#dapurmamito

707 posts

TOP POSTS

Fotomasak dari @manty_ravika
________________________________________________
Menu hari ini request nya pak Misua minta di masakin Cumi asam manis ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜
.
.
CUMI ASAM MANIS
.
Bahan :
1/2 kg cumi segar
Air jeruk nipis secukupnya
Serai 2 batang , di geprek
Garam , gula dan Air secukupnya
.
Bahan Bumbu :
1/2 bh Bawang bombay ukuran sedang , iris
4 bh Bawang merah, diiris tipis
2 siung Bawang putih, di geprek
3 cm Jahe, di geprak
1 bh tomat, potong2 kotak kecil
cabai merah/ijo besar secukupnya, iris serong
1 batang Daun bawang, rajang kecil
Kecap secukupnya sesuai selera.
Saus sambal/tomat secukup nya
.
Cara Membuat :
- Cuci bersih cumi, buang kulit luarnya dan Potong2 cumi sesuai selera , lumuri dgn air jeruk nipis, diamkan 15 mnt di dlm kulkas dan cuci lg
- Tumis bawang putih, bawang bombay, bawang merah, daun bawang, tomat, cabai merah/ijo, batang serai dan jahe, Aduk aduk sampai tercium bau harum khas tumisannya
- Masukkan cumi yang sudah dipotong, saos cabe , saos tomat, kecap manis , gula pasir dan garam secukup nya. Aduk2 sebentar sampai semua bahan tercampur rata
- Tuang air sedikit dan aduk2 sampai semua bahan matang ( jangan terlalu lama ya, cukup 10 mnt saja spy daging cuminya gak keras )
- Koreksi rasa , angkat dan siap di santap selagi hangat ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹
.
.
Selamat mencoba.
#dapurmamito #cumiasammanis #resepcumi #resepseafood #homemadefood

Salah satu jajanan traditional yg selalu jd favoritnya 'Onde-onde'
Kali ini buat onde-onde nya yg ber-aroma Pandan..tetap enakk , legitt , empuk dan wangiiii๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹
1 resep ini dapat nya 13 bh , lumayan kan utk cemilan sore ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜Š
.
.
Onde Onde Pandan
.
Kulit:ย 
125 gr tepung ketan
25 gr tepung beras
50 gr kentang kukus , dihaluskan saat masih panas
2 tetes pasta pandan, campur ke air hangat nya
100 ml air hangat
40 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanili
wijen secukup nya

Isian:ย 
100 gr kacang hijau kupas , rendam 1 jam
100 ml santan sedang
50 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1 lbr daun pandan , simpulkan

Cara membuat:

Isian:ย 
Rebus kacang hijau kupas sampai empuk , lalu blender dgn santan.
Masukkan ke wadah bersama gula pasir, garam, daun pandan Masak sampai benar2 kental sehingga adonan dpt dipulung.
Dlm keadaan hangat bentuk bulat masing2 10gr, sisihkan.

Kulit:
- Campur tepung ketan, tepung beras, kentang, gula pasir , garam dan vanili , aduk rata. Tuang air hangat berisi pasta pandan nya sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga kalis dan licin.
- timbang masing2 20gr.
Bentuk bulat, pipihkan, kemudian taruh isi
- celupkan ke air dan Gulingkan kedalam wijen, sembari di kepal2 dan dibentuk bulat lagi.
- Goreng dgn minyak panas api kecil-sedang hingga matang kekuningan.

Note:
Isinya bisa aja diganti kacang ijo yg blm dikupas.
Tinggal gulanya disesuaikan.

Selamat mencoba ๐Ÿ˜Šโ˜บ
.
#dapurmamito #ondeonde #resepondeonde #homemadefood #bisabikin #doyanbaking #cakedankue #shareresep #berbagiresep #belajarbaking #ykmk2014 #lovecookbake #happybaking #cookingbaking #resepbaking #belajarmasakyuk #reseproemah #resepku_yummy #resepindonesia #resepmasakanfavorit #marimasak #foodclipid #guniezzt #doyanmasak #fotokue #ivgfood #kings_masterchef #hobimasakid #doyanmasak #foodstagram

Thanks for sharing @manty_ravika.

