[PR] Gain and Get More Likes and Followers on Instagram.

#dapurmamito

814 posts

TOP POSTS

Fotomasak dari @manty_ravika
________________________________________________
Menu hari ini request nya pak Misua minta di masakin Cumi asam manis 😊😍
.
.
CUMI ASAM MANIS
.
Bahan :
1/2 kg cumi segar
Air jeruk nipis secukupnya
Serai 2 batang , di geprek
Garam , gula dan Air secukupnya
.
Bahan Bumbu :
1/2 bh Bawang bombay ukuran sedang , iris
4 bh Bawang merah, diiris tipis
2 siung Bawang putih, di geprek
3 cm Jahe, di geprak
1 bh tomat, potong2 kotak kecil
cabai merah/ijo besar secukupnya, iris serong
1 batang Daun bawang, rajang kecil
Kecap secukupnya sesuai selera.
Saus sambal/tomat secukup nya
.
Cara Membuat :
- Cuci bersih cumi, buang kulit luarnya dan Potong2 cumi sesuai selera , lumuri dgn air jeruk nipis, diamkan 15 mnt di dlm kulkas dan cuci lg
- Tumis bawang putih, bawang bombay, bawang merah, daun bawang, tomat, cabai merah/ijo, batang serai dan jahe, Aduk aduk sampai tercium bau harum khas tumisannya
- Masukkan cumi yang sudah dipotong, saos cabe , saos tomat, kecap manis , gula pasir dan garam secukup nya. Aduk2 sebentar sampai semua bahan tercampur rata
- Tuang air sedikit dan aduk2 sampai semua bahan matang ( jangan terlalu lama ya, cukup 10 mnt saja spy daging cuminya gak keras )
- Koreksi rasa , angkat dan siap di santap selagi hangat πŸ˜‹πŸ˜‹
.
.
Selamat mencoba.
#dapurmamito #cumiasammanis #resepcumi #resepseafood #homemadefood

FOLLOW @dapurbaking
.
.

Ini cemilan yg paling gampang buat nya, gak pake di Oven dan gak pake mixer2-an , gak ribett pokok nya 😘😍
Buat Bola Bola Coklat ato bahasa keren nya Choco Balls 🍫🍯 , Cemilan utk teman2 anak pd main di rumah ☺😊
Bola2 coklat nya di lapisi pake Coklat batang cair jd kebayangkan rasa nyoklat nya luar dalam kebangetann πŸ˜‹πŸ‘Œ
.
.
Triple Choco Balls
By @manty_ravika

Bahan :

200 gr biskuit marie ( Blender Halus )
50 gr margarin cair
75 gr susu kental manis coklat
50 gr cokelat batangan (lelehkan)
Secukupnya meises ceres

Cara Membuat :
- Siapkan mangkuk dan masukkan marie yang sudah dihaluskan.
- Tuangkan Maegarin cair, susu kental manis dan bentuk adonan jadi bola-bola kecil.
- Celupkan bola-bola dalam cokelat cair dan gulingkan di atas meises.
- Simpan kue dalam kulkas agar keras dan renyah.
Sajikan kue nya dan yakinnn pst cepat ludessss nya ama anak2 πŸ˜šπŸ˜„
.
.
.
#dapurmamito #bolabolacoklat #chocoball #resepbolabolacoklat #homemadefood

Perkedel Kentang dgn bahan2 sederhana aja tp koq ya enakk banget yaa πŸ˜‹πŸ˜ƒ
.
.
Perkedel Kentang
By : @manty_ravika
.
Bahan:

3 bh kentang ukuran besar ( 450 gr ) kupas, potong kotak ukuran 2 x 2 cm
1 btng daun seledri, dirajang halus
1 butir telur untuk mencelup perkedel, kocok lepas

Bumbu halus :
3 siung bawang merah ( digoreng dahulu )
3 siung bawang putih ( digoreng dahulu )
1/4 sdt ketumbar butiran
1 sdt garam

Cara Membuat :
- Goreng kentang sampai matang dlm minyak banyak, angkat dan ulek di cobekan sampai agak halus
- Pindahkan ke wadah dan tambahkan bumbu halus dan daun seledri, aduk rata dan koreksi rasa
- Bentuk adonan bulat pipih , lakukan sampai habis
- Celupakan adonan ke kocokan telur dan goreng sampai permukaan nya kecoklatan, angkat dan tiriskan
.
.
*Agar perkedel tidak hancur, jangan goreng terlalu banyak dalam satu penggorengan dan jangan dibalik-balik selama perkedel digoreng. Jadi pastikan perkedel matang dan kering disatu sisi baru dibalik dan digoreng sisi lainnya.
* Pastikan minyak nya baru yaa.

