#illegaldentalpractice

59 posts

TOP POSTS

60-year-old man suffers from an orbital cellulitis due to the spread of infection from the anterior radices. The denture made by illegal noneducated dental practician.

Cabut gigi bikin buta.

Mitos yang berkembang di masyarakat dan dituturkan turun temurun. Kemudian ditambahkan dengan bumbu-bumbu 'contoh kasus berdasar: katanya'. Jadilah hidangan yang sedap di tengah masyarakat yang phobia terhadap dokter gigi atau phobia terhadap tarif mahalnya dokter gigi.

Cabut gigi ga bikin buta. Mungkin di bayangan kamu, syaraf gigi itu seperti akar ubi rambat yang menjalar dari gigi ke mata. Pas gigi dicabut, syaraf putus, sinyal di mata tiba-tiba ilang. No service.

Cabut gigi langsung ngefek ke mata itu ketika kamu di depan kasir dan melihat tagihan jauh lebih besar ketimbang isi dompetmu. Efeknya adalah: mata berair dan berkaca-kaca.

Cabut gigi bikin buta, kalau tiba-tiba mata kamu kelilipan tang cabutnya. Atau otot matamu kesleo gegara capek curi-curi pandang dokternya yang cakep. Sampai rumah kalap ngolesin mata pake counterpain.

Cabut gigi ga gefek ke mata. Justru sebaliknya, gigi yang kudu dicabut tapi ga dicabut, ngefeknya bisa ke mata dan organ lain.

Tukang gigi rupanya ga cuma ngerepotin dokter gigi aja. Di kasus ini, pasien 60 tahun datang duluan ke dokter mata. Karena ada selulitis orbital. Kondisi ini ditandai dengan pembengkakan di area mata bahkan hingga bisa keluar nanah layaknya air mata.

Dokter mata merujuk ke dokter gigi @ganenanug untuk memastikan adanya penyebaran infeksi dari gigi.

Benar saja, deretan sisa akar gigi ditimpa gigi tiruan. Tidak seperti bercocok tanam. Tonggak kayu ditancapkan bisa jadi tumbuh ketela. Tonggak gigi ditungguin ya tumbuh granuloma atau daging tumbuh di ujung akar. Lebih lanjutnya infeksi bisa menjalar ke organ lain. Pernah dengar infeksi gigi menyebar ke jantung? Itu bukan mitos.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

This dental treatments were done by midwife pretending to be a dentist.

Suatu saat kalau kamu atau istri kamu hendak melahirkan, siap-siap saja ada pengumuman:

Maaf, tunggu dulu ya, bidannya lagi ngelinciin gigi orang.

Yah begitulah kalau seorang bidan sudah melupakan mulut bawah karena mulut atas dianggap lebih berprofit.

Slide 1: veneer ga cuma panjang ke bawah, tapi manjang ke atas sampai nempel gusi. Veneer kok di-mak erot -in. Dijamin gusinya ikutan gede. Bengkak karena meradang.

Masih slide 1: braket yang masih baru biasanya ada titik2nya. Misalnya braket di titik atas kanan artinya braket dipasang di regio gigi atas kanan. Duh, ketentuan sesederhana ini saja dilanggar. Sini kak @vanie_aurora91, mimin jelasin dengan bahasa bidan ya: itu braketnya sungsang.

Slide 2: selain ada hair extension, sekarang ada teeth extension. Gigi atas gondrong sampai nutup gigi bawah. Bayangin cara dia makan, pasti berisik karena giginya beradu dengan sendok. Kalau kamu ketemu sama kawan yang veneernya sepanjang ini, bilangin: jagung bakar masih enak lho.

Slide 3: salah kostum di tempat, waktu dan pekerjaan yang salah. Ini judulnya: bidan yang lebih pilih part time ketimbang partus time.

Slide 4: kursus. Inilah sebesar-besarnya orang yang sudah merasa tau di tidak taunya (statement almarhum dosen ortho mimin)

Slide 5: inilah profil bidan, bidadari idaman @vanie_aurora91 owner @behelmurahsiantar. Yang rela melepaskan tugas mulianya sebagai penyelamat nyawa ibu dan bayi. Dengan berpindahnya area penanganan dari mulut bawah naik ke mulut atas, derajatnya justru turun di bawah kaki alias terinjak-injak.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Tren suntik/infus putih. Mewabah secepat tren behel. Dimaklumi saja, sama-sama perawatan estetis.

Kak Kris Larasari @larass507_ owner @larashop_pati malah pede untuk suntik dan mbehel keliling di dalam mobil. Praktis ya. Jalanan lagi macet, nyuntik dulu yuk. Lagi OTW ke pasar, biar kelihatan lebih putih transparan dan nawar ke abang-abangnya lebih sukses, infus bentar deh. Mau berangkat upacara, biar barisan giginya serapi barisan upacaranya, pasang behel dulu nih.

