#ahligigi

36 posts

TOP POSTS

Trend telah meledak di satu waktu secara masal.

Dan efek sampingnya akan memilih waktunya sendiri untuk meledakkan dirinya, juga secara masal.

Ini bom waktu tanpa detikan penanda.

Mungkin sudah dimulai dari hari ini.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Kasus kiriman @eka_yudi_drg

Perempuan 53 tahun mengeluhkan sakit untuk mengunyah dan bengkak di gusi. Gigi tiruan akrilik buatan tukang sudah 3 tahun nempel mesra di mulutnya. Jika gigi tiruan akrilik harus dilepas dan dibersihkan minimal 2x sehari, maka ibu ini bolos piket bersih-bersih sebanyak 2190 kali. Bahkan masih banyak ranjau darat berwujud sisa akar gigi tertanam di gusinya. Infeksinya bisa meledak kapan saja dalam radius yang cukup luas.

Mulutmu bukan HP dual sim card. Sisa akar gigi ditumpukin gigi palsu, keduanya aktif buat pengunyahan.

Atau dianggap sampah. Main tumpuk dan timbun saja. Masih mending, sampah ditimbun jadi kompos. Lha kalau akar gigi ditimbun jadi apa?

Mulutmu bukan tanah Indonesia, yang kata Koes Plus: tongkat kayu dan batu jadi tanaman. Tonggak/akar gigi dibiarkan jadi apa? Tak akan berbuah ataupun berumbi. Barangkali benar bisa tumbuh menjalar. Tapi tidak seperti ubi jalar, melainkan infeksinya yang menjalar.

Pada kenyataannya, gigi tiruan tukang gigi itu seperti friendzone relationship. Tiap hari nempel ga pernah lepas, tapi ga pernah bisa dipakai.

Gigi tiruan yang benar itu, jika didisain sebagai gigi tiruan lepasan, sejatinya mirip hubungan yang berlandaskan saling percaya terhadap pasangannya. Siang malam nempel mulu ga pernah lepas itu bisa jadi terlalu posesif. Itu relationship atau CCTV?

Cinta itu membebaskan dan melepaskan. Agar bersih dan mengistirahatkan ketegangan di antara keduanya.

Merpati, anjing dan kucing terbaik akan menemukan jalan pulang ketika dilepas.

Pun jodoh, tak akan kemana setelah dibebaskan.

Gigi tiruan lepasan yang baik, harus dilepas agar esok hari bisa kembali ke dalam mulut dengan nyaman.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Kasus pasoen berusia 38 tahun kiriman sejawat drg @brinets_reivi. Seorang dokter gigi awesome di tengah situasi uasem, alumni Indonesian Idol season 3 tahun 2006 yang ga jaim menghadapi becek-becek kayak gini.

Hanya orang jomblo yang dilarang keras pergi ke tukang gigi. Kalau gigimu dibikin begini, tiap kali ngaca, itu gigi seolah selalu berkata: gigi aja bisa gandengan, masak kamu nggak? Gimana tiap hari ga baper akut, coba?

Terlalu hancur untuk dilihat? Yuk fokus dulu satu-satu.

Slide pertama, perhatikan gigi seri atasnya. Di antara 2 gigi seri yang renggang itu diisi 1 gigi seri lagi biar rapet. Pakai akrilik. Penampakannya: jadi seperti setan di antara dua orang yang berdua-duaan. Atau seperti anak hasil hubungan yang terlarang. Yaitu hubungan gelap dan ilegal yang terjalin di antara dua gigi seri dengan perantaraan si tukang gigi.

Gusi meradang, sudah pasti. Konstruksinya tidak mendukung adanya upaya pembersihan maksimal terhadap sisa-sisa makanan.

Slide kedua, hanya ronsen yang mampu bercerita bahwa sebelumnya, ada behel yang melintang di sepanjang deretan gigi atasnya. Gigi palsu akrilik gigi seri kecil pun dilewati kawat behel. Padahal di dalamnya masih ada sisa akar.

Kita tidak bisa menganalogikan behel dari sisi nasionalisme: sambung menyambung menjadi satu bak Indonesia. Dengan kebhinekaannya yang terdiri dari gigi keropos, sisa akar gigi dan gigi mati yang dijadiin satu.

Behel itu sesuai konsep tombo ati: berkumpulah dengan orang sholeh. Yang artinya semua gigi harus dalam keadaan sehat dan bersih sebelum disambung menjadi satu.

Gigipun mirip hati. Gigi yang digerakkan harus tegar sebagaimana hati yang hendak move on. Tak boleh rapuh.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Homecare direct veneer by illegal dental practician.

Apa keindahan itu identik dg putih?

Mimin pernah nanya ke bunda: Kenapa sih bun kok aku dilahirkan jadi orang item?
Jawab bunda mimin: baguslah item, jadi ga gampang kotor.

Nah, nikmat mana yg kamu dustakan? Syukuri yang sudah ada. Disain alam jangan dilawan. Memodifikasi disain alam perlu keilmuan yg sangat kompleks dan alasan yg bisa dipertanggung jawabkan dengan dasar teori yang sudah dirumuskan melalui penelitian yg sangat panjang. Tidak semudah menempeli gigimu dgn permen happydent atau mengecatnya dengan Tipe-eX.

Apakah estetika itu hanya berhenti di putih saja?

Pemilihan veneer yang hanya mementingkan warna tanpa memperhatikan aspek kerapian, fungsi, kesehatan jaringan gigi dan sekitarnya sama seperti mencari pasangan yang putih, pendiam dan pinter masak kemudian mau saja ketika dijodohkan sama rice cooker. Atau kamu mencari pacar yang putih, kurus mudah diatur, kemudian nurut-nurut aja dicomblangin sama bihun.

Yang berfikir keindahan itu hanya berhenti di putih doang artinya pikniknya kurang jauh.

Veneer itu termasuk perawatan medis. Perawatan medis itu gabungan antara apa yang kamu inginkan dan apa yang kamu butuhkan.

Ga bisa hanya berhenti di apa yg kamu inginkan karena bisa jadi itu tidak kamu butuhkan atau justru membahayakanmu. Atau tidak ada manfaatnya sama sekali sehingga yang ada tinggal efek sampingnya.

Gigi itu sistem mekanika kompleks yang numbuk dan nggesek 3x sehari ketika makan. Ditambah lagi saat nyemil. Veneer harus dibuat dengan presisi yang sangat tinggi. Meleset sedikit saja, gigi rusak, gusi rusak, tulang pemegang gigi rusak. Lebih jauh lagi otot pengunyahan akan terganggu, sendi yang terlibat rusak, otot wajah dan otot-otot sekitar kepala dan leher terpengaruh. Akan sangat dimaklumi jika efek lebih jauhnya adalah migren, pusing-pusing, pegal leher sampai telinga berdenging.

Collapse by design.

Cc @rozie_arya_dhinata @rozie_arya.dn owner @medika_veneer

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi

Sedih itu ketika kamu bilang: aku pengen mengisi kekosongan hatimu. Pengen nyembuhin luka di hatimu.

Lalu dia jawab: kamu udah aku anggap kakak sendiri.

Yak, wellcome to Brother Zone. Hatinya sudah ketutup, nyesek.

Begitulah perasaan dokter gigi ketika ingin menyembuhkan kerusakan yang ada di rongga mulut, paham penyebabnya, paham keparahannya, tapi si pasien ga bisa buka mulut. Sedih.

TRISMUS, namanya.