Untuk 12 bh perkedel ukuran sedang, diameter 5 cm

Selamat mencoba πŸ™
.
#dapurmamito #perkedelkentang #resepperkedel #homemadefood

video masakan @videolaper
Repost from @manty_ravika Soto Medan soto favorit nya anak2 dan pak Misua..pdhal kalo pulkam ke Medan jrng banget kita makan soto medan πŸ˜„πŸ˜œβœŒ
Tp semenjak merantau jauh dr Medan, di menu list tiap bulan nya Soto Medan hrs dan Wajib ada kata pak Misua 😊☺😍😘
suka Soto Medan krn enak , bumbu rempah nya khas dan gurih dr santan nya bikin nangihh πŸ˜‹πŸ˜‹
.
.
SOTO MEDAN

Bahan :
1 ekor ayam, belah jadi 4
300 gr ceker ayam, cuci bersih
1 cm lengkuas
3 lembar daun salam
1 batang serai, memarkan
4 lbr daun jeruk purut
1 liter santan cair
Β½ liter santan kental dari 1 buah kelapa
Minyak, untuk menumis dan menggoreng

Bumbu Halus :
10 butir bawang merah
7 siung bawang putih
1 sdt ketumbar bubuk
Β½ sdt jintan, sangrai
1 sdt merica butiran
3 cm jahe
3 cm kunyit

Bahan pelengkap sajian :
mie sohun dan tauge
Telur rebus, kupas - belah jadi dua
tomat merah, potong2
Perkedel
jeruk nipis
Emping goreng, secukupnya *option
sambal
Daun bawang, iris halus
Daun seledri, iris halus
Bawang goreng, secukupnya

Cara Membuat :
- Tumis bumbu halus, tambahkan daun salam, serai dan daun jeruk sampai harum.
- Masukkan ayam dan ceker aduk sampai tampak kaku. Angkat.
- Selanjutnya semuanya dimasukkan ke dalam panci, tambahkan santan encer kemudian rebus menggunakan api kecil sampai ayam lunak. angkat ayam nya sj.
- Tambahkan santan kental ke dalam rebusan, masak kembali sambil diaduk sampai mendidih, angkat
- Lumuri ayam dengan sedikit garam kemudian goreng hingga kuning kecokelatan. Angkat n tiriskan. Suwir-suwir kasar. Sisihkan.
- Nah disini kuah dan suwiran sudah siap, tinggal disajikan

Cara Penyajian:
- Siapkan mangkuk saji, masukkan mie sohun, suwiran ayam, ceker, tauge dan tomat.
- Siram dengan kuah soto panas.
- Sajikan dalam keadaan hangat lengkap dengan telur, perkedel dan tabur daun bawang, seledri dan bawang goreng serta emping, jangan lupa sambal dan kucuri jeruk nipis yaa πŸ˜‹
.
.
#dapurmamito #sotomedan #resepsoto #khasmedan #homemadefood

Thankyou for baking @manty_ravika
____________________________________________
Kue Paria ato kue Perape kue khas nya Kota Banjarmasin.. Kue nya mirip ya ama sayur pare maka nya dikasih nama kue Pare ato Perape 😊☺
Aku gak pake air kapur sirih tp aku tambahi adonan nya pake kentang kukus, biar daging kue nya tebal tapi tetap lembutt wkt digigit ☺😊
Kue nya enakk legit bangett πŸ˜‹πŸ˜‹
.
.
.
KUE PEPARE
Sumber : Buku Resep Sedap

Bahan :
275 gr Tepung ketan
1 bh kentang ukuran sedang *75 gr , kukus dan haluskan
ΒΌ sdt garam
175 ml santan kental (hangat)
50 ml air daun pandan asli yg sudah diendapkan

Bahan unti :
150 gr kelapa setengah tua, parut kasar
100 gr gula merah, sisir halus
75 ml air
25 gr gula pasir
1 lbr daun pandan, ikat
ΒΌ sdt garam

Bahan olesan ( panaskan ) :
50 ml santan kental
1/8 sdt garam

Cara membuat:
- Isi Unti : rebus air, gula merah dan gula pasir. Saring.
Rebus kembali air gula, tambahkan kelapa, daun pandan dan garam. Aduk sampai meresap, angkat dan sisihkan
- Kulit : aduk tepung ketan, Kentang halus dan garam. Masukkan campuran santan, air daun pandan. Uleni sampai rata
- Ambil 25 gr adonan kulit, pipihkan. beri isi , Bentuk lonjong. Buat guratan2 dengan tusuk gigi hingga membentuk seperti kulit paria
- Oleskan bagian atas kue dengan bahan olesan. Alasi daun pisang. Kukus di dalam pengukus yang sudah dipanaskan selama 10 menit. Sambil dibuka sesekali tutup pancinya agar pepare tidak menggelembung.
Angkat dan oleskan bahan olesan kembali.
.
.
selamat mencoba πŸ™
.
#dapurmamito #kuepare #khasbanjar #resepkue #homemadefood

Lama gak buat Ikan Bakar, kalau menu udh d bakar2 lengkap sambal dan lalapan nya, mmm...menu saiya sekali nihh, nasi bisa nambahh dua kali apalagi mendung gini β˜ΊπŸ˜ŠπŸ˜‹πŸ˜˜
Buat yukkk, dijamin bakal ketagihan ✌😊
-------------------------------
🐟 Ikan Nila Bakar Pedas 🐟
By @manty_ravika
Resep dan bahan :

2 ekor ikan Nila ,uk Sedang belah punggung
1 bh jeruk nipis
5 sdm kecap manis
air asam jawa secukupnya
garam secukupnya
minyak goreng secukupnya

Bumbu halus :
10 buah cabai merah
4 siung bawang putih
5 siung bawang merah
1 sdt ketumbar

Cara membuat :

Bersihkan ikan lumuri dgn jeruk nipis dan garam, diamkan 10 mnt

Tumis sebentar bumbu yang sudah dihaluskan kemudian masukkan kecap manis, garam dan air asam masak sampai mendidih lalu angkat dan bagi menjadi dua bagian.

