#dapurmamito

843 posts

TOP POSTS

Fotomasak dari @manty_ravika
________________________________________________
Menu hari ini request nya pak Misua minta di masakin Cumi asam manis 😊😍
.
.
CUMI ASAM MANIS
.
Bahan :
1/2 kg cumi segar
Air jeruk nipis secukupnya
Serai 2 batang , di geprek
Garam , gula dan Air secukupnya
.
Bahan Bumbu :
1/2 bh Bawang bombay ukuran sedang , iris
4 bh Bawang merah, diiris tipis
2 siung Bawang putih, di geprek
3 cm Jahe, di geprak
1 bh tomat, potong2 kotak kecil
cabai merah/ijo besar secukupnya, iris serong
1 batang Daun bawang, rajang kecil
Kecap secukupnya sesuai selera.
Saus sambal/tomat secukup nya
.
Cara Membuat :
- Cuci bersih cumi, buang kulit luarnya dan Potong2 cumi sesuai selera , lumuri dgn air jeruk nipis, diamkan 15 mnt di dlm kulkas dan cuci lg
- Tumis bawang putih, bawang bombay, bawang merah, daun bawang, tomat, cabai merah/ijo, batang serai dan jahe, Aduk aduk sampai tercium bau harum khas tumisannya
- Masukkan cumi yang sudah dipotong, saos cabe , saos tomat, kecap manis , gula pasir dan garam secukup nya. Aduk2 sebentar sampai semua bahan tercampur rata
- Tuang air sedikit dan aduk2 sampai semua bahan matang ( jangan terlalu lama ya, cukup 10 mnt saja spy daging cuminya gak keras )
- Koreksi rasa , angkat dan siap di santap selagi hangat πŸ˜‹πŸ˜‹
.
.
Selamat mencoba.
#dapurmamito #cumiasammanis #resepcumi #resepseafood #homemadefood

FOLLOW @dapurbaking
.
.

Ini cemilan yg paling gampang buat nya, gak pake di Oven dan gak pake mixer2-an , gak ribett pokok nya 😘😍
Buat Bola Bola Coklat ato bahasa keren nya Choco Balls 🍫🍯 , Cemilan utk teman2 anak pd main di rumah ☺😊
Bola2 coklat nya di lapisi pake Coklat batang cair jd kebayangkan rasa nyoklat nya luar dalam kebangetann πŸ˜‹πŸ‘Œ
.
.
Triple Choco Balls
By @manty_ravika

Bahan :

200 gr biskuit marie ( Blender Halus )
50 gr margarin cair
75 gr susu kental manis coklat
50 gr cokelat batangan (lelehkan)
Secukupnya meises ceres

Cara Membuat :
- Siapkan mangkuk dan masukkan marie yang sudah dihaluskan.
- Tuangkan Maegarin cair, susu kental manis dan bentuk adonan jadi bola-bola kecil.
- Celupkan bola-bola dalam cokelat cair dan gulingkan di atas meises.
- Simpan kue dalam kulkas agar keras dan renyah.
Sajikan kue nya dan yakinnn pst cepat ludessss nya ama anak2 πŸ˜šπŸ˜„
.
.
.
#dapurmamito #bolabolacoklat #chocoball #resepbolabolacoklat #homemadefood

@videolaper
Repost from @manty_ravika Ini Dia Kue Untir-untir yg sy buat kemarin..wuihh buat nya lama krn ngeplintirin-nya satu2 tp anak2 yg makan nya mah sekejap πŸ˜„πŸ˜ƒ
Kalo di sini bilang nya ini Kue Tambang tp kalo di kampung ku sono bilang nya ini Kue Untir-Untir bahh πŸ˜‚
enak , gurih dan kriuk-kriuk πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹
.
.
KUE UNTIR-UNTIR ( Kue Tambang )
.
.
Bahan :
300 gr Tepung terigu segi3
100 gr Gula pasir halus (sy pake : 75 gr )
60 gr Margarin
1/2 sdt Garam halus
1/4 sdt Baking powder
1/4 sdt Soda kue
2 btr Telur ayam
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat :
- Campur bahan kering dalam wadah, aduk rata. Tambahkan telur uleni hingga kalis.
- Tipiskan adonan (kurang lebih 0,3cm), potong panjang-panjang (10-12cm) kyk mau bikin stick kemudian untir sedemikian rupa kaye tali tambang. dan Terakhir rapatkan ujungnya.
- Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan api sedang hingga matang dan kering.
- Tunggu dingin baru simpan dlm toples kedap udara ya biar tetap kriuk2 πŸ˜‹πŸ˜‹
.
.
Selamat Mencoba πŸ™
.
.
#dapurmamito #kueuntir #kuetambang #resepkue #homemadefood

Thankyou for baking @manty_ravika
____________________________________________
Kue Paria ato kue Perape kue khas nya Kota Banjarmasin.. Kue nya mirip ya ama sayur pare maka nya dikasih nama kue Pare ato Perape 😊☺
Aku gak pake air kapur sirih tp aku tambahi adonan nya pake kentang kukus, biar daging kue nya tebal tapi tetap lembutt wkt digigit ☺😊
Kue nya enakk legit bangett πŸ˜‹πŸ˜‹
.
.
.
KUE PEPARE
Sumber : Buku Resep Sedap

Bahan :
275 gr Tepung ketan
1 bh kentang ukuran sedang *75 gr , kukus dan haluskan
ΒΌ sdt garam
175 ml santan kental (hangat)
50 ml air daun pandan asli yg sudah diendapkan

