[PR] Gain and Get More Likes and Followers on Instagram.

#illegaldentalpractice

104 posts

TOP POSTS

Case by sejawat drg @rizkidentalclinic

Mimin ga tahan untuk ga curhat ke kawan sejawat dokter gigi. Karena baru nemuin kasus ter-epic yang pernah ada.

Dok, ini lho liaten. Braket dipasang di oklusal gigi molar.

Tujuannya: sebagai peninggi gigitan!

Tukang behel memang bawaannya nguawur. Tapi tukang behel mana yang sampai memikirkan soal peninggi gigitan?

Oke, sebelum mimin curhat kelewat batas dan makin banyak istilah medis, mending mimin jelaskan dulu apa itu peninggi gigitan.

Yaitu semacam dongkrak, agar gigitannya terganjal dan lebih tinggi. Salah satu tujuannya adalah membebaskan gigitan. Misalkan mau menggerakkan gigi bawah, tapi gerakannya terhalang oleh gigi atasnya. Biar terbebas, gigitannya ditinggikan.

Peninggi gigitan ini umumnya dibuat dengan menempelkan bahan tambal atau bahan peninggi gigitan di gigi geraham.

Bukan malah braket yg dipakai.
Contoh peninggi gigitan ada di slide ke-2.

Kamu mau, tiap hari ngunyah braket?

Untungnya negri ini sudah familiar dengan debus. Beling, silet dan jarum pun biasa dikunyah.

Yang satu ini: debus jaman now.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Laporan dari sejawat drg. Riskani Ikha Djafri.

Berikut adalah foto siswa korban tukang gigi yang berhasil didokumentasikan ketika dilakukan screening untuk anak kelas 1 di sebuah SMU negri di Balikpapan.

Hanya lima anak? Tidak. Hanya saja yang lain tidak sempat didokumentasikan.

Beginilah jika behel dijual seharga uang saku anak sekolahan. Pas di kantong. Tapi efeknya kelak, ga bakal akur sama kantong. Sampai ngejual kantong sendiri dan kantong tetangga pun biaya perbaikannya ga akan kebayar.

Para anak ABG ini berusaha up to date. Bahkan behelpun pilih yang wireless. Tanpa kawat. Mimin yakin dedek di slide 1 dan 3 ini tidak tahu bahwa yang ditempelin di giginya adalah braket yang seharusnya untuk rahang bawah.

Kenapa braket bawah dipasang di atas? Alasannya simpel: karena para korban mode ini kebanyakan hanya pakai behel di rahang atas saja. Sedangkan si tukang ketika membeli braket itu udah satu set atas dan bawah. Sayang kalau set bawahnya ga kepakai. Dipakailah untuk dipasang di atas. Ga ada yang tahu.

Kita masih bisa tenang kalau behelnya wireless dan tanpa karet. Efek di giginya lebih minimal. Minimal bikin karies atau peradangan gusi karena kebersihannya tidak terkontrol oleh profesional, atau minimal ngerusak lapisan email kalau cara pasangnya ga bener.

Nggak dok, ini cuma belum dipasangin karet aja.

Nah ini yang gawat. Sekalinya dipakein karet, minta dipasangin powerchain seperti di slide-4.

Powerchain+wireless adalah kombinasi paling kreatif untuk mengumpulkan gigi-gigimu berkumpul ke depan. Terkuncir.

Kapan lagi kita hidup di masa para ABG pada ngejambak giginya sendiri?

Lantas, slide-5. Sisa akar ditutup gigi tiruan. Biasanya ditempel permanen ga bisa dilepas. Gigi sebelahnya mulai rusak. Risiko bau mulut. Risiko tersebarnya infeksi dari akar gigi. Terjadi abses. Sedangkan masa depannya masih panjang. Bagaimana mau unjuk gigi dan berprestasi?

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

[Nasionalisme a la Kortugi]

Lihatlah, awalnya banyak tukang gigi dengan semangat kebangsaan, menciptakan merah putih di mulut masyarakat. Gusi merah meradang parah dan gigi putih seputih kloset.

Yang penting adalah persatuan, katanya. Sambung menyambung menjadi satu itulah (gigi kortugi) Indonesia. Gigi yang bersatu lebih kuat ketimbang gigi yang berdiri sendiri-sendiri, begitu kira-kira logikanya.

Gigi atas bawah belang ga masalah. Semangat berbhineka, meskipun berbeda-beda tetap dibayar juga.

Hingga suatu saat masyarakat tahu siapa penjajah sebenarnya, yang bersembunyi di balik jiwa nasionalis si Tugi.