Celupkan ikan nila pada salah satu bumbu, diamkan selama 5 menit kemudian bakar di pan anti lengket sampai benar-benar matang.

Lumuri dengan bumbu yang satunya kemudian sajikan dengan didampingi sambal dan lalapan daun, mentimun πŸ˜‹ * Bila tidak suka pedas kurangi cabai,

Selamat mencoba, semoga bermanfaat ☺😊 #dapurmamito #ikannilabakar

bisabikin: bolu kukus mekar
.
terimakasih resepnyaa mbak @manty_ravika bolkusnya mekaar
.
.
Yess...Bolu kukus nya mekar gak kena kutukan dunkk πŸ˜πŸ˜„ *goyangitikπŸ’ƒπŸ’ƒ
wlopun td pas buka tutup dandang nya agak deg2-an sambil2 baca doa hihihii πŸ™πŸ™ˆπŸ™Š.. Mari kita ngemill si mekar cantik dgn motif Zebra πŸ˜‹πŸ˜‹
-----
Bolu Kukus Mekar
source : @liliana.wijaya68

Bahan :
250 grΒ tepung kunci biru
225 grΒ gula pasir ( me : 200 gr )
150 mlΒ air soda (me:sprite)
2 btr telur utuh
1/2 sdtΒ SP
secukupnyaΒ Pewarna

Cara Buat :
- Kocok gula, telur dan SP dengan kecepatan tinggi sampai pucat mengembang (me :15 menit)
- Turunkan speed rendah masukkan tepung dan air soda secara bergantian sampai habis
- Kocok lagi sampai mengental (me:1 menit dengan kecepatan tinggi)
- Bagi adonan menjadi beberapa warna yang diinginkan
- Tuang adonan ke paper cup isi dgn hampir penuh agar hasil mekarnya sempurna
- Kukus selama 12 menit dgn api besar

Note :
- Sebelum mulai mengukus pastikan air di dandang sudah panas dan menghasilkan banyak uap danTutup dgn kain agar uap tidak menetes
- Jangan sesekali membuka kukusan sebelum menit ke 12
.
#dapurmamito #bolukukusmekar #homemadefood #bisabikin #bisabikinbolu

🍩🍩 Resep Donut Buah Naga 🍩🍩
By @manty_ravika
Bosan di Juice di bikinin donut ternyata jg enak dan lembutt pulakk...asal yg sabar ngulenin ya dan jgn kelamaan fermentasi nya. ☺😊
Yg mau nyobain ini aku share resepi nya.
Bahan:

250 gr buah naga ( blender tanpa air )
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk full cream
1 bungkus (11 g) ragi instant
100 gr gula halus
75 gr mentega
Β½ sdt garam
4 butir kuning telur
100 ml air dingin

Cara membuat:
* Campur tepung terigu, gula, susu bubuk, dan ragi instant. Aduk rata.
* Masukkan buah Naga sedikit demi sedikit aduk sampai rata. ( hentikan jika dirasa sudah cukup kalis )
* Masukkan kuning telur uleni hingga rata dan setengah kalis, tambahkan mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis.
* Diamkan selama 30 menit. ( tutup dgn serbet lembab )
* Bagi adonan 30gr dan bentuk menjadi bulat ( pake cetakan donut ) * Diamkan selama 20-30menit lagi, sampai terlihat mengembang.
* Goreng donat dengan api cenderung sedang sampai terlihat matang kecoklatan.
* Angkat, kemudian tiriskan dan taburkan gula donat, atau hias dengan coklat, ceres sebagai pemanis.

Selamat mencoba☺😊 #dapurmamito #donut

Mau di delete ya koq syang ya udh cape2 moto nya, di share aja deh , wlopun kita semua pst bisa bikin nya hehhehe😊☺ .. tp ya harus sabar hiasin si Doggie yaaa πŸ˜„πŸ˜ƒ
Step2 sederhana membuat Milo Doggie Cookies.
.
.
Milo Doggie Cookies

Bahan:
180 gr Butter ( me : Blueband cake & cookies)
80 gr Milo ( me : 70gr/2sachet )
1 sdm gula halus (optional)
200 gr terigu protein sedang ( segi3 )
25 gr Maizena
25 gr Susu Bubuk
Chocochips, chococ runch & meisis secukupnya utk menghias

Cara buat:
- Mixer speed sedang butter, Milo & gula kurleb 3 menit aja, Masukkan campuran terigu, maizena & susu yg sdh di ayak, Aduk dgn spatula sampai bs dibentuk.
1. Bentuk bulat2 masing2 8 gr
2. Tempel choco crunch utk telinga
3. Meises Ceres utk mata
4. Choco chip utk hidung
5. Panggang di Oven 140' C kurleb 20-25 mnt ( tergantung oven masing2 )
- Setelah matang, dingin kan di cooling rack dan simpan dlm toples kedap udara πŸ‘