Akhir nya rasa penasaran udh terjawab ama nih Roti ๐Ÿ˜ƒ , wlopun proses awal ampe kelar baking nya makan wkt yg lumayan lama krn proses gulung menggulung nya itu lohh harus ekstra Suabarrrrr ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜„
tp setelah kelar senang liat hasil nya Wokehh ๐Ÿ‘๐Ÿ‘Œ dan anak2 pd doyann ๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜
.
.
.
LEOPARD MILK BREAD
Source: blog Nasi Lemak Lover

Bahan roti:
375 gr terigu protein tinggi
35 gr gula pasir
1 sdt ragi
250 gr susu uht dingin
20 gr butter
1/2 sdt garam (kalau sudah menggunakan salted butter, garam boleh tidak dipakai)

Tambahan adonan coklat:
15 gr coklat bubuk
10 gr susu uht dingin

Tambahan adonan hitam:
6 gr bubuk charcoal
5 gr susu uht dingin

Cara membuat:
- Campurkan bahan roti (terigu, gula, ragi, susu) hingga tercampur rata, kemudian tambahkan butter dan garam. Uleni hingga kalis elastis.
- Ambil 320 gram adonan. Masukkan dalam wadah. Tutup, sisihkan.
- Sisa adonan dicampur dengan tambahan untuk adonan coklat, uleni hingga merata. Ambil 205 gram adonan coklat, masukan wadah, tutup, sisihkan.
- Sisa adonan coklat dicampur lagi dengan tambahan untuk adonan hitam, uleni hingga rata. Tutup, sisihkan.
- Proofing ketiga adonan hingga mengembang 2x lipat.
- Kempiskan adonan yang sudah mengembang tadi. Bagi masing-masing adonan menjadi 7 bagian.
- Gilas memanjang masing-masing adonan lalu gulung.
- Balut adonan coklat dengan adonan hitam, balut lagi dengan adonan putih. Potong jadi 2 bagian (jadi total adonan menjadi 14 bagian). Susun dalam loyang roti tawar aku pake uk 10x10x20 yang sudah dioles margarin, lalu tutup biarkan lagi hingga mengembang 90 persen.
- Panggang dengan suhu 180 derajat selama kurang lebih 30 menit

Selamat Mencoba ๐Ÿ™
.
#dapurmamito #leopard_bread #reseprotitawar #rotitawar #homemadebread

FOLLOW @dapurbaking
.
.

Ini cemilan yg paling gampang buat nya, gak pake di Oven dan gak pake mixer2-an , gak ribett pokok nya ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜
Buat Bola Bola Coklat ato bahasa keren nya Choco Balls ๐Ÿซ๐Ÿฏ , Cemilan utk teman2 anak pd main di rumah โ˜บ๐Ÿ˜Š
Bola2 coklat nya di lapisi pake Coklat batang cair jd kebayangkan rasa nyoklat nya luar dalam kebangetann ๐Ÿ˜‹๐Ÿ‘Œ
.
.
Triple Choco Balls
By @manty_ravika

Bahan :

200 gr biskuit marie ( Blender Halus )
50 gr margarin cair
75 gr susu kental manis coklat
50 gr cokelat batangan (lelehkan)
Secukupnya meises ceres

Cara Membuat :
- Siapkan mangkuk dan masukkan marie yang sudah dihaluskan.
- Tuangkan Maegarin cair, susu kental manis dan bentuk adonan jadi bola-bola kecil.
- Celupkan bola-bola dalam cokelat cair dan gulingkan di atas meises.
- Simpan kue dalam kulkas agar keras dan renyah.
Sajikan kue nya dan yakinnn pst cepat ludessss nya ama anak2 ๐Ÿ˜š๐Ÿ˜„
.
.
.
#dapurmamito #bolabolacoklat #chocoball #resepbolabolacoklat #homemadefood

Thankyou for baking @manty_ravika
____________________________________________
Kue Paria ato kue Perape kue khas nya Kota Banjarmasin.. Kue nya mirip ya ama sayur pare maka nya dikasih nama kue Pare ato Perape ๐Ÿ˜Šโ˜บ
Aku gak pake air kapur sirih tp aku tambahi adonan nya pake kentang kukus, biar daging kue nya tebal tapi tetap lembutt wkt digigit โ˜บ๐Ÿ˜Š
Kue nya enakk legit bangett ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹
.
.
.
KUE PEPARE
Sumber : Buku Resep Sedap

Bahan :
275 gr Tepung ketan
1 bh kentang ukuran sedang *75 gr , kukus dan haluskan
ยผ sdt garam
175 ml santan kental (hangat)
50 ml air daun pandan asli yg sudah diendapkan

Bahan unti :
150 gr kelapa setengah tua, parut kasar
100 gr gula merah, sisir halus
75 ml air
25 gr gula pasir
1 lbr daun pandan, ikat
ยผ sdt garam