Yaitu keterbatasan membuka mulut. Pada kasus ini, ketidakmampuan membuka mulut disebabkan karena infeksi. Otot meradang, bengkak dan sakit ketika digerakkan.

Setelah diintip, terdapat gigi tiruan rahang atas karya tukang gigi yang kata si pasien sudah bertengger selama 4 bulan. Bengkaknya, sejak 4 hari yang lalu.

Karena mulut belum bisa dibuka, pelepasan gigi tiruan dan perawatan gigi sumber infeksi belum bisa dilakukan. Harus ditunda sampai mulut bisa dibuka. Obat-obatan diberikan untuk mempercepat penyembuhan peradangan.

Infeksi gigi rahang atas bengkaknya sampai pipi hingga menjalar ke atas. Mulut tertutup matapun juga tertutup rapat.

Bagaimana seandainya sumber infeksinya dari gigi rahang bawah? Bisa juga jadi trismus, mulut sulit dibuka. Pembengkakan menjalar ke leher. Bukan mata yang akan tertutup, melainkan jalan napas.

Jadilah gawat darurat. Nyawa taruhannya.

Kasus kiriman sejawat drg @ismaya_rh

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Mengutip caption di salah satu postingan @nurulfaradillah owner @behelfashion95: Sya bangga jdi perawat gigi.

Siapa yang tidak bangga jadi perawat gigi? Kalau dokter gigi itu ibarat Ironman, perawat gigi layaknya Jarvis. Sinerginya membuat pelayanan kepada pasien menjadi efektif dan efisien.

Bangga terhadap profesi itu sudah sepaket dengan bangga terhadap almamater, gurunya, ilmunya dan sejawatnya.

Bukan malah bangga karena bisa pasang behel padahal bukan kompetensinya. Bukan pula bangga karena bisa nempelin braket di gusi. Bukan juga bangga karena bisa masangin braket ga pas ditengah. Dan tidak seharusnya juga kamu membanggakan bisa pasang behel tanpa mencari tahu lebih lanjut kenapa gigi seri kurang 2.

Bangga itu salah satu bentuk syukur. Pandailah bersyukur atau kamu yang justru akan disukurin. Bekerja sesuai sumpah profesi, atau kamu yang justru akan disumpahin teman seprofesi. Cerdaskan masyarakat: mengajar bukan menghajar.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Lagi nyervis apa sih kak? Kok mirip mulut orang?

Tukang tetaplah tukang.

Buat kamu yang memutuskan pasang behel ke tukang sebenarnya sudah masuk ke serangkaian paket tahapan yang dari awal hingga akhir sudah sangat berisiko.

Sebelum pasang tanpa analisis. Tanpa rencana perawatan dan tanpa dasar pengetahuan ilmu medis kedokteran gigi.

Pada saat pasang sterilitas alat, bahan dan tempat tidak terjamin. Pemakaian bahan dan alat tidak ada dasar ilmu tentang aplikasi kegunaan dan efek sampingnya.

Selama pemakaian behel sebenarnya kamu dan juga si tukang yang masangin ga tau apa-apa soal kontrol dan pemeliharaan alat serta kesehatan rongga mulut secara keseluruhan. Taunya hanya ganti karet motif ini-itu biar gayanya selalu up to date. Up to death, tepatnya.

Di tahap in, tiba-tiba kamu dapat hidayah. Kenal sama akun kortugi, kemudian memutuskan minta dilepas.

Nah beginilah cara mereka melepas.

Tang tukang, sob. Mimin dag dig dug nungguin klimaks bibirnya cuil kepotong.

Pembersihan lem hanya dengan pen pemutih gigi yang dijual bebas dengan bahan yang antah berantah. Apakah itu baru? Atau gantian dengan mulut pelanggan yang lain?

Setelah dilepas apakah masalah sudah beres? Enak aja. Ini seperti film misteri. Endingnya nggantung karena misterinya tidak akan pernah berakhir. Begitu juga masalah di gigimu. Sekuel problem berikutnya segera muncul.

Pelepasan behel tanpa pertimbangan bisa menyebabkan gigi goyah. Apalagi setelah mengalami tarikan tanpa stabilisasi.

Merapikan gigi yang berjejal, misalnya, itu ibarat nganterin anak ilang kembali ke rumahnya. Ke tempat yang semestinya. Perawatan yang tidak tuntas seperti melepas si anak tadi di tengah perjalanan. Kamu tinggal pergi begitu saja. Makin tersesatlah dia.

Terus kamu minta ke drg untuk menyelesaikan segalanya.

Duh kak, bagaimana cara kami menyelesaikan perawatan yang dari startnya saja sudah salah?

Bongkar saja yuk, lupakan masa lalu. Kita mulai lagi dari nol ya, say.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jika amanat telah disia-siakan, tunggu saja kehancuran terjadi.” Ada seorang sahabat bertanya; ‘bagaimana maksud amanat disia-siakan? ‘ Nabi menjawab; “Jika urusan diserahkan bukan kepada ahlinya, maka tunggulah kehancuran itu.” (BUKHARI – 6015)

Kerusakan akibat ulah satu orang yang bukan ahlinya, memerlukan perbaikan satu tim penuh para ahli di bidangnya masing-masing.

Karena sejatinya ilmu itu seperti tahu bulat. Kalau ngedapetinnya instan, alias digoreng dadakan, biasanya dalemnya kosong melompong.

Kasus ini perlu penanganan endo, restoratif dan smile design oleh tim sejawat drg:
@virenagunawan
@yulitadora
@rizalrizkyakbar
@griya.rr

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

She put braces by herself with incorrect braces positioning.

Edisi spesial pembahasan kortugi: yang jadi korban adalah tukangnya sendiri.

Di sisi lain, inilah bentuk integritas penjual. Dia kudu merasakan sendiri pengalaman dalam memakai barang yang dijualnya. Dalam menjual barang, user experience itu penting. Penjual yang bisa mencoba sendiri user experience-nya akan memiliki product konowledge yang lebih baik.

Masalahnya user experience yang dia dapet belum kerasa sekarang.

Butuh waktu untuk terjadi peradangan gusi akibat braket nempel di gusi. Kemudian gusi mudah berdarah. Karang gigi lebih cepat terbentuk. Gusi bengkak dan akhirnya gigi goyah.

Butuh waktu juga untuk susunan gigi mulai nampak berantakan akibat braket tidak dipasang dengan posisi yang benar dan terukur. Braket tidak pas di tengah dan terlalu tinggi.

Butuh waktu untuk gigi mulai keropos.

Itu semua user experience yang bisa bikin kak @erikaayu08 jadi makin berwawasan. Sayangnya, jauh sebelum dia mendapatkan user experience itu, dia sudah mulai buka lapak untuk masangin ke orang-orang. Seperti pemimpin sekte sesat yang ngajak pengikutnya bunuh diri bareng.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Senang bisa menjadi bagian kecil dari usaha seseorang memperoleh gelar sarjananya.

Semoga ilmunya bermanfaat dan hasil penelitiannya akan menjadi data internal kortugi untuk pengembangan dan inovasi lebih lanjut.

Buat kamu yang masih pusing mikir judul penelitian, barangkali bisa terinspirasi dari sini. Silakan dikembangkan dari berbagai arah keilmuan agar semakin bermanfaat untuk masyarakat luas.

Hubungi kami via akun Line @lxv9929s.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Gingival enlargement which caused by procedure error pre installation regarding mouth hygiene is neglected.

