
.
Paprika Panggang Isi Dangke

Bahan:
½ buah bawang Bombay, cincang kasar
1 siung bawang putih, cincang
3 buah paprika ukuran sedang, potong horizontal atasnya, lalu keruk bijinya sehingga menyerupai mangkuk dengan tutup
1 bongkah keju Dangke, hancurkan dengan garpu
1 sdm bumbu kare (atau 1/2 sdm bubuk kari)
1 tomat, potong dadu
3 bunga bawang, iris tipis (boleh diganti daun bawang)
Gula, garam, merica
Minyak goreng
.
.
Cara membuat:
Panaskan oven 180 C.
Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bawang Bombay dan bawang putih hingga harum.
Masukkan bumbu kare, tumis hingga wangi.
Masukkan keju Dangke, aduk-aduk hingga bumbu merasuk.
Terakhir masukkan tomat dan bunga bawang, gula garam merica, aduk rata. Tes rasa.
Isi paprika dengan tumisan Dangke hingga penuh, lalu letakkan di Loyang. Panggang hingga paprika lembut, sekitar 20-25 menit.
Angkat, sajikan hangat dengan acar timun.
.
.
.
.
.
.
#kejudangke #dangke #dangkecheese #enrekang #jelajahbogaindonesia #jelajahbogasulawesi #traditionalcheese #indonesiancheese #asliindonesia #gnfi #golocal #acmi #indonesiabanget #indonesianfoods #damniloveindonesia #galeripanganlokal #paneer #paprika #bellpeppers #dangkestuffedpeppers #olahandangke #olahankeju #shareresep #berbagiresep #doyancooking #doyanmasak #thekitchn #thefeedfeed #foodblogfeed

Jajan tradisional yg ga keliatan tradisional. Kenapa? Soalnya sy wadahin pake paper cup, bukan pake takir pandan sesuai resep. Kenapa? Soalnya takir buatan sy malah bocor2 akhirnya adonannya bleberan keluar 😂

Disajikannya juga pake kelapa parut, tp gada di foto soalnya waktu sy foto kelapanya belum diparut 😂

Di Lombok Barat ada nih yg kyk gini, tp sebutannya apem gitu doank. Enak loh ini 😉

Makasih resepnya mba Ki 🙏
.
.
APANG COE
Source: @dianandariskia

Bahan:
Paper cup secukupnya
150gr gula merah
125ml air kelapa
200gr tepung beras
5gr ragi instan
75gr tepung terigu serbaguna
1/2sdt garam
1/2sdt baking powder
200ml santan dr 1/2 butir kelapa (sy: santan instan)

Langkah:
1. Sisir gula merah, masak bersama air kelapa & daun pandan hingga gula larut. Saring, sisihkan hingga hangat.
2. Masukkan tepung beras di wadah, tuang air gula merah sedikit demi sedikit sambil dikeplok2 hingga halus sekitar 15 menit.
3. Masukkan ragi instan, aduk rata, istirahatkan 30menit.
4. Masukkan tepung terigu, garam dan santan, lalu keplok2 selama 15 menit. (Stlh fase ini sy istirahatkan lagi 15 mnt).
5. Panaskan dandang dengan api sedang. Tuang adonan ke cup hingga hampir penuh. Masukkan ke dandang, jangan sampai terlalu penuh. Lalu kukus selama 20 menit dengan api besar tanpa membuka tutup dandang.
6. Angkat, sajikan dengan kelapa parut.

#cookingfoodie #cookingfoodie_jajanantradisional

Ini sup maraq yang kurang pake kunyit. Tapi semua bahan-bahannya diusahain sama ama resep yang dikasih ama bang @fawazisme . Sampe se kelabet juga diusahain cari. Hehehe
.
Rasanya suka, rempah banget. Makasih bang resepnya. Boleh lah share resep2 keluarga lainnya 😉

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh...
Red velvet ini salah satu idola buibu kemarin. Motreknya pada umpel2an dan pada gak sabar mau nyicipin. Bahkan ada yang sambil menggumam "potong kuenya...potong kuenya sekarang juga..." 😴😴😴. Kan yang motrek jadi gak pokeus 😑. Tapi emang kok ini salah satu cake yang bikin saya penasaran. Ternyata setelah dipotong, dicicip dengan sepenuh jiwa, masyaaAllah. Uennaaakkk pake banget.
Soale pilihan rasa buat saya itu cuman 2 : enak, dan uenak banget hehe. Alhamdulillah berhasil saya selamatkan 1/4nya buat anak2 hahaha...
Yang penasaran juga seperti saya kemarin boleh lho pesen cake ini di @nurulsyaira_cakes
Jazaakillahu khairan mbak Nurul, jangan kapok yes 😄. Semoga jualan kuenya berkah dan lancar. Aamiin...
.
.
#bbfphotolicioustanjung #bbfphotoliciousday #workshop #redvelvetcake #redvelvet
#foodphotography #halalfood #foodblogfeed #momsdailyreport
#banjarbungasfoodies #52wfpppotd #f52grams #foodamology #idfoodblogger #foodblog #pujihamzah #tanjungtabalong #urangbanjar #urangbanua #thekitchn #jelajahbogaindonesia #feastindonesia

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh..
Bismillaah.
Alhamdulillah.. hari ini benar2 dimudahkan Allah ngadain workshop kecil2an di rumah. Natural light yang bersahabat, gak mendung, dan kue2 yang dibawa ibu2 juga masyaaAllah uennaaak semua.
Kalo yang ini selai dari @sachi_fruit_jam yang jugak uennaak tenan dan yang terpenting halal juga. Isinya selai yang masih ada buah aslinya. Ada 4 varian rasa. Semuanya enak pake banget. Syegeeer.
Semua peserta dapet voucher diskon belanja di Sachi lhooo. Keren yaaa.
Penasaran? Cuss ke IGnya yah!
Terimakasih kakak @sachi_fruit_jam 😉.
Terimakasih juga temen2 yang udah meluangkan waktunya buat belajar bareng. Semoga berkah yaaa...
.
.
#bbfphotoliciousday #bbfphotolicioustanjung #foodphotography #halalfood #foodblogfeed #momsdailyreport
#banjarbungasfoodies #52wfpppotd #f52grams #foodamology #idfoodblogger #foodblog #pujihamzah #tanjungtabalong #urangbanjar #urangbanua #thekitchn #jelajahbogaindonesia #feastindonesia #endorse #endorsement #productphoto #fotoproduk

.
.