Bahan unti :
150 gr kelapa setengah tua, parut kasar
100 gr gula merah, sisir halus
75 ml air
25 gr gula pasir
1 lbr daun pandan, ikat
ΒΌ sdt garam

Bahan olesan ( panaskan ) :
50 ml santan kental
1/8 sdt garam

Cara membuat:
- Isi Unti : rebus air, gula merah dan gula pasir. Saring.
Rebus kembali air gula, tambahkan kelapa, daun pandan dan garam. Aduk sampai meresap, angkat dan sisihkan
- Kulit : aduk tepung ketan, Kentang halus dan garam. Masukkan campuran santan, air daun pandan. Uleni sampai rata
- Ambil 25 gr adonan kulit, pipihkan. beri isi , Bentuk lonjong. Buat guratan2 dengan tusuk gigi hingga membentuk seperti kulit paria
- Oleskan bagian atas kue dengan bahan olesan. Alasi daun pisang. Kukus di dalam pengukus yang sudah dipanaskan selama 10 menit. Sambil dibuka sesekali tutup pancinya agar pepare tidak menggelembung.
Angkat dan oleskan bahan olesan kembali.
.
.
selamat mencoba πŸ™
.
#dapurmamito #kuepare #khasbanjar #resepkue #homemadefood

Perkedel Kentang dgn bahan2 sederhana aja tp koq ya enakk banget yaa πŸ˜‹πŸ˜ƒ
.
.
Perkedel Kentang
By : @manty_ravika
.
Bahan:

3 bh kentang ukuran besar ( 450 gr ) kupas, potong kotak ukuran 2 x 2 cm
1 btng daun seledri, dirajang halus
1 butir telur untuk mencelup perkedel, kocok lepas

Bumbu halus :
3 siung bawang merah ( digoreng dahulu )
3 siung bawang putih ( digoreng dahulu )
1/4 sdt ketumbar butiran
1 sdt garam

Cara Membuat :
- Goreng kentang sampai matang dlm minyak banyak, angkat dan ulek di cobekan sampai agak halus
- Pindahkan ke wadah dan tambahkan bumbu halus dan daun seledri, aduk rata dan koreksi rasa
- Bentuk adonan bulat pipih , lakukan sampai habis
- Celupakan adonan ke kocokan telur dan goreng sampai permukaan nya kecoklatan, angkat dan tiriskan
.
.
*Agar perkedel tidak hancur, jangan goreng terlalu banyak dalam satu penggorengan dan jangan dibalik-balik selama perkedel digoreng. Jadi pastikan perkedel matang dan kering disatu sisi baru dibalik dan digoreng sisi lainnya.
* Pastikan minyak nya baru yaa.

Untuk 12 bh perkedel ukuran sedang, diameter 5 cm

Selamat mencoba πŸ™
.
#dapurmamito #perkedelkentang #resepperkedel #homemadefood

Lama gak buat Ikan Bakar, kalau menu udh d bakar2 lengkap sambal dan lalapan nya, mmm...menu saiya sekali nihh, nasi bisa nambahh dua kali apalagi mendung gini β˜ΊπŸ˜ŠπŸ˜‹πŸ˜˜
Buat yukkk, dijamin bakal ketagihan ✌😊
-------------------------------
🐟 Ikan Nila Bakar Pedas 🐟
By @manty_ravika
Resep dan bahan :

2 ekor ikan Nila ,uk Sedang belah punggung
1 bh jeruk nipis
5 sdm kecap manis
air asam jawa secukupnya
garam secukupnya
minyak goreng secukupnya

Bumbu halus :
10 buah cabai merah
4 siung bawang putih
5 siung bawang merah
1 sdt ketumbar

Cara membuat :

Bersihkan ikan lumuri dgn jeruk nipis dan garam, diamkan 10 mnt

Tumis sebentar bumbu yang sudah dihaluskan kemudian masukkan kecap manis, garam dan air asam masak sampai mendidih lalu angkat dan bagi menjadi dua bagian.

Celupkan ikan nila pada salah satu bumbu, diamkan selama 5 menit kemudian bakar di pan anti lengket sampai benar-benar matang.

Lumuri dengan bumbu yang satunya kemudian sajikan dengan didampingi sambal dan lalapan daun, mentimun πŸ˜‹ * Bila tidak suka pedas kurangi cabai,

Selamat mencoba, semoga bermanfaat ☺😊 #dapurmamito #ikannilabakar

bisabikin: bolu kukus mekar
.
terimakasih resepnyaa mbak @manty_ravika bolkusnya mekaar
.
.
Yess...Bolu kukus nya mekar gak kena kutukan dunkk πŸ˜πŸ˜„ *goyangitikπŸ’ƒπŸ’ƒ
wlopun td pas buka tutup dandang nya agak deg2-an sambil2 baca doa hihihii πŸ™πŸ™ˆπŸ™Š.. Mari kita ngemill si mekar cantik dgn motif Zebra πŸ˜‹πŸ˜‹
-----
Bolu Kukus Mekar
source : @liliana.wijaya68

Bahan :
250 grΒ tepung kunci biru
225 grΒ gula pasir ( me : 200 gr )
150 mlΒ air soda (me:sprite)
2 btr telur utuh
1/2 sdtΒ SP
secukupnyaΒ Pewarna