Selamat mencoba 😊
.
#dapurmamito #tutorial #cookies #kuekering #christmascookies #kuekeringnatal #milodoggiecookies #milodoggie #homemadefood #resepcookies #cakedankue #shareresep #bisabikin #lovecookbake #happybaking #belajarbaking #resepbaking #guenizzt #yukbelajarmasak #belajarmasak #panduanmemasak #ourecipe #hobimasakid #resepku_yummy #resepmasakan #fotokue #foodstagram #ivgfood #foodgallery #foodie

MOST RECENT

Ini nama nya kue Gegicak tp ada jg yg nyebut nama nya Kue kikicak , kue traditional khas nya Kalimantan.
Terbuat dr tepung ketan putih, hampir mirip kaye Klepon jawa sih nurut aku. Gegicak ini biasa nya di sajikan pake Kelapa parut lalu disiram saus gula merah, tp ada jg disajikan pake unti kelapa kaye aku nih..terserah sesuai selera aja, tuetap sama2 uenakk disantap sore2 hujan gini + teh hangatt yaaa πŸ˜‹πŸ˜
.
.
Kue Gegicak
sumber : tabloid saji
.
.
Bahan :
175 gram tepung ketan putih
50 gr tepung sagu
1/2 sdt garamΒ 
1 sdt air kapur sirihΒ ( aku gak pake )
150 ml airΒ hangat
50 ml endapan asli daun pandan
1 sdm minyak goreng untuk merebus

Bahan unti :
150 gr kelapa setengah tua, parut kasar
100 gr gula merah, sisir halus
75 ml air
25 gr gula pasir
1 lbr daun pandan, ikat
ΒΌ sdt garam
.
- Unti : rebus air, gula merah dan gula pasir. Saring.
Rebus kembali air gula, tambahkan kelapa, daun pandan dan garam. Aduk sampai meresap, angkat dan sisihkan

Cara membuat :
- Campur rata tepung ketan, tepung sagu, garam, dan air kapur sirih ( kalo pake ). Tuang air hangat dan air pandan sedikit-sedikit sambil diuleni rata.
- Ambil 6 gr adonan. Bulatkan, Tekan bagian tengahnya dengan jempol.
- Rebus air di dlm panci + minyak goreng , masukkan adonan klo udh mengapung arti nya udh matang, angkat , Sisihkan.
- utk topping nya taruh unti kelapa diatas nya.
- siap di santap πŸ˜‹πŸ˜
.
.
.
Selamat Mencoba πŸ™
setor @baking_bareng
#bakingbareng19_berasketan

@videolaper
Repost from @manty_ravika Simple, Capcuss, Endess, enak dan pedesssss nya pengenn nambahh2 πŸ˜‹πŸ˜œπŸ˜‹πŸ˜“πŸ˜„
.
.
Ikan Nila Bumbu Rica Rica
.

Bahan :
2 ekor ikan Nila ( 850 gr )
2 sdm air jeruk nipis
3 lbr daun jeruk
2 btng serai digeprek
1 ikat daun kemangi
Minyak goreng secukupnya
air matang secukup nya

Bumbu tumbuk kasar:

10 bh cabai merah keriting
8 bh cabai rawit merah
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 buah tomat
2 cm jahe
secukupnya gula garam

Cara Memasak nya:
- Cuci bersih ikan, sayat bagian kanan kiri, lumuri air jeruk nipis n garam diamkan 10 menit, lalu goreng sampai matang dan kering.
- Tumis bumbu yang sudah ditumbuk kasar sampai aromanya harum masukkan serai dan beri sedikit air. koreksi rasa
- Masukkan daun jeruk dan daun kemangi masak sampai bumbu matang dan rasa udh klop enak
- Angkat dan siram bumbu rica-rica keatas ikan goreng
- Sajikan selagi hangat πŸ˜‹
.
.
Selamat mencoba 😊☺
.
#dapurmamito #ikanricarica
#resepikan
#homemadefood #khasmanado

#Repost @manty_ravika (@get_repost)
・・・
Simple, Capcuss, Endess, enak dan pedesssss nya pengenn nambahh2 πŸ˜‹πŸ˜œπŸ˜‹πŸ˜“πŸ˜„
.
.
Ikan Nila Bumbu Rica Rica
.

Bahan :
2 ekor ikan Nila ( 850 gr )
2 sdm air jeruk nipis
3 lbr daun jeruk
2 btng serai digeprek
1 ikat daun kemangi
Minyak goreng secukupnya
air matang secukup nya

Bumbu tumbuk kasar:

10 bh cabai merah keriting
8 bh cabai rawit merah
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 buah tomat
2 cm jahe
secukupnya gula garam

Cara Memasak nya:
- Cuci bersih ikan, sayat bagian kanan kiri, lumuri air jeruk nipis n garam diamkan 10 menit, lalu goreng sampai matang dan kering.
- Tumis bumbu yang sudah ditumbuk kasar sampai aromanya harum masukkan serai dan beri sedikit air. koreksi rasa
- Masukkan daun jeruk dan daun kemangi masak sampai bumbu matang dan rasa udh klop enak
- Angkat dan siram bumbu rica-rica keatas ikan goreng
- Sajikan selagi hangat πŸ˜‹
.
.
Selamat mencoba 😊☺
.
#dapurmamito #ikanricarica
#resepikan
#homemadefood #khasmanado

RepostBy @manty_ravika: "Simple, Capcuss, Endess, enak dan pedesssss nya pengenn nambahh2 πŸ˜‹πŸ˜œπŸ˜‹πŸ˜“πŸ˜„
.
.
Ikan Nila Bumbu Rica Rica
.

