#berbagiresep_babat

10 posts

TOP POSTS

Yuk @berbagiresep masakan lezat

BABAT BACEM
Oleh @anitajoyo

Assalamu'alaikum 😊

Kpingin bikin nasi babat madura, tapi blom sempet bikin serundengnya
Jadi bikin baceman babat aja buat tombo kpingin. Rasa babat yg sedikit manis legit gula merah cocok dengan sambel bawang yg pedes
Alhamdulillah..👌
.
.
Tapi masih teteup pingin bikin nasi babat madura😂😂 sik, bentar.. kasih jeda, nini kece musti ati2 dgn kolesterol😆
.
.

BABAT BACEM

500 gram babat 
500 ml air kelapa
2 lembar daun salam 
1 ruas lengkuas, memarkan
2 serai, geprak

Bumbu Halus:
6 bawang merah 
4 bawang putih 
1,5 sdt ketumbar 
1 sdt garam 
50 gr gula merah

Cara
1. Presto ato rebus biasa babat dgn 2 ruas jahe iris iris, 2 serai, 2 daun salam, 6 daun jeruk sampai cukup empuk. Angkat, buang airnya dan potong2 babatnya
2. Rebus air kelapa, daun salam, lengkuas, serai dan bumbu halus sampai mendidih. Masukkan babat. Koreksi rasa. Masak sampai empuk dan meresap
3. Goreng sebentar dalam minyak panas sampai kecokelatan
.

#Berbagiresep_babat

Yuk @berbagiresep masakan lezat

Babat gongso
Oleh @mentarikusumarini

Tulis resepnya ah kali2 ada yg mau coba hihi 😬
Resep Babat gongso
Bahan:
1/4 kg babat sapi
3 buah bawang merah iris tipis
Daun salam
Daun jeruk
3 sendok kecap manis
Garam
Bumbu halus:
5 buah cabe merah
1/2 sdt lada
3 buah kemiri
1/2 sdt terasi
2 buah bawang putih
2 buah bawang merah
Caranya :
1. Bersihkan babat lalu rebus babat berulang2 Sampe ngga bau kotoran lgi, bisa ditambahkan daun salam waktu ngerebusnya
2. Kalau sudah empuk potong2 babat
3. Panaskan minyak, tumis bawang merah yg sdh diiris tipis2, masukan smua bumbu2 tumis Sampai wangi
4. Setelah itu masukan babat tambahkan kecap manis
5. Masak hingga kering agar bumbu meresap. Selamat mencoba 😁👌
.
#Berbagiresep_babat

Yuk @berbagiresep masakan lezat

BABAT GORENG MANIS
Oleh @gdskitchen

Alohaaaaa, dari kapan tau kepengen makan babat. 2 minggu lalu udah beli dan rebus, eh ketinggalan gak dibawa ke kosan huhu makannya hari ini ku bikin babat goreng. Awalnya mau dibuat babat gongso tapi karena mau masak jengkol pedas manis jadi babatnya digoreng mania aja hehe

BABAT GORENG MANIS
Bahan:
1 kg babat
4 siung bawang putih, kupas kulitnya
4 lembar daun salam
Sejempol lengkuas
Garam, gula putih, gula merah dan penyedap rasa secukupnya
1 sdm kecap manis
Air secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Bumbu dihaluskan:
8 siung bawang merah
8 siung bawang putih
1 ruas jahe
Sejempol lengkuas

Cara:
1. Cuci bersih babat, lalu rebus/presto bersama bawang putih utuh, daun salam dan lengkuas hingga babat empuk. Buang air rebusan babat, potong babat sesuai selera.
2. Masukkan babat dan bumbu halus kedalam panci. Beri garam, gula putih, gula merah, penyedap rasa dan kecap manis. Lalu tambahkan air hingga babat terendam.
3. Rebus babat hingga air menyurut dan bumbu meresap.
4. Goreng babat dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan, angkat dan sajikan

