syarisquad syarisquad

71 posts   1072 followers   0 followings

Syar'i Squad  Bebas share dan jangan lupa cantumkan @Syarisquad "Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat" (H.R Bukhari) Kritik dan saran : ✏DM atau 📩Email

Bulan Dzulqo'dah saat ini termasuk bulan haram yakni bulan suci
.
Pada bulan suci semacam bulan ini dilarang keras melakukan tindak kejahatan dan maksiat.
Disebut dengan bulan haram karena pada bulan tersebut diharamkan maksiat dengan keras, begitu pula pembunuhan
.
Demikian kata Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As Sa’di dalam kitab beliau Taisir Al Karimir Rahman
.
Al Qodhi Abu Ya’la rahimahullah berkata, ”Dinamakan bulan haram karena dua makna: .
1- Pada bulan tersebut diharamkan berbagai pembunuhan. Orang-orang Jahiliyyah pun meyakini demikian
.
2- Pada bulan tersebut larangan untuk melakukan perbuatan haram lebih ditekankan daripada bulan yang lainnya karena mulianya bulan itu. Demikian pula pada saat itu sangatlah baik untuk melakukan amalan ketaatan.” (Lihat Zaadul Masiir, tafsir surat At Taubah ayat 36)
.
Mengenai empat bulan yang dimaksud disebutkan dalam hadits dari Abu Bakroh, Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, ”Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadal (akhir) dan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 3197 dan Muslim no. 1679)
.
Ibnu ’Abbas mengatakan, ”Allah mengkhususkan empat bulan tersebut sebagai bulan haram, dianggap sebagai bulan suci, melakukan maksiat pada bulan tersebut dosanya akan lebih besar, dan amalan sholeh yang dilakukan akan menuai pahala yang lebih banyak.” (Latho-if Al Ma’arif, 207) .
Dalam Tafsir Al Jalalain disebutkan, “Janganlah menzhalimi diri kalian sendiri”, yaitu janganlah berbuat maksiat pada bulan-bulan haram karena dosanya lebih besar
.
Larangan di atas berarti berlaku juga dengan bulan Dzulqo'dah
.
Semoga bermanfaat...
.
Jangan lupa follow : @syarisquad
.
#poster #islam #ilmu #dakwah #nasihat #bulan #dzulqodah #hijiriyah #syarisquad

Assalamualaykum sobat SS, kayfa haluka? Semoga baik-baik aja ya

Jadi belakangan ini udah nggak jarang lagi sosmed seperti youtube maupun IG dipakai untuk menyebarkan video dakwah maupun kajian. Sementara, sebelum era internet marak kayak gini, kajian itu biasanya cuma bapak-bapak atau ibu-ibu di masjid aja. Memang, di youtube lebih banyak kajian yang bisa kita tonton. Bahkan seiring waktu, jumlahnya makin banyak karena kajian-kajian yang lama pun tidak akan hilang

Selain itu temanya pun bisa kita cari sesuai kebutuhan kita. Mau kajian fiqih, bahasa arab, sirah, hadist, dan lain-lain. Kita juga bisa pilih ustadz mana yang menurut kita penjelasannya lebih cocok buat kita. Dan ada juga channel yang menyediakan video-video pendek tentang masalah tertentu kalau kita butuh jawaban secara hukum syar’i.

Tapi terlepas dari segala kemudahan itu, tetep kita jangan meninggalkan majelis ilmu di masjid-masjid (atau di mana aja sih). Kenapa?

Pertama, di internet semua orang bebas mengupload dan menyebarkan apa aja. Di internet juga lebih bebas dari konsekuensi. Makanya cukup banyak video-video yang kurang bertanggung jawab. Bahkan cenderung mengadu domba. Sedangkan untuk kajian secara langsung kita bisa lebih tau siapa sih pembicaranya, berikut juga masjid dan orang-orang yang mengadakannya.

Kedua, nggak hanya dapat ilmu. Tetapi kita juga bisa mendapatkan kebaikan berupa berkumpul dengan orang-orang soleh. Bahkan mungkin kita bisa mendapatkan teman baru yang soleh sehingga ketaqwaan kita bisa bertambah.

Ketiga, ada pahala yang besar ketika kita menuju ke masjid.
وَكُلُّ خَطْوَةٍ تَمْشِيهَا إِلَى الصَّلاَةِ صَدَقَةٌ
“Setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah sedekah.” (HR. Muslim no. 2382)
.
Semoga bermanfaat
.
Jangan lupa follow : @syarisquad
.
.
#poster #Islam #majelis #youtube #dakwah #sosmed #Ilmu #nasihat #Islamicquotes #syarisquad #onedayoneposter