Bahan :
2 ekor ikan Nila ( 850 gr )
2 sdm air jeruk nipis
3 lbr daun jeruk
2 btng serai digeprek
1 ikat daun kemangi
Minyak goreng secukupnya
air matang secukup nya

Bumbu tumbuk kasar:

10 bh cabai merah keriting
8 bh cabai rawit merah
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 buah tomat
2 cm jahe
secukupnya gula garam

Cara Memasak nya:
- Cuci bersih ikan, sayat bagian kanan kiri, lumuri air jeruk nipis n garam diamkan 10 menit, lalu goreng sampai matang dan kering.
- Tumis bumbu yang sudah ditumbuk kasar sampai aromanya harum masukkan serai dan beri sedikit air. koreksi rasa
- Masukkan daun jeruk dan daun kemangi masak sampai bumbu matang dan rasa udh klop enak
- Angkat dan siram bumbu rica-rica keatas ikan goreng
- Sajikan selagi hangat πŸ˜‹
.
.
Selamat mencoba 😊☺
.
#dapurmamito #ikanricarica
#resepikan
#homemadefood #khasmanado" (via #InstaRepost @AppsKottage)

Simple, Capcuss, Endess, enak dan pedesssss nya pengenn nambahh2 πŸ˜‹πŸ˜œπŸ˜‹πŸ˜“πŸ˜„
.
.
Ikan Nila Bumbu Rica Rica
.

Bahan :
2 ekor ikan Nila ( 850 gr )
2 sdm air jeruk nipis
3 lbr daun jeruk
2 btng serai digeprek
1 ikat daun kemangi
Minyak goreng secukupnya
air matang secukup nya

Bumbu tumbuk kasar:

10 bh cabai merah keriting
8 bh cabai rawit merah
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 buah tomat
2 cm jahe
secukupnya gula garam

Cara Memasak nya:
- Cuci bersih ikan, sayat bagian kanan kiri, lumuri air jeruk nipis n garam diamkan 10 menit, lalu goreng sampai matang dan kering.
- Tumis bumbu yang sudah ditumbuk kasar sampai aromanya harum masukkan serai dan beri sedikit air. koreksi rasa
- Masukkan daun jeruk dan daun kemangi masak sampai bumbu matang dan rasa udh klop enak
- Angkat dan siram bumbu rica-rica keatas ikan goreng
- Sajikan selagi hangat πŸ˜‹
.
.
Selamat mencoba 😊☺
.
#dapurmamito #ikanricarica
#resepikan
#homemadefood #khasmanado

Kukis Macan πŸͺ πŸ† ala2 nya kita udh jadi nih πŸ˜„πŸ˜
maaf yaa...Penjelasan cara buat nya panjang pake amatt πŸ˜„ tp percaya lah setelah di praktekin gak akan sepanjang dan seribet itu apalagi ada tutorial nya nihh , jd makin mudah kan uhuyyy πŸ˜‰πŸ˜„βœŒ .
.
Leopard Cookies / kukis Macan
By : @manty_ravika
.
Bahan :
300 g tepung terigu segi3
125 g Margarin Blueband cake n cookies
100 g gula bubuk
1 btr telur
2 sdt air lemon segar
1/2 sdt extra vanila
1/2 sdt baking soda
sejumput garam
2-4 sdm bubuk coklat

Cara membuat :
- Mixer margarin, gula bubuk dan telur sampai rata, tambahkan air lemon, extra vanila dan garam mixer lagi sampai rata
- Masukkan tepung + baking soda dgn cara diayak, aduk rata dgn spatula sampai adonan nya nyatu
- Bagi 3 adonan :
* adonan coklat muda : 70gr adonan putih + 1 sdm coklat bubuk
* adonan coklat pekat : 150gr adonan putih + 2-3 sdm coklat bubuk
* sisa nya adonan biarkan putih tanpa warna
- gulung adonan coklat muda memanjang dgn D: 1 cm
- pipihkan adonan coklat pekat dan taruh diatas nya adonan coklat muda gulung, rapatkan dan diamkan 15 mnt dlm freezer, setelah itu potong2 dgn tebal 1 cm
- pipikan adonan putih, tata potongan adonan coklat diatas nya secara acak, alasi dgn plastik lalu gilas sampai tebal nya 0,5 cm lalu cetak
- tata di loyang yg dialasi kertas
- Panggang di Oven 180'C selama kurleb 15-20 mnt ato sampai kecoklatan
- Biarkan dingin baru deh simpan dlm toples kedap udara 😊
.
.
Selamat mencoba
.
#dapurmamito #tutorial #cookies #leopardcookies #resepcookies #Homemade #pocket_food

Kukis Macan πŸͺ πŸ† ala2 nya kita udh jadi nih πŸ˜„πŸ˜
maaf yaa...Penjelasan cara buat nya panjang pake amatt πŸ˜„ tp percaya lah setelah di praktekin gak akan sepanjang dan seribet itu apalagi ada tutorial nya nihh , jd makin mudah kan uhuyyy πŸ˜‰πŸ˜„βœŒ .
.
Leopard Cookies / kukis Macan
.
Bahan :
300 g tepung terigu segi3
125 g Margarin Blueband cake n cookies
100 g gula bubuk
1 btr telur
2 sdt air lemon segar
1/2 sdt extra vanila
1/2 sdt baking soda
sejumput garam
2-4 sdm bubuk coklat