Bahan olesan ( panaskan ) :
50 ml santan kental
1/8 sdt garam

Cara membuat:
- Isi Unti : rebus air, gula merah dan gula pasir. Saring.
Rebus kembali air gula, tambahkan kelapa, daun pandan dan garam. Aduk sampai meresap, angkat dan sisihkan
- Kulit : aduk tepung ketan, Kentang halus dan garam. Masukkan campuran santan, air daun pandan. Uleni sampai rata
- Ambil 25 gr adonan kulit, pipihkan. beri isi , Bentuk lonjong. Buat guratan2 dengan tusuk gigi hingga membentuk seperti kulit paria
- Oleskan bagian atas kue dengan bahan olesan. Alasi daun pisang. Kukus di dalam pengukus yang sudah dipanaskan selama 10 menit. Sambil dibuka sesekali tutup pancinya agar pepare tidak menggelembung.
Angkat dan oleskan bahan olesan kembali.
.
.
selamat mencoba ๐Ÿ™
.
#dapurmamito #kuepare #khasbanjar #resepkue #homemadefood

Repost from @manty_ravika Anak2 hobby banget renang, tiap hari pst renang , pas anak2 menikmati renang, emak siapin cemilan Yg cepatt banget bikin nya dan cepat banget makan nya ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜ƒ
Dan dijamin anak2 pst doyann ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹
.
.
Choco Cornflakes
.

Bahan :
75 gr Corn flakes
100 gr Dark cooking Chocolate
1 sdm minyak goreng
sprinkles secukup nya

Cara buat :
Lelehkan DCC dgn cara di tim , masukkan minyak goreng
Masukkan Cornflakes, aduk2 sampai terbalut coklat
tuang ke cup sebanyak 1 sdt , tabur sprinkles sampai abis
Simpan sebentar di kulkas , siap di santap, atau simpan di toples kedap udara ๐Ÿ˜‹
.
Selamat mencoba, ๐Ÿ˜Š
.
#dapurmamito
#homemadefood #chococorn #cornflakes #resepchocolatecookies

Lama gak buat Ikan Bakar, kalau menu udh d bakar2 lengkap sambal dan lalapan nya, mmm...menu saiya sekali nihh, nasi bisa nambahh dua kali apalagi mendung gini โ˜บ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜˜
Buat yukkk, dijamin bakal ketagihan โœŒ๐Ÿ˜Š
-------------------------------
๐ŸŸ Ikan Nila Bakar Pedas ๐ŸŸ
By @manty_ravika
Resep dan bahan :

2 ekor ikan Nila ,uk Sedang belah punggung
1 bh jeruk nipis
5 sdm kecap manis
air asam jawa secukupnya
garam secukupnya
minyak goreng secukupnya

Bumbu halus :
10 buah cabai merah
4 siung bawang putih
5 siung bawang merah
1 sdt ketumbar

Cara membuat :

Bersihkan ikan lumuri dgn jeruk nipis dan garam, diamkan 10 mnt

Tumis sebentar bumbu yang sudah dihaluskan kemudian masukkan kecap manis, garam dan air asam masak sampai mendidih lalu angkat dan bagi menjadi dua bagian.

Celupkan ikan nila pada salah satu bumbu, diamkan selama 5 menit kemudian bakar di pan anti lengket sampai benar-benar matang.

Lumuri dengan bumbu yang satunya kemudian sajikan dengan didampingi sambal dan lalapan daun, mentimun ๐Ÿ˜‹ * Bila tidak suka pedas kurangi cabai,

Selamat mencoba, semoga bermanfaat โ˜บ๐Ÿ˜Š #dapurmamito #ikannilabakar

๐Ÿฉ๐Ÿฉ Resep Donut Buah Naga ๐Ÿฉ๐Ÿฉ
By @manty_ravika
Bosan di Juice di bikinin donut ternyata jg enak dan lembutt pulakk...asal yg sabar ngulenin ya dan jgn kelamaan fermentasi nya. โ˜บ๐Ÿ˜Š
Yg mau nyobain ini aku share resepi nya.
Bahan:

250 gr buah naga ( blender tanpa air )
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk full cream
1 bungkus (11 g) ragi instant
100 gr gula halus
75 gr mentega
ยฝ sdt garam
4 butir kuning telur
100 ml air dingin

Cara membuat:
* Campur tepung terigu, gula, susu bubuk, dan ragi instant. Aduk rata.
* Masukkan buah Naga sedikit demi sedikit aduk sampai rata. ( hentikan jika dirasa sudah cukup kalis )
* Masukkan kuning telur uleni hingga rata dan setengah kalis, tambahkan mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis.
* Diamkan selama 30 menit. ( tutup dgn serbet lembab )
* Bagi adonan 30gr dan bentuk menjadi bulat ( pake cetakan donut ) * Diamkan selama 20-30menit lagi, sampai terlihat mengembang.
* Goreng donat dengan api cenderung sedang sampai terlihat matang kecoklatan.
* Angkat, kemudian tiriskan dan taburkan gula donat, atau hias dengan coklat, ceres sebagai pemanis.