Cara Buat :
- Kocok gula, telur dan SP dengan kecepatan tinggi sampai pucat mengembang (me :15 menit)
- Turunkan speed rendah masukkan tepung dan air soda secara bergantian sampai habis
- Kocok lagi sampai mengental (me:1 menit dengan kecepatan tinggi)
- Bagi adonan menjadi beberapa warna yang diinginkan
- Tuang adonan ke paper cup isi dgn hampir penuh agar hasil mekarnya sempurna
- Kukus selama 12 menit dgn api besar

Note :
- Sebelum mulai mengukus pastikan air di dandang sudah panas dan menghasilkan banyak uap danTutup dgn kain agar uap tidak menetes
- Jangan sesekali membuka kukusan sebelum menit ke 12
.
#dapurmamito #bolukukusmekar #homemadefood #bisabikin #bisabikinbolu

Buat Roti Boy banyak kemarin dan pagi nya bisa utk sarapan kita jg sekalian, tetap ya masih enak , lembut dan jd rebutan anak2 krn takut keabisan πŸ˜πŸ˜ƒπŸ˜„
.
.
Roti Boy isi Coklat
.
.
Bahan :

Bahan roti :
500 gr Terigu protein tinggi ( cakra )
20 gr susu bubuk
60 gr gula pasir
60 gr mentega/ margarin
6 gr ragi instan/fermipan
1 btr telur utuh, kocok lepas
250 ml susu cair

Isian : Coklat blok, potong2 @ 10 gr
Topping :
80 gr tepung terigu
75 gr gula bubuk
75 gr margarin
50 ml putih telur
2 sdm kopi instan ( aku pake Nescafe )
1 sdt pasta moka

Cara Membuat :
Roti :
- Campur tepung terigu, susu bubuk, ragi dan gula pasir. Tambahkan telur, aduk rata. Tambahkan susu cair sedikit demi sedikit sambil di mixer speed tinggi.
- Masukkan mentega, di uleni sampe kalis elastis. ( 10 mnt udh kalis )
- Tutup adonan dgn plastik atau kain basah, Diamkan 45 menit sampai adonan mengembang 2x lipat.
- Kempiskan adonan dan timbang masing2 @ 45gr, taruh coklat isian nya , Bulatkan sambil di padat kan, taruh di loyang yg diolesi margarin, Diamkan 30 mnt sampai mengembang

Sembari menunggu kita buat topping nya yaa 😊
- Mixer semua bahan topping sampai halus dan lembut ( 5 mnt ) , masukkan ke dlm paping bag
- Semprotkan topping di atas roti secara melingkar kaye Lingkaran Obat nyamuk
- Panaskan oven 180'C (sesuaikan dgn suhu oven masing2). Panggang roti selama 20-25 mnt hingga matang dan kecoklatan.
- Angkat dan enak disantap saat hangat πŸ˜‹

Selamat mencoba 😊
.
#dapurmamito #roti #reseproti #reseprotiboy #mexicanbun #rotiboy #cakedankue #doyanbaking #demenbaking #bakingcooking_ #sukabaking #happybaking #lovecookbake #ykmk2014 #ykmk2014_recipes #shareresep #fotokue #baking #yukbelajarmasak

🍩🍩 Resep Donut Buah Naga 🍩🍩
By @manty_ravika
Bosan di Juice di bikinin donut ternyata jg enak dan lembutt pulakk...asal yg sabar ngulenin ya dan jgn kelamaan fermentasi nya. ☺😊
Yg mau nyobain ini aku share resepi nya.
Bahan:

250 gr buah naga ( blender tanpa air )
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk full cream
1 bungkus (11 g) ragi instant
100 gr gula halus
75 gr mentega
Β½ sdt garam
4 butir kuning telur
100 ml air dingin

Cara membuat:
* Campur tepung terigu, gula, susu bubuk, dan ragi instant. Aduk rata.
* Masukkan buah Naga sedikit demi sedikit aduk sampai rata. ( hentikan jika dirasa sudah cukup kalis )
* Masukkan kuning telur uleni hingga rata dan setengah kalis, tambahkan mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis.
* Diamkan selama 30 menit. ( tutup dgn serbet lembab )
* Bagi adonan 30gr dan bentuk menjadi bulat ( pake cetakan donut ) * Diamkan selama 20-30menit lagi, sampai terlihat mengembang.
* Goreng donat dengan api cenderung sedang sampai terlihat matang kecoklatan.
* Angkat, kemudian tiriskan dan taburkan gula donat, atau hias dengan coklat, ceres sebagai pemanis.

Selamat mencoba☺😊 #dapurmamito #donut

MOST RECENT

@Regrann from @manty_ravika - Kalau sambal nya kaye begini, di jamin nasi sebakul bakal abisss πŸ˜†πŸ˜…πŸ˜ƒπŸ˜„
------------------------
SAMBAL BAWANG

Bahan :
15 buah cabai rawit ( gunakan yang segar )
2 bh cabai merah besar
3 siung bawang putih
5 butir bawang merah
Secukupnya garam
Secukupnya gula merah
Minyak goreng utk menumis secukup nya

Cara membuat :
- Goreng cabai dan semua bawang, ulek atau blender kasar , tumis kembali cabai yg di ulek tambahkan garam dan gulmer. Sampai aroma wangi, angkat dan Sajikan dgn ayam atau ikan 😊
- Bisa di stok di simpan di Toples kaca πŸ‘Œ

Selamat mencoba, semoga bermanfaat

#dapurmamito #sambal #resepsambal #resepsambalbawang #doyansambal #homecooking #doyancooking #doyanmasak #shareresep #berbagiresep #bisabikin #resepyummy #food_lovers #foodart #lovers_home4 #food_repost #food_mystyle #food_porn #foodpost #foodpic #yummi #yukbelajarmasak #belajarmasakyuk #enak #foodstagram #foodgasm #foodgallery #instapics

.
.
.
.