Unfortunately this often-missed procedure, is important in order to prevent local gum irritation.
but.. Do those Illegal dental practitioners think about it?

Masih bermain-main dengan behel? Modifikasi ini itu dengan niat biar tampak keren?

Kamu nantangin ilmu pengetahuan yang sudah dirumuskan, diteliti dikembangkan, dan diuji coba sejak tahun 1900.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jika amanat telah disia-siakan, tunggu saja kehancuran terjadi.” Ada seorang sahabat bertanya; ‘bagaimana maksud amanat disia-siakan? ‘ Nabi menjawab; “Jika urusan diserahkan bukan kepada ahlinya, maka tunggulah kehancuran itu.” (BUKHARI – 6015)

Kan mereka ahli behel min.

Ahli ialah seseorang yg memiliki pengetahuan ataupun kemampuan luas dalam bidang studi tertentu.

Jadi kudu melalui proses studi. Berapa tahun ditempa untuk bisa pasang behel dok? Para sejawat drg pasti punya cerita serunya masing-masing.

Lagipula istilah ahli behel itu kan gelar honoris causa yg diberikan oleh diri sendiri untuk diri sendiri.

Masturbasi gelar.

Kasus kiriman sejawat @regia_aristiyanto.

Awal pasang pakai karet panjang tanpa kawat. Tarikan besar ga dijagain kawat, sengaja mau bikin giginya tercabut? Beberapa gigi depan goyah sekarang.

Dalam setahun pembersihan karang gigi hanya sekali. Wajar kalau dirasa gusinya mulai membesar & mudah berdarah.

Sekali gusi tumbuh, kotoran lebih gampang nyelip & karang gigi lebih gampang terbentuk.

Adanya karang gigi bikin peradangan tambah parah & pertumbuhan gusi makin cepat.

Pertumbuhan gusi yg makin cepat, karang gigi terbentuk lebih cepat lagi.

Lingkaran setan.

Kalau ga segera dibersihkan & ditangani dokter gigi, lingkaran setan itu putus ketika gigimu sudah lepas semua.

Foto bawah adalah pasca scaling dan pemotongan/bedah gusi.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Nge-vlog adalah cara baru ngeksis di sosmed. Berawal dari kualitas kamera ponsel yang semakin baik, aktifitas ngeksis diawali dengan jepretan gambar selfie. Seiring dengan makin murahnya kuota internet dan didukung dengan kecepatan internet yang makin ditingkatkan, para netizen mulai bergeser ke sharing video.

Di sinilah vlog akan menjadi pisau bermata dua.

Menginspirasi atau justru mengkhawatirkan?

Trend semakin mudah menyebar. Apalagi fenomena behel, daya viralnya tidak lagi di ranah trend semata. Tapi sudah ke eksistensi jati diri.

Gue behelan maka gue eksis, kira-kira begitu. Dan pemikiran ini menyebar tidak terkendali di seluruh lapisan usia.

Seperti si pembuat vlog seusia anak SD ini. Bahkan gigi taring saja belum tumbuh.

Masih efetifkah pengawasan orang tua jika smartphone sudah menjadi bagian paling personal dari anak-anaknya? Terhadap smartphone mereka seperti memiliki barang pribadinya sendiri. Orang tua sudah tidak mampu lagi menembus privasinya.

Most people use their smartphone to do dumb things.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

#kortugi0370

Simpel aja kalau ketemu praktik seperti ini. Tanyakan surat ijin praktik yang dikeluarkan dinkes. Beres. Kamu ga perlu pusing mikir si owner profesinya apa.

Kamu juga ga perlu bandingin testi atau mencari-cari sudah ada korban atau belum. Misalnya kamu pasang behel di @alvibeheldansulam, dan ternyata ijin yang mimin sebutkan di atas ga ada, tiba-tiba ownernya diciduk, mau kemana lagi kamu ngelanjutin perawatannya? Maksimal kamu pindah ke tukang yang lain. Keluar dari lubang anus masuk ke lubang WC. Kemudian di satu kondisi hanya dokter gigi yang mampu mengeluarkan kamu dari situasi pelik ini.

Emang kamu anggap drg itu tukang sedot WC mampet?

Kenyataannya tukang sedot WC jauh lebih ori dan kompeten ketimbang tukang behel dan tukang suntik tanpa ijin.

Soal efek suntik atau infus ngasal ga perlu mimin jelaskan. Di luar kompetensi mimin. Yang jelas, itu tubuhmu, jangan mau dilukai tanpa dasar ilmu. Thin line between 'melukai' dan 'mengobati'

Soal behel dengan model karet kekinian seperti itu jelas terbukti merusak karena terkait kekuatan dan arah tarikan yang tanpa dasar sama sekali.

Behel ga butuh kekinian. Behel lebih butuh kekunoan. Kuno dalam arti dikembalikan ke kaidah ilmu dasar yang telah melalui proses penelitian dan kajian yang sangat panjang.

#behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat

Pagi, Jakarta.

Mimin bikin postingan ini di atas gojek sambil menghirup udara pagi kota Jakarta yang kaya rasa.

Hidup memang menawarkan banyak rasa yang bisa kamu coba. Mau dijalani dengan STRAIGHT atau belok lewat pintu belakang, bebas.

Nah biar ga bebas-bebas amat, ada yang namanya Undang-Undang. Di dunia kedokteran, masyarakat sebagai pengguna layanan kesehatan pada umumnya tidak tahu apa hak-hak mereka.

Jadi ketika mereka diperlakukan apa saja, ya mbebek saja. Ngikut nurut yang di depan macam bebek. Karena penyedia layanan kesehatan dianggap profesi yang eksklusif dan superior.

Padahal masyarakat juga berposisi sebagai konsumen yang berhak mendapatkan informasi selengkap-lengkapnya termasuk di dalamnya manfaat dan risiko dari suatu tindakan. Setelah mendapatkan informasi, kemudian bebas mengambil keputusan antara menolak perawatan atau menerima perawatan.

Maka akun ini akan mengisi gap kesenjangan informasi itu. Jadi jangan bosan untuk membaca tulisan mimin yang mungkin akan mimin tulis berulang-ulang.

Karena di luar sana, masih banyak kawan kesayangan kamu, keluarga kamu, kerabat-kerabat kamu yang belum terjangkau informasi ini.

Pagi ini mimin ulang kembali soal Pasal 78 UU Praktik Kedokteran No 29 tahun 2004 pasal 78:

Setiap orang yang dengan sengaja menggunakan alat, metode atau cara-cara lain dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang menimbulkan kesan seolah-olah yang bersangkutan adalah dokter atau dokter gigi yang telah memiliki surat tanda registrasi dokter atau surat tanda registrasi dokter gigi atau surat izin praktik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 73 ayat (20 dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau denda paling banyak Rp. 150.000.000,00 (seratus lima puluh juta rupiah)

Next, mimin lanjut lagi soal undang-undang yang lain terkait lapak @ajengmulyagantini ini. Tetap stay tune ya.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Failed direct veneer work done by noneducated illegal dental practician.

Malam sob, masih kuat buat belajar pergigian?

Sori malem2. Kiriman masih anget dari sejawat drg @griya.rr. sayang kalau disajikan besok. Keburu dingin.

Spesial buat kamu: foto detail garapan tukang veneer.

Mimin perjelas lagi ya soal veneer:

Veneer untuk gigi rusak justru memperkuat, sedangkan untuk gigi sehat dan tak bermasalah malah merusak karena ada tahapan gigi harus dikikis dan dietsa. Pada gigi rusak, yang dikikis adalah bagian yang rusak.