Terlambat sadar, sudah.

Maka realita pahit kemerdekaan adalah ketika si tukang yang telah menjajah gigimu itu, tiba-tiba angkat tangan dan menghilang di detik-detik terakhir titik darah penghabisanmu.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Pagi, Jakarta.

Mimin bikin postingan ini di atas gojek sambil menghirup udara pagi kota Jakarta yang kaya rasa.

Hidup memang menawarkan banyak rasa yang bisa kamu coba. Mau dijalani dengan STRAIGHT atau belok lewat pintu belakang, bebas.

Nah biar ga bebas-bebas amat, ada yang namanya Undang-Undang. Di dunia kedokteran, masyarakat sebagai pengguna layanan kesehatan pada umumnya tidak tahu apa hak-hak mereka.

Jadi ketika mereka diperlakukan apa saja, ya mbebek saja. Ngikut nurut yang di depan macam bebek. Karena penyedia layanan kesehatan dianggap profesi yang eksklusif dan superior.

Padahal masyarakat juga berposisi sebagai konsumen yang berhak mendapatkan informasi selengkap-lengkapnya termasuk di dalamnya manfaat dan risiko dari suatu tindakan. Setelah mendapatkan informasi, kemudian bebas mengambil keputusan antara menolak perawatan atau menerima perawatan.

Maka akun ini akan mengisi gap kesenjangan informasi itu. Jadi jangan bosan untuk membaca tulisan mimin yang mungkin akan mimin tulis berulang-ulang.

Karena di luar sana, masih banyak kawan kesayangan kamu, keluarga kamu, kerabat-kerabat kamu yang belum terjangkau informasi ini.

Pagi ini mimin ulang kembali soal Pasal 78 UU Praktik Kedokteran No 29 tahun 2004 pasal 78:

Setiap orang yang dengan sengaja menggunakan alat, metode atau cara-cara lain dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang menimbulkan kesan seolah-olah yang bersangkutan adalah dokter atau dokter gigi yang telah memiliki surat tanda registrasi dokter atau surat tanda registrasi dokter gigi atau surat izin praktik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 73 ayat (20 dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau denda paling banyak Rp. 150.000.000,00 (seratus lima puluh juta rupiah)

Next, mimin lanjut lagi soal undang-undang yang lain terkait lapak @ajengmulyagantini ini. Tetap stay tune ya.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Ketika Awkarin nge promote behel abal, namanya langsung berubah menjadi AwKaWe.

Public figure adalah guru buat masyarakat.

Guru itu digugu lan ditiru.

Di sisi lain, uang bisa mengendalikan public figure ini ke arah yang diinginkan si pemilik pemodal.

Artinya apa?

Di tengah serangan informasi dari segala arah, mental masyarakat secara tidak langsung disetir oleh pemilik modal dan kemudian diamplifikasi oleh media.

Agama dan moral seketika tidak berkutik.

Jika yang abal sudah di-publicfigure-kan, tinggal tunggu waktu di mana dianya akan menjadi satu pemakluman dan pembenaran umum.

Kesehatan masyarakat di ujung tanduk.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Nge-vlog adalah cara baru ngeksis di sosmed. Berawal dari kualitas kamera ponsel yang semakin baik, aktifitas ngeksis diawali dengan jepretan gambar selfie. Seiring dengan makin murahnya kuota internet dan didukung dengan kecepatan internet yang makin ditingkatkan, para netizen mulai bergeser ke sharing video.

Di sinilah vlog akan menjadi pisau bermata dua.

Menginspirasi atau justru mengkhawatirkan?

Trend semakin mudah menyebar. Apalagi fenomena behel, daya viralnya tidak lagi di ranah trend semata. Tapi sudah ke eksistensi jati diri.

Gue behelan maka gue eksis, kira-kira begitu. Dan pemikiran ini menyebar tidak terkendali di seluruh lapisan usia.

Seperti si pembuat vlog seusia anak SD ini. Bahkan gigi taring saja belum tumbuh.

Masih efetifkah pengawasan orang tua jika smartphone sudah menjadi bagian paling personal dari anak-anaknya? Terhadap smartphone mereka seperti memiliki barang pribadinya sendiri. Orang tua sudah tidak mampu lagi menembus privasinya.

Most people use their smartphone to do dumb things.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

60-year-old man suffers from an orbital cellulitis due to the spread of infection from the anterior radices. The denture made by illegal noneducated dental practician.

Cabut gigi bikin buta.