Assalamu'alaykum sobat SS
.
Pernah nggak sih kita ngerasa hidup kita ini berat banget? Mungkin kadang ngerasa lelah dan udah pengen nyerah aja? Sama sob, mimin juga pernah gitu.
.
Tapi cukup ingat, perjuangan umat-umat sebelum kita. Terutama perjuangan para Sahabat yang berjuang bersama Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa salam. Betapa sulit perjuangan mereka. Jadi kalo memang cita-cita kita masuk surga, jangan harap perjalanan kita ini mudah. Tapi jangan juga berburuk sangka sama Allah, mikir kalo Allah itu tega sengaja ga mau bantu kita.
.
Inget sob ”Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” [ Surat Al-Baqarah : 286]
Allah itu maha membalas. InsyaaAllah sabar kita dalam cobaan bisa meningkatkan ketaqwaan kita. Dan kadang cobaan itu juga suatu anugerah bagi kita yang mungkin amal sholeh kita kurang, tetapi bisa selamat justru karena kita mendapat musibah dan sabar salam hal ini.
.
Jadi keep calm aja sob, jangan sampai kamu berputus asa, ”dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir." [Surat Yusuf : 87 ].yakinlah jika ujian sebesar kapal, maka rahmat Allah sebesar lautan sob.
.
kamu gak sendirian kok. Kalaupun nggak ada teman sesama manusia, selalu ada Allah yang bisa dijadikan tempat mengadu dan minta pertolongan. Apapun deh, berdoa aja sama Allah.Keep calm and be happy ya sob!
.
Jazakallahu khayr Ustadz @syafiqrizabasalamah_official
.
Semoga bermanfaat
.
Bebas share 🍃
.
Jangan lupa follow : @syarisquad
.
#ustadzsyafiqrizabasalamah #dakwah #dakwahislam #dakwahsosmed #kajian #tausyiah #sunnah #ilmu #ujian #islam #muslim #moslem #akhirat #surga #sabar #ampunan #syarisquad

Teman
.
Allah berikan nikmat kepada kita dengan mendapatkan teman - teman dalam kehidupan,cuman itu yang bisa menolong kita di Akhirat teman teman terbaik selain syafaat yang lain
.
Ada orang yang mendekat dengan Al quran, ada orang sering bersholawat kepada nabi, ada orang yang mendekat dengan hukum-hukum Allah, ada orang yang belum bisa maksimal menunaikan itu semua.kita harus cari teman yang sholeh/sholeha yang menunjukan kebaikan-kebaikan, bukannya kita sering dapatin seperti itu
.
Mungkin kita bersahabat dengan teman yang tingkat ibadahnya jauh diatas kita, kita masih sibuk dengan urusan dunia, tapi masih menunaikan sholat, masih puasa. tapi karena kesibukan dunia,kita kurang bekal ibadah kita tapi beruntungnya kita dengan punya yang teman sholeh/sholehah, berjamaah bareng dengan imam yang sholeh,puasa dengan dia,buka sama -sama , kadang sering ikut - ikutan dalam taklimnya, dalam macam- macamnya.
.
Maka tiba-tiba ketika kita dikenal oleh dia, di ingat oleh dia, di akhirat nanti tidak ditemukan kita.
maka dia berkata ya Allah dia kawan saya,dia teman saya, dia saudara saya, kami pernah taklim sama -sama, kami pernah puasa sama -sama ,kami pernah sholat berjamaah sama- sama, mohon jangan pisahkan ya Allah
.
Pastikan di rumah, lingkungan, kantor, sekolah kita ada teman yang menginggatkan dan membantuh kita mencari kita untuk bisa masuk kedalam surga
.
kami juga berpesan kepada teman teman sekalian jika kami tidak di surga bersama antum semua. tolong laporkan kepada Allah, untuk mencari kami di neraka dan rangkulah kami di surga Allah subhanahu wata'ala dan ditempatkan rasulullah shalallahu alaihi wassalam dan para sahabatnya
.
Semoga kita dijauhkan dari neraka jahanam dan dimudahkan untuk hijrah menuju surga.
.
Semoga bermanfaat...
.
Jangan lupa follow : @syarisquad .
#Muslim #Allah #Ramadhan #Kareem #teman #sahabat #hijrah #dakwah #sunnah #Islam #nasihat #motivasi #bismillah #syari #squad

Ketika kita berhijrah, kita akan merasa berat ketika harus meninggalkan larangan dan menjalankan perintah-Nya
.
Siapa saja yang mau berhijrah, Allah akan menerima hijrahnya, yang telah Allah katakan didalam (surat az zumar : 53)
.
Tentu saja setelah berhijrah, kita harus punya tekad menjadi baik dan bertekad tidak mengulangi lagi maksiat yang dahulu dilakukan
.
Mencari teman shalih/shalihah juga penting ketika mulai berhijrah, agar nantinya ketika mulai tidak istiqomah dalam berhijrah ada teman kita yang mengingatkan kita.
.
Saat kita berhijrah harus ikhlas karena Allah, bukan karena mencari pujian manusia
.
Jangan lupa untuk panjatkan do'a kepada Allah agar kita bisa Istiqomah dalam berhijrah.karena tanpa pertolongan-Nya, kita tak berdaya dengan berbagai godaan
.
Semoga kita bisa bersemangat dalam berhijrah, menjadi lebih baik mulai saat ini dan terus Istiqomah.
.
Semoga bermanfaat...
.
Jangan lupa follow : @syarisquad
.
.
#Muslim #Allah #Ramadhan #kareem #beraniberhijrah #hijrahyuk #Istiqomah #sunnah #islam #ilmu #dakwah #nasihat #motivasi #bismillah #syari #squad