Selamat mencobaโ˜บ๐Ÿ˜Š #dapurmamito #donut

bisabikin: bolu kukus mekar
.
terimakasih resepnyaa mbak @manty_ravika bolkusnya mekaar
.
.
Yess...Bolu kukus nya mekar gak kena kutukan dunkk ๐Ÿ˜๐Ÿ˜„ *goyangitik๐Ÿ’ƒ๐Ÿ’ƒ
wlopun td pas buka tutup dandang nya agak deg2-an sambil2 baca doa hihihii ๐Ÿ™๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™Š.. Mari kita ngemill si mekar cantik dgn motif Zebra ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹
-----
Bolu Kukus Mekar
source : @liliana.wijaya68

Bahan :
250 grย tepung kunci biru
225 grย gula pasir ( me : 200 gr )
150 mlย air soda (me:sprite)
2 btr telur utuh
1/2 sdtย SP
secukupnyaย Pewarna

Cara Buat :
- Kocok gula, telur dan SP dengan kecepatan tinggi sampai pucat mengembang (me :15 menit)
- Turunkan speed rendah masukkan tepung dan air soda secara bergantian sampai habis
- Kocok lagi sampai mengental (me:1 menit dengan kecepatan tinggi)
- Bagi adonan menjadi beberapa warna yang diinginkan
- Tuang adonan ke paper cup isi dgn hampir penuh agar hasil mekarnya sempurna
- Kukus selama 12 menit dgn api besar

Note :
- Sebelum mulai mengukus pastikan air di dandang sudah panas dan menghasilkan banyak uap danTutup dgn kain agar uap tidak menetes
- Jangan sesekali membuka kukusan sebelum menit ke 12
.
#dapurmamito #bolukukusmekar #homemadefood #bisabikin #bisabikinbolu

MOST RECENT

Dapat kiriman Abon dr Sodara di Sby, abon nya enakk bangett ๐Ÿ˜‹ , emang udh kepikiran mau buat roti aja..tp ternyata stok telur abis ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™Š
Tapi tetap koq ngebaking roti, ini aku pake metode water Roux, empukk dan lembut banget, wlopun tanpa telur ๐Ÿ˜Šโ˜บ๐Ÿ‘Œ
Roti Abon keq gini favorit banget, persis kaye roti abon yg dijual di Toko roti terkenal itu tuhh ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜‹
.
.
Roti Abon
By : @manty_ravika
.
.
Bahan Roux / tangzong
120 ml air
25 gr terigu protein tinggi

Bahan roti :

250 gr tepung terigu protein tinggi
4 gr ragi
40 gr gula pasir
1/2 sdt garam
40 gr mentega
50-70 ml susu cair
Topping : Mayonaise + Abon sapi

Cara membuat
- Siapkan tangzhong: campur terigu dan air, aduk sampai licin dan tidak bergerindil. Panaskan di atas api kecil-sedang hingga mulai mengental. Matikan api, dinginkan
- Dalam bowl campur tepung terigu, gula pasir dan ragi, aduk rata. Masukkan tangzhong (semua), Uleni hingga hampir membentukย dough.ย Tambahkan garamย dan mentega. Uleni kembali sambil masukkan susu cair sedikit demi sedikit. Stop jika sudah dirasa cukup atau bisa ditambahkan beberapa sendok makan air jika adonan terlalu kering. lanjutkan uleni hingga kalis dan elastis.
- Istirahatkan adonan kurang lebih 45 menit hingga 1 jam atau sampai mengembang 2x lipat
- Kempiskan adonan, uleni lagi dan Timbang masing2 50 gr, Bentuk memanjang dan tata di loyang yg sudah di oles mentega , istirahatkan lagi 15-20 menit.
- Panggang selama 15-20 menit atau sampai bagian atas roti kecoklatan. Angkat, panas2 olesi permukaannya dengan mentega supaya makin kincloong ๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‹
- Tunggu hangat , Oles Mayonaise di atas roti dan tabur dgn Abon Sapi ๐Ÿ˜‹
.
.
#dapurmamito #rotiabon #roti #bread #baked
#reseproti #homemadefood #demenbaking #dapurbaking

Salah satu jajanan traditional yg selalu jd favoritnya 'Onde-onde'
Kali ini buat onde-onde nya yg ber-aroma Pandan..tetap enakk , legitt , empuk dan wangiiii๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹
1 resep ini dapat nya 13 bh , lumayan kan utk cemilan sore ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜Š
.
.
Onde Onde Pandan
.
Kulit:ย 
125 gr tepung ketan
25 gr tepung beras
50 gr kentang kukus , dihaluskan saat masih panas
2 tetes pasta pandan, campur ke air hangat nya
100 ml air hangat
40 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanili
wijen secukup nya

Isian:ย 
100 gr kacang hijau kupas , rendam 1 jam
100 ml santan sedang
50 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1 lbr daun pandan , simpulkan

Cara membuat:

Isian:ย 
Rebus kacang hijau kupas sampai empuk , lalu blender dgn santan.
Masukkan ke wadah bersama gula pasir, garam, daun pandan Masak sampai benar2 kental sehingga adonan dpt dipulung.
Dlm keadaan hangat bentuk bulat masing2 10gr, sisihkan.