Cara membuat :
- Mixer margarin, gula bubuk dan telur sampai rata, tambahkan air lemon, extra vanila dan garam mixer lagi sampai rata
- Masukkan tepung + baking soda dgn cara diayak, aduk rata dgn spatula sampai adonan nya nyatu
- Bagi 3 adonan :
* adonan coklat muda : 70gr adonan putih + 1 sdm coklat bubuk
* adonan coklat pekat : 150gr adonan putih + 2-3 sdm coklat bubuk
* sisa nya adonan biarkan putih tanpa warna
- gulung adonan coklat muda memanjang dgn D: 1 cm
- pipihkan adonan coklat pekat dan taruh diatas nya adonan coklat muda gulung, rapatkan dan diamkan 15 mnt dlm freezer, setelah itu potong2 dgn tebal 1 cm
- pipikan adonan putih, tata potongan adonan coklat diatas nya secara acak, alasi dgn plastik lalu gilas sampai tebal nya 0,5 cm lalu cetak
- tata di loyang yg dialasi kertas
- Panggang di Oven 180'C selama kurleb 15-20 mnt ato sampai kecoklatan
- Biarkan dingin baru deh simpan dlm toples kedap udara 😊
.
.
Selamat mencoba
.
#dapurmamito #tutorial #cookies #leopardcookies #resepcookies #Homemade #pocket_food

@videolaper
Repost from @manty_ravika Ini makanan yg khas yg dimasak kalo hanya ada acara adat aja dikampung ku. Nahh...kebetulan krn Pak misua Ber-Ulang Tahun jd nya buat deh ini Arsik Dekke / Arsik Ikan Mas 🐟🐑
dan krn tetiba Homesick jg , jd Bikin dahh dr pd ngilerr krn gak keturutan πŸ˜„πŸ˜ƒ
.
.
Ikan Mas Arsik
.

Bahan
2 ekor ikan mas ( sekitar 1,4 kg )
3 cm lengkuas, dimemarkan
3 btng serai, dimemarkan
3 lbr daun jeruk
100 gram bawang batak
3 lbr asam glugur
1 bh tomat
10 lonjor kacang panjang, dipotong 5 cm
300 ml air

Bumbu Halus:
5 btr bawang merah
5 siung bawang putih
2 bh cabai merah besar
5 bh cabai kriting, dipotong memanjang
5 butir kemiri, disangrai
5 cm kunyit
3 cm jahe
2 sdm andaliman
secukup nya garam

Cara memasak :
- Susun ikan, lengkuas, asam glugur, daun jeruk dan serai dalam wajan.
- Tuang bumbu halus, Tuang air sedikit-sedikit dan garam gula. Tutup wajan.
- Masak di atas api kecil sedang, setengah matang masukkan cabai merah potong, tomat, bawang batak, kacang panjang . dan masak kembali sampai matang sampai air sedikit menyusut.

Selamat mencoba 😊
#dapurmamito # #ikanmasarsik #batakfood #makananbatak #homemadefood #resepikan

#Repost @manty_ravika (@get_repost)
・・・
.
.
Ikan Bumbu Woku

Bahan :
2 ekor ikan Nila ( 900 gr kurleb )
1 sdm air jeruk nipis

1 batang daun bawang, iris-iris
1 bh tomat, potong2
2 lembar daun jeruk
1 batang serai, di geprek
1 ikat daun kemangi, ambil daunnya
15 buah cabai rawit merah / hijau, biarkan utuh
Garam, gula Air bersih secukupnya

Bumbu Halus :
6 btr bawang merah
2 btr bawang putih
3 btr kemiri
2 ruas jari jahe
1 ruas jari kunyit

Carbut :
- Bersihkan dan lumuri ikan dengan air jeruk nipis serta garam. diamkan 10 mnt kemudian tiriskan dan goreng ikan hingga matang kering.
- Tumis bumbu halus sampai harum. masukkan tomat, serai dan daun jeruk, tambahkan air sdikit, garam dan gula.
- Sesaat air sedikit menyusut masukkan daun bawang, kemangi dan cabai utuh
- Tata ikan goreng di piring saji dan siram bumbu ke atas Ikan ,tambahkan kemangi segar dan siap disantap πŸ˜‹πŸ˜‹
.
.
Selamat mencoba

#dapurmamito #resepikan
#ikanwoku #homemadefood #khasmanado

#Repost @manty_ravika (@get_repost)
・・・
Ini makanan yg khas yg dimasak kalo hanya ada acara adat aja dikampung ku.....
.
.
Ikan Mas Arsik
.