#Berbagiresep_babat

Yuk @berbagiresep masakan lezat

Babat Gongso
Oleh @dianayupuspitasari

Good morning,, gadis cantik kerudung kuning,, 😅 semalem sy habis ungkep babat sapi, kemarin dapet babat sapi di pasar yg masih seger. Jd ga amis kl dimasak. Plus diungkep dl pakai rempah Indoneesiiiaaa 👌 guriiiih..ㅤㅤ
ㅤㅤ
•Babat Gongso•ㅤㅤ
ㅤㅤ
Bahan :ㅤㅤ
1/2 kg babat sapiㅤㅤ
2 butir bawang merah (iris tipis)ㅤㅤ
1 ruas laos (geprek)ㅤㅤ
2 lembar daun salam ㅤㅤ
1 ruas jahe (geprek)ㅤㅤ
2 sendok makan kecap manisㅤㅤ
1 sendok teh kecap asinㅤㅤ
Gula garam dan merica, secukupnyaㅤㅤ
1 sendok makan gula merahㅤㅤ
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Bumbu halus :ㅤㅤ
2 siung bawang putihㅤㅤ
3 buah cabe merah keritingㅤㅤ
5 buah cabe rawitㅤㅤ
2 butir bawang merahㅤㅤ
ㅤㅤ
Bumbu ungkep babat :ㅤㅤ
1 buah jeruk nipisㅤㅤ
2 batang sereh (geprek)ㅤㅤ
1 ruas laos (geprek)ㅤㅤ
1 ruas jahe (geprek)ㅤㅤ
2 siung bawang putihㅤㅤ
1 sendok teh garamㅤㅤ
ㅤㅤ
Cara memasak :ㅤㅤ
1. Cuci bersih babat, sikat bagian sela-sela nya di air mengalir. Beri air perasan jeruk nipis. Diamkan selama 10 menit. Cuci kembali dan rebus dengan bumbu ungkep. Sy pakai presto slm 30 menit.ㅤㅤ
ㅤㅤㅤㅤ
2. Haluskan semua bumbu halus, tumis dalam minyak hingga harum. Masukan daun salam, jahe, laos, bawang merah, kecap, gula merah, gula garam dan merica. Tambahkan air. Masukan babat yang telah dipotong-potong.ㅤㅤ
ㅤㅤ
3. Aduk hingga semua bumbu meresap. Sajikan

#Berbagiresep_babat

Yuk @berbagiresep masakan lezat

Tumis babat dan kulit
Oleh @gwynethsevenlie

Walau cabe mahal makanan pedas itu wajib 🙃 mahalan cabenya daripada isinya
Tumis babat dan kulit
Bahan :
250 gr babat dan kulit sapi
1/4 sdt himalayan salt
Sedikit royco rasa sapi
1 sdm santan kental
Air secukupnya
3 lembar daun jeruk
Minyak untuk menumis
Bumbu halus :
2 bawang merah
3 bawang putih
Seruas jahe
3 kemiri
Cabe sesuai selera
Cara :
1. Potong babat dan kulit sesuai selera, cuci bersih
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan babat dan kulit lalu aduk rata
3. Kasih santan, garam dan royco, aduk rata lalu masukkan air.
4. Masak dengan api kecil sampai airnya set dan babat empuk

#Berbagiresep_babat

Yuk @berbagiresep masakan lezat

BABAT GONGSO
Oleh @dapur_mamaalba

Beberapa hari yang lalu ngungkep babat sekalian banyak, trus di simpan di kulkas. Lumayan kalo pas gak ada lauk tinggal goreng aja atau bisa juga buat campuran nasi goreng. Dan sampai hari ini masih ada sisa, akhirnya aku bikin babat gongso. Enaknya makan nasi pake babat gongso itu gak usah nyari lauk atau sayur lain. Gini aja udah enak, ngelawuhi lak pokoke. Paling2 tambah kerupuk 😄😅(kalo ini sih wajib yaa) ---
BABAT GONGSO

Bahan:
500gr babat di rebus sampai empuk, potong2
6buah cabai rawit utuh
4sdm kecap manis
Garam dan kaldu bubuk

Bumbu halus:
4buah bawang putih
7buah bawang merah
10 buah cabe merah keriting
5buah kemiri sangrai