Mimin kuwatir nanti go*jek ada layanan Gothic atau Go Sunthic, GoMbel alias Go mbehel, atau layanan antar buat beli behel: Go Tu Hell alias ngGo Tuku beHell.

Para wanita-wanita ini seneng banget punya kulit putih dan lebih putih lagi. Buat apa sih? Biar cantik? Biar awet sama pasangan? Rahasia hubungan awet sih bukan dengan suntik putih, tapi dengan suntik formalin atau infus boraks.

Satu hal jika melakukan tindakan medis di mobil pribadi (bukan ambulan): sterilitas. Yah tinggal diinget-inget aja mobil itu pernah buat ngapain aja. Meperin upil, ingus, iler. Bersin, batuk, muntah, cepirit. Atau pernah dijadiin Fake Taxi, barangkali?

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Pagi, Jakarta.

Mimin bikin postingan ini di atas gojek sambil menghirup udara pagi kota Jakarta yang kaya rasa.

Hidup memang menawarkan banyak rasa yang bisa kamu coba. Mau dijalani dengan STRAIGHT atau belok lewat pintu belakang, bebas.

Nah biar ga bebas-bebas amat, ada yang namanya Undang-Undang. Di dunia kedokteran, masyarakat sebagai pengguna layanan kesehatan pada umumnya tidak tahu apa hak-hak mereka.

Jadi ketika mereka diperlakukan apa saja, ya mbebek saja. Ngikut nurut yang di depan macam bebek. Karena penyedia layanan kesehatan dianggap profesi yang eksklusif dan superior.

Padahal masyarakat juga berposisi sebagai konsumen yang berhak mendapatkan informasi selengkap-lengkapnya termasuk di dalamnya manfaat dan risiko dari suatu tindakan. Setelah mendapatkan informasi, kemudian bebas mengambil keputusan antara menolak perawatan atau menerima perawatan.

Maka akun ini akan mengisi gap kesenjangan informasi itu. Jadi jangan bosan untuk membaca tulisan mimin yang mungkin akan mimin tulis berulang-ulang.

Karena di luar sana, masih banyak kawan kesayangan kamu, keluarga kamu, kerabat-kerabat kamu yang belum terjangkau informasi ini.

Pagi ini mimin ulang kembali soal Pasal 78 UU Praktik Kedokteran No 29 tahun 2004 pasal 78:

Setiap orang yang dengan sengaja menggunakan alat, metode atau cara-cara lain dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang menimbulkan kesan seolah-olah yang bersangkutan adalah dokter atau dokter gigi yang telah memiliki surat tanda registrasi dokter atau surat tanda registrasi dokter gigi atau surat izin praktik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 73 ayat (20 dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau denda paling banyak Rp. 150.000.000,00 (seratus lima puluh juta rupiah)

Next, mimin lanjut lagi soal undang-undang yang lain terkait lapak @ajengmulyagantini ini. Tetap stay tune ya.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Palembang, bulan lalu.

Tim dinas kesehatan dan PDGI, termasuk ketua PDGI Kota Palembang, drg. Novi Artati menggerebek klinik gigi Bunda.

Pas disidak, si tukang gigi sedang mengerjakan (mengerjai) pasiennya. Keduanya kaget tanpa settingan.

Para praktisi ilegal yang lain, semua akan kaget pada waktunya. Pilih aja mau dikagetin siapa. Dikagetin sama Dinkes-PDGI atau sama Polisi?

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

What you see here is etchant gel that claimed as tooth bleaching agent.

Work done by Indonesian Migrant Worker that perform illegal dental practices which not supported by her own competencies and skills (by being Registered). They will have to face the country's laws and regulations.

Followers baru yang belum paham etsa (etchant gel) dan males scroll, mimin jelasin dulu. Followers lama jangan bosan untuk kembali mengulang.

Etsa sering diklaim oleh orang yang pandai berbohong ketika jualan atau memang tidak mengerti sama sekali, sebagai pemutih gigi.

Memang gigi menjadi lebih putih. Tapi putihnya beda dengan putih dari bahan bleaching gigi.

Bedanya di sini:

Etsa itu fungsinya mengkasarkan permukaan. Fitrahnya dipakai untuk mengkasarkan gigi ketika hendak ditempelin bahan tambal gigi, veneer atau braket. Sama seperti cara kerja tambal ban. Ban dikasarin dulu baru ditempelin bahan tambalan. Biar rekatnya kuat. Ketika gigi kasar, warnanya putih keruh seperti kapur. Ibaratnya kamu garuk kulit lengan kamu. Langsung jadi putih kan?

Bleaching itu mencerahkan lapisan gigi hingga ke lapisan yang lebih dalam. Bleaching di gigi ini ibarat lotion pencerah kulit yang bekerja dengan cara meresap ke lapisan kulit yang lebih dalam dan mencerahkan warnanya.