Kulit:
- Campur tepung ketan, tepung beras, kentang, gula pasir , garam dan vanili , aduk rata. Tuang air hangat berisi pasta pandan nya sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga kalis dan licin.
- timbang masing2 20gr.
Bentuk bulat, pipihkan, kemudian taruh isi
- celupkan ke air dan Gulingkan kedalam wijen, sembari di kepal2 dan dibentuk bulat lagi.
- Goreng dgn minyak panas api kecil-sedang hingga matang kekuningan.

Note:
Isinya bisa aja diganti kacang ijo yg blm dikupas.
Tinggal gulanya disesuaikan.

Selamat mencoba ๐Ÿ˜Šโ˜บ
.
#dapurmamito #ondeonde #resepondeonde #homemadefood #bisabikin #doyanbaking #cakedankue #shareresep #berbagiresep #belajarbaking #ykmk2014 #lovecookbake #happybaking #cookingbaking #resepbaking #belajarmasakyuk #reseproemah #resepku_yummy #resepindonesia #resepmasakanfavorit #marimasak #foodclipid #guniezzt #doyanmasak #fotokue #ivgfood #kings_masterchef #hobimasakid #doyanmasak #foodstagram

Ayam Geprek ala Jogja yg lagi kekinian ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜Š, pertama nyobain ini beberapa hari lalu, beli nya antrii pake bangett seporsi 15rb, sekali nyoba wuihh ketagihan luar biasaaa *dalam hati awasss ya hrs ta coba bikin dirumah nnt ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜œ
dan akhir nya bikin jg , benerenn dehh endess bangett, bikin nasi nya nambahh2 ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜„๐Ÿ˜…๐Ÿ˜‹
.
.
Ayam Geprek
By : @manty_ravika
.
.
Bahan :

500 gr Ayam , potong2
1 sdm air jeruk nipis

Bahan pencelup (aduk rata):
4 sdmย terigu serba guna
2 sdmย tepung maizena
1 bh bawang putih, halus kan
3/4 sdt merica bubuk
air secukup nya, klo bole air es yaa
Secukupnyaย garam , kaldu ayam bubuk

Bahan kering (aduk rata):
5 sdm terigu serbaguna
2 sdmย maizena
Secukupnyaย garam ato kaldu bubuk

Sambal:
20 bh cabe rawit merah (sesuai selera)
5 siungย bawang putih
Secukupnyaย garam & gula
1 bh jeruk limau

Carbut Sambal nya :
- Goreng cabe dan bawang putih , di ulek kasar aja dan tambahkan garam dan gula lalu siram minyak panas secukup nya dan kucuri jeruk limau ๐Ÿ˜‹

Cara membuat :
- Lumuri ayam dgn nipis dan garam, diamkan 15 mnt lalu cuci bersih lagi
- Masukkan ayam ke dlm adonan pencelup , simpan di kulkas 15 mnt yaa...biar bumbu nya meresap
- Gulingkan ayam keadonan kering, agak di remas2 biar tepung nya nempel dan goreng di minyak panas api sedang
- Setelah matang, angkat dan geprek ayam di atas sambal bawang
Sajikan bersama nasi hangat dan pelengkap nya ๐Ÿ˜‹
.
.
.
#dapurmamito
#ayamgeprek
#resepayamgeprek #homemadefood #bisabikin #bisamasak #doyancooking #doyancooking_ #doyanmasak #berbagiresep #ykmk2014_recipes #ykmk2014 #fotomasak #shareresep #resepku_yummy #belajarmasakyuk #resepindonesia #panduanmemasak
#bakingcooking_ #hobimasakid #happycooking #lovecookbake #ivgfood #resep_id #masakan_rumahan

Pizza Buah / FRUITS PIZZA ๐Ÿ•๐Ÿ•๐Ÿ•
.
.
Bahan Dough :
150 gr Tepung Cakra
1/4 sdt Garam
1/4 sdt Baking Powder
1 sdm Minyak
1 sdm Butter
1/2 sdm Gula
70-80 ml Air hangat
1/2 sdt ragi

Toping :
1/2 bh Apel fuji, kupas dan iris tipis
5-8 iris nenas madu
8 bh anggur merah, iris2 tipis
2 sdm kismis
secukupnya keju chedar
secukupnya keju mozaarela
2 sdm Saos Tomat
2 sdm mayonaise

Langkah2 Dough :
- Campur air, gula, ragi aduk dan diamkan 8 mnt smpe berbuih.
- Di wadah lain masukkan tepung, garam, BP, minyak, aduk rata sambil dituang air ragi uleni, tambahkan butter dan uleni lg hingga kalis.
- Kemudian diamkan slama 45mnt smpe mengembang 2x lipat.