Cara memasak babat ungkep:
- cuci bersih babat, rebus ( rebusan pertama air di buang) kemudian di rebus lagi pakai api kecil sampai air menyusut dan babat empuk. (Di rebusan ke2 ini bisa di tambahkan daun salam, jahe, serai, bawang putih halus, ketumbar bubuk, garam dan gula merah) kemudian angkat tiriskan. Setelah dingin bisa di simpan di kulkas dulu sebelum di olah jd masakan lain. 
Cara memasak babat gongso:
- tumis bumbu halus hingga harum, masukkan babat, masukkan garam, kecap manis, dan cabe utuh.
Tambahkan sedikit air, aduk2 hingga tercampur, masak sampai air menyusut. Sajikan
.
#Berbagiresep_babat

Yuk @berbagiresep masakan lezat

Babat Bumbu Lengkuas
Oleh @mama_syifa_hana

Assalamualaikum semuanya.... Bagaimana puasanya?? Semoga lancar sampai hari kemenangan.... Ini menu puasa kemarin... Semoga bisa jadi inspirasi.... Oiya babat bisa diganti daging, ayam, atau jerohan...
.
Babat Bumbu Lengkuas
By @mama_syifa_hana
.
500 gr babat sapi
1 ruas jahe
2 lembar daun jeruk
50 gr lengkuas ( kira2 10cm)
2 lembar daun salam
2 sdm kecap manis
.
Bumbu halus
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah
5 bh kemiri sangrai
1 sdt ketumbar sangrai
1 sdm gula merah sisir
1 sdm air asam jawa
Gula garam kaldu bubuk secukupnya
.
Cara membuat
Rebus babat dengan jahe, daun jeruk dan 1 sdm garam sampai empuk ( aku pakai presto). Potong-potong sesuai selera. Parut lengkuas, sisihkan.
.
Tumis bumbu halus dan parutan lengkuas hingga harum, masukkan daun salam, kecap manis dan potongan babat. Tambahkan air secukupnya. Masak hingga air menyusut. Tes rasa.
.
#Berbagiresep_babat

Yuk @berbagiresep masakan lezat

Babat gongso
Oleh @gdskitchen

Kemarin beli babat di pasar, hari ini dibikin babat gonso. Ini udah kesekian kali saya bikin babat gonso dan selalu pake resepnya tante @tintinrayner udah cocok banget, enaaak! Babat gongso ini berhasil bikin saya ambil nasi pagi-pagi. Tadi bikin 1 kg kok berasa dikit banget ya? Kayanya nanti kalo bikin harus 2 kg deh karena semua di rumah suka babat 😂😂 Izin share resepnya ya tante, maaf saya otak atik sedikit 😚💕

BABAT GONGSO
Bahan:
1 kg babat (saya campur babat anduk dan usus)
5 siung bawang putih
3 lembar daun salam
1 ruas lengkuas, geprek
7 siung bawang merah, iris
Minyak untuk menumis
1 gelas air

Bumbu dihaluskan:
15 buah cabe merah
15 buah rawit merah
10 siung bawang merah
4 siung bawang putih 
6 butir kemiri, sangrai

Bumbu:
Garam, gula, penyedap rasa, kaldu bubuk dan kecap manis secukupnya.

Cara:
1. Rebus babat bersama bawang putih, salam dan lengkuas hingga empuk. (Kalo mau cepet bisa di presto ya). Buang air rebusan babat, potong babat sesuai selera, sisihkan
2. Tumis bawang merah hingga harum, masukkan bumbu halus tumis hingga bumbu matang. Tambahkan garam, gula, kaldu bubuk dan penyedap rasa. Aduk rata, koreksi rasa
3. Masukkan babat, tambahkan segelas air dan kecap secukupnya. Aduk rata. Masak hingga air menyurut dan berminyak. Angkat dan sajikan

#Berbagiresep_babat

Yuk @berbagiresep masakan lezat •Babat Goreng Sambal Bawang•ㅤㅤ
Oleh @dianayupuspitasari