Jadi, ketika kamu dengan polosnya menerima pemutihan gigi dengan cara dietsa, itu seperti kamu mau mencerahkan kulit tubuh kamu dengan cara digarukin bareng-bareng.

Bleaching garuk itu namanya. Emang gigimu gatel?

Kandungan asam dari etsa akan melarutkan lapisan gigi.

Foto korban tukang gigi yang sama-sama berstatus TKW Hongkong itu giginya direndam etsa.

Sadis kau kak @yunilophe92

Tarifnya sebagai berikut:
-Behel atas bawah: 3000 dollar hongkong ( 5jt an)
-Behel atas/bawah aja: 1500 dollar (2,5 jt an)
-Bleaching garuk: 350 dollar hongkong (600 rb an)

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Failed direct veneer work done by noneducated illegal dental practician.

Malam sob, masih kuat buat belajar pergigian?

Sori malem2. Kiriman masih anget dari sejawat drg @griya.rr. sayang kalau disajikan besok. Keburu dingin.

Spesial buat kamu: foto detail garapan tukang veneer.

Mimin perjelas lagi ya soal veneer:

Veneer untuk gigi rusak justru memperkuat, sedangkan untuk gigi sehat dan tak bermasalah malah merusak karena ada tahapan gigi harus dikikis dan dietsa. Pada gigi rusak, yang dikikis adalah bagian yang rusak.

Lapisan gigi seperti keperawanan. Sekali hilang ga bisa balik lagi.

Soal warna ada yang ngotot bilang: bebas donk pilih yang sewarna kloset. Style-style gue. Mimin bilangin ya, warna kloset itu buang-buang duit. Karena kamu kudu bikin untuk 2 rahang biar ga belang. Kecuali kamu brand ambassadornya permen blaster yang kemana-mana kudu bilang: yang belang emang lebih enak.

Akan lebih hemat jika dibuat warna natural gigi asli. Bisa dibuat satu rahang saja atau per gigi. Ga perlu semua.

Veneer natural itu ga cuma warnanya saja. Tapi bentuk dan ukurannya juga sesuai aturan. Maka gigi kelinci tidak termasuk karena memaksakan standar kelinci ke mulut manusia. Atau mau jadi pengerat?

Gerakan mengunyah itu ga cuma numbuk keatas dan kebawah. Tapi ada gerakan geser maju-mundur, menyamping, serong kanan-serong kiri. Kalau gigimu terlalu panjang, bisa-bisa patah kena benturan dengan lawannya.

Natural itu jika celah antar gigi tetap ada. Fungsinya sebagai alur keluar sisa makanan yang nempel.

Realitanya, yang ga natural justru semakin dibanggakan. Jaman macam apa ini?

Jika ada seorang wanita, alis dan bibir disulam, bulu mata tempelan, rambut ga hitam lagi, mata ketutup softlens, gigi veneer-an dibehel-abal pula, yang kecil digedein, yang gede disedotin, kulit item diputihin, pakaian KW, kemudian bilang ke pasangannya: 'cintai aku apa adanya', jawaban apa yang harus diberikan?

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Ketika perawatan estetika mengalami peningkatan tren yang masif dan masyarakat dengan mudah membeli dengan harga yang sangat rendah, selalu ditemui oknum-oknum yang keluar dari pakem.

Masih dari Banjarmasin, lapak onlinenya @priska_behel_cantik_ dan @priska_behel_banjarmasin, menawarkan pelayanan yang cukup menarik: behel perawatan tanpa cabut gigi bergaransi, dijamin rapi.

Hati-hati dengan janji manis. Janji manis yang berhenti di mulut doang bisa-bisa bikin gigi keropos.

Buat kamu yang fotonya diangkat di sini, silakan menagih garansinya.

Gigi ditarik powerchain tanpa perhitungan sampai-sampai gigi belakang keluar lengkung.

Antara lengkung rahang atas dan lengkung rahang bawah ga sejajar. Apa kabar pengunyahannya? Silakan diurus klaim untuk reimburse biaya perawatan di dokter gigi spesialis untuk mengembalikan ke susunan gigi yang normal.

Gusi meradang dan membesar. Yah setidaknya mintakan juga biaya untuk gingivectomy atau operasi pemotongan gusi.

Di tahap ini biasanya si owner nyalahin pasiennya: karena dia ga rajin kontrol.

Btw, mau rajin kontrol atau nggak, kalau kawat kecil ditarik powerchain tanpa penjangkar dari buccal tube, gigi bakal keluar dari lengkung normal.

Kesalahan ada di tindakan yang tanpa didasari indikasi medis.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Nge-vlog adalah cara baru ngeksis di sosmed. Berawal dari kualitas kamera ponsel yang semakin baik, aktifitas ngeksis diawali dengan jepretan gambar selfie. Seiring dengan makin murahnya kuota internet dan didukung dengan kecepatan internet yang makin ditingkatkan, para netizen mulai bergeser ke sharing video.