Toping :
- Setelah adonan dough mengembang, oles loyang dgn margarin dan letakkan dough dan ratakan dg ketebalan sesuai selera, tusuk2 dgn garpu ( bentuk sesuai selera - Oles permukaan dough dg saos tomat dan mayonaise , kemudian beri toping buah sambil ditekan2 agar toping nempel.
- Lalu taburi keju chedar dan mozzarela yg sudah diparut.
- Oven pizza dg suhu 175ยฐ selama 20-25 mnt sesuai oven masing2
- Setelah matang angkat, potong2 dan sajikan dgn saos ato mayonaise ๐Ÿ˜‹
.
.
Selamat mencoba ๐Ÿ˜Š
.
#dapurmamito #pizza
#pizzabuah #fruitpizza #reseppizza #homemadefood #cakedankue #bisabikin #berbagiresep #shareresep #ykmk2014 #happybaking #lovecookbake #belajarbaking #resepbaking #kings_masterchefs #food #pocket_food #yukbelajarmasak #anekaresepmasakan #fotomasak #fotokue

Ayam Geprek ala Jogja yg lagi kekinian ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜Š, pertama nyobain ini beberapa hari lalu, beli nya antrii pake bangett seporsi 15rb, sekali nyoba wuihh ketagihan luar biasaaa *dalam hati awasss ya hrs ta coba bikin dirumah nnt ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜œ
dan akhir nya bikin jg , benerenn dehh endess bangett, bikin nasi nya nambahh2 ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜„๐Ÿ˜…๐Ÿ˜‹
.
.
Ayam Geprek
.
.
Bahan :

500 gr Ayam , potong2
1 sdm air jeruk nipis

Bahan pencelup (aduk rata):
4 sdmย terigu serba guna
2 sdmย tepung maizena
1 bh bawang putih, halus kan
3/4 sdt merica bubuk
air secukup nya, klo bole air es yaa
Secukupnyaย garam , kaldu ayam bubuk

Bahan kering (aduk rata):
5 sdm terigu serbaguna
2 sdmย maizena
Secukupnyaย garam ato kaldu bubuk

Sambal:
20 bh cabe rawit merah (sesuai selera)
5 siungย bawang putih
Secukupnyaย garam & gula
1 bh jeruk limau

Carbut Sambal nya :
- Goreng cabe dan bawang putih , di ulek kasar aja dan tambahkan garam dan gula lalu siram minyak panas secukup nya dan kucuri jeruk limau ๐Ÿ˜‹

Cara membuat :
- Lumuri ayam dgn nipis dan garam, diamkan 15 mnt lalu cuci bersih lagi
- Masukkan ayam ke dlm adonan pencelup , simpan di kulkas 15 mnt yaa...biar bumbu nya meresap
- Gulingkan ayam keadonan kering, agak di remas2 biar tepung nya nempel dan goreng di minyak panas api sedang
- Setelah matang, angkat dan geprek ayam di atas sambal bawang
Sajikan bersama nasi hangat dan pelengkap nya ๐Ÿ˜‹
.
.
.
#dapurmamito
#ayamgeprek
#resepayamgeprek #homemadefood #bisabikin #bisamasak #doyancooking #doyancooking_ #doyanmasak #berbagiresep #ykmk2014_recipes #ykmk2014 #fotomasak #shareresep #resepku_yummy #belajarmasakyuk #resepindonesia #panduanmemasak
#bakingcooking_ #hobimasakid #happycooking #lovecookbake #ivgfood #resep_id #masakan_rumahan

.
.
.
.
.