Pas beli daging sapi di pasar tadi, si ibuk penjual nya lagi iris-iris babat 🙈 tergoda deh.. Tp belinya 1/4 kg aja 😅 takut beli banyak-banyak 🙈ㅤㅤ
ㅤㅤ
•Babat Goreng Sambal Bawang•ㅤㅤ
ㅤㅤ
Bahan :ㅤㅤ
1/4 kg babat sapi ㅤㅤ
5 siung bawang putihㅤㅤ
1 sendok makan ketumbar ㅤㅤ
1 ruas kunyitㅤㅤ
1 ruas jahe ㅤㅤ
1 ruas lengkuas (geprek)ㅤㅤ
2 lembar daun salamㅤㅤ
2 lembar daun jerukㅤㅤ
Gula dan garam secukupnyaㅤㅤ
ㅤㅤ
Bahan sambal :ㅤㅤ
3 siung bawang putihㅤㅤ
1/2 sendok teh terasiㅤㅤ
1 buah tomat kecilㅤㅤ
2 cabe merah keritingㅤㅤ
4 cabe rawitㅤㅤ
Gula dan garamㅤㅤ
ㅤㅤ
Cara memasak :ㅤㅤㅤㅤ
1. Bersihkan babat. Sikat bagian sela-sela handuk. Rebus selama 15 menit pertama dengan air perasan dari 1 buah jeruk nipis. Buang airnya, cuci bersih lagi. Tambahkan air, rebus dengan bawang putih, ketumbah, kunyit, jahe yg telah dihaluskan. Masukan semua bumbu.ㅤㅤ
ㅤㅤ
2. Rebus selama 1 jam. Tiriskan. Goreng.ㅤㅤ
ㅤㅤ
3. Ulek semua bahan sambal. Siram dengan minyak panas. Aduk-aduk.ㅤㅤ

#Berbagiresep_babat #berbagiresep_sambal
ㅤㅤ

MOST RECENT

Yuk @berbagiresep masakan lezat

BABAT BACEM
Oleh @anitajoyo

Assalamu'alaikum 😊

Kpingin bikin nasi babat madura, tapi blom sempet bikin serundengnya
Jadi bikin baceman babat aja buat tombo kpingin. Rasa babat yg sedikit manis legit gula merah cocok dengan sambel bawang yg pedes
Alhamdulillah..👌
.
.
Tapi masih teteup pingin bikin nasi babat madura😂😂 sik, bentar.. kasih jeda, nini kece musti ati2 dgn kolesterol😆
.
.

BABAT BACEM

500 gram babat 
500 ml air kelapa
2 lembar daun salam 
1 ruas lengkuas, memarkan
2 serai, geprak

Bumbu Halus:
6 bawang merah 
4 bawang putih 
1,5 sdt ketumbar 
1 sdt garam 
50 gr gula merah

Cara
1. Presto ato rebus biasa babat dgn 2 ruas jahe iris iris, 2 serai, 2 daun salam, 6 daun jeruk sampai cukup empuk. Angkat, buang airnya dan potong2 babatnya
2. Rebus air kelapa, daun salam, lengkuas, serai dan bumbu halus sampai mendidih. Masukkan babat. Koreksi rasa. Masak sampai empuk dan meresap
3. Goreng sebentar dalam minyak panas sampai kecokelatan
.

#Berbagiresep_babat

Yuk @berbagiresep masakan lezat

Babat Bumbu Lengkuas
Oleh @mama_syifa_hana

Assalamualaikum semuanya.... Bagaimana puasanya?? Semoga lancar sampai hari kemenangan.... Ini menu puasa kemarin... Semoga bisa jadi inspirasi.... Oiya babat bisa diganti daging, ayam, atau jerohan...
.
Babat Bumbu Lengkuas
By @mama_syifa_hana
.
500 gr babat sapi
1 ruas jahe
2 lembar daun jeruk
50 gr lengkuas ( kira2 10cm)
2 lembar daun salam
2 sdm kecap manis
.
Bumbu halus
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah
5 bh kemiri sangrai
1 sdt ketumbar sangrai
1 sdm gula merah sisir
1 sdm air asam jawa
Gula garam kaldu bubuk secukupnya
.
Cara membuat
Rebus babat dengan jahe, daun jeruk dan 1 sdm garam sampai empuk ( aku pakai presto). Potong-potong sesuai selera. Parut lengkuas, sisihkan.
.
Tumis bumbu halus dan parutan lengkuas hingga harum, masukkan daun salam, kecap manis dan potongan babat. Tambahkan air secukupnya. Masak hingga air menyusut. Tes rasa.
.
#Berbagiresep_babat