Di sinilah vlog akan menjadi pisau bermata dua.

Menginspirasi atau justru mengkhawatirkan?

Trend semakin mudah menyebar. Apalagi fenomena behel, daya viralnya tidak lagi di ranah trend semata. Tapi sudah ke eksistensi jati diri.

Gue behelan maka gue eksis, kira-kira begitu. Dan pemikiran ini menyebar tidak terkendali di seluruh lapisan usia.

Seperti si pembuat vlog seusia anak SD ini. Bahkan gigi taring saja belum tumbuh.

Masih efetifkah pengawasan orang tua jika smartphone sudah menjadi bagian paling personal dari anak-anaknya? Terhadap smartphone mereka seperti memiliki barang pribadinya sendiri. Orang tua sudah tidak mampu lagi menembus privasinya.

Most people use their smartphone to do dumb things.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

MOST RECENT

Tren suntik/infus putih. Mewabah secepat tren behel. Dimaklumi saja, sama-sama perawatan estetis.

Kak Kris Larasari @larass507_ owner @larashop_pati malah pede untuk suntik dan mbehel keliling di dalam mobil. Praktis ya. Jalanan lagi macet, nyuntik dulu yuk. Lagi OTW ke pasar, biar kelihatan lebih putih transparan dan nawar ke abang-abangnya lebih sukses, infus bentar deh. Mau berangkat upacara, biar barisan giginya serapi barisan upacaranya, pasang behel dulu nih.

Mimin kuwatir nanti go*jek ada layanan Gothic atau Go Sunthic, GoMbel alias Go mbehel, atau layanan antar buat beli behel: Go Tu Hell alias ngGo Tuku beHell.

Para wanita-wanita ini seneng banget punya kulit putih dan lebih putih lagi. Buat apa sih? Biar cantik? Biar awet sama pasangan? Rahasia hubungan awet sih bukan dengan suntik putih, tapi dengan suntik formalin atau infus boraks.

Satu hal jika melakukan tindakan medis di mobil pribadi (bukan ambulan): sterilitas. Yah tinggal diinget-inget aja mobil itu pernah buat ngapain aja. Meperin upil, ingus, iler. Bersin, batuk, muntah, cepirit. Atau pernah dijadiin Fake Taxi, barangkali?

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Nge-vlog adalah cara baru ngeksis di sosmed. Berawal dari kualitas kamera ponsel yang semakin baik, aktifitas ngeksis diawali dengan jepretan gambar selfie. Seiring dengan makin murahnya kuota internet dan didukung dengan kecepatan internet yang makin ditingkatkan, para netizen mulai bergeser ke sharing video.

Di sinilah vlog akan menjadi pisau bermata dua.

Menginspirasi atau justru mengkhawatirkan?

Trend semakin mudah menyebar. Apalagi fenomena behel, daya viralnya tidak lagi di ranah trend semata. Tapi sudah ke eksistensi jati diri.

Gue behelan maka gue eksis, kira-kira begitu. Dan pemikiran ini menyebar tidak terkendali di seluruh lapisan usia.

Seperti si pembuat vlog seusia anak SD ini. Bahkan gigi taring saja belum tumbuh.

Masih efetifkah pengawasan orang tua jika smartphone sudah menjadi bagian paling personal dari anak-anaknya? Terhadap smartphone mereka seperti memiliki barang pribadinya sendiri. Orang tua sudah tidak mampu lagi menembus privasinya.

Most people use their smartphone to do dumb things.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Kadang, tantangan terbesarnya adalah media mainstream yang kurang teredukasi dan sama sekali tidak mengedukasi.

Surat ijin tukang gigi hanya dikeluarkan Dinas Kesehatan. Bukan dinas yang lain-lain. Kadang pemkab mengeluarkan ijin usaha tukang gigi via dinas pariwisata atau dinas perdagangan, itu tidak berlaku.

Surat ijin praktik tukang gigi hanya berlaku di kabupaten tempat ijin dikeluarkan. Tidak mungkin praktik di Banjarmasin menggunakan ijin dari Jember.

Mabok.

Tekhneker = wakil spesialis dokter? Apa sih maksudnya?

Tukang gigi memang ada sertifikatnya, memang harus ada ijinnya. Tapi seresmi-resminya ijin tukang gigi, tidak pernah ada ijin untuk melakukan perawatan behel, baik memasang ataupun mengontrol.

Dikatakan juga di artikel tersebut, pada kondisi tertentu, si tukang gigi tidak mau memasang behel jika tidak ada hasil ronsen.

Btw, tukang gigi ngerujuk ronsen? Buat apa? Emang bisa ngebacanya? Analisisnya? Intepretasinya? Rencana perawatannya? Paling banter hasil ronsen diterawang pake penerawangan a la dukun.