Bahan
2 ekor ikan mas ( sekitar 1,4 kg )
3 cm lengkuas, dimemarkan
3 btng serai, dimemarkan
3 lbr daun jeruk
100 gram bawang batak
3 lbr asam glugur
1 bh tomat
10 lonjor kacang panjang, dipotong 5 cm
300 ml air

Bumbu Halus:
5 btr bawang merah
5 siung bawang putih
2 bh cabai merah besar
5 bh cabai kriting, dipotong memanjang
5 butir kemiri, disangrai
5 cm kunyit
3 cm jahe
2 sdm andaliman
secukup nya garam

Cara memasak :
- Susun ikan, lengkuas, asam glugur, daun jeruk dan serai dalam wajan.
- Tuang bumbu halus, Tuang air sedikit-sedikit dan garam gula. Tutup wajan.
- Masak di atas api kecil sedang, setengah matang masukkan cabai merah potong, tomat, bawang batak, kacang panjang . dan masak kembali sampai matang sampai air sedikit menyusut.

Selamat mencoba 😊
#dapurmamito # #ikanmasarsik #batakfood #makananbatak #homemadefood #resepikan

#Repost @manty_ravika (@get_repost)
・・・
Endess nya poll makan pake ayam bakar ini , pedes manis ama bumbu rempah nya bikin nagihh πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹
.
.
Ayam Panggang Taliwang
.
.
Bahan:Β 
1 ekor ayam utuh ( 1 kg 1 ons )
2 sdm air jeruk nipis
Β½ sdt garam
3 gelas air matang
2 sdm minyak goreng utk menumis
1 bh daun salam *optional
2 bh daun jeruk *optional

Bumbu Halus:Β 
10 bh bawang merah
4 siung bawang putih
8 bh cabai merah keriting
5 bh cabai rawit
3 bh kemiri, sangrai dulu
3 cm kencur
1 sdt terasi, bakar dulu
1 bh tomat
garam secukup nya
2 sdt gula merah

Cara Membuat:
- Belah dada ayam tapi tidak sampai putus, kucuri ayam dengan jeruk nipis, dan garam lalu diamkan selama 15 mnt
- Tumis bumbu halus sampai harum. masukkan daun salam dan daun jeruk
- Masukkan ayam sambil dibolak-balik hingga berubah warna.
- Tuangkan air, masak di atas api kecil hingga ayam matang dan empuk sampai bumbu meresap dan air nya hampir habis
- aku panggang di Oven suhu 200'C, pake api atas bawah selama 10 mnt.
- Santap selagi hangat bersama sambal πŸ˜‹πŸ˜‹
.
.
.
#dapurmamito #ayambakartaliwang #resepayam #resepayambakartaliwang #homemadefood #khaslombok #appronid

Ini makanan yg khas yg dimasak kalo hanya ada acara adat aja dikampung ku. Nahh...kebetulan krn Pak misua Ber-Ulang Tahun jd nya buat deh ini Arsik Dekke / Arsik Ikan Mas 🐟🐑
dan krn tetiba Homesick jg , jd Bikin dahh dr pd ngilerr krn gak keturutan πŸ˜„πŸ˜ƒ
.
.
Ikan Mas Arsik
.

Bahan
2 ekor ikan mas ( sekitar 1,4 kg )
3 cm lengkuas, dimemarkan
3 btng serai, dimemarkan
3 lbr daun jeruk
100 gram bawang batak
3 lbr asam glugur
1 bh tomat
10 lonjor kacang panjang, dipotong 5 cm
300 ml air

Bumbu Halus:
5 btr bawang merah
5 siung bawang putih
2 bh cabai merah besar
5 bh cabai kriting, dipotong memanjang
5 butir kemiri, disangrai
5 cm kunyit
3 cm jahe
2 sdm andaliman
secukup nya garam

Cara memasak :
- Susun ikan, lengkuas, asam glugur, daun jeruk dan serai dalam wajan.
- Tuang bumbu halus, Tuang air sedikit-sedikit dan garam gula. Tutup wajan.
- Masak di atas api kecil sedang, setengah matang masukkan cabai merah potong, tomat, bawang batak, kacang panjang . dan masak kembali sampai matang sampai air sedikit menyusut.

Selamat mencoba 😊
#dapurmamito # #ikanmasarsik #batakfood #makananbatak #homemadefood #resepikan

.
Ayam Panggang Taliwang
By.@manty_ravika
.
Bahan:Β 
1 ekor ayam utuh ( 1 kg 1 ons )
2 sdm air jeruk nipis
Β½ sdt garam
3 gelas air matang
2 sdm minyak goreng utk menumis
1 bh daun salam *optional
2 bh daun jeruk *optional

Bumbu Halus:Β 
10 bh bawang merah
4 siung bawang putih
8 bh cabai merah keriting
5 bh cabai rawit
3 bh kemiri, sangrai dulu
3 cm kencur
1 sdt terasi, bakar dulu
1 bh tomat
garam secukup nya
2 sdt gula merah

Cara Membuat:
- Belah dada ayam tapi tidak sampai putus, kucuri ayam dengan jeruk nipis, dan garam lalu diamkan selama 15 mnt
- Tumis bumbu halus sampai harum. masukkan daun salam dan daun jeruk
- Masukkan ayam sambil dibolak-balik hingga berubah warna.
- Tuangkan air, masak di atas api kecil hingga ayam matang dan empuk sampai bumbu meresap dan air nya hampir habis
- aku panggang di Oven suhu 200'C, pake api atas bawah selama 10 mnt.
- Santap selagi hangat bersama sambal πŸ˜‹πŸ˜‹
.
.
.
#dapurmamito #ayambakartaliwang #resepayam #resepayambakartaliwang #homemadefood #khaslombok #appronid - #resepayampanggang #galerimasakan