Lapisan gigi seperti keperawanan. Sekali hilang ga bisa balik lagi.

Soal warna ada yang ngotot bilang: bebas donk pilih yang sewarna kloset. Style-style gue. Mimin bilangin ya, warna kloset itu buang-buang duit. Karena kamu kudu bikin untuk 2 rahang biar ga belang. Kecuali kamu brand ambassadornya permen blaster yang kemana-mana kudu bilang: yang belang emang lebih enak.

Akan lebih hemat jika dibuat warna natural gigi asli. Bisa dibuat satu rahang saja atau per gigi. Ga perlu semua.

Veneer natural itu ga cuma warnanya saja. Tapi bentuk dan ukurannya juga sesuai aturan. Maka gigi kelinci tidak termasuk karena memaksakan standar kelinci ke mulut manusia. Atau mau jadi pengerat?

Gerakan mengunyah itu ga cuma numbuk keatas dan kebawah. Tapi ada gerakan geser maju-mundur, menyamping, serong kanan-serong kiri. Kalau gigimu terlalu panjang, bisa-bisa patah kena benturan dengan lawannya.

Natural itu jika celah antar gigi tetap ada. Fungsinya sebagai alur keluar sisa makanan yang nempel.

Realitanya, yang ga natural justru semakin dibanggakan. Jaman macam apa ini?

Jika ada seorang wanita, alis dan bibir disulam, bulu mata tempelan, rambut ga hitam lagi, mata ketutup softlens, gigi veneer-an dibehel-abal pula, yang kecil digedein, yang gede disedotin, kulit item diputihin, pakaian KW, kemudian bilang ke pasangannya: 'cintai aku apa adanya', jawaban apa yang harus diberikan?

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Interdental braces?😂 Behelan kok kayak pakai celana dalam. Kadang nyelip di celah pantat.

Duh, bisa dimarahi sama orthodontist kalau behel sudah dianggap sebagai kancut murahan. Pasalnya, itu braket jaman sekarang posisinya di celah gigi.

Kancut selip aja dibenerin, behel selip dipamerin. Kalah derajat, sudah.

Tren behel sudah di titik gawat. Behel tidak hanya sebagai tren, tapi sudah menjadi kebutuhan. Kalau ga mbehel, ga eksis.

Behel yang harganya tidak murah bergeser menjadi simbol status. Bergeser pula fungsinya dari alat kesehatan menjadi barang mewah. Dan akhirnya, barang mewah selalu saja diekori oleh produk-produk versi KW-nya. Tak lain untuk memberi makan jiwa-jiwa yang lapar akan eksistensi kekinian dengan kemampuan ekonomi pas-pasan.

Mimin tidak mendiskreditkan kelompok sosial ekonomi tertentu, hanya saja perawatan behel dokter gigi itu berharga sangat mahal, dari aspek sosial ekonomi sangat strategis, karena akan menjadikannya tetap sebagai perawatan untuk orang-orang yang mampu dan benar-benar membutuhkan perawatan tersebut. Tentu saja melalui pertimbangan aspek medis yang tidak sederhana pula.

Nyatanya, perawatan behel tidak pernah bersifat emergency. Buat apa memaksakan untuk memakainya? Atau kamu memang punya riwayat henti jantung mendadak ketika ngaca dan lihat gigimu tidak berbehel?

Itu kan lepasan min, lebay ah.

BTW, kamu tau konstruksi alat tersebut? Ujung kawatnya itu masuk ke celah gigi geraham. Itu akan membuat gigi berjarak dan gusi terdorong. Sisa makanan bersarang, rusak ketiganya (dua gigi yang terlibat dan gusi di antaranya). Alat tersebut jelas tidak steril. Tiap bagiannya dirangkai manual pakai tangan. Entah tangan yang habis ngapain. Kemudian sampai ke kamu dan langsung diemut. Lantas bangga berselfie dan diposting sebagai testi.

Ah, jauh lebih aman berselfie memakai kancut selip.

@behelshoppy mending jualan daleman aja yuk.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Refreshing dulu sob, setelah kemarin kita angkat kasus implan jarum oleh oknum tukang gigi yang memantapkan jiwa.

Biar ga dibilang kurang piknik, kita jalan-jalan dulu ke Pamekasan. Sekalian cuci mata, lihat ruang yang serba pink ini.

Kang behel: Duh, mimin ini cari-cari kesalahan orang lain sampai masuk-masuk ke kamar orang.

Mimin: Helloo... yang punya kamar yang ngeposting sendiri lho ya. Video ini didapet bukan dari ngehack akun. Semua orang bisa lihat kok. Ga dikunci pula. Mimin ga mencari kesalahan tapi mengedukasikan kebenaran.

Kang BH: Kebenaran? Merasa udah paling benar, min? Introspeksi, min. Semua orang punya salah. Sok paling bener kau!

MM: Anu kang, I may not be perfect. But at least I am not fake.

Kang BH: alat dan bahan ane ori. Standar dokter.

MM: iye kang, alat bahan boleh ori. Sayangnya kamunya yang belum dapet cap SNI.

Kang BH: yang penting niat min. Niat ane baik, bantu orang. Insya Allah halal.

MM: yaelah kang, semua yang fake itu ga ada yang baik. Rendahan. Ga bisa ninggiin harga diri baik di mata Tuhan dan di masyarakat. Fake yang bisa bikin kamu tinggi cuma Fake Taxi.

Kang BH: selama ini ga ada yang ngeluh kok.

MM: kerusakan rongga mulut itu rusaknya sekarang, kerasanya besok-besok pas udah parah. Itu embak-embak semisal besok pagi cacingan aja belum tentu ngeh kalau itu akibat mulutnya dikobok-kobok kok. Apalagi risiko hepatitis, atau penyakit menular berbahaya lain sampai yang separah kanker pun keseringan ga ada yang menduga asalnya dari perawatan tukang yang katanya alatnya standar dokter itu.

Kang BH: banyak cakap kau, min.
MM: elu banyak gaya.
Kang BH: yaudahlah, damai aja ya min. Besok ane mau ganti usaha deh. Mau jual bakso urat malu. Biar orang jaman sekarang pada punya malu.
MM: siiip... *salim.

Percakapan di atas hanya fiktif belaka. Jangan terlalu diambil hati. Hati orang cuma satu. Mending ambil giginya, dia punya 32.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat

60-year-old man suffers from an orbital cellulitis due to the spread of infection from the anterior radices. The denture made by illegal noneducated dental practician.

Cabut gigi bikin buta.

Mitos yang berkembang di masyarakat dan dituturkan turun temurun. Kemudian ditambahkan dengan bumbu-bumbu 'contoh kasus berdasar: katanya'. Jadilah hidangan yang sedap di tengah masyarakat yang phobia terhadap dokter gigi atau phobia terhadap tarif mahalnya dokter gigi.

Cabut gigi ga bikin buta. Mungkin di bayangan kamu, syaraf gigi itu seperti akar ubi rambat yang menjalar dari gigi ke mata. Pas gigi dicabut, syaraf putus, sinyal di mata tiba-tiba ilang. No service.

Cabut gigi langsung ngefek ke mata itu ketika kamu di depan kasir dan melihat tagihan jauh lebih besar ketimbang isi dompetmu. Efeknya adalah: mata berair dan berkaca-kaca.