Setelah dapet ronsen, si tukang bisa yakin meletakkan mata behel.

Mata behel? Mata belek kali?

Jika media mainstream saja sudah sesat, kepada siapa lagi masyarakat akan mencari informasi yang benar?

Barangkali tidak lama lagi, pelanggaran yang dilakukan bersama-sama, yang sudah menjadi kebiasaan umum, akan dianggap menjadi suatu kebenaran.

Kasihan masyarakat.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Palembang, bulan lalu.

Tim dinas kesehatan dan PDGI, termasuk ketua PDGI Kota Palembang, drg. Novi Artati menggerebek klinik gigi Bunda.

Pas disidak, si tukang gigi sedang mengerjakan (mengerjai) pasiennya. Keduanya kaget tanpa settingan.

Para praktisi ilegal yang lain, semua akan kaget pada waktunya. Pilih aja mau dikagetin siapa. Dikagetin sama Dinkes-PDGI atau sama Polisi?

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

A girl with fake removable braces.

Mana yang bikin mood cewek langsung berubah?

1. Dibilang alis ga simetris, atau
2. Dibilang braketnya kepleset ga pas di gigi?

Diambil dari instagram story-nya @yukbehel

Yukbehel.

Geli aja kalau memikirkan nama itu. Behel kan alat kesehatan, dipakai untuk menyembuhkan suatu gangguan berdasarkan indikasi medis. Maka yukbehel setara dengan yukkateter, yukperban, yukpispot, yukkorset.

Mendingan...yuknikah 😚

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jika amanat telah disia-siakan, tunggu saja kehancuran terjadi.” Ada seorang sahabat bertanya; ‘bagaimana maksud amanat disia-siakan? ‘ Nabi menjawab; “Jika urusan diserahkan bukan kepada ahlinya, maka tunggulah kehancuran itu.” (BUKHARI – 6015)

Kerusakan akibat ulah satu orang yang bukan ahlinya, memerlukan perbaikan satu tim penuh para ahli di bidangnya masing-masing.

Karena sejatinya ilmu itu seperti tahu bulat. Kalau ngedapetinnya instan, alias digoreng dadakan, biasanya dalemnya kosong melompong.

Kasus ini perlu penanganan endo, restoratif dan smile design oleh tim sejawat drg:
@virenagunawan
@yulitadora
@rizalrizkyakbar
@griya.rr

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Dinas Kesehatan Bali langsung turun menyikapi adanya laporan kasus di postingan sebelumnya.

Salut.

Dua pelaku sudah dibina. Yang satu masih SMK, satunya lagi mahasiswa hukum di salah satu universitas negeri ternama di Jawa Timur.

Untung hanya dikunjungi. Bukan dijemput.

Nah, kalau lapaknya sudah ditutup begini, gimana kabar pelanggannya? Dari pantauan para mindoks di sini, lapaknya sudah ada sejak 2 tahun yang lalu.

Siap-siap sejawat drg menerima limpahan 'rujukan vertikal' ini.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Ijin dinkes nomer sekian-sekian-sekian.
Ijin kejaksaan nomer sekian-sekian-sekian.

Pada kenyataannya Dinkes tidak akan pernah memberikan ijin usaha pemasangan behel pada orang yang bukan berprofesi sebagai dokter gigi.

Pun dengan ijin kejaksaan. Bahkan perijinan praktik dokter dan dokter gigi tidak butuh ijin kejaksaan. Lantas buat apa orang yang bukan berprofesi sebagai dokter, melakukan tindakan menyerupai dokter dan mengantongi ijin dari kejaksaan?

Coba tanyakan ke bro wahyu @wnbehel311

Karepmu piye bro?

Sebagai referensi saja, lapak behel ini biasanya berlindung di balik ijin palsu atau ijin yang salah alamat.

Ijin salah alamat misalnya: mengurus perijinan di dinas pariwisata karena perawatan behel, veneer dianggap sebagai perawatan estetis setara tempat spa, salon dan panti pijat. Tidak sedikit dinas pariwisata yang meloloskan perijinan pasang behel dan perawatan gigi ilegal.

Ada lagi, ijin yang diloloskan oleh dinas perdagangan. Dimaklumi saja karena owner behelshop mengemas lapaknya sejajar dengan jual beli asesoris kecantikan. Keluar pula nomor ijinnya.

Korbannya adalah masyarakat awam. Mereka melihat nomor ijin sepanjang itu sebagai tanda bahwa usaha tersebut legal.

Informasi yang disesatkan.

Layanan kesehatan legal hanya mengantongi ijin dari Dinkes. Bukan dinas manapun.

Barangkali nomor ijin masih bisa dipalsukan dengan menuliskan sembarang huruf dan angka, tapi cobalah cek di web:

kki.go.id/cekdokter/form

Masukkan nama dokter.