Anak kecil lg bapil n ga mau mkn nasi,,ditanya mau mkn pasta,umbi2an atw roti n roti unyil jawaban diaa ๐Ÿ˜‚

#dapurmamito #cemilanluby #cemilansehat #luby42months #rotiunyil #homemade

PUDDING JAGUNG by @manty_ravika
#Repost @manty_ravika with @repostapp
ใƒปใƒปใƒป
Cuaca panas pas banget klo ngepuding ๐Ÿ˜Šโ˜บ, Jagung dibuat puding enak banget ternyata, segerr dan enak ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘
.
Bahan:
2 bh jagung manis, serut
1 Sachet agar2 beningย 
650 ml santan ( 65 ml santan kara + air )
50 gr gula pasir
50 ml susu kental manis
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat :
- Blender jagung dgn santan sampai halus. saring dan buang ampas nya ya
- Campur sari jagung, agar-agar, santan, gula, susu kental manis, garam, dan vanili. Aduk rata.
- Masak di atas api sedang sambil diaduk terus sampai mendidih.Tuang ke cetakan. Setelah uap panasnya hilang simpan dalam lemari es.
Siap disantap ๐Ÿ˜‹
.
.
Selamat mencoba ๐Ÿ˜‹
.
#dapurmamito #puding #pudingjagung
#homemadefood #desserts #resepmasakanfavorit #pudding #berbagiresep #shareresep #instafood #foodphotography

Dapat kiriman Abon dr Sodara di Sby, abon nya enakk bangett ๐Ÿ˜‹ , emang udh kepikiran mau buat roti aja..tp ternyata stok telur abis ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™Š
Tapi tetap koq ngebaking roti, ini aku pake metode water Roux, empukk dan lembut banget, wlopun tanpa telur ๐Ÿ˜Šโ˜บ๐Ÿ‘Œ
Roti Abon keq gini favorit banget, persis kaye roti abon yg dijual di Toko roti terkenal itu tuhh ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜‹
.
.
Roti Abon
By : @manty_ravika
.
.
Bahan Roux / tangzong
120 ml air
25 gr terigu protein tinggi

Bahan roti :

250 gr tepung terigu protein tinggi
4 gr ragi
40 gr gula pasir
1/2 sdt garam
40 gr mentega
50-70 ml susu cair
Topping : Mayonaise + Abon sapi

Cara membuat
- Siapkan tangzhong: campur terigu dan air, aduk sampai licin dan tidak bergerindil. Panaskan di atas api kecil-sedang hingga mulai mengental. Matikan api, dinginkan
- Dalam bowl campur tepung terigu, gula pasir dan ragi, aduk rata. Masukkan tangzhong (semua), Uleni hingga hampir membentukย dough.ย Tambahkan garamย dan mentega. Uleni kembali sambil masukkan susu cair sedikit demi sedikit. Stop jika sudah dirasa cukup atau bisa ditambahkan beberapa sendok makan air jika adonan terlalu kering. lanjutkan uleni hingga kalis dan elastis.
- Istirahatkan adonan kurang lebih 45 menit hingga 1 jam atau sampai mengembang 2x lipat
- Kempiskan adonan, uleni lagi dan Timbang masing2 50 gr, Bentuk memanjang dan tata di loyang yg sudah di oles mentega , istirahatkan lagi 15-20 menit.
- Panggang selama 15-20 menit atau sampai bagian atas roti kecoklatan. Angkat, panas2 olesi permukaannya dengan mentega supaya makin kincloong ๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‹
- Tunggu hangat , Oles Mayonaise di atas roti dan tabur dgn Abon Sapi ๐Ÿ˜‹
.
.
#dapurmamito #rotiabon #roti #bread #baked
#reseproti #homemadefood #demenbaking #dapurbaking

.
.
.
.

Ngupi syahntikks yuuk,,temennya rainbow cake iniih ๐Ÿ˜

#dapurmamito #cemilansehat #homemade #rainbowcake

Thankyou for baking @manty_ravika
______________________________________________
Dapat kiriman Abon dr Sodara di Sby, abon nya enakk bangett ๐Ÿ˜‹ , emang udh kepikiran mau buat roti aja..tp ternyata stok telur abis ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™Š
Tapi tetap koq ngebaking roti, ini aku pake metode water Roux, empukk dan lembut banget, wlopun tanpa telur ๐Ÿ˜Šโ˜บ๐Ÿ‘Œ
Roti Abon keq gini favorit banget, persis kaye roti abon yg dijual di Toko roti terkenal itu tuhh ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜‹
.
.
Roti Abon
.
.
Bahan Roux / tangzong
120 ml air
25 gr terigu protein tinggi

Bahan roti :

250 gr tepung terigu protein tinggi
4 gr ragi
40 gr gula pasir
1/2 sdt garam
40 gr mentega
50-70 ml susu cair
Topping : Mayonaise + Abon sapi

