#dangau

2021 posts

TOP POSTS

Dr. Mahmud Makhluf, salah satu guru besar Bahasa Arab di Universitas al-Azhar pernah menegaskan bahwa penyebab utama kesesatan adalah ketidaktahuan akan Bahasa Arab. Hal sama juga pernah dahulu disampaikan oleh Imam as-Sanusi,
.
Sebagai contoh, seorang pemikir Islam asal Mesir, Dr. Mustafa Mahmud, dahulu pernah salah memahami ayat zina. Menurut beliau, 'alif-lam' (ال) dalam surat an-Nur ayat 2 adalah 'alif-lâm lil 'ahd', padahal itu adalah 'alif lâm haqîqah'. Sehingga, menurut beliau pezina yang dijatuhi hukuman cambuk hanyalah pezina yang telah melakukannya berkali-kali,
.
Alhamdulillah, kini beliau telah insaf, telah menelurkan banyak karya bermanfaat, terutama dalam membantah syubhat-syubhat orientalis. Kesalahan lama beliau telah ia akui, kemudian diperbaiki,
.
Tak kalah penting, bagaimana kisah seorang alim besar, penyusun ilmu nahu, Imam Sibawaihi,
.
Hal yang membuat ia mendalami ilmu Bahasa Arab adalah suatu ketika ia salah 'harakat' dalam membaca sebuah hadis, sehingga guru beliau memberi peringatan, bahwa boleh jadi kesalahan tersebut dihitung sebagai DUSTA atas nama Nabi, (shallallahu 'alaihi wasallam)
.
Sebab itulah, Imam Sibawaihi tercambuk untuk mendalami Bahasa Arab, hingga mencapai derajat yang sangat tinggi. Kitab beliau, 'al-Kitab', menjadi 'Quran'-nya para pembelajar Bahasa Arab. Bahkan Imam al-Jirmi berfatwa selama 30 tahun dengan modal kitab Imam Sibawaihi tadi,
.
Perlu diingat. Kalau sekedar hendak mampu membaca kitab kuning, maka Muqaddimah Ajurrumiyah pun cukup. Tetapi ilmu nahwu tidak sesempit itu. Ia membahas faidah huruf, makna tiap frasa berdasarkan susunan kata, maksud setiap kalimat berdasarkat 'shighat'. Makanya tak cukup sekedar Muqaddimah Ajurrumiyah, perlu diperdalam dengan Qathrun Nada, Alfiyah Ibni Malik, kalau perlu sampai kepada al-Kitab Imam Sibawaihi,
.
Lalu bagaimana mungkin orang yang hanya berbekal kitab mudah ilmu nahwu (nahwu muyassar) dan semacamnya, yang tak paham beda huruf 'min' penjelas dan huruf 'min' penyebagian, yang tak mengerti pembagian serta makna-makna tanwin,  mengaku-ngaku ahli tafsir, ahli hadis, bahkan mujtahid mufti?
.
#Muzakarah Nahu dengan tutor Da Wal di #Dangau #Al_azhar

Mikirin apa sayang?

#dangau

Terimakasih banyak ust. Anshori ilmunya, ya mungkin nanti kalau ada waktu boleh lah kita sharing2 lagi 🙏👏
#sharing #dangau #lcci

Sesuatu yang baik, akan berbuah baik begitupun sebaliknya.
Hargai setiap apa pun yang pernah singgah di hidup mu, karna mereka mempunyai kedudukan dan porsinya masing-masing #dangau #dangauhotelandresort #kingcrab #kingcrabs #pantaipasirputih

Selamat Hari Buruh 01.05.2017 kepada seluruh pekerja di dunia!!!!☺☺ Dari Dangau Golek & Katerer.. jom Like page kami👍👍 #dangau
#kambing
#kahwin
#golek
#aqiqah

MOST RECENT

Dirgahayu RI ke 72##17817##Dangau##

#dangau cuma singgah doang😂

CRying leadeR 2016

#Dangau Baraka

Sore masih aku seruput kopi tanpa air.

Kafe bernuansa alam
#dangau suci

Dek? Dah same ke abang tingginye wkwkwk

Pemimpin Singkawang sudah terpilih ni, tinggal kita pilih pemimpin rumah tangga kita😀 pilih kiri atau kanan. Yang Tengah abaikan je hahaha

Location : Bukit Mas SINGKAWANG, Ala Restaurant Vendome Jerman

#Bukitmas #bukitkayumalam #dayangresort #dangau #kampungrawit #restaurantvendome #singkawang #singkawangexplore #singkawangkuliner
#kulinerindonesia #kuliner #kalimantanbarat #indonesiakuliner #indonesia

Santai malam di J.House Dangau yukk.. ngobrol asik lepas dari kebisingan 👍
#esbatukristal #eskristal #icetube #singkawang #hotelandresto #dangau #kalbar

Disini aja dulu ya nak,nanti kalau ada rejekinya baru ke eropa.wkwkwk #holiday #dangau #singkawang #kalimantanbarat

No were what i do😪🙄
#dangau

Hidup kita tidak di nilai dari apa yang kita berikan sekitar kita tetapi di nilai dari manfaat yang kita berikan kepada sekitar kita.. .
.
.
#sulitair
#dangau
#travel
#pekanbaru
#sulitair

Most Popular Instagram Hashtags