Cabut gigi bikin buta, kalau tiba-tiba mata kamu kelilipan tang cabutnya. Atau otot matamu kesleo gegara capek curi-curi pandang dokternya yang cakep. Sampai rumah kalap ngolesin mata pake counterpain.

Cabut gigi ga gefek ke mata. Justru sebaliknya, gigi yang kudu dicabut tapi ga dicabut, ngefeknya bisa ke mata dan organ lain.

Tukang gigi rupanya ga cuma ngerepotin dokter gigi aja. Di kasus ini, pasien 60 tahun datang duluan ke dokter mata. Karena ada selulitis orbital. Kondisi ini ditandai dengan pembengkakan di area mata bahkan hingga bisa keluar nanah layaknya air mata.

Dokter mata merujuk ke dokter gigi @ganenanug untuk memastikan adanya penyebaran infeksi dari gigi.

Benar saja, deretan sisa akar gigi ditimpa gigi tiruan. Tidak seperti bercocok tanam. Tonggak kayu ditancapkan bisa jadi tumbuh ketela. Tonggak gigi ditungguin ya tumbuh granuloma atau daging tumbuh di ujung akar. Lebih lanjutnya infeksi bisa menjalar ke organ lain. Pernah dengar infeksi gigi menyebar ke jantung? Itu bukan mitos.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Dari gigi, dokter gigi bisa memperkirakan usia seseorang. Pasalnya, pertumbuhan masing-masing gigi itu terjadwal. Ga barengan. Ga seperti bulu ketek yang tumbuhnya selalu keroyokan.

Sayangnya, dari gigi pula usia seseorang bisa samar. Contohnya kasus kiriman drg @ticekartice ini.

Bisakah kalian tebak usia berapa pasien dengan peradangan gusi yang parah ini? Jawabannya ada di akhir caption ya.

Mimin mau cerita dulu riwayat pasien ini.

Empat tahun yang lalu giginya patah karena jatuh. Pengen solusi praktis datang ke tukang.

Menjelang lebaran kemarin si pasien berniat memperbaiki giginya. Pakaian baru belum lengkap tanpa senyum yang baru juga. Balik ke kang gigi, kang giginya tidak sanggup melepas. Dokter gigi pilihan terakhirnya.

Sering kali pasien butuh perawatan yang ga bisa sekali langsung kelar. Rawat saluran akar misalbya, tidak semudah membersihkan saluran air yang mampet. Jaket gigi, tidak sesederhana membeli jaket buat badan kamu. Gigi tiruan, tidak sesederhana ngegambar ulang alis yang sudah dibabat habis. Veneer gigi, tidak semudah nempelin kuku palsu.

Merawat gigi patah tidak sesederhana menyambungnya kembali semudah menyambung kembali hubungan dengan sang mantan. Tukang gigi tidak akan memperhatikan aspek lain yang terdekat dengan gigi yaitu gusi dan jaringan pendukungnya. Aspek yang lebih luas lagi yaitu persebaran infeksi. Bahkan aspek personal si pasien.

Si pasien berumur 13 tahun ketika itu. Sekarang 17 tahun.

Usia termanis, kata orang.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

This dental treatments were done by midwife pretending to be a dentist.

Suatu saat kalau kamu atau istri kamu hendak melahirkan, siap-siap saja ada pengumuman:

Maaf, tunggu dulu ya, bidannya lagi ngelinciin gigi orang.

Yah begitulah kalau seorang bidan sudah melupakan mulut bawah karena mulut atas dianggap lebih berprofit.

Slide 1: veneer ga cuma panjang ke bawah, tapi manjang ke atas sampai nempel gusi. Veneer kok di-mak erot -in. Dijamin gusinya ikutan gede. Bengkak karena meradang.

Masih slide 1: braket yang masih baru biasanya ada titik2nya. Misalnya braket di titik atas kanan artinya braket dipasang di regio gigi atas kanan. Duh, ketentuan sesederhana ini saja dilanggar. Sini kak @vanie_aurora91, mimin jelasin dengan bahasa bidan ya: itu braketnya sungsang.

Slide 2: selain ada hair extension, sekarang ada teeth extension. Gigi atas gondrong sampai nutup gigi bawah. Bayangin cara dia makan, pasti berisik karena giginya beradu dengan sendok. Kalau kamu ketemu sama kawan yang veneernya sepanjang ini, bilangin: jagung bakar masih enak lho.

Slide 3: salah kostum di tempat, waktu dan pekerjaan yang salah. Ini judulnya: bidan yang lebih pilih part time ketimbang partus time.

Slide 4: kursus. Inilah sebesar-besarnya orang yang sudah merasa tau di tidak taunya (statement almarhum dosen ortho mimin)

Slide 5: inilah profil bidan, bidadari idaman @vanie_aurora91 owner @behelmurahsiantar. Yang rela melepaskan tugas mulianya sebagai penyelamat nyawa ibu dan bayi. Dengan berpindahnya area penanganan dari mulut bawah naik ke mulut atas, derajatnya justru turun di bawah kaki alias terinjak-injak.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Amazing dental treatment done by uneducated illegal dental practician.

Direct veneering without endodontic treatment for nonvital teeth.

Oke, tren semakin menggila. Masyarakat sudah buta mana yang estetis dan mana yang nggak.

Fenomena ini terjadi akibat kapasitas prestis yang ditentukan oleh daya beli sebuah perawatan gigi seperti veneer dan behel.

Asal bisa beli veneer dan beli behel, derajatnya naik. Begitu kira-kira paradigmanya.

Mari coba kita flashback ke konsep paling jadul bahwa sesuatu yang palsu itu seharusnya dibikin semirip mungkin dengan yang asli agar tidak nampak palsunya.

Kemudian lihatlah sekarang. Masyarakat mulai bangga dengan yang palsu. Makin kelihatan, makin gaya, makin dipandang mapan.

Sebut saja alis palsu, bulu mata palsu, wajah dioperasi plastik, bibir disulam, hidung dimancungin, anu digedein, itu dipanjangin, ini dilucuin. Hingga di suatu titik, yang asli tinggal otakmu. Itupun sering ga kebawa atau sengaja ga dipakai. Jaman sekarang, siapa yang akan melihat kapasitas otak seseorang? Toh interaksinya sebatas upload foto belahan, kemudian like dan komen bakal bejibun.

Goal eksistensi dicapai dengan menggeser standar estetika.

Maka kamu ga peduli gigimu langsung ditutup veneer dan behel padahal giginya mati semua. Yang penting veneer dan behel kebeli. Kelak kalau gigi mati itu menghantuimu dengan penyebaran infeksi akibat mengabaikan perawatan saluran akar, hidupmu bakal lebih seru. Asli.

Kamu juga ga masalah mulut disumpal pakai tisu antah berantah dan mengabaikan sterilitas atau bahaya dari kandungan bahan kimianya. Persetan dengan proses, katamu, yang penting habis ini bisa pamer veneer gigi bak artis ibukota. Kamu lupa diri, kak.

Buat owner @veneergigi_iekaspasalon atau bunda Meccaina, mimin cuma mengingatkan: kain kafan ga ada kantongnya kak. Apa yang kamu kejar?
.
. *edisi mimin yang serius dan lagi ga lucu

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

What you see here is etchant gel that claimed as tooth bleaching agent.

Work done by Indonesian Migrant Worker that perform illegal dental practices which not supported by her own competencies and skills (by being Registered). They will have to face the country's laws and regulations.

Followers baru yang belum paham etsa (etchant gel) dan males scroll, mimin jelasin dulu. Followers lama jangan bosan untuk kembali mengulang.