Hanya dokter dan dokter gigi resmi yang terdaftar di list portal tersebut.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Ketika perawatan estetika mengalami peningkatan tren yang masif dan masyarakat dengan mudah membeli dengan harga yang sangat rendah, selalu ditemui oknum-oknum yang keluar dari pakem.

Masih dari Banjarmasin, lapak onlinenya @priska_behel_cantik_ dan @priska_behel_banjarmasin, menawarkan pelayanan yang cukup menarik: behel perawatan tanpa cabut gigi bergaransi, dijamin rapi.

Hati-hati dengan janji manis. Janji manis yang berhenti di mulut doang bisa-bisa bikin gigi keropos.

Buat kamu yang fotonya diangkat di sini, silakan menagih garansinya.

Gigi ditarik powerchain tanpa perhitungan sampai-sampai gigi belakang keluar lengkung.

Antara lengkung rahang atas dan lengkung rahang bawah ga sejajar. Apa kabar pengunyahannya? Silakan diurus klaim untuk reimburse biaya perawatan di dokter gigi spesialis untuk mengembalikan ke susunan gigi yang normal.

Gusi meradang dan membesar. Yah setidaknya mintakan juga biaya untuk gingivectomy atau operasi pemotongan gusi.

Di tahap ini biasanya si owner nyalahin pasiennya: karena dia ga rajin kontrol.

Btw, mau rajin kontrol atau nggak, kalau kawat kecil ditarik powerchain tanpa penjangkar dari buccal tube, gigi bakal keluar dari lengkung normal.

Kesalahan ada di tindakan yang tanpa didasari indikasi medis.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

The price of braces insertion among illegal practitioners in Indonesia can be pressed up to 100 thousand rupiahs ($8). They cut the niti wire into 2 pieces to reduce the production costs.

Kebahagian apa yang bisa kamu dapatkan dengan duit 100 ribu?

Bahagia sejam kalau kamu bawa ke timezone.

Bahagia 2 jam, kalau dipakai buat nonton sama gebetan atau karaoke bareng kawan segeng.

Bahagia sebulan, kalau bisa beli kuota internet supercepat.

Bahagia dunia akhirat kalau kamu bawa ke kotak amal atau berikan ke orang yang membutuhkan.

Tapi beberapa orang malah memilih mbehel. Bahagianya di mana?

Bergayalah sesuai indikasi dan pertimbangan medis, maka bahagiamu atas manfaat yang diperoleh bisa seumur hidup.

Apa ada yang lebih murah dari ini: Behel permanen seharga 100 ribu di salah satu salon di Banjarmasin?

Seratus ribu dan mereka sudah ambil untung dari situ. Tipsnya: potong biaya produksi sana-sini. Potong juga kawat Niti jadi dua, jadilah kawat rahang atas dan bawah sekaligus. Hilangkan biaya analisis kasus, diagnosa dan rencana perawatan. Minimalkan tarif pemakaian alat dan bahan standar medis dan eliminasi biaya sterilisasi. Pakai braket seharga 25 ribuan, mungkin bisa lebih murah jika beli grosiran. Jadilah tarif fix 100 ribu rupiah dengan untung bersih masih bisa mencapai sekitar 30-40%

Kawat niti satu rahang dipotong untuk dipasang di 2 rahang, kebahagian dari arah mana yang akan kamu dapat, jika lengkung gigimu yang sudah indah dari lahir itu berubah menjadi seperti lengkung kawat seperti pada foto di atas?

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

#Repost @korbantukanggigi with @repostapp
・・・
60-year-old man suffers from an orbital cellulitis due to the spread of infection from the anterior radices. The denture made by illegal noneducated dental practician.

Cabut gigi bikin buta.

Mitos yang berkembang di masyarakat dan dituturkan turun temurun. Kemudian ditambahkan dengan bumbu-bumbu 'contoh kasus berdasar: katanya'. Jadilah hidangan yang sedap di tengah masyarakat yang phobia terhadap dokter gigi atau phobia terhadap tarif mahalnya dokter gigi.

Cabut gigi ga bikin buta. Mungkin di bayangan kamu, syaraf gigi itu seperti akar ubi rambat yang menjalar dari gigi ke mata. Pas gigi dicabut, syaraf putus, sinyal di mata tiba-tiba ilang. No service.

Cabut gigi langsung ngefek ke mata itu ketika kamu di depan kasir dan melihat tagihan jauh lebih besar ketimbang isi dompetmu. Efeknya adalah: mata berair dan berkaca-kaca.

Cabut gigi bikin buta, kalau tiba-tiba mata kamu kelilipan tang cabutnya. Atau otot matamu kesleo gegara capek curi-curi pandang dokternya yang cakep. Sampai rumah kalap ngolesin mata pake counterpain.