Gegara Kmaren sore pengen Tahu gejrot tp tukang nya ga jualan,, Mamak2 dendam deeh,,pagi2 gini dah bikin tuh Tahu gejrot.. Rasanya Jangan ditanya,,cengek setan 4biji untuk 1 porsi :D

#dapurmamito #tahugejrot #pagi2 #semogagamules2 #bukanngidam #cumapengenajah

Anak ku yg TK udh mulai aktif masuk sekolah lg..jd tiap pagi hrs di sediain Bekal sekolah nya, dan lebih doyan kalo bekal nya itu kaye kue apalagi roti2-an dibanding bekal nasi..jd emak nya hrs lebih banyak belajar baking roti2-an lagi nih, krn Homemade bread itu jauh lebih sehat apalagi buat dompett sehatt kali pun alias lebih hemat kalo buat sendiri πŸ˜„πŸ˜ƒπŸ‘
ini aku pake resep yg pas diloyang loaf uk 20Γ—10Γ—10cm
.
Roti Tawar semangka / Watermelon Loaf Bread 🍞
.
.
Bahan :

Bahan roti :
250 gr tepung terigu protein tinggi
10 gr susu bubuk
30 gr margarin
40 gr gula pasir ( bs dikurangi klo gak suka manis )
1 btr telur utuh, kocok lepas
100 ml susu cair
4 gr ragi instan/fermipan
pewarna makanan Merah, hijau secukup nya
1-2 sdm kismis ( utk biji nya )

Cara Membuat :
- Cmpr tepung, ragi, gula, susu bubuk, aduk rata, masukkan telur , mixer sebentar, masukan susu cair mixer hingga setengah kalis, masukkan mentega mixer hingga adonan kalis elastis.
- Bagi adonan menjadi 2 bagian, satu bagian dikasih pewarna merah, yg satu bagian lg dibagi 2 lg...ksh pewarna hijau yg satunya...yg satu lg biarkan tanpa warna ( warna merah lebih banyak )
- Campur pewarna pd adonan ..uleni pake tangan aza hingga tercmpr rata utk wrn merah nya saat diuleni campur kismis biar jd kaye bijinya..hehe...
stlh wrn adonan tercmpr rata.diamkan hingga mengembang 2x lipat
- gilas adonan merah hingga memanjang ,gulung.
adonan putih gilas memanjang letakan adonan merah td bungkus.
terakhir adonan hijau, gilas memanjang, letakan lg adonan td bungkus lg
- diamkan diloyang yg tlh dioles mentega...biarkan slama 1,5jam atau ngembang 2x lipat. oles atas nya dgn pasta charcoal ( kalo ada ya )
- Panaskan oven 180'C (sesuaikan dg suhu oven masing2). Panggang roti selama 15-20 mnt hingga matang
- Angkat dan panas2 olesi langsung permukaannya dgn margarin.

Selamat mencoba 😊
.
#dapurmamito #rotitawar #rotitawarsemangka #reseprotitawar #breadloaf #homemadefood

@Regrann from @manty_ravika - Udh lama gak buat cupcake / Muffin utk anak2... pas kemarin borong keju cheddar yg lagi diskon gila2-an πŸ˜ƒπŸ˜„πŸ˜œπŸ˜œπŸ™ˆ... akhir nya buat pagi ini... enakk, lembut dan ngeju bangett πŸ‘πŸ‘Œ
------------------
CHEESE MUFFIN / Muffin Keju
Utk 12 pcs Uk sedang

Bahan :
250 gr tepung protein sedang
80 gr gula halus
150 ml susu cair
100 gr butter, lelehkan
75 gr keju cheddar, parut halus ( 25 gr nya sisa kan utk taburan )
50 gr keju potong dadu
1/2 sdt vanili bubuk
2 butir telur
1 sdt baking powder double acting
1/2 sdt baking soda

Cara membuat :
- Panaskan oven 180 ' C. Siapkan loyang muffin dan cup kertasnya.
- Campur susu cair dgn 50 gr keju parut didihkan , aduk rata sampai keju larut, setelah dingin masukkan mentega cair dan telur, kocok dgn kocokan kawat.
- Di wadah lain masukkan tepung, gula halus, BPDA dan Soda kue, aduk rata.
- Masukkan Bahan cair ke Bahan tepung, keju dadu dan Aduk asal rata jangan overmix.
- Tuang dalam cetakan muffin setinggi 3/4 nya, taburi keju parut.Panggang selama sekitar 25 menit sampai matang.
- Siap dinikmati selagi hangat πŸ˜‹

Selamat mencoba, semoga bermanfaat
#dapurmamito #muffinrecipe #muffinkeju #cheesemuffin #resepmuffin #homemadefood #bisabikin #doyanbaking #sukabaking #shareresep #berbagiresep #cakedankue #belajarbaking #resepbaking #resepmasak #inthekitch_en #foodshare #belajarmasakyuk #lovers_home4 #bakingmania #cakestagram #cake #bake #foodclipid - #regrann