Kedatangan bulan Ramadhan setiap tahunnya tak henti menjadi penghibur hati orang mukmin. Bagaimana tidak, beribu keutamaan ditawarkan di bulan ini. Pahala diobral, ampunan Allah bertebaran memenuhi setiap ruang dan waktu.
.
“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151)
.
Ibnu Rajab Al Hambali rahimahullah mengatakan, “Sebagaimana pahala amalan puasa akan berlipat-lipat dibanding amalan lainnya, maka puasa di bulan Ramadhan lebih berlipat pahalanya dibanding puasa di bulan lainnya. Ini semua bisa terjadi karena mulianya bulan Ramadhan dan puasa yang dilakukan adalah puasa yang diwajibkan oleh Allah pada hamba-Nya. Allah pun menjadikan puasa di bulan Ramadhan sebagai bagian dari rukun Islam, tiang penegak Islam.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 271)
.
seharusnya kita di bulan Ramadhan lebih giat lagi untuk beribadah dan beramal. Oleh karena itu, janganlah meremehkan satu kebaikan sedikit pun juga di bulan penuh berkah ini. Semoga Allah beri kemudahan untuk beramal sholih dengan senantiasa meminta pertolongan Allah, dengan niatan ikhlas karena mengharap wajah-Nya dan mengikuti tuntunan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
.
Semoga bermanfaat...
.
Jangan lupa follow : @syarisquad .
.
#مسلم #الله #رمضان #كريم #رمضان١٤٣٨ #القرآن #الصوم #داع #إلاسلام #دعوة #بسم_الله_الرحمن_الرحيم #الحزب #شرعي

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia dan banyak berkahnya. Setiap muslim pasti sering mendengar bahwa bulan Ramadhan adalah bulannya Al-Quran. Karena memang sangat banyak sekali dalil yang menunjukkan hal ini. Allah Ta’ala berfirman, .
.
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ .
.
“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)” QS. (Al Baqarah : 185)
.
Sedangkan keutamaan membaca Al-Quran sangat banyak dijelaskan, salah satunya adalah Sabda Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa salam, .
.
مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ .
.
“Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf” ( HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469) .
Begitu juga Sabda beliau, .
.
مَنْ قَرَأَ بِمِائَةِ آيَةٍ فِى لَيْلَةٍ كُتِبَ لَهُ قُنُوتُ لَيْلَةٍ .
.
“Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam” ( HR. Ahmad dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6468)
.
خيركم من تعلم القرآن و علمه
.
"Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al quran dan mengajarkannya" ( HR.Bukhari)
.
Jangan pernah anda berikan Al qur'an waktu senggang ( untuk membacanya ), akan tetapi khususkanlah waktu baginnya, dimana diwaktu tersebut tidak ada seorang pun yang mengggangu anda
.
Mumpung masih bulan Ramadhan, yuk perbanyak tilawah qur'an
.
Semoga bermanfaat...
.
Jangan lupa follow : @syarisquad .
.
#Muslim #Allah #ramadhan #kareem #ramadhan2017 #ramadhan1438 #puasa #ilmu #islam #islamicquotes #motivasi #nasihat #bismillah #syari #squad #onedayoneposter #تلاوة #القرآن #رمضان #كريم

Mungkin banyak di kalangan masyarakat kita masih menggunakan waktu imsak untuk batasan berhenti makan atau minum,ini ada kekeliruan yang salah.karena batasan waktu sahur ialah waktu fajar
.
Syaikh ‘Abdul Aziz bin ‘Abdillah bin Baz berkata : "tidak mengetahui adanya dalil tentang penetapan waktu imsak 15 menit sebelum adzan shubuh. Bahkan yang sesuai dengan dalil Al Qur’an dan As Sunnah, imsak (yaitu menahan diri dari makan dan minum) adalah mulai terbitnya fajar (masuknya waktu shubuh)"
.
Dasarnya firman Allah Ta’ala, .
.
وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ .
.
“Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar.” (Qs. Al Baqarah: 187) .
Juga dasarnya adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, .
.
الفَجْرُ فَجْرَانِ ، فَجْرٌ يُحْرَمُ الطَّعَامُ وَتَحِلُّ فِيْهِ الصَّلاَةُ ، وَفَجْرٌ تُحْرَمُ فِيْهِ الصَّلاَةُ (أَيْ صَلاَةُ الصُّبْحِ) وَيَحِلُّ فِيْهِ الطَّعَامُ .
.
“Fajar ada dua macam: [Pertama] fajar diharamkan untuk makan dan dihalalkan untuk shalat (yaitu fajar shodiq, fajar masuknya waktu shubuh, -pen) dan [Kedua] fajar yang diharamkan untuk shalat (yaitu shalat shubuh) dan dihalalkan untuk makan (yaitu fajar kadzib, fajar yang muncul sebelum fajar shodiq, -pen).” (Diriwayatakan oleh Al Baihaqi dalam Sunan