Yuk @berbagiresep masakan lezat

Babat gongso
Oleh @mentarikusumarini

Tulis resepnya ah kali2 ada yg mau coba hihi 😬
Resep Babat gongso
Bahan:
1/4 kg babat sapi
3 buah bawang merah iris tipis
Daun salam
Daun jeruk
3 sendok kecap manis
Garam
Bumbu halus:
5 buah cabe merah
1/2 sdt lada
3 buah kemiri
1/2 sdt terasi
2 buah bawang putih
2 buah bawang merah
Caranya :
1. Bersihkan babat lalu rebus babat berulang2 Sampe ngga bau kotoran lgi, bisa ditambahkan daun salam waktu ngerebusnya
2. Kalau sudah empuk potong2 babat
3. Panaskan minyak, tumis bawang merah yg sdh diiris tipis2, masukan smua bumbu2 tumis Sampai wangi
4. Setelah itu masukan babat tambahkan kecap manis
5. Masak hingga kering agar bumbu meresap. Selamat mencoba 😁👌
.
#Berbagiresep_babat

Yuk @berbagiresep masakan lezat •Babat Goreng Sambal Bawang•ㅤㅤ
Oleh @dianayupuspitasari

Pas beli daging sapi di pasar tadi, si ibuk penjual nya lagi iris-iris babat 🙈 tergoda deh.. Tp belinya 1/4 kg aja 😅 takut beli banyak-banyak 🙈ㅤㅤ
ㅤㅤ
•Babat Goreng Sambal Bawang•ㅤㅤ
ㅤㅤ
Bahan :ㅤㅤ
1/4 kg babat sapi ㅤㅤ
5 siung bawang putihㅤㅤ
1 sendok makan ketumbar ㅤㅤ
1 ruas kunyitㅤㅤ
1 ruas jahe ㅤㅤ
1 ruas lengkuas (geprek)ㅤㅤ
2 lembar daun salamㅤㅤ
2 lembar daun jerukㅤㅤ
Gula dan garam secukupnyaㅤㅤ
ㅤㅤ
Bahan sambal :ㅤㅤ
3 siung bawang putihㅤㅤ
1/2 sendok teh terasiㅤㅤ
1 buah tomat kecilㅤㅤ
2 cabe merah keritingㅤㅤ
4 cabe rawitㅤㅤ
Gula dan garamㅤㅤ
ㅤㅤ
Cara memasak :ㅤㅤㅤㅤ
1. Bersihkan babat. Sikat bagian sela-sela handuk. Rebus selama 15 menit pertama dengan air perasan dari 1 buah jeruk nipis. Buang airnya, cuci bersih lagi. Tambahkan air, rebus dengan bawang putih, ketumbah, kunyit, jahe yg telah dihaluskan. Masukan semua bumbu.ㅤㅤ
ㅤㅤ
2. Rebus selama 1 jam. Tiriskan. Goreng.ㅤㅤ
ㅤㅤ
3. Ulek semua bahan sambal. Siram dengan minyak panas. Aduk-aduk.ㅤㅤ

#Berbagiresep_babat #berbagiresep_sambal
ㅤㅤ

Yuk @berbagiresep masakan lezat

BABAT GORENG MANIS
Oleh @gdskitchen

Alohaaaaa, dari kapan tau kepengen makan babat. 2 minggu lalu udah beli dan rebus, eh ketinggalan gak dibawa ke kosan huhu makannya hari ini ku bikin babat goreng. Awalnya mau dibuat babat gongso tapi karena mau masak jengkol pedas manis jadi babatnya digoreng mania aja hehe

BABAT GORENG MANIS
Bahan:
1 kg babat
4 siung bawang putih, kupas kulitnya
4 lembar daun salam
Sejempol lengkuas
Garam, gula putih, gula merah dan penyedap rasa secukupnya
1 sdm kecap manis
Air secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Bumbu dihaluskan:
8 siung bawang merah
8 siung bawang putih
1 ruas jahe
Sejempol lengkuas

Cara:
1. Cuci bersih babat, lalu rebus/presto bersama bawang putih utuh, daun salam dan lengkuas hingga babat empuk. Buang air rebusan babat, potong babat sesuai selera.
2. Masukkan babat dan bumbu halus kedalam panci. Beri garam, gula putih, gula merah, penyedap rasa dan kecap manis. Lalu tambahkan air hingga babat terendam.
3. Rebus babat hingga air menyurut dan bumbu meresap.
4. Goreng babat dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan, angkat dan sajikan