Etsa sering diklaim oleh orang yang pandai berbohong ketika jualan atau memang tidak mengerti sama sekali, sebagai pemutih gigi.

Memang gigi menjadi lebih putih. Tapi putihnya beda dengan putih dari bahan bleaching gigi.

Bedanya di sini:

Etsa itu fungsinya mengkasarkan permukaan. Fitrahnya dipakai untuk mengkasarkan gigi ketika hendak ditempelin bahan tambal gigi, veneer atau braket. Sama seperti cara kerja tambal ban. Ban dikasarin dulu baru ditempelin bahan tambalan. Biar rekatnya kuat. Ketika gigi kasar, warnanya putih keruh seperti kapur. Ibaratnya kamu garuk kulit lengan kamu. Langsung jadi putih kan?

Bleaching itu mencerahkan lapisan gigi hingga ke lapisan yang lebih dalam. Bleaching di gigi ini ibarat lotion pencerah kulit yang bekerja dengan cara meresap ke lapisan kulit yang lebih dalam dan mencerahkan warnanya.

Jadi, ketika kamu dengan polosnya menerima pemutihan gigi dengan cara dietsa, itu seperti kamu mau mencerahkan kulit tubuh kamu dengan cara digarukin bareng-bareng.

Bleaching garuk itu namanya. Emang gigimu gatel?

Kandungan asam dari etsa akan melarutkan lapisan gigi.

Foto korban tukang gigi yang sama-sama berstatus TKW Hongkong itu giginya direndam etsa.

Sadis kau kak @yunilophe92

Tarifnya sebagai berikut:
-Behel atas bawah: 3000 dollar hongkong ( 5jt an)
-Behel atas/bawah aja: 1500 dollar (2,5 jt an)
-Bleaching garuk: 350 dollar hongkong (600 rb an)

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Palembang, bulan lalu.

Tim dinas kesehatan dan PDGI, termasuk ketua PDGI Kota Palembang, drg. Novi Artati menggerebek klinik gigi Bunda.

Pas disidak, si tukang gigi sedang mengerjakan (mengerjai) pasiennya. Keduanya kaget tanpa settingan.

Para praktisi ilegal yang lain, semua akan kaget pada waktunya. Pilih aja mau dikagetin siapa. Dikagetin sama Dinkes-PDGI atau sama Polisi?

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Another work done by someone pretending to be a dentist.

Kenapa kita selalu melihat rumput tetangga lebih hijau? Karena tetangga rajin merawat rumputnya sedangkan kamu rajin ngeliatin dan sibuk membanding-bandingkan. Rumputmu sendiri jadi ga terawat.

Soal gaya emang gitu. Ngelihat di orang lain kok nampak keren, ga peduli sama introspeksi dan kemampuan diri.

Direlain kredit ga mikirin cara nyicil. Direlain bayar murah ga mikirin legalitas dan efek samping. Direlain buang duit ortu ga peduli cara mereka banting tulang nyariin duit buat kebaikan kamu.

Kamu ngelihat behel itu gaya. Bisa bikin senyum jadi lebih mahal dan berkelas, katanya. Padahal ngerawat gigi sehari-hari aja belum bisa. Ibarat kamu pengen ngerasain kuliah tapi SD aja ga lulus.

Gaya tanpa mikir daya.

Dokter gigi, jika menurut hasil pemeriksaan melihat kamu ada kecenderungan ga bisa merawat gigi dan mulut, akan menolak atau menunda pasang behel. Prognosisnya buruk. Prognosis itu perkiraan hasil akhir gangguan atau penyakit ketika dilakukan atau tidak dilakukannya suatu tindakan medis.

Slide 1: apa gunanya karet biru unyu itu jika gigimu remuk? Iya nanti gigimu itu bisa rata. Rata dengan gusi alias patah semua.

Slide 2: karet bentuk kucing. Buat apa mikirin pakai karet kucing buat lucu-lucuan kalau gusi rahang bawahmu gendut-gendut? Kan 'kucing' dan 'gendut' kombinasi yang menggemaskan, min. Karepmu lah!

Slide 3: merah hitam kadang jadi kombinasi warna yang keren. Sayangnya warna hitam dari karet power O dikombinasikan dengan merah di gusi itu tanda bahaya. Sudah pasti itu diperparah akibat karang gigi tidak dibersihkan sebelum pasang behel. Karang gigi adalah satu-satunya jenis karang yang tidak boleh dilestarikan. Siapa yang mau berwisata melihat keindahan karang gigimu?

Slide 4: gusi kemerahan dan mulai naik. Namanya resesi gingiva. Makin resesi, tulang di balik gusi juga akan ikutan menyusut. Gigi bisa lepas landas.

Kak @troublemaker296 owner @behelmetro_lpg, cocok banget ya nama akunnya.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang

64 Years Old, Male, Diabetics.
Has to suffer a side effect from fixed acrylic dentures, made by illegal noneducated dental practician 3 months ago. Those denture had been create perfectly to cover the radices causing spreading infection.
The result? Look at his face. Dental Abscess.

Pernah dengar istilah nangis darah untuk menggambarkan penderitaan yang berlebih?

Bapak 64 tahun ini nangis darah putih alias keluar nanah dari sudut mata yang ditunjuk itu. Sampai-sampai matanya iritasi.

Infeksi dari gigi depan atas yang mati tidak dirawat atau sisa akar yang tidak dicabut akan menyebabkan pembengkakan mulai dari gusi hingga wajah jadi asimetri. Nanah yang terbentuk akan mencari jalan keluar terdekat baik di dalam rongga mulut atau di luar rongga mulut.

Gigi tiruan baru berusia 3 bulan. Lihat saja, giginya tiruannya masih putih bersih. Lebih putih daripada gigi aslinya yang telah menghitam.

Kalau kamu rajin baca kasus kortugi, masalah sisa akar atau gigi yang mati bisa membuat bengkak dalam waktu yang tidak tentu. Bisa tahunan, bahkan bisa lebih cepat lagi. Kondisi tertutup gigi tiruan ditambah riwayat diabetes akan lebih mempercepat proses infeksinya.

Prosesnya tidak sederhana. Bapak ini harus rawat inap dulu karena gula darahnya tinggi.

Hingga akhirnya hari berikutnya gigi tiruan berhasil dilepas, sisa akar dicabut dan nanah sudah dikeluarkan dengan membuat lubang drainase di dagu kanannya.

Cukup ya, semoga ga ada yang lebih serius dari ini.

Kamu para tetukang, punya instagram untuk melihat galeri hasil karyamu di sini ga sih?

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

This man polished his own veneer with minidrill.

Mau tukangnya cewek atau cowok, cowek atau cewok, mimin ga peduli.

Tapi sekalinya kesehatan masyarakat ada di ujung tanduk gegara edukasi sesat kemudian berlanjut dengan pelayanan ilegal, hati mana yang tidak akan tergerak?

Emang sudah ada korbannya, Min?

Pertanyaan klise.

Korban kok ditunggu. Korban atau mantan, kok masih ditungguin?

Kak @ajengmulyagantini, lebih indah jika kembali ke jalan yang lurus (straight) dan jangan tambahin lagi ke-KW-an yg ada di hidup kamu.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

The price of braces insertion among illegal practitioners in Indonesia can be pressed up to 100 thousand rupiahs ($8). They cut the niti wire into 2 pieces to reduce the production costs.

Kebahagian apa yang bisa kamu dapatkan dengan duit 100 ribu?