Taraaaa...si Cookies mbehhh nya kita udh kelar nih, kita buat ini sambil ngisi wkt libur ama anak2 dan dgn semangat nya mrk bantuin buat bulat2-an kecil nya πŸ˜‚πŸ˜ƒπŸ˜„
Ini resep nya aku liat dr blog nya smalsmalbaker πŸ˜‰ , Cookies ini kalau dimakan lumer dimulut karena pake tepung kentang nyamm nyamm πŸ˜‹πŸ˜‹ πŸ˜‰
.
.
Fatty Sheep German Cookies
.
.
Bahan :
125 gr mentega ( me : Blueband Cake n Cookies )
125 gr tepung kentang
40 gra gula halus
80 gr tepung protein rendah
Sedikit vanila bubuk (saya tambah supaya ada sedikit rasa vanila)
Choco chip ( untuk telinga )
Wijen hitam ( untuk mata )

Cara membuat:
- Mixer margarin, gula halus dan vanili sampai rata.
- Masukkan tepung terigu dan tepung kentang sambil diayak. aduk sampai rata
- Bagi adonan menjadi @ 6 gr tiap kepala, bulatkan. Lalu buat 2 bulatan kecil untuk jambul2 nya. dan nnt tekan pake tusuk gigi.
- Pasang choco chip sebagai telinga
- Wijen hitam sebagai mata.
- Taruh di loyang yang sudah dioles mentega tipis2 lalu panggang dengan suhu 160 derajat selama 25 - 30 mnt.
- tunggu dingin simpan dlm toples kedap udara
.
.
Selamat mencoba 😊
.
.
#dapurmamito #cookies #kuker #resepcookies #homemadefood #tutorial #germancookies

Thankyou for baking @manty_ravika ___________________________________________
Cemilan sore kita udh jadi yeyyy...enak, gurih dan wuangiii pandan 😊☺
Jajanan kampung yg satu ini masih menjadi Ole-ole yg Hits dan wajib dibawa kalo pulang ke kampung 😊
Kue Ketawa yg ini aku pake resep nya NCC yg anti Gagal, pst di Jamin ngakakk sendiri πŸ˜‚πŸ˜…
.
.
.
Onde Onde Ketawa Pandan
.
.
Bahan :
500 gr tepung terigu protein rendah
1 sdt Β baking Powder Double Acting (BPDA)
150 gr gula pasir
50 gr Β margarine
1 sdt vanilli
4 btr telur
endapan air pandan secukup nya

Bahan Lain :
semangkok air, utk celupan
100 gr wijen putih
2 sdm wijen hitam
secukupnya minyak goreng

Cara membuat :
- Campur tepung terigu dan BPDA, aduk rata, ayak dan Sisihkan.
- Kocok margarin dan gula pasir hingga lembut, masukkan telur satu persatu , endapan air pandan sambil tetap dikocok sampai mengembang. Matikan mikser.
- Tuang terigu kedalam adonan telur, aduk rata dan uleni perlahan sampai bisa dipulung.
- Bentuk bulat seperti bola ping-pong, celupkan kedalam air sebentar langsung gulingkan diatas campuran wijen.
- Goreng dalam wajan dengan minyak banyak dan api kecil hingga mekar dan berwarna kecoklatan.
- Angkat. Tiriskan. Dinginkan dan simpan dalam toples.
.
.
#dapurmamito #ondeondeketawa #resepondeondeketawa #kueketawa #homemadefood

Cemilan sore kita udh jadi yeyyy...enak, gurih dan wuangiii pandan 😊☺
Jajanan kampung yg satu ini masih menjadi Ole-ole yg Hits dan wajib dibawa kalo pulang ke kampung 😊
Kue Ketawa yg ini aku pake resep nya NCC yg anti Gagal, pst di Jamin ngakakk sendiri πŸ˜‚πŸ˜…
.
.
.
Onde Onde Ketawa Pandan
By @manty_ravika - .
Bahan :
500 gr tepung terigu protein rendah
1 sdt Β baking Powder Double Acting (BPDA)
150 gr gula pasir
50 gr Β margarine
1 sdt vanilli
4 btr telur
endapan air pandan secukup nya

Bahan Lain :
semangkok air, utk celupan
100 gr wijen putih
2 sdm wijen hitam
secukupnya minyak goreng

Cara membuat :
- Campur tepung terigu dan BPDA, aduk rata, ayak dan Sisihkan.
- Kocok margarin dan gula pasir hingga lembut, masukkan telur satu persatu , endapan air pandan sambil tetap dikocok sampai mengembang. Matikan mikser.
- Tuang terigu kedalam adonan telur, aduk rata dan uleni perlahan sampai bisa dipulung.
- Bentuk bulat seperti bola ping-pong, celupkan kedalam air sebentar langsung gulingkan diatas campuran wijen.
- Goreng dalam wajan dengan minyak banyak dan api kecil hingga mekar dan berwarna kecoklatan.
- Angkat. Tiriskan. Dinginkan dan simpan dalam toples.
.
.
#dapurmamito #ondeondeketawa #resepondeondeketawa #kueketawa #homemadefood - #regrann

Most Popular Instagram Hashtags