@videolaper
Repost from @manty_ravika Kulit Pizza nya aku buat agak tebal nih, biar kerasa roti nya , krn anak2 doyan banget ama roti apalagi dibuat keq gini nih, berasa makan es krim πŸ˜„πŸ˜…
tp klo mau buat lebih tipis biar lebih kress kress disesuaikan selera aja 😊☺
isian nya bs diisi apa aja sesuai selera, tp krn ini bentuk nya kerucut aku saran kan isian nya hrs di masak matang dulu yaa πŸ‘πŸ‘Œ
1 resep dpt nya 17 cone 😊
.
.
Cone Pizza πŸ•
By: @manty_ravika

Bahan Dough :
300 gr Tepung Cakra
1/2 sdt Garam
1/2 sdt BP
2 sdm Minyak
2 sdm mentega
1 sdm Gula
150 ml Air hangat
1 sdt ragi

Toping :
250 gr fillet ayam ( cincang2 )
1/2 bh Bawang bombay (cincang)
1 bh Bawang putih ( cincang )
1/2 sdt Garam
1 sdt Margarin (untuk menumis)
2 sdm Saos Tomat
1/2 bh Paprika merah
3 sdm saos bolognese ( Del Monte )
Dry Oregano secukup nya
secukupnya keju chedar
secukupnya keju quick melt

Langkah2 Dough :
- Campur air, gula, ragi aduk dan diamkan 8 mnt smpe berbuih.
- Di wadah lain masukkan tepung, garam, BP, minyak, aduk rata sambil dituang air ragi uleni hingga kalis.
- tambahkan mentega, uleni lg kalis elastis
- Kemudian diamkan slama 45mnt smpe mengembang 2x lipat.

Toping :
- Lelehkan margarin , tumis bawang putih dan bwng bombai masak hingga layu , masukkan ayam dan tambah garam, saos tomat, saos bolognese dan paprika aduk rata, angkat sisihkan.
- Panaskan oven dg suhu 175Β° slama 10mnt.

Penyelesaian :
- Setelah adonan dough mengembang, kempiskan adonan, gilas tipis dan bentuk kerucut, besar n tebal sesuai selera aja
- Tabur tepung ke cetakan nya tipis aja, tempel nya adonan ke cetakan, rapat kan kedua siku nya dan tekan2 pake garpu
- Panggang setengah matang dulu, kurleb 10 mnt, keluarkan lalu masukkan isian nya, tabur keju diatas nya dan dry oregano nya jg
- Oven lagi pizza dgn suhu 175Β° selama 15mnt ato ampe matang
- Setelah matang angkat dan Cone Pizza pun siap disantapp πŸ˜‹πŸ˜‹
.
.
.
selamat mencoba πŸ™
.
#dapurmamito #reseppizza
#conepizza #pizza #homemade #homemadefood

Kulit Pizza nya aku buat agak tebal nih, biar kerasa roti nya , krn anak2 doyan banget ama roti apalagi dibuat keq gini nih, berasa makan es krim πŸ˜„πŸ˜…
tp klo mau buat lebih tipis biar lebih kress kress disesuaikan selera aja 😊☺
isian nya bs diisi apa aja sesuai selera, tp krn ini bentuk nya kerucut aku saran kan isian nya hrs di masak matang dulu yaa πŸ‘πŸ‘Œ
1 resep dpt nya 17 cone 😊
.
.
Cone Pizza πŸ•
By: @manty_ravika

Bahan Dough :
300 gr Tepung Cakra
1/2 sdt Garam
1/2 sdt Baking Powder
2 sdm Minyak
2 sdm mentega
1 sdm Gula
150 ml Air hangat
1 sdt ragi

Toping :
250 gr fillet ayam ( cincang2 )
1/2 bh Bawang bombay (cincang)
1 bh Bawang putih ( cincang )
1/2 sdt Garam
1 sdt Margarin (untuk menumis)
2 sdm Saos Tomat
1/2 bh Paprika merah
3 sdm saos bolognese ( Del Monte )
Dry Oregano secukup nya
secukupnya keju chedar
secukupnya keju quick melt

Langkah2 Dough :
- Campur air, gula, ragi aduk dan diamkan 8 mnt smpe berbuih.
- Di wadah lain masukkan tepung, garam, BP, minyak, aduk rata sambil dituang air ragi uleni hingga kalis.
- tambahkan mentega, uleni lg kalis elastis
- Kemudian diamkan slama 45mnt smpe mengembang 2x lipat.

Toping :
- Lelehkan margarin , tumis bawang putih dan bwng bombai masak hingga layu , masukkan ayam dan tambah garam, saos tomat, saos bolognese dan paprika aduk rata, angkat sisihkan.
- Panaskan oven dg suhu 175Β° slama 10mnt.