Bahagia sejam kalau kamu bawa ke timezone.

Bahagia 2 jam, kalau dipakai buat nonton sama gebetan atau karaoke bareng kawan segeng.

Bahagia sebulan, kalau bisa beli kuota internet supercepat.

Bahagia dunia akhirat kalau kamu bawa ke kotak amal atau berikan ke orang yang membutuhkan.

Tapi beberapa orang malah memilih mbehel. Bahagianya di mana?

Bergayalah sesuai indikasi dan pertimbangan medis, maka bahagiamu atas manfaat yang diperoleh bisa seumur hidup.

Apa ada yang lebih murah dari ini: Behel permanen seharga 100 ribu di salah satu salon di Banjarmasin?

Seratus ribu dan mereka sudah ambil untung dari situ. Tipsnya: potong biaya produksi sana-sini. Potong juga kawat Niti jadi dua, jadilah kawat rahang atas dan bawah sekaligus. Hilangkan biaya analisis kasus, diagnosa dan rencana perawatan. Minimalkan tarif pemakaian alat dan bahan standar medis dan eliminasi biaya sterilisasi. Pakai braket seharga 25 ribuan, mungkin bisa lebih murah jika beli grosiran. Jadilah tarif fix 100 ribu rupiah dengan untung bersih masih bisa mencapai sekitar 30-40%

Kawat niti satu rahang dipotong untuk dipasang di 2 rahang, kebahagian dari arah mana yang akan kamu dapat, jika lengkung gigimu yang sudah indah dari lahir itu berubah menjadi seperti lengkung kawat seperti pada foto di atas?

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Dinas Kesehatan Bali langsung turun menyikapi adanya laporan kasus di postingan sebelumnya.

Salut.

Dua pelaku sudah dibina. Yang satu masih SMK, satunya lagi mahasiswa hukum di salah satu universitas negeri ternama di Jawa Timur.

Untung hanya dikunjungi. Bukan dijemput.

Nah, kalau lapaknya sudah ditutup begini, gimana kabar pelanggannya? Dari pantauan para mindoks di sini, lapaknya sudah ada sejak 2 tahun yang lalu.

Siap-siap sejawat drg menerima limpahan 'rujukan vertikal' ini.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

This illegal dental and beauty treatment done by a midwife.

Era multitasking. Era di mana seorang bidan melupakan mulut bawah dan pindah ke mulut atas.

Ah, bosan min. Bidan ngurusin mulut dan gigi kan sudah sering diangkat.

Tunggu dulu bos, yang ini spesial. Kapan lagi kamu ketemu sama bidan yang ngurusin pembesaran penis? Lihat slide-7.

Apa kewenangan bidan?

Bisa kita tinjau di Kemenkes No. 900 tahun 2002. Di pasal 14, kewenangannya meliputi:
1. Pelayanan kebidanan
2. Pelayanan keluarga berencana
3. Pelayanan kesehatan masyarakat.

Poin No. 3 mungkin bisa dipakai buat berkilah: veneer, behel, pembesaran ini, merapatkan anu, suntik putih dan tambal sulam termasuk dalam usaha pelayanan kesehatan.

Nggak bos. Ada lagi penjelasannya di pasal 20. Bahwa pelayanan kesehatan yang dimaksud meliputi:
1. Pembinaan peran serta masyarakat di bidang ibu dan anak.
2. Memantau tumbuh kembang anak.
3. Melaksanakan pelayanan kebidanan komunitas.
4. Melaksanakan deteksi dini, melaksanakan petolongan pertama, merujuk dan memberikan penyuluhan Infeksi Menular Seksual (IMS), penyalahgunaan Narkotika Psikotropika dan Zat
Adiktif lainnya (NAPZA) serta penyakit lainnya.

Tips kalau kamu ketemu bidan multitasking seperti ini, tanyakan 2 berikut:
1. Ijin praktik mandiri. Ijin ini diberikan untuk satu alamat tempat praktik saja. Jadi kalau kamu lihat slide-3, dia praktik di dalam mobil, sejauh mobil bergerak, akan sebanyak apa surat ijinnya?
2. Ijin edar obat dan sudah terdaftar BPOM atau belum. Mimin khawatir caption yang dia tulis di slide-8 bermakna: eksekusi mati?

Kak @bidan_ayiie, inget ga waktu kamu disumpah di hadapan Tuhan? Dua kali kamu di sumpah: waktu menyandang gelar bidan dan waktu menyandang gelar pegawai negeri.

Duh, Tuhan aja di-PHP-in.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Dokter gigi, ada.
Perawat gigi, ada.
Sekarang makin lengkap dengan adanya bidan gigi.

Siapa pula yang akan menghamili gigi?

Lo kudet, min.
Ya Raffi, lah.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Ijin dinkes nomer sekian-sekian-sekian.
Ijin kejaksaan nomer sekian-sekian-sekian.

Pada kenyataannya Dinkes tidak akan pernah memberikan ijin usaha pemasangan behel pada orang yang bukan berprofesi sebagai dokter gigi.

Pun dengan ijin kejaksaan. Bahkan perijinan praktik dokter dan dokter gigi tidak butuh ijin kejaksaan. Lantas buat apa orang yang bukan berprofesi sebagai dokter, melakukan tindakan menyerupai dokter dan mengantongi ijin dari kejaksaan?

Coba tanyakan ke bro wahyu @wnbehel311

Karepmu piye bro?

Sebagai referensi saja, lapak behel ini biasanya berlindung di balik ijin palsu atau ijin yang salah alamat.

Ijin salah alamat misalnya: mengurus perijinan di dinas pariwisata karena perawatan behel, veneer dianggap sebagai perawatan estetis setara tempat spa, salon dan panti pijat. Tidak sedikit dinas pariwisata yang meloloskan perijinan pasang behel dan perawatan gigi ilegal.

Ada lagi, ijin yang diloloskan oleh dinas perdagangan. Dimaklumi saja karena owner behelshop mengemas lapaknya sejajar dengan jual beli asesoris kecantikan. Keluar pula nomor ijinnya.

Korbannya adalah masyarakat awam. Mereka melihat nomor ijin sepanjang itu sebagai tanda bahwa usaha tersebut legal.

Informasi yang disesatkan.

Layanan kesehatan legal hanya mengantongi ijin dari Dinkes. Bukan dinas manapun.

Barangkali nomor ijin masih bisa dipalsukan dengan menuliskan sembarang huruf dan angka, tapi cobalah cek di web:

kki.go.id/cekdokter/form

Masukkan nama dokter.

Hanya dokter dan dokter gigi resmi yang terdaftar di list portal tersebut.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

A girl with fake removable braces.

Mana yang bikin mood cewek langsung berubah?

1. Dibilang alis ga simetris, atau
2. Dibilang braketnya kepleset ga pas di gigi?

Diambil dari instagram story-nya @yukbehel

Yukbehel.

Geli aja kalau memikirkan nama itu. Behel kan alat kesehatan, dipakai untuk menyembuhkan suatu gangguan berdasarkan indikasi medis. Maka yukbehel setara dengan yukkateter, yukperban, yukpispot, yukkorset.

Mendingan...yuknikah 😚

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Failed veneer that causes a dental abscess due to premature contact.

Buat para pengrajin veneer, kalau kamu belum sadar hukum, setidaknya khawatirlah dengan efek yang ditimbulkan.

Veneer itu erat kaitannya dengan sistem pengunyahan. Kalau ada gangguan, misalnya ngganjel, pengunyahan gigi jadi ga seimbang. Pincang.