Mitos yang berkembang di masyarakat dan dituturkan turun temurun. Kemudian ditambahkan dengan bumbu-bumbu 'contoh kasus berdasar: katanya'. Jadilah hidangan yang sedap di tengah masyarakat yang phobia terhadap dokter gigi atau phobia terhadap tarif mahalnya dokter gigi.

Cabut gigi ga bikin buta. Mungkin di bayangan kamu, syaraf gigi itu seperti akar ubi rambat yang menjalar dari gigi ke mata. Pas gigi dicabut, syaraf putus, sinyal di mata tiba-tiba ilang. No service.

Cabut gigi langsung ngefek ke mata itu ketika kamu di depan kasir dan melihat tagihan jauh lebih besar ketimbang isi dompetmu. Efeknya adalah: mata berair dan berkaca-kaca.

Cabut gigi bikin buta, kalau tiba-tiba mata kamu kelilipan tang cabutnya. Atau otot matamu kesleo gegara capek curi-curi pandang dokternya yang cakep. Sampai rumah kalap ngolesin mata pake counterpain.

Cabut gigi ga gefek ke mata. Justru sebaliknya, gigi yang kudu dicabut tapi ga dicabut, ngefeknya bisa ke mata dan organ lain.

Tukang gigi rupanya ga cuma ngerepotin dokter gigi aja. Di kasus ini, pasien 60 tahun datang duluan ke dokter mata. Karena ada selulitis orbital. Kondisi ini ditandai dengan pembengkakan di area mata bahkan hingga bisa keluar nanah layaknya air mata.

Dokter mata merujuk ke dokter gigi @ganenanug untuk memastikan adanya penyebaran infeksi dari gigi.

Benar saja, deretan sisa akar gigi ditimpa gigi tiruan. Tidak seperti bercocok tanam. Tonggak kayu ditancapkan bisa jadi tumbuh ketela. Tonggak gigi ditungguin ya tumbuh granuloma atau daging tumbuh di ujung akar. Lebih lanjutnya infeksi bisa menjalar ke organ lain. Pernah dengar infeksi gigi menyebar ke jantung? Itu bukan mitos.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Seperti apa senyum berseri-seri itu?

Tanyakan kepada @vennergigi_indo. Dia bisa membuat senyum kamu berseri-seri dengan membuat semua gigimu menjadi gigi seri.

Maklumin aja, perfect smile menurut tukang veneer ini berkiblat pada slide ke-5.

Bagaimana pula kita bisa menjadi orang yang percaya diri?

Kang veneer ini juga tau jawabannya. Dia tahu betul bagaimana membuatmu jadi pede untuk selalu unjuk gigi. Lihat saja di slide 3 & 4, giginya unjuk diri. Maju sejajar dengan bibir bawah. Padahal kondisi before-nya lebih manusiawi. Satu gigi seri menjadi pemimpin barisan, maju terdepan pas garis tengah. Sayang, barisan lengkungnya tidak simetris.

Kalau senyum itu sedekah, maka bersedekahlah dengan yang terbaik. Pantaskah bersedekah dengan veneer KW? Sama saja bersedekah dengan uang monopoli.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Failed direct veneer work done by noneducated illegal dental practician.

Malam sob, masih kuat buat belajar pergigian?

Sori malem2. Kiriman masih anget dari sejawat drg @griya.rr. sayang kalau disajikan besok. Keburu dingin.

Spesial buat kamu: foto detail garapan tukang veneer.

Mimin perjelas lagi ya soal veneer:

Veneer untuk gigi rusak justru memperkuat, sedangkan untuk gigi sehat dan tak bermasalah malah merusak karena ada tahapan gigi harus dikikis dan dietsa. Pada gigi rusak, yang dikikis adalah bagian yang rusak.

Lapisan gigi seperti keperawanan. Sekali hilang ga bisa balik lagi.

Soal warna ada yang ngotot bilang: bebas donk pilih yang sewarna kloset. Style-style gue. Mimin bilangin ya, warna kloset itu buang-buang duit. Karena kamu kudu bikin untuk 2 rahang biar ga belang. Kecuali kamu brand ambassadornya permen blaster yang kemana-mana kudu bilang: yang belang emang lebih enak.

Akan lebih hemat jika dibuat warna natural gigi asli. Bisa dibuat satu rahang saja atau per gigi. Ga perlu semua.

Veneer natural itu ga cuma warnanya saja. Tapi bentuk dan ukurannya juga sesuai aturan. Maka gigi kelinci tidak termasuk karena memaksakan standar kelinci ke mulut manusia. Atau mau jadi pengerat?