Penyelesaian :
- Setelah adonan dough mengembang, kempiskan adonan, gilas tipis dan bentuk kerucut, besar n tebal sesuai selera aja
- Tabur tepung ke cetakan nya tipis aja, tempel nya adonan ke cetakan, rapat kan kedua siku nya dan tekan2 pake garpu
- Panggang setengah matang dulu, kurleb 10 mnt, keluarkan lalu masukkan isian nya, tabur keju diatas nya dan dry oregano nya jg
- Oven lagi pizza dgn suhu 175Β° selama 15mnt ato ampe matang
- Setelah matang angkat dan Cone Pizza pun siap disantapp πŸ˜‹πŸ˜‹
.
.
.
selamat mencoba πŸ™
.
#dapurmamito #reseppizza
#conepizza #pizza #homemade #homemadefood

Fotomasak dari @manty_ravika
__________________________________________
Ikan Nila Asam Manis
.
.
Bahan :
1 ekor Ikan Nila ( 800 gr )
1 sdm air jeruk nipis

1/2 siung Bawang Bombay
2 siung Bawang Putih
1 bh Tomat Merah , potong2
1/2 bh wortel , potong korek api
2 sdm saus tomat
1 sdm Kecap Manis
1 bh Cabai merah besar iris serong
1 bh daun bawang, potong2
Maizena 1 sdm
Buah Nanas secukup nya
gula garam secukupnya
Merica (Lada) Bubuk secukupnya
1 sdm margarin utk menumis
50 ml air matang

Cara membuat :
- Cuci bersih ikan , lumuri air jeruk nipis. diamin 15 mnt, lalu goreng smpai matang kecoklatan. Sisihkan
.
- Memasak saus: Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum dengan margarin. tambahkan tomat yg sudah dipotong kecil2. Aduk, tambahkan saos tomat, kecap , wortel, cabai merah dan buah nanas, daun bawang, gula, garam, lada dan tambahkan air.
- Masukkan maizena yg udh d campur dgn sdikit air biar kuah nya kental, aduk2 dan koreksi rasa nya
- panas2 Siram saus di atas ikan yg udh di goreng. dan santap selagi hangat πŸ˜‹
.
Selamat mencoba 😊
.
.
#dapurmamito #ikannilaasammanis #resepikan #homemadefood #resepmasakanfavorit

Buat Es krim tp dlm bentuk Pizza , jadi nya Pizza Es krim ato bahasa kekinian nya Cone Pizza πŸ•
Aku hanya pake cetakan Kue kerucut yg udh lama dibeli tp blon pernah kepake, jd jgn bergantung pd alat perang kecuali utk bisnis loh makk πŸ˜‰
Penyangga Cone nya biar bs berdiri aja aku pake loyang Tulban πŸ˜‚, modif alat apa aja yg ada yg penting hasil nya Wokehhh badaii πŸ˜„πŸ˜ŠπŸ‘
Ini tutorial nya Cone Pizza nya
.
.
Cone Pizza πŸ•

Bahan Dough :
300 gr Tepung Cakra
1/2 sdt Garam
1/2 sdt BP
2 sdm Minyak
2 sdm mentega
1 sdm Gula
150 ml Air hangat
1 sdt ragi

Toping :
250 gr fillet ayam ( cincang2 )
1/2 bh Bawang bombay (cincang)
1 bh Bawang putih ( cincang )
1/2 sdt Garam
1 sdt Margarin (untuk menumis)
2 sdm Saos Tomat
1/2 bh Paprika merah
3 sdm saos bolognese ( Del Monte )
Dry Oregano secukup nya
secukupnya keju chedar
secukupnya keju quick melt

Langkah2 Dough :
- Campur air, gula, ragi aduk dan diamkan 8 mnt smpe berbuih.
- Di wadah lain masukkan tepung, garam, BP, minyak, aduk rata sambil dituang air ragi uleni hingga kalis.
- tambahkan mentega, uleni lg kalis elastis
- Kemudian diamkan slama 45mnt smpe mengembang 2x lipat.

Toping :
- Lelehkan margarin , tumis bawang putih dan bwng bombai masak hingga layu , masukkan ayam dan tambah garam, saos tomat, saos bolognese dan paprika aduk rata, angkat sisihkan.
- Panaskan oven dg suhu 175Β° slama 10mnt.

Penyelesaian :
- Setelah adonan dough mengembang, kempiskan adonan, gilas tipis dan bentuk kerucut, besar n tebal sesuai selera aja
- Tabur tepung ke cetakan nya tipis aja, tempel nya adonan ke cetakan, rapat kan kedua siku nya dan tekan2 pake garpu
- Panggang setengah matang dulu, kurleb 10 mnt, keluarkan lalu masukkan isian nya, tabur keju diatas nya dan dry oregano nya jg
- Oven lagi pizza dgn suhu 175Β° selama 15mnt ato ampe matang
- Setelah matang angkat dan Cone Pizza pun siap disantapp πŸ˜‹πŸ˜‹
.
.
.
selamat mencoba πŸ™
.
#dapurmamito
#conepizza #pizza #tutorial #tutorialbaking #homemadefood

Ikan Nila Asam Manis
.
.
.
Bahan :
1 ekor Ikan Nila ( 800 gr )
1 sdm air jeruk nipis

1/2 siung Bawang Bombay
2 siung Bawang Putih
1 bh Tomat Merah , potong2
1/2 bh wortel , potong korek api
2 sdm saus tomat
1 sdm Kecap Manis
1 bh Cabai merah besar iris serong
1 bh daun bawang, potong2
Maizena 1 sdm
Buah Nanas secukup nya
gula garam secukupnya
Merica (Lada) Bubuk secukupnya
1 sdm margarin utk menumis
50 ml air matang