#Berbagiresep_babat

Yuk @berbagiresep masakan lezat

BABAT GORENG MANIS
Oleh @gdskitchen

Alohaaaaa, dari kapan tau kepengen makan babat. 2 minggu lalu udah beli dan rebus, eh ketinggalan gak dibawa ke kosan huhu makannya hari ini ku bikin babat goreng. Awalnya mau dibuat babat gongso tapi karena mau masak jengkol pedas manis jadi babatnya digoreng mania aja hehe

BABAT GORENG MANIS
Bahan:
1 kg babat
4 siung bawang putih, kupas kulitnya
4 lembar daun salam
Sejempol lengkuas
Garam, gula putih, gula merah dan penyedap rasa secukupnya
1 sdm kecap manis
Air secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Bumbu dihaluskan:
8 siung bawang merah
8 siung bawang putih
1 ruas jahe
Sejempol lengkuas

Cara:
1. Cuci bersih babat, lalu rebus/presto bersama bawang putih utuh, daun salam dan lengkuas hingga babat empuk. Buang air rebusan babat, potong babat sesuai selera.
2. Masukkan babat dan bumbu halus kedalam panci. Beri garam, gula putih, gula merah, penyedap rasa dan kecap manis. Lalu tambahkan air hingga babat terendam.
3. Rebus babat hingga air menyurut dan bumbu meresap.
4. Goreng babat dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan, angkat dan sajikan

#Berbagiresep_babat

Yuk @berbagiresep masakan lezat

BABAT GORENG MANIS
Oleh @gdskitchen

Alohaaaaa, dari kapan tau kepengen makan babat. 2 minggu lalu udah beli dan rebus, eh ketinggalan gak dibawa ke kosan huhu makannya hari ini ku bikin babat goreng. Awalnya mau dibuat babat gongso tapi karena mau masak jengkol pedas manis jadi babatnya digoreng mania aja hehe

BABAT GORENG MANIS
Bahan:
1 kg babat
4 siung bawang putih, kupas kulitnya
4 lembar daun salam
Sejempol lengkuas
Garam, gula putih, gula merah dan penyedap rasa secukupnya
1 sdm kecap manis
Air secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Bumbu dihaluskan:
8 siung bawang merah
8 siung bawang putih
1 ruas jahe
Sejempol lengkuas

Cara:
1. Cuci bersih babat, lalu rebus/presto bersama bawang putih utuh, daun salam dan lengkuas hingga babat empuk. Buang air rebusan babat, potong babat sesuai selera.
2. Masukkan babat dan bumbu halus kedalam panci. Beri garam, gula putih, gula merah, penyedap rasa dan kecap manis. Lalu tambahkan air hingga babat terendam.
3. Rebus babat hingga air menyurut dan bumbu meresap.
4. Goreng babat dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan, angkat dan sajikan

#Berbagiresep_babat

Yuk @berbagiresep masakan lezat

BABAT GORENG MANIS
Oleh @gdskitchen

Alohaaaaa, dari kapan tau kepengen makan babat. 2 minggu lalu udah beli dan rebus, eh ketinggalan gak dibawa ke kosan huhu makannya hari ini ku bikin babat goreng. Awalnya mau dibuat babat gongso tapi karena mau masak jengkol pedas manis jadi babatnya digoreng mania aja hehe

BABAT GORENG MANIS
Bahan:
1 kg babat
4 siung bawang putih, kupas kulitnya
4 lembar daun salam
Sejempol lengkuas
Garam, gula putih, gula merah dan penyedap rasa secukupnya
1 sdm kecap manis
Air secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Bumbu dihaluskan:
8 siung bawang merah
8 siung bawang putih
1 ruas jahe
Sejempol lengkuas

Cara:
1. Cuci bersih babat, lalu rebus/presto bersama bawang putih utuh, daun salam dan lengkuas hingga babat empuk. Buang air rebusan babat, potong babat sesuai selera.
2. Masukkan babat dan bumbu halus kedalam panci. Beri garam, gula putih, gula merah, penyedap rasa dan kecap manis. Lalu tambahkan air hingga babat terendam.
3. Rebus babat hingga air menyurut dan bumbu meresap.
4. Goreng babat dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan, angkat dan sajikan