Gerakan mengunyah itu ga cuma numbuk keatas dan kebawah. Tapi ada gerakan geser maju-mundur, menyamping, serong kanan-serong kiri. Kalau gigimu terlalu panjang, bisa-bisa patah kena benturan dengan lawannya.

Natural itu jika celah antar gigi tetap ada. Fungsinya sebagai alur keluar sisa makanan yang nempel.

Realitanya, yang ga natural justru semakin dibanggakan. Jaman macam apa ini?

Jika ada seorang wanita, alis dan bibir disulam, bulu mata tempelan, rambut ga hitam lagi, mata ketutup softlens, gigi veneer-an dibehel-abal pula, yang kecil digedein, yang gede disedotin, kulit item diputihin, pakaian KW, kemudian bilang ke pasangannya: 'cintai aku apa adanya', jawaban apa yang harus diberikan?

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

MOST RECENT

Ditinggalin pasangan pas lagi sayang-sayangnya itu bikin ga enak makan. Paling sehari-dua hari, lah. Nafsu makan hilang karena kesedihan mendalam.

Tapi kalau rahang atasmu ninggalin rahang bawah macam foto di atas, tanpa tindakan lebih lanjut, bakal selamanya ga enak buat makan.

Gigi atas ketarik powerchain, pergi meninggalkan lengkung. Sudah dibilang, powerchain itu keras. Powerchain itu jahat di tangan orang yang kerjanya nukang.

Rahang atas dan bawahmu itu sudah jadi dua sejoli yang dipertemukan sejak lahir. Keduanya menjadi sepasang kekasih yang sudah nyaman satu sama lain. Pergi ke tukang behel ibarat kamu memisahkan keduanya secara paksa demi egomu.

Tega betul.

Soal susah makan, ini fakta di masyarakat kita:

Sebagian orang susah makan karena ga punya duit, sebagian lagi jadi susah makan karena buang-buang duit buat pasang behel abal-abal.

Sebagian orang yang susah makan tidak akan sanggup memikirkan lifestyle. Sebagian lagi tidak peduli jadi susah makan yang penting bisa gaya-gayaan.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Case by sejawat drg @rizkidentalclinic

Mimin ga tahan untuk ga curhat ke kawan sejawat dokter gigi. Karena baru nemuin kasus ter-epic yang pernah ada.

Dok, ini lho liaten. Braket dipasang di oklusal gigi molar.

Tujuannya: sebagai peninggi gigitan!

Tukang behel memang bawaannya nguawur. Tapi tukang behel mana yang sampai memikirkan soal peninggi gigitan?

Oke, sebelum mimin curhat kelewat batas dan makin banyak istilah medis, mending mimin jelaskan dulu apa itu peninggi gigitan.

Yaitu semacam dongkrak, agar gigitannya terganjal dan lebih tinggi. Salah satu tujuannya adalah membebaskan gigitan. Misalkan mau menggerakkan gigi bawah, tapi gerakannya terhalang oleh gigi atasnya. Biar terbebas, gigitannya ditinggikan.

Peninggi gigitan ini umumnya dibuat dengan menempelkan bahan tambal atau bahan peninggi gigitan di gigi geraham.

Bukan malah braket yg dipakai.
Contoh peninggi gigitan ada di slide ke-2.

Kamu mau, tiap hari ngunyah braket?

Untungnya negri ini sudah familiar dengan debus. Beling, silet dan jarum pun biasa dikunyah.

Yang satu ini: debus jaman now.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Dua sejoli gigi yang kemarin disatukan kini sudah beranak. Ngelihat foto keluarga gigi ini mimin menyadari: kedua orang tua itu rela mengorbankan jiwa dan raga untuk melindungi anaknya.

Kalau menurut kalian gimana?
Case by drg @trirema_

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Mengalun satu bait lagu Payung Teduh:

Betapa bahagianya diriku saat kududuk berdua denganmu.. Berjalan bersamamu.. Menarilah denganku.

Sambil berdendang, sang tukang yang mungkin sedang kasmaran ini mulai menarikan jemarinya. Siapa sangka, hasilnya adalah tambalan 2 gigi yang dibikin gandengan. "Biar kayak lagi mejeng di pelaminan." Katanya.

Tanda cinta ini bisa disandingkan dengan Taj Mahal. Sebuah Mausoleum bukti cinta kepada orang yang dicintainya.

Taj Mahal adalah makam. Tambalan tukang gigi juga keseringan dibangun di atas gigi yang sudah mati. Sama persis kan. Inilah keajaiban dunia khas dari Indonesia.