Cara membuat :
- Cuci bersih ikan , lumuri air jeruk nipis. diamin 15 mnt, lalu goreng smpai matang kecoklatan. Sisihkan
.
- Memasak saus: Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum dengan margarin. tambahkan tomat yg sudah dipotong kecil2. Aduk, tambahkan saos tomat, kecap , wortel, cabai merah dan buah nanas, daun bawang, gula, garam, lada dan tambahkan air.
- Masukkan maizena yg udh d campur dgn sdikit air biar kuah nya kental, aduk2 dan koreksi rasa nya
- panas2 Siram saus di atas ikan yg udh di goreng. dan santap selagi hangat πŸ˜‹
.
Selamat mencoba 😊
.
.
#dapurmamito #ikannilaasammanis #resepikan #homemadefood #resepmasakanfavorit

@Regrann from @manty_ravika - Buat Bolkus mekar rasa Pandan Coklat. ini bolkus mekar yg pake air soda , resep yg paling gampang dan Anti Gagal πŸ‘πŸ‘Œ
Hasil nya jg enak, lembut, wangi .
Pasti Mekar Merona asal langkah2 buat nya diikuti yg benar yaaa πŸ˜Šβ˜ΊπŸ‘πŸ‘Œ
1 resep ini dpt nya 15 buah 😊
.
.
Bolu Kukus Mekar Pandan Coklat
.

Bahan :
250 grΒ tepung kunci biru
225 grΒ gula pasir ( me : 200 gr )
150 mlΒ air soda
2 btr telur utuh
1/2 sdtΒ SP
secukupnyaΒ Pewarna Pandan dan Coklat

Cara Buat :
- Kocok gula, telur dan SP dengan kecepatan tinggi sampai pucat mengembang (me :15 menit)
- Turunkan speed rendah masukkan tepung dan air soda secara bergantian sampai habis
- Kocok lagi sampai mengental (me:1 menit dengan kecepatan tinggi)
- Bagi adonan menjadi 2 warna yang diinginkan
- Tuang adonan ke paper cup secara bergantian warna nya sampai penuh ya agar hasil mekarnya sempurna
- Kukus selama 15 menit dgn api besar

Note :
- Sebelum mulai mengukus pastikan air di dandang sudah panas dan menghasilkan banyak uap danTutup dgn kain agar uap tidak menetes
- Jangan sesekali membuka kukusan sebelum menit ke 15
.
#dapurmamito #bolukukusmekar #homemadefood #resepbolukukusmekar #resepbolukukus #doyanbaking #cakedankue #bisabikin #happybaking #belajarbaking #ykmk2014 #ykmk2014_recipes #demenbaking #bakingcooking_ #resepyummy #yukbelajarmasak #shareresep #anekaresepkue #fotokue #ivgfood #food #foodgallery - #regrann #resepbersama

Buat Bolkus mekar rasa Pandan Coklat. ini bolkus mekar yg pake air soda , resep yg paling gampang dan Anti Gagal πŸ‘πŸ‘Œ
Hasil nya jg enak, lembut, wangi .
Pasti Mekar Merona asal langkah2 buat nya diikuti yg benar yaaa πŸ˜Šβ˜ΊπŸ‘πŸ‘Œ
1 resep ini dpt nya 15 buah 😊
.
.
Bolu Kukus Mekar Pandan Coklat
.

Bahan :
250 grΒ tepung kunci biru
225 grΒ gula pasir ( me : 200 gr )
150 mlΒ air soda
2 btr telur utuh
1/2 sdtΒ SP
secukupnyaΒ Pewarna Pandan dan Coklat

Cara Buat :
- Kocok gula, telur dan SP dengan kecepatan tinggi sampai pucat mengembang (me :15 menit)
- Turunkan speed rendah masukkan tepung dan air soda secara bergantian sampai habis
- Kocok lagi sampai mengental (me:1 menit dengan kecepatan tinggi)
- Bagi adonan menjadi 2 warna yang diinginkan
- Tuang adonan ke paper cup secara bergantian warna nya sampai penuh ya agar hasil mekarnya sempurna
- Kukus selama 15 menit dgn api besar

Note :
- Sebelum mulai mengukus pastikan air di dandang sudah panas dan menghasilkan banyak uap danTutup dgn kain agar uap tidak menetes
- Jangan sesekali membuka kukusan sebelum menit ke 15
.
#dapurmamito #bolukukusmekar #homemadefood #resepbolukukusmekar #resepbolukukus #doyanbaking #cakedankue #bisabikin #happybaking #belajarbaking #ykmk2014 #ykmk2014_recipes #demenbaking #bakingcooking_ #resepyummy #yukbelajarmasak #shareresep #anekaresepkue #fotokue #ivgfood #food #foodgallery

Ini nama nya kue Gegicak tp ada jg yg nyebut nama nya Kue kikicak , kue traditional khas nya Kalimantan.
Terbuat dr tepung ketan putih, hampir mirip kaye Klepon jawa sih nurut aku. Gegicak ini biasa nya di sajikan pake Kelapa parut lalu disiram saus gula merah, tp ada jg disajikan pake unti kelapa kaye aku nih..terserah sesuai selera aja, tuetap sama2 uenakk disantap sore2 hujan gini + teh hangatt yaaa πŸ˜‹πŸ˜
.
.
Kue Gegicak
sumber : tabloid saji
.
.
Bahan :
175 gram tepung ketan putih
50 gr tepung sagu
1/2 sdt garamΒ 
1 sdt air kapur sirihΒ ( aku gak pake )
150 ml airΒ hangat
50 ml endapan asli daun pandan
1 sdm minyak goreng untuk merebus