Cara membuat
- Siapkan tangzhong: campur terigu dan air, aduk sampai licin dan tidak bergerindil. Panaskan di atas api kecil-sedang hingga mulai mengental. Matikan api, dinginkan
- Dalam bowl campur tepung terigu, gula pasir dan ragi, aduk rata. Masukkan tangzhong (semua), Uleni hingga hampir membentukย dough.ย Tambahkan garamย dan mentega. Uleni kembali sambil masukkan susu cair sedikit demi sedikit. Stop jika sudah dirasa cukup atau bisa ditambahkan beberapa sendok makan air jika adonan terlalu kering. lanjutkan uleni hingga kalis dan elastis.
- Istirahatkan adonan kurang lebih 45 menit hingga 1 jam atau sampai mengembang 2x lipat
- Kempiskan adonan, uleni lagi dan Timbang masing2 50 gr, Bentuk memanjang dan tata di loyang yg sudah di oles mentega , istirahatkan lagi 15-20 menit.
- Panggang selama 15-20 menit atau sampai bagian atas roti kecoklatan. Angkat, panas2 olesi permukaannya dengan mentega supaya makin kincloong ๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‹
- Tunggu hangat , Oles Mayonaise di atas roti dan tabur dgn Abon Sapi ๐Ÿ˜‹
.
.
#dapurmamito #rotiabon #roti #bread #baked
#reseproti #homemadefood #demenbaking #dapurbaking

Dapat kiriman Abon dr Sodara di Sby, abon nya enakk bangett ๐Ÿ˜‹ , emang udh kepikiran mau buat roti aja..tp ternyata stok telur abis ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™Š
Tapi tetap koq ngebaking roti, ini aku pake metode water Roux, empukk dan lembut banget, wlopun tanpa telur ๐Ÿ˜Šโ˜บ๐Ÿ‘Œ
Roti Abon keq gini favorit banget, persis kaye roti abon yg dijual di Toko roti terkenal itu tuhh ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜‹
.
.
Roti Abon
.
.
Bahan Roux / tangzong
120 ml air
25 gr terigu protein tinggi

Bahan roti :

250 gr tepung terigu protein tinggi
4 gr ragi
40 gr gula pasir
1/2 sdt garam
40 gr mentega
50-70 ml susu cair
Topping : Mayonaise + Abon sapi

Cara membuat
- Siapkan tangzhong: campur terigu dan air, aduk sampai licin dan tidak bergerindil. Panaskan di atas api kecil-sedang hingga mulai mengental. Matikan api, dinginkan
- Dalam bowl campur tepung terigu, gula pasir dan ragi, aduk rata. Masukkan tangzhong (semua), Uleni hingga hampir membentukย dough.ย Tambahkan garamย dan mentega. Uleni kembali sambil masukkan susu cair sedikit demi sedikit. Stop jika sudah dirasa cukup atau bisa ditambahkan beberapa sendok makan air jika adonan terlalu kering. lanjutkan uleni hingga kalis dan elastis.
- Istirahatkan adonan kurang lebih 45 menit hingga 1 jam atau sampai mengembang 2x lipat
- Kempiskan adonan, uleni lagi dan Timbang masing2 50 gr, Bentuk memanjang dan tata di loyang yg sudah di oles mentega , istirahatkan lagi 15-20 menit.
- Panggang selama 15-20 menit atau sampai bagian atas roti kecoklatan. Angkat, panas2 olesi permukaannya dengan mentega supaya makin kincloong ๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‹
- Tunggu hangat , Oles Mayonaise di atas roti dan tabur dgn Abon Sapi ๐Ÿ˜‹
.
.
#dapurmamito #rotiabon #roti #bread #baked
#reseproti #homemadefood #demenbaking #dapurbaking

#Repost @manty_ravika ใƒปใƒปใƒป
Ini cemilan yg paling gampang buat nya, gak pake di Oven dan gak pake mixer2-an , gak ribett pokok nya ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜
Buat Bola Bola Coklat ato bahasa keren nya Choco Balls ๐Ÿซ๐Ÿฏ , Cemilan utk teman2 anak pd main di rumah โ˜บ๐Ÿ˜Š
Bola2 coklat nya di lapisi pake Coklat batang cair jd kebayangkan rasa nyoklat nya luar dalam kebangetann ๐Ÿ˜‹๐Ÿ‘Œ
.
.
Triple Choco Balls

Bahan :

200 gr biskuit marie ( Blender Halus )
50 gr margarin cair
75 gr susu kental manis coklat
50 gr cokelat batangan (lelehkan)
Secukupnya meises ceres

Cara Membuat :
- Siapkan mangkuk dan masukkan marie yang sudah dihaluskan.
- Tuangkan Maegarin cair, susu kental manis dan bentuk adonan jadi bola-bola kecil.
- Celupkan bola-bola dalam cokelat cair dan gulingkan di atas meises.
- Simpan kue dalam kulkas agar keras dan renyah.
Sajikan kue nya dan yakinnn pst cepat ludessss nya ama anak2 ๐Ÿ˜š๐Ÿ˜„
.
.
.
#dapurmamito #bolabolacoklat #chocoball #resepbolabolacoklat #homemadefood

Most Popular Instagram Hashtags