Berikut adalah kompilasi tanda cinta si tukang pada pelanggannya. Terimakasih pada sejawat-sejawat berikut yang sudah mengirimkan kasusnya:
Slide 1: @Belindch
Slide 2&3: @Yusufbpamungkas
Slide 4: @praktek_drg.ramida
Slide 5: @Rendhypopyandra
Slide 6: @Virenagunawan
Slide 7: @Pipitmora

Seberapapun besarnya keromantisan tukang gigi yang berusaha menyatukan 2 gigi, para sejawat dokter gigi ini tentu saja tidak sependapat. Karena menurut mereka, jarak justru kadang diperlukan agar kita menyadari arti dari kehadiran masing-masing.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Masih dengan pasien yang sama seperti postingan sebelumnya, perawatan dilanjutkan untuk rahang atas. Kasus @drg_nanang.

Judulnya: Masa Lalu Strikes Back Ketika Kamu Menjadikan Masa Lalu Menjadi Masa Bodo.

Akar gigi itu masa lalu yang kamu abaikan. Abai pertama adalah ketika tidak bisa merawat gigi hingga rusak sampai tandas tinggal akarnya dan abai kedua adalah abai sama anjuran dokter gigi ketika ingin membuat gigi tiruan.

Kata dokter gigi, bikin gigi tiruan itu kudu cabut sisa akar. Kata kamu, ah itu ribet dan kelamaan.

Kata dokter gigi, akar gigi yang tidak dicabut itu bikin infeksi di kemudian hari. Kata kamu, justru kalau dicabut nanti bikin buta.

Kata dokter gigi, soal buta setelah cabut gigi itu mitos. Kata kamu, evidence based tentang kebutaan itu cukup banyak. Sitasi sana sini dari kata orang-orang.

Kamu abai.

Soal kesehatan:

Yang kamu abaikan di masa lalu harus kamu perhatikan secara serius di masa mendatang. Yang kamu upayakan di bawah standar di masa lalu akan ditagih upaya berlebihnya di masa mendatang. Yang kamu bayar dengan kurang di masa lalu akan menuntutmu membayar kekurangannya jauh lebih banyak di masa mendatang.

Maka soal sisa akar gigi yang kamu tutup dengan gigi tiruan itu ibarat membangun relationship dengan yang baru tapi yang lama masih disimpan dan belum dilepaskan. Dan parahnya, pada suatu ketika, keduanya menuntut pertanggung jawabanmu di saat yang bersamaan.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

@Regranned from @korbantukanggigi - Video by @drg_nanang

Boleh dibilang uji nyali.

Yaitu ketika kamu coba-coba mempercayakan kesehatan gigi kamu ke orang yang sama sekali tidak memiliki pendidikan formal di bidang itu.

Peserta uji nyali biasanya tinggal melambaikan tangan ke kamera kalau ingin menyerah. Sama saja dengan peserta uji nyali korban tukang gigi ini: gusinya menyerah, dianya melambai-lambai di depan kamera.

Cut! Kata sutradara uji nyalinya. Iya, memang harus dipotong itu gusi. Darahnya dihentikan. Biar rapi kembali hasil akhirnya.

Obras gusi.

Gigi tiruan rahang bawah dengan plat akrilik nempel dan menekan gusi. Gusinya meradang, bengkak tumbuh naik ke atas. Terkena tekanan atau makanan ketika mengunyah kemudian mengelupas, gampang berdarah.

Platnya saja dibikin nempel ke gusi. Plat sebelah dalampun lebar betul. Itu gigi palsu atau reklamasi daratan?

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi - #regrann

Video by @drg_nanang

Boleh dibilang uji nyali.

Yaitu ketika kamu coba-coba mempercayakan kesehatan gigi kamu ke orang yang sama sekali tidak memiliki pendidikan formal di bidang itu.

Peserta uji nyali biasanya tinggal melambaikan tangan ke kamera kalau ingin menyerah. Sama saja dengan peserta uji nyali korban tukang gigi ini: gusinya menyerah, dianya melambai-lambai di depan kamera.

Cut! Kata sutradara uji nyalinya. Iya, memang harus dipotong itu gusi. Darahnya dihentikan. Biar rapi kembali hasil akhirnya.

Obras gusi.

Gigi tiruan rahang bawah dengan plat akrilik nempel dan menekan gusi. Gusinya meradang, bengkak tumbuh naik ke atas. Terkena tekanan atau makanan ketika mengunyah kemudian mengelupas, gampang berdarah.

Platnya saja dibikin nempel ke gusi. Plat sebelah dalampun lebar betul. Itu gigi palsu atau reklamasi daratan?