Bahan unti :
150 gr kelapa setengah tua, parut kasar
100 gr gula merah, sisir halus
75 ml air
25 gr gula pasir
1 lbr daun pandan, ikat
ΒΌ sdt garam
.
- Unti : rebus air, gula merah dan gula pasir. Saring.
Rebus kembali air gula, tambahkan kelapa, daun pandan dan garam. Aduk sampai meresap, angkat dan sisihkan

Cara membuat :
- Campur rata tepung ketan, tepung sagu, garam, dan air kapur sirih ( kalo pake ). Tuang air hangat dan air pandan sedikit-sedikit sambil diuleni rata.
- Ambil 6 gr adonan. Bulatkan, Tekan bagian tengahnya dengan jempol.
- Rebus air di dlm panci + minyak goreng , masukkan adonan klo udh mengapung arti nya udh matang, angkat , Sisihkan.
- utk topping nya taruh unti kelapa diatas nya.
- siap di santap πŸ˜‹πŸ˜
.
.
.
Selamat Mencoba πŸ™
setor @baking_bareng
#bakingbareng19_berasketan

@videolaper
Repost from @manty_ravika Simple, Capcuss, Endess, enak dan pedesssss nya pengenn nambahh2 πŸ˜‹πŸ˜œπŸ˜‹πŸ˜“πŸ˜„
.
.
Ikan Nila Bumbu Rica Rica
.

Bahan :
2 ekor ikan Nila ( 850 gr )
2 sdm air jeruk nipis
3 lbr daun jeruk
2 btng serai digeprek
1 ikat daun kemangi
Minyak goreng secukupnya
air matang secukup nya

Bumbu tumbuk kasar:

10 bh cabai merah keriting
8 bh cabai rawit merah
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 buah tomat
2 cm jahe
secukupnya gula garam

Cara Memasak nya:
- Cuci bersih ikan, sayat bagian kanan kiri, lumuri air jeruk nipis n garam diamkan 10 menit, lalu goreng sampai matang dan kering.
- Tumis bumbu yang sudah ditumbuk kasar sampai aromanya harum masukkan serai dan beri sedikit air. koreksi rasa
- Masukkan daun jeruk dan daun kemangi masak sampai bumbu matang dan rasa udh klop enak
- Angkat dan siram bumbu rica-rica keatas ikan goreng
- Sajikan selagi hangat πŸ˜‹
.
.
Selamat mencoba 😊☺
.
#dapurmamito #ikanricarica
#resepikan
#homemadefood #khasmanado

#Repost @manty_ravika (@get_repost)
・・・
Simple, Capcuss, Endess, enak dan pedesssss nya pengenn nambahh2 πŸ˜‹πŸ˜œπŸ˜‹πŸ˜“πŸ˜„
.
.
Ikan Nila Bumbu Rica Rica
.

Bahan :
2 ekor ikan Nila ( 850 gr )
2 sdm air jeruk nipis
3 lbr daun jeruk
2 btng serai digeprek
1 ikat daun kemangi
Minyak goreng secukupnya
air matang secukup nya

Bumbu tumbuk kasar:

10 bh cabai merah keriting
8 bh cabai rawit merah
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 buah tomat
2 cm jahe
secukupnya gula garam

Cara Memasak nya:
- Cuci bersih ikan, sayat bagian kanan kiri, lumuri air jeruk nipis n garam diamkan 10 menit, lalu goreng sampai matang dan kering.
- Tumis bumbu yang sudah ditumbuk kasar sampai aromanya harum masukkan serai dan beri sedikit air. koreksi rasa
- Masukkan daun jeruk dan daun kemangi masak sampai bumbu matang dan rasa udh klop enak
- Angkat dan siram bumbu rica-rica keatas ikan goreng
- Sajikan selagi hangat πŸ˜‹
.
.
Selamat mencoba 😊☺
.
#dapurmamito #ikanricarica
#resepikan
#homemadefood #khasmanado

RepostBy @manty_ravika: "Simple, Capcuss, Endess, enak dan pedesssss nya pengenn nambahh2 πŸ˜‹πŸ˜œπŸ˜‹πŸ˜“πŸ˜„
.
.
Ikan Nila Bumbu Rica Rica
.

Bahan :
2 ekor ikan Nila ( 850 gr )
2 sdm air jeruk nipis
3 lbr daun jeruk
2 btng serai digeprek
1 ikat daun kemangi
Minyak goreng secukupnya
air matang secukup nya

Bumbu tumbuk kasar:

10 bh cabai merah keriting
8 bh cabai rawit merah
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 buah tomat
2 cm jahe
secukupnya gula garam

Cara Memasak nya:
- Cuci bersih ikan, sayat bagian kanan kiri, lumuri air jeruk nipis n garam diamkan 10 menit, lalu goreng sampai matang dan kering.
- Tumis bumbu yang sudah ditumbuk kasar sampai aromanya harum masukkan serai dan beri sedikit air. koreksi rasa
- Masukkan daun jeruk dan daun kemangi masak sampai bumbu matang dan rasa udh klop enak
- Angkat dan siram bumbu rica-rica keatas ikan goreng
- Sajikan selagi hangat πŸ˜‹
.
.
Selamat mencoba 😊☺
.
#dapurmamito #ikanricarica
#resepikan
#homemadefood #khasmanado" (via #InstaRepost @AppsKottage)

Most Popular Instagram Hashtags