#Berbagiresep_babat

Yuk @berbagiresep masakan lezat

Babat Gongso
Oleh @dianayupuspitasari

Good morning,, gadis cantik kerudung kuning,, 😅 semalem sy habis ungkep babat sapi, kemarin dapet babat sapi di pasar yg masih seger. Jd ga amis kl dimasak. Plus diungkep dl pakai rempah Indoneesiiiaaa 👌 guriiiih..ㅤㅤ
ㅤㅤ
•Babat Gongso•ㅤㅤ
ㅤㅤ
Bahan :ㅤㅤ
1/2 kg babat sapiㅤㅤ
2 butir bawang merah (iris tipis)ㅤㅤ
1 ruas laos (geprek)ㅤㅤ
2 lembar daun salam ㅤㅤ
1 ruas jahe (geprek)ㅤㅤ
2 sendok makan kecap manisㅤㅤ
1 sendok teh kecap asinㅤㅤ
Gula garam dan merica, secukupnyaㅤㅤ
1 sendok makan gula merahㅤㅤ
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Bumbu halus :ㅤㅤ
2 siung bawang putihㅤㅤ
3 buah cabe merah keritingㅤㅤ
5 buah cabe rawitㅤㅤ
2 butir bawang merahㅤㅤ
ㅤㅤ
Bumbu ungkep babat :ㅤㅤ
1 buah jeruk nipisㅤㅤ
2 batang sereh (geprek)ㅤㅤ
1 ruas laos (geprek)ㅤㅤ
1 ruas jahe (geprek)ㅤㅤ
2 siung bawang putihㅤㅤ
1 sendok teh garamㅤㅤ
ㅤㅤ
Cara memasak :ㅤㅤ
1. Cuci bersih babat, sikat bagian sela-sela nya di air mengalir. Beri air perasan jeruk nipis. Diamkan selama 10 menit. Cuci kembali dan rebus dengan bumbu ungkep. Sy pakai presto slm 30 menit.ㅤㅤ
ㅤㅤㅤㅤ
2. Haluskan semua bumbu halus, tumis dalam minyak hingga harum. Masukan daun salam, jahe, laos, bawang merah, kecap, gula merah, gula garam dan merica. Tambahkan air. Masukan babat yang telah dipotong-potong.ㅤㅤ
ㅤㅤ
3. Aduk hingga semua bumbu meresap. Sajikan

#Berbagiresep_babat

#Repost @berbagiresep with @repostapp
・・・
Yuk @berbagiresep masakan lezat

Babat gongso
Oleh @gdskitchen

Kemarin beli babat di pasar, hari ini dibikin babat gonso. Ini udah kesekian kali saya bikin babat gonso dan selalu pake resepnya tante @tintinrayner udah cocok banget, enaaak! Babat gongso ini berhasil bikin saya ambil nasi pagi-pagi. Tadi bikin 1 kg kok berasa dikit banget ya? Kayanya nanti kalo bikin harus 2 kg deh karena semua di rumah suka babat 😂😂 Izin share resepnya ya tante, maaf saya otak atik sedikit 😚💕

BABAT GONGSO
Bahan:
1 kg babat (saya campur babat anduk dan usus)
5 siung bawang putih
3 lembar daun salam
1 ruas lengkuas, geprek
7 siung bawang merah, iris
Minyak untuk menumis
1 gelas air

Bumbu dihaluskan:
15 buah cabe merah
15 buah rawit merah
10 siung bawang merah
4 siung bawang putih 
6 butir kemiri, sangrai

Bumbu:
Garam, gula, penyedap rasa, kaldu bubuk dan kecap manis secukupnya.

Cara:
1. Rebus babat bersama bawang putih, salam dan lengkuas hingga empuk. (Kalo mau cepet bisa di presto ya). Buang air rebusan babat, potong babat sesuai selera, sisihkan
2. Tumis bawang merah hingga harum, masukkan bumbu halus tumis hingga bumbu matang. Tambahkan garam, gula, kaldu bubuk dan penyedap rasa. Aduk rata, koreksi rasa
3. Masukkan babat, tambahkan segelas air dan kecap secukupnya. Aduk rata. Masak hingga air menyurut dan berminyak. Angkat dan sajikan

#Berbagiresep_babat

Most Popular Instagram Hashtags