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Seperti apa senyum berseri-seri itu?

Tanyakan kepada @vennergigi_indo. Dia bisa membuat senyum kamu berseri-seri dengan membuat semua gigimu menjadi gigi seri.

Maklumin aja, perfect smile menurut tukang veneer ini berkiblat pada slide ke-5.

Bagaimana pula kita bisa menjadi orang yang percaya diri?

Kang veneer ini juga tau jawabannya. Dia tahu betul bagaimana membuatmu jadi pede untuk selalu unjuk gigi. Lihat saja di slide 3 & 4, giginya unjuk diri. Maju sejajar dengan bibir bawah. Padahal kondisi before-nya lebih manusiawi. Satu gigi seri menjadi pemimpin barisan, maju terdepan pas garis tengah. Sayang, barisan lengkungnya tidak simetris.

Kalau senyum itu sedekah, maka bersedekahlah dengan yang terbaik. Pantaskah bersedekah dengan veneer KW? Sama saja bersedekah dengan uang monopoli.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Ketika si disainer interior mencoba mendisain intraoral, seketika itu dia menjadi vandalis.

Padahal disainer itu identik dengan seni. Perencanaan dan rancangan mendetail dengan pertimbangan segala aspek keilmuan.

Makanya di kedokteran gigi ada yang namanya SMILE DESIGN. Karena keindahan senyum itu rumit.

Kenapa interior design akan selalu mengacaukan smile design? Ini karena mereka punya prinsip:

Interior design is making the best possible use of the available space.

Kalau dia main-main sama gigi, sudah pasti interdental space atau celah antar gigi bakal dihilangkan.

So, mendisainlah sesuai dengan keilmuanmu.

An interior is the natural projection of the soul. Jika interior mulut seseorang saja dibikin hancur seperti itu, seperti apa wujud jiwamu kak @michellejessicca owner @browlushaesthetics?

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

[Modus (Modal Dusta) si Tukang Behel]

Berikut ikrar si tukang behel yang bisa kita lihat bareng-bareng di slide-1:

Saya tidak mau memasang behel sebelum tahu kondisi gigi dan gusi anda.

Realitanya, kak @lalajoyzhu owner @klinik_beheldental ini tidak memahami sedikitpun soal gigi dan gusi.

Masyarakatnya juga gampang dimodusin. Mulut bermasalah kok banyak gaya. Terumbu karang gigi dilestarikan. Gusi gendut dipiara. Hewan kurban kalau dipiara jadi gemuk banyak berkah. Setiap tetes darah yang tumpah mengandung kebaikan.

Gusimu bukan hewan kurban. Itu korban tukang gigi. Gemuk dan darahnya itu penyakit.

Slide-2 gusinya chubby. Gusi gigi taring kanan rahang bawah udah melorot. Macam celana ilang kolornya. Tinggal tunggu waktu giginya bisa geleng-geleng minta lepas.

Slide-3 itu mimin curiga, itu kondisi before-nya untuk slide-2. Sesaat setelah behel dipasang. Perhatikan saja progres melorotnya si gusi. Begitu jelas penambahannya. Braket dan buccal tube juga dipasang ngasal. Kait di gigi geraham dan taring kebalik-balik.

Slide-4, selain kondisi peradangan gusi, braketnya masih saja terbalik.

Slide-5, betapa beratnya beban si gigi. Sudah rusak, ditarik-tarik. Mana behelnya kebalik 90 derajat, pula.

Tarif behelnya mencapai 2 juta. Mengorbankan diri sendiri demi sebuah gaya? Belilah hewan kurban, itu baru gaya.

Selamat merayakan Idul Adha bagi yang merayakan.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Laporan dari sejawat drg. Riskani Ikha Djafri.

Berikut adalah foto siswa korban tukang gigi yang berhasil didokumentasikan ketika dilakukan screening untuk anak kelas 1 di sebuah SMU negri di Balikpapan.

Hanya lima anak? Tidak. Hanya saja yang lain tidak sempat didokumentasikan.

Beginilah jika behel dijual seharga uang saku anak sekolahan. Pas di kantong. Tapi efeknya kelak, ga bakal akur sama kantong. Sampai ngejual kantong sendiri dan kantong tetangga pun biaya perbaikannya ga akan kebayar.

Para anak ABG ini berusaha up to date. Bahkan behelpun pilih yang wireless. Tanpa kawat. Mimin yakin dedek di slide 1 dan 3 ini tidak tahu bahwa yang ditempelin di giginya adalah braket yang seharusnya untuk rahang bawah.

