#hakoi

MOST RECENT

Esok kan terlambat (sau co thet man lu)
#reatreatPAK2018 #kelompok #hakoi #☺☺☺

CINCALOK a.k.a HAKOI / HEKOI👍JUARA
bahan :
Cincalok 1bks kcl
Tomat 2bh
Bamer 6bh
Baput 6bh
Cabe rawit 10bh
Daun kunyit 3lembar
Daun bebuas 3lembar
Bahan di atas di iris kecuali cincaloknya
Caranya : goreng bamer+baput dulu baru tomat cincalok cabe rawit dan trakhir daun kunyit daun bebuas 👌
Jangan digaram lagi slnya cincalok nya uda asin kasi micin vege cap jamur sedikit aja😉😋menu 1 ini aja uda bikin kalap mamam nya😁selamat mencoba🤗
#momvanilakitchen#hakoi#hekoi#cincalok#caloudang#favorite#masakanenak#masakanrumahan

Hayooo ada yg suka ini???.
Ini juga salah satu makanan eksotis dari kampung halaman Kalbar😉. Saya sih suka, bikin tambah napsu makan😋😄. #Cincalok (HeKoi/HaKoi) ini terbuat dari udang rebon basah yg di fermentasi dan aromanya sedikit tajam... biasanya di hidangkan sebagai sambal atau makanan pendamping (side dish). Dan Cincalok merupakan makanan khas juga di Riau, Melaka dan bahkan di Korea lohhh... hmmm hociak.
.
SAMBAL CINCALOK.
Ambil cincalok/hekoi/hakoi secukupnya tambahkan sedikit garam dan gula, beri irisan cabe rawit (kl suka: +kan irisan bawang merah) lalu perasi air jeruk kunci, aduk2 rata.
.
.
#homemade #homecooking #doyancooking #doyanmasak #fotomasak #resepmasakan #masakanrumahan #cincalok #hekoi #hakoi #oleholehkhaspontianak #foodies #foodporn #foodstagram #seleranusantara #asianfood #lunch #yummy

Dapat kiriman jamur tiung/kulat tiung dari bangka, yg konon ktnya jamur ini tumbuh pas musim hujan disertai halilintar, ini saya masaknya cm tumis" pke baput, kecalok, garam n air secukupnya ,jamur tiram yg bnyk ditemui dimana" juga bisa di masak kyk ini.

#bangkanese
#jamurtiung
#kecalok
#hakoi
#bangkabelitung
#instafood
#foodphotography
#jamurtiram
#masakanrumahan
#doyancooking

slmat siang maksi yuckkk...😊
##ikan kukus cocolin sambel terasi##
Sayur kailan cah udang, krupuk kulit##kcg pnjg cah ikan teri##hakoi yam##dagingb2 cah saus tiram jahe##masakanrumahan##masakansederhana##wuennakkk##

Ini menu makanan yg bs buat saya yg lg gak doyan makan bisa makan berpiring2 dan gak pake adegan muntah...dasar lidah kampung ya..😁 😁 #cencalok#hakoi#fav

Although it looks suspicious but it's surprisingly tasty #hakoi #cencaluk #udangfermentasi

Ketagihan makan pare...apalg kalo dimasak pedes pake hakoi / rusip 😍😋 #homecooked #hakoi #paretumis

Met makan siang gaes! Siang ini dimasakin mamah nasi goreng nih, eits, tunggu dulu, kok ada warna pinknya sih? Yupss, itu Hakoi atau Cincalok namanya, udang kecil yang difermentasi, khas Singkawang, rasanya asin kecut gitu, bikin nasi gorengnya wangii dan gurih 😋
.
#bebeklapar #nasigorenghakoi #hakoi #nasigoreng #friedrice #masakanrumah #homemade #masakanibu #colorful #delicious #jktfoodies #jktfoodbang #jktinfood #instafood #vscofood #instalike #instadaily #dailyfood #buzzfeed #foodporn #foodgasm #f52grams #beautifulcuisines #eatinc #eatincjkt

Pempek "Miakoi/Hakoi"
Gak pakai ikan pun bisa jadi pempek yang enak, kenyal & harum.

Saya paling suka belajar bikin masakan bangka. Karena semuanya enak-enak, dari tumis sayuran, lauk sampai kue kuenya.