Saya mah sarapan sama Tahu kuning plus Sambel Hejo aja lah udah cukup
(soalnya plus nasi putih anget 😅😅😅😅)
.
.

Sambel Hejo
10 buah Cabai Hijau
100gr Cabe rawit hijau
2siung bawang putih
1ruas kencur
1buah tomat Hijau (ukuran sedang)
gula dan garam
2sdm minyak goreng (utk menumis)

Haluskan semua bahan jadi satu lalu tumis sebentar hingga harum. Koreksi Rasa
Sajikan bersama lauk pauk kegemaran masing masing
#uploadkompakan
#uksamarindamenyambal
#ukresep #ibuhebatappron
#kompakersbandung #cookpadindonesia
#foodamology #52wfpppotd #ir_food #foodamology #jelajahbogaindonesia #feastindonesia #pocket_food #still_life_gallery #shareresep #

Bismillaah...
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh ^^
Halo Ci @tintinrayner izin ikutan #tintinraynergiveaway3 yaaah...
Semoga sukses terus olshopnya ^^
.
.

Bingka Kurma

3 butir telur
3 gelas santan
150 gram kurma, buang biji
3 sdm gula (sesuai selera)
1/2 sdt garam
3 sdm tepung terigu

Panaskan kukusan dengan api sedang, bungkus tutup dengan serbet bersih.
Masukkan kurma dan 1 gelas santan ke dalam blender, blender sampai halus
Masukkan telur ke dalam blender, blender lagi sampai tercampur rata.
Masukkan sisa bahan, blender lagi.
Alasi cetakan bingka dengan daun pisang atau plastik, tuang adonan sampai 3/4 penuh
1 resep ini jadi 2 loyang bingka ukuran standar.
Kukus selama 45 menit atau sampai matang.
Dinginkan, masukkan kulkas.
Sajikan dingin lebih maknyussss.
.
.
#foodphotography #halalfood #foodblogfeed #momsdailyreport
#banjarbungasfoodies #52wfpppotd #f52grams #foodamology #idfoodblogger #foodblog #pujihamzah #tanjungtabalong #urangbanjar #urangbanua #thekitchn #jelajahbogaindonesia #feastindonesia

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh...
Sarapan apa pagi ini? Saya sarapan nasi kuning dong, lengkap dengan ayam Kalasan, tahu bacem dan serundeng sisa kemarin 😅. Alhamdulillah... Kemarin masak nasi kuning lengkap selauk2nya, atas rikwes si bontot lanang. Aih tumben. Prestasi banget buat si saya yang males repot. Eh jangan salah. Pake bumbu LaRasa dari SASA ini bener2 memudahkan ibu2, kerjaan di dapur jadi gak lama. Gak pake ngupas bawang dan ngulek, cocok buat menu sahur dan buka puasa Ramadhan besok!

Ayam Kremes Kalasan dan Tahu Bacem

1 ekor ayam, potong2
4 buah tahu
1 bungkus Bumbu Ungkep Ayam Kalasan LaRasa dari SASA.
1 liter air kelapa
3 sdm kecap manis (sesuai selera)

Kucuri ayam dengan air jeruk nipis, biarkan sebentar.
Dalam panci, rebus air kelapa dan bumbu serta kecap manis.
Masukkan potongan ayam, tutup panci, kecilkan api.
Masak sampai bumbu meresap dan air tinggal separuh, angkat ayam.
Masukkan tahu, masak lagi sampai air ungkepan tinggal sedikit.
Dinginkan ayam dan tahu.
Goreng ayam dan tahu dalam minyak panas, jangan terlalu lama nanti tekstur ayamnya keras.

Kremes :
Air sisa ungkep ayam
Secukupnya tepung terigu
Aduk rata
Panaskan minyak sisa menggoreng ayam, tuang adonan dengan sendok sayur, biarkan sampai kecokelatan. Angkat, tiriskan.
Sajikan dengan ayam goreng Kalasan.

Tata nasi kuning, kremesan, ayam goreng, tahu bacem dan ayam serundeng.
Sajikan.
Resep serundeng udah pernah deh dishare, silakan jalan2 di galeri saya yah. .
.
Oh iya, @KreasiSasa sedang mengadakan lomba resep #DapurRamadanSasa2017 loh. Hadiah utama nya uang tunai Rp. 2.000.000,-* dan ada hadiah untuk pemenang beruntung juga berupa voucher belanja (Sodexo) senilai Rp. 500.000 setiap minggu nya. Yuk ikutan.. Untuk info lengkapnya, follow @KreasiSasa yah!
.
.
#foodphotography #halalfood #foodblogfeed #momsdailyreport
#banjarbungasfoodies #52wfpppotd #f52grams #foodamology #idfoodblogger #foodies #pujihamzah #tanjungtabalong #urangbanjar #urangbanua #thekitchn #hautecuisines #ayamkalasan #jelajahbogaindonesia

Most Popular Instagram Hashtags