Kenapa braket bawah dipasang di atas? Alasannya simpel: karena para korban mode ini kebanyakan hanya pakai behel di rahang atas saja. Sedangkan si tukang ketika membeli braket itu udah satu set atas dan bawah. Sayang kalau set bawahnya ga kepakai. Dipakailah untuk dipasang di atas. Ga ada yang tahu.

Kita masih bisa tenang kalau behelnya wireless dan tanpa karet. Efek di giginya lebih minimal. Minimal bikin karies atau peradangan gusi karena kebersihannya tidak terkontrol oleh profesional, atau minimal ngerusak lapisan email kalau cara pasangnya ga bener.

Nggak dok, ini cuma belum dipasangin karet aja.

Nah ini yang gawat. Sekalinya dipakein karet, minta dipasangin powerchain seperti di slide-4.

Powerchain+wireless adalah kombinasi paling kreatif untuk mengumpulkan gigi-gigimu berkumpul ke depan. Terkuncir.

Kapan lagi kita hidup di masa para ABG pada ngejambak giginya sendiri?

Lantas, slide-5. Sisa akar ditutup gigi tiruan. Biasanya ditempel permanen ga bisa dilepas. Gigi sebelahnya mulai rusak. Risiko bau mulut. Risiko tersebarnya infeksi dari akar gigi. Terjadi abses. Sedangkan masa depannya masih panjang. Bagaimana mau unjuk gigi dan berprestasi?

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

[Perbedaan Generasi Muda dan Generasi Tua Terhadap Rentannya Menjadi Korban Praktisi Ilegal dan Tidak Berkompeten]

Jika anak muda terseret derasnya arus informasi, sebaliknya, para generasi tua terpaku oleh adat kebiasaan. Kebiasaan memilih tukang gigi ketimbang dokter gigi misalnya. Atau jeratan mitos yang membuat masyarakat golongan usia ini menjadi menunda perawatan ke dokter gigi.

Kedua generasi ini bukannya berjalan terpisah. Ada kalanya adat yang dijalani dan mitos yang diyakini si generasi tua akan diajarkan pada anak-anaknya. Maka siklus ketersesatannya jadi tak terputuskan.

Mimin mencoba ikut di pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut kelompok Posyandu Lansia Pringgolayan. Meskipun tidak ada korban tukang gigi, namun mitos cabut gigi bikin buta masih saja dipercayai oleh para lansia di sana.

Tidak menutup kemungkinan, mitos tersebut diturunkan ke generasi selanjutnya.

Outfit mimin by @batiksetyasari

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Ketika Awkarin nge promote behel abal, namanya langsung berubah menjadi AwKaWe.

Public figure adalah guru buat masyarakat.

Guru itu digugu lan ditiru.

Di sisi lain, uang bisa mengendalikan public figure ini ke arah yang diinginkan si pemilik pemodal.

Artinya apa?

Di tengah serangan informasi dari segala arah, mental masyarakat secara tidak langsung disetir oleh pemilik modal dan kemudian diamplifikasi oleh media.

Agama dan moral seketika tidak berkutik.

Jika yang abal sudah di-publicfigure-kan, tinggal tunggu waktu di mana dianya akan menjadi satu pemakluman dan pembenaran umum.

Kesehatan masyarakat di ujung tanduk.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Menolak Lupa!

Yang dulu sempat meminta maaf dengan tulus kepada dokter gigi seluruh Indonesia, sekarang justru mempermalukan profesi dokter gigi di mata dunia.

Setelah kumat lagi, hasil karyanya viral via akun failed dentist. Sekali lagi, mereka menyebutnya dentist. Bukan failed 'tukang gigi'. Memang maafmu itu palsu, melengkapi palsumu yang lain.

Seperti ini sumbangsihmu kepada Indonesia? Atau justru membuat Indonesia menjadi sumbang di mata dunia?

Dirgahayu negriku. Mengheningkan cipta, mulai.

Cc: @ajengmulyagantini @miracleveneerjakarta

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

[Nasionalisme a la Kortugi]

Lihatlah, awalnya banyak tukang gigi dengan semangat kebangsaan, menciptakan merah putih di mulut masyarakat. Gusi merah meradang parah dan gigi putih seputih kloset.

Yang penting adalah persatuan, katanya. Sambung menyambung menjadi satu itulah (gigi kortugi) Indonesia. Gigi yang bersatu lebih kuat ketimbang gigi yang berdiri sendiri-sendiri, begitu kira-kira logikanya.

Gigi atas bawah belang ga masalah. Semangat berbhineka, meskipun berbeda-beda tetap dibayar juga.