Tolong koreksi kalau saya salah ya... Miakoi/Hakoi itu udang kecil2 spt udang rebon yang dibuat jadi semacam terasi basah. (Bentuknya lihat di gambar kedua dan terakhir)

Kalau di pasar dekat rumah saya, miakoi/hakoi dijualnya botolan. Setau saya org bangka dan pontianak yang suka pakai ini

Biasanya ia dipakai buat campuran masak tumisan supaya lebih sedap, atau juga jadi cocolan setelah dicampur gula, rawit dan jeruk kunci.

Resep ini saya dapat dari sis @ajun.chin thanks ya sudah berbagi resep buat saya belajar bikin pempek ini👍
Saya share ulang ya resepnya:

Bahan biang:
200 gr terigu
400 ml air
1½ sdm miakoi/hakoi
1 sdt kaldu jamur (Totole)

Bahan lainnya:
400 gr sagu tani
1 btr telur
2 siung bawang putih, haluskan

Cara:
1. Campur bahan biang, masak di wajan teflon hingga berubah warna dan matang, sisihkan hingga uap panas nya hilang.
2. Tuang adonan biang yg sdh matang tsb ke wadah, masukkan telur, bawang putih, adon dengan tangan. Masukkan sagu tani sedikit demi sedikit secara bertahap hingga bisa dibentuk.
3. Bentuk adonan (saya buat lenjer, panjang).
4. Rebus hingga matang/mengapung. Angkat
5. Potong2, beri sambal tauco; atau klo suka goreng silakan goreng dulu.

Note : miakoi/hakoi sdh asin jd tdk perlu garam lagi

Sambal tauco:
1 sdm tauco
6 cabe keriting
80 ml air matang
1 sdm pérés gula pasir
Sejumput garam (jika tauco kurang asin)
6 jeruk kunci peras airnya
Cara:
1. blender semua bahan kecuali jeruk.
2. Cicipi sambal jika kurang manis/ asin tambahkan gula/garam sesuaikan selera.
3. Beri air perasan jeruk kunci.

Note: sambal ini bisa langsung dimakan, tapi kalau mau direbus silakan.

#miakoi #hakoi #pempekbangka
#pempekhakoi #pempekmiakoi
#pempekhomemade

Ini termasuk sambal juga kan yah? 😆
Cencalok alias hakoi atau hekoi ini adalah udang halus yg di fermentasi.
Aku msh kurang pengetahuannya ttg proses pembuatannya.
Tp yg jelas cencalok ini salah satu menu khas kalbar yg pastinya sdh turun temurun pencinta nya...😘 Dan setelah main IG aku jg baru tau ternyata di Bangka jg ada loh... Kalo di kalbar cencalok ini bisa diolah menjadi bbrp variasi. Di campur ke adonan telur dadar. Bisa jg di tumis dgn irisan cabe rawit yg bnyk, bawang merah dan daun kunyit muda.. atau hanya di bikin sambel seperti ini.. Berhati2 lah karena bakal boros nasi banget yess...🙈🙈 Udh lama bgt gak beli karena makan sambal ini lbh seru rame2.. kecuali kalo mudik, mama mertua msh suka bikin sambal cencalok ini.
Nah ini kebetulan minggu lalu di kasi sekantong kecil sm bapak @stephanus_hasun_ledung
Dia jg dikasi sm temen nya tp pasti bapak malas ngolahnya ya kan.. jd di oper ke aku.. 😄😅😆 Baiklahh aku jadikan sambal aja...di kasi potongan cabe rawit, bawang merah dan perasan jeruk sonkit/jeruk kunci/lemon cui... Aku bawalah ke mabes emak2 rempong di sekolahan inces.. trs pd cobain. Beuhh pd doyan.. nambah semuaa...😅😅😆 Pesan moralnya... kalo ada makanan yg blm prnh kamu coba... cobalah skrg.. jgn sampe nyesal karena telat cobain sesuatu yg enak..😆😆😋
Selamat sore mantemans... 😘😘
Saya msh bingung mikirin makan malam nih..🙈🙈
..
..
..
#cencalok #hakoi #hekoi #sambalcencalok #enakbanget #udangfermentasi #musttry #menukhaskalbar #seleranusantara #doyancooking #sukamasak #cookingmama #begrateful

Most Popular Instagram Hashtags