Cabut gigi ga gefek ke mata. Justru sebaliknya, gigi yang kudu dicabut tapi ga dicabut, ngefeknya bisa ke mata dan organ lain.

Tukang gigi rupanya ga cuma ngerepotin dokter gigi aja. Di kasus ini, pasien 60 tahun datang duluan ke dokter mata. Karena ada selulitis orbital. Kondisi ini ditandai dengan pembengkakan di area mata bahkan hingga bisa keluar nanah layaknya air mata.

Dokter mata merujuk ke dokter gigi @ganenanug untuk memastikan adanya penyebaran infeksi dari gigi.

Benar saja, deretan sisa akar gigi ditimpa gigi tiruan. Tidak seperti bercocok tanam. Tonggak kayu ditancapkan bisa jadi tumbuh ketela. Tonggak gigi ditungguin ya tumbuh granuloma atau daging tumbuh di ujung akar. Lebih lanjutnya infeksi bisa menjalar ke organ lain. Pernah dengar infeksi gigi menyebar ke jantung? Itu bukan mitos.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

60-year-old man suffers from an orbital cellulitis due to the spread of infection from the anterior radices. The denture made by illegal noneducated dental practician.

Cabut gigi bikin buta.

Mitos yang berkembang di masyarakat dan dituturkan turun temurun. Kemudian ditambahkan dengan bumbu-bumbu 'contoh kasus berdasar: katanya'. Jadilah hidangan yang sedap di tengah masyarakat yang phobia terhadap dokter gigi atau phobia terhadap tarif mahalnya dokter gigi.

Cabut gigi ga bikin buta. Mungkin di bayangan kamu, syaraf gigi itu seperti akar ubi rambat yang menjalar dari gigi ke mata. Pas gigi dicabut, syaraf putus, sinyal di mata tiba-tiba ilang. No service.

Cabut gigi langsung ngefek ke mata itu ketika kamu di depan kasir dan melihat tagihan jauh lebih besar ketimbang isi dompetmu. Efeknya adalah: mata berair dan berkaca-kaca.

Cabut gigi bikin buta, kalau tiba-tiba mata kamu kelilipan tang cabutnya. Atau otot matamu kesleo gegara capek curi-curi pandang dokternya yang cakep. Sampai rumah kalap ngolesin mata pake counterpain.

Cabut gigi ga gefek ke mata. Justru sebaliknya, gigi yang kudu dicabut tapi ga dicabut, ngefeknya bisa ke mata dan organ lain.

Tukang gigi rupanya ga cuma ngerepotin dokter gigi aja. Di kasus ini, pasien 60 tahun datang duluan ke dokter mata. Karena ada selulitis orbital. Kondisi ini ditandai dengan pembengkakan di area mata bahkan hingga bisa keluar nanah layaknya air mata.

Dokter mata merujuk ke dokter gigi @ganenanug untuk memastikan adanya penyebaran infeksi dari gigi.

Benar saja, deretan sisa akar gigi ditimpa gigi tiruan. Tidak seperti bercocok tanam. Tonggak kayu ditancapkan bisa jadi tumbuh ketela. Tonggak gigi ditungguin ya tumbuh granuloma atau daging tumbuh di ujung akar. Lebih lanjutnya infeksi bisa menjalar ke organ lain. Pernah dengar infeksi gigi menyebar ke jantung? Itu bukan mitos.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Ketika masyarakat awam dengan istilah medis, disitulah masyarakat rentan terhadap korban penipuan berkedok: layanan oleh dokter.

Slide1
Akun @dr.fahri ini sengaja memasang foto profil maupun foto postingan dari sejawat drg @muchlisfa.

Dokter Fahri ini memajang keterangan Conservative Kardiovaskuler di profile-nya.

Spesialisasi macam apa itu?

Conservative adalah spesialisasi milik dokter gigi yang mempelajari bagaimana cara mempertahankan gigi selama mungkin di rongga mulut tanpa dicabut. Orang awam menyebutnya: spesialis tambal gigi. Titelnya sp. KG (spesialis konservasi gigi)

Sedangkan kardiovaskuler adalah spesialisasi milik dokter umum yang mendalami jantung dan pembuluh darah.

Jadi, if your heart feels so empty gegara abis diputusin, tambalin aja ke dokter Fahri spesialis conservative kardiovaskuler.

Slide 2:
Aborsi di Indonesia diperbolehkan jika memenuhi 2 kondisi: terjadi kegawatdaruratan medis dan pada korban pemerkosaan.

Pada korban pemerkosaan, harus disertai keterangan penyidik atau ahli mengenai dugaan pemerkosaan.

Aborsi hanya bisa dilakukan oleh dokter yang telah mendapatkan pelatihan.

Dokter umum dan dokter gigi resmi pasti akan terdaftar di KKI.

Lantas kenapa bu dokter sp.OG si juru aborsi itu tidak ada di daftar KKI?