Hingga suatu saat masyarakat tahu siapa penjajah sebenarnya, yang bersembunyi di balik jiwa nasionalis si Tugi.

Terlambat sadar, sudah.

Maka realita pahit kemerdekaan adalah ketika si tukang yang telah menjajah gigimu itu, tiba-tiba angkat tangan dan menghilang di detik-detik terakhir titik darah penghabisanmu.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Melihat fenomena praktik gigi ilegal sudah cukup menguras simpati dan empati. Engsel leher juga butuh pelumas biar bisa lebih sering geleng-geleng kepala. Bahkan followers kortugi ini mungkin sudah rata dadanya karena keseringan dielus.

Sekarang segala macam kemudahan pelayanan membuat perkaranya makin runyam.

Layanan homecare. Sesuai dengan kebutuhan masyarakat modern yang sejalan dengan prinsip hidup praktis dan instan. Padahal mi instan saja ada aturannya.

Praktisi ilegal itu bisa dipanggil ke kos, hotel, residential dan apartemen. Empat tempat yang didukung oleh jaminan privasi.

Kebayang ga ketika kamu memasukkan layanan ilegal ke ruang privasimu, kemudian terjadi apa-apa sama kamu dan tidak ada orang lain yang tau?

Itu akan menjadi berita yang sangat menarik.

Kamar apartemen, kini sudah menjadi tempat yang sangat homy untuk mengundang orang lain yang kamu bayar untuk merusak gigimu sendiri.

Ya minimal ada peluang tersebar cerita konyol kamu tersedak bahan cetak kalau si tukang mencetak gigimu dengan posisi rebah seperti slide 1 itu. Gimana bahan cetak ga ngalir ke tenggorokan, coba?

Atau hidung mancungmu itu lecet kena lengkung pembuka mulut yang dipasang kebalik seperti slide 6 dan seterusnya.

Dan mimin kuwatir mengenai dampak pemakaian anestesi di slide 4 tanpa dasar ilmu sama sekali. Tanyakan pada dokter atau anak farmasi, berapa lama mereka belajar ilmu bahan anestesi dan cara pakainya. Karena efek sampingnya ga main-main.

Bekal sertifikat dari Ladokgi tidak ada artinya. Itu sertifikat seminar untuk teknisi gigi. Teknisi gigi adalah profesi dengan pendidikan formal. Tugasnya: membuat alat misalnya gigi tiruan, crown, veneer indirect ortho lepasan sesuai pesanan dokter gigi. Teknisi gigi tidak berhubungan langsung dengan pasien atau masyarakat umum.

Sedangkan tukang gigi, tidak ada pendidikan formalnya. Keberadaannya sebatas profesi warisan dan otodidak.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

#Repost @korbantukanggigi (@get_repost)
・・・
Sedih itu ketika kamu bilang: aku pengen mengisi kekosongan hatimu. Pengen nyembuhin luka di hatimu.

Lalu dia jawab: kamu udah aku anggap kakak sendiri.

Yak, wellcome to Brother Zone. Hatinya sudah ketutup, nyesek.

Begitulah perasaan dokter gigi ketika ingin menyembuhkan kerusakan yang ada di rongga mulut, paham penyebabnya, paham keparahannya, tapi si pasien ga bisa buka mulut. Sedih.

TRISMUS, namanya.

Yaitu keterbatasan membuka mulut. Pada kasus ini, ketidakmampuan membuka mulut disebabkan karena infeksi. Otot meradang, bengkak dan sakit ketika digerakkan.

Setelah diintip, terdapat gigi tiruan rahang atas karya tukang gigi yang kata si pasien sudah bertengger selama 4 bulan. Bengkaknya, sejak 4 hari yang lalu.

Karena mulut belum bisa dibuka, pelepasan gigi tiruan dan perawatan gigi sumber infeksi belum bisa dilakukan. Harus ditunda sampai mulut bisa dibuka. Obat-obatan diberikan untuk mempercepat penyembuhan peradangan.

Infeksi gigi rahang atas bengkaknya sampai pipi hingga menjalar ke atas. Mulut tertutup matapun juga tertutup rapat.

Bagaimana seandainya sumber infeksinya dari gigi rahang bawah? Bisa juga jadi trismus, mulut sulit dibuka. Pembengkakan menjalar ke leher. Bukan mata yang akan tertutup, melainkan jalan napas.

Jadilah gawat darurat. Nyawa taruhannya.

Kasus kiriman sejawat drg @ismaya_rh

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Most Popular Instagram Hashtags