Bayangin deh, kamu lagi enak-enaknya jalan di jalanan yang rata, eh tiba-tiba nginjek tai ayam. Lunak sih, tapi sudah cukup bikin kamu pincang.

Nah, veneer ini keras bos. Yang biasanya kamu ngunyah datar-datar aja, sekalinya dapet veneer yang ga presisi, jadi ngganjel misalnya, lama-lama otot pengunyahan dan sendinya juga jadi pincang. Asli sakitnya bisa sampai migren. Jantung ini rasanya pindah ke kepala. Berdenyut.

Premature contact, namanya. Ketika ketemunya gigi atas dan bawah terlalu dini akibat veneernya gondrong.

Ga cuma di sendi dan di otot, gigi yang kena tekanan berlebihan juga rusak.

Pada kasus ini, giginya mati. Kematian gigi menyebabkan abses. Tulang di sekitar akar gigi nyusut. Lihat saja pada foto ronsennya, tulangnya banyak yang hilang. Pulang kampung, resign karena ga betah kerja sekeras itu.

Tanpa dukungan tulang, gigi goyah.

Dari hasil pemeriksaan, 4 gigi depan bawah mati semua.

Veneer pada gigu rusak itu akan memperkuat. Tapi veneer pada gigi sehat itu komitmen luar biasa seumur hidup.

Seperti tattoo?

Nggak bos, tattoo bisa dihapus. Veneer lebih butuh komitmen yang jauh lebih besar. Karena email gigi yang dikikis ga akan bisa tumbuh lagi.

Kasus lain kegagalan veneer klik di sini #kortugiveneergagal

Thanks to drg @_widyapsari untuk kiriman dokumentasi kasusnya.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Ketika perawatan estetika mengalami peningkatan tren yang masif dan masyarakat dengan mudah membeli dengan harga yang sangat rendah, selalu ditemui oknum-oknum yang keluar dari pakem.

Masih dari Banjarmasin, lapak onlinenya @priska_behel_cantik_ dan @priska_behel_banjarmasin, menawarkan pelayanan yang cukup menarik: behel perawatan tanpa cabut gigi bergaransi, dijamin rapi.

Hati-hati dengan janji manis. Janji manis yang berhenti di mulut doang bisa-bisa bikin gigi keropos.

Buat kamu yang fotonya diangkat di sini, silakan menagih garansinya.

Gigi ditarik powerchain tanpa perhitungan sampai-sampai gigi belakang keluar lengkung.

Antara lengkung rahang atas dan lengkung rahang bawah ga sejajar. Apa kabar pengunyahannya? Silakan diurus klaim untuk reimburse biaya perawatan di dokter gigi spesialis untuk mengembalikan ke susunan gigi yang normal.

Gusi meradang dan membesar. Yah setidaknya mintakan juga biaya untuk gingivectomy atau operasi pemotongan gusi.

Di tahap ini biasanya si owner nyalahin pasiennya: karena dia ga rajin kontrol.

Btw, mau rajin kontrol atau nggak, kalau kawat kecil ditarik powerchain tanpa penjangkar dari buccal tube, gigi bakal keluar dari lengkung normal.

Kesalahan ada di tindakan yang tanpa didasari indikasi medis.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

A 51-year-old woman complained of swollen, and bleeding gums. From clinical examination there is artificial dentures made by non dentist. Radiographic examination shows there is a residual root inside the swollen gums.

Namanya EPULIS.

Pembesaran lokal dari gusi yang terlokalisir. Salah satu penyebabnya adalah proses peradangan dalam jangka waktu yang lama.

Masuk kategori tumor jinak.

Dari kasus yang diterima drg @yogi.s.a, peradangannya dari mana?

Peradangan ati gegara biaya membengkak sudah pasti. Peradangan si dompet yang berubah jadi kopyah gegara masuk angin isinya kosong. Dan peradangan kawan sejawat drg yang melihat tindakan tanpa dasar,l.

Utamanya adalah, ada sisa akar gigi dan diperparah dengan gigi tiruan.

Kenapa masyarakat lebih pilih bikin gigi tiruan ke tukang ketimbang di dokter gigi? Padahal banyak diantaranya, harganya bisa sama atau beda tipis dengan tarif dokter.

Alasannya karena takut cabut. Males bebersih dulu. Dokter pasti menyarankan cabut sisa akar dulu dan pembersihan karang gigi dulu, minimal.

Kenapa ribet? Ya salah satunya untuk menanggulangi kemungkinan keparahan macam ini.

Tumor atau kanker ganas bisa dimulai dari peradangan yang tidak segera dirawat.

Sisa akar jadi lebih sulit diambil karena tertutup gusi. Gusi harus dipotong dulu, baru akarnya dikeluarkan.

So, masalah gigi dan mulut ga cuma gigi lubang sama sariawan ya gaes.

Sekarang, kamu harus sudah bisa selangkah lebih waspada.

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat #behellepaspasang #bleaching #bleachinggigi #faileddentistry #illegaldentalpractice #kortugi

Video by @chandsaddam
Dengan dipotong sana-sini dan ditambahkan subtitle sama mimin.

Mari kita tinggalkan sejenak hiruk pikuk sosial media. Kita tengok sejenak alun-alun masjid agung Kendari. Ada yang menarik di sana.

Inilah salah satu jenis tugi yang masih bertahan sejak kakek nenek kamu.
Tukang gigi versi lapak alun-alun. Kudu pandai cakap biar bisa belak belok dan sesekali mlipir ketika mulut kamu cukup kritis bertanya kesana kemari.

Tipe tukang gigi yang jauh lebih tangguh dibanding generasi sosmed, yang ketika ditanya panjang lebar malah diblok.

Buat kamu yang muda-muda dan sudah pandai, tidak sulit untuk berpikir bijak soal tugi seperti ini. Bahkan bisa menjadi hiburan tersendiri di tengah-tengah keramaian alun-alun.

Sekarang mimin mau berbagi soal cabut gigi.

Kalian ingat waktu anak-anak, cabut gigi cuma dioles obat doang. Atau dikasih kapas dingin. Itu salah satu bentuk bius. Yang terbius hanya syaraf-syaraf kecil di permukaan gusi. Karena biasanya gigi anak yang sudah goyah cuma nempel di gusi doang akibat kedorong sama gigi dewasa penggantinya.

Beda dengan gigi dewasa, kalau cabut biusnya kudu suntik. Ini karena giginya nancep sampai ke tulang.

Ada yang takut disuntik kemudian minta biusnya yang oles saja. Ya ga mempan. Syaraf yang harus di bius ada jauh di dalam.

Maka ga usah takut kalau harus disuntik. Itu demi kebaikanmu. Bikin kamu nyaman selama tindakan.

Cobalah sini. Kalau mimin nyuntik pasti ga sakit deh. Yang sakit yang disuntik.

Pokoknya ga usah baper. Itu cuma cabut gigi kok. Bukan cabut kenangan manis.

Cabut kenangan itu ga bisa dibius. Mimin cuma bisa kasih resep: nyanyi aja bareng Geisha 3x sehari setelah makan. ~lumpuhkanlah ingatanku, hapuskan tentang dia~

#tambalgigi #behel #gigitiruan #veneer #gigipalsu #gigikelinci #ahligigi #tukanggigi #dentistry #dental #kedokterangigi #dokter #doktergigi #perawat #medis #kesehatan #infosehat

Most Popular Instagram Hashtags