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Kabar baik buat Raffi, sekarang sudah ada yang bisa membuat gigi kembali gadis.

Soal larangan tukang gigi panggilan, tukang gigi keliling dan lapak tukang gigi yang berpindah-pindah, sudah dengan jelas diatur dalam Pasal 9 Permenkes 39/2014.

Ketentuan lengkapnya:
Tukang Gigi dilarang:
a.melakukan pekerjaan selain kewenangan yang diatur dalam Pasal 6 ayat (2); b.mewakilkan pekerjaannya kepada orang lain;

c.melakukan promosi yang mencantumkan pekerjaan selain yang diatur dalam Pasal 6 ayat (2); dan

d.melakukan pekerjaan secara berpindah-pindah.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Kata bro Fikar, ahli gigi dengan dokter gigi itu setara. Hanya beda titel saja. Kamu titelnya apa bro? Membandingkan satu hal dengan hal yang tidak ada wujudnya. Halu bin waham.

Dokter gigi. Menempuh pendidikan S1 jurusan Kedokteran Gigi. Setelah lulus baru dapet titel 'skg' (sarjana kedokteran gigi). Di tahap ini dia belum berhak dipanggil sebagai dokter.

Para sarjana ini kudu lanjut pendidikan profesi atau koas. Baru setelah lulus, dia dapet titel 'drg'. Tekniker gigi mendapatkan ilmu berdasarkan pendidikan akademis. Universitas atau perguruan tinggi yang memiliki jurusan teknik gigi contohnya: Akademi Teknik Gigi Hang Tuah Jakarta, Poltekkes Kemenkes Jakarta, Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang Lampung, Unhas.

Kompetensi tekniker gigi adalah partner kerja dokter gigi. Dia membuatkan pesanan seperti gigi tiruan, jaket, veneer dan alat kesehatan lain sesuai instruksi dokter gigi. Tekniker gigi tidak berhubungan langsung dengan pasien.

Kata bro Fikar, profesi ahli giginya didapatkan dari sekolah kedokteran (slide 1) di FKG Trisakti (slide 2). Sekolah ghoib.

Nyatanya ahli gigi dan tukang gigi tidak mendapatkan pendidikan formal. Ilmunya turun temurun. Ditularkan baik online maupun offline.

Keberadaan tukang gigi diatur Permenkes. Ahli gigi tidak diatur dimanapun.

Ahli gigi itu profesi honoris causa. Diberikan diri sendiri untuk dirinya sendiri. Kemudian berusaha menyetarakan dengan profesi tenaga kesehatan atau tenaga medis.

Masturbasi gelar, bung.

Ya wajar saja mereka lebih pilih kata 'ahli' ketimbang 'tukang'. Nilai jualnya lebih tinggi.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Pagi, Jakarta.

Mimin bikin postingan ini di atas gojek sambil menghirup udara pagi kota Jakarta yang kaya rasa.

Hidup memang menawarkan banyak rasa yang bisa kamu coba. Mau dijalani dengan STRAIGHT atau belok lewat pintu belakang, bebas.

Nah biar ga bebas-bebas amat, ada yang namanya Undang-Undang. Di dunia kedokteran, masyarakat sebagai pengguna layanan kesehatan pada umumnya tidak tahu apa hak-hak mereka.

Jadi ketika mereka diperlakukan apa saja, ya mbebek saja. Ngikut nurut yang di depan macam bebek. Karena penyedia layanan kesehatan dianggap profesi yang eksklusif dan superior.

Padahal masyarakat juga berposisi sebagai konsumen yang berhak mendapatkan informasi selengkap-lengkapnya termasuk di dalamnya manfaat dan risiko dari suatu tindakan. Setelah mendapatkan informasi, kemudian bebas mengambil keputusan antara menolak perawatan atau menerima perawatan.

Maka akun ini akan mengisi gap kesenjangan informasi itu. Jadi jangan bosan untuk membaca tulisan mimin yang mungkin akan mimin tulis berulang-ulang.

Karena di luar sana, masih banyak kawan kesayangan kamu, keluarga kamu, kerabat-kerabat kamu yang belum terjangkau informasi ini.

Pagi ini mimin ulang kembali soal Pasal 78 UU Praktik Kedokteran No 29 tahun 2004 pasal 78:

Setiap orang yang dengan sengaja menggunakan alat, metode atau cara-cara lain dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang menimbulkan kesan seolah-olah yang bersangkutan adalah dokter atau dokter gigi yang telah memiliki surat tanda registrasi dokter atau surat tanda registrasi dokter gigi atau surat izin praktik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 73 ayat (20 dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau denda paling banyak Rp. 150.000.000,00 (seratus lima puluh juta rupiah)

Next, mimin lanjut lagi soal undang-undang yang lain terkait lapak @ajengmulyagantini ini. Tetap stay tune ya.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Most Popular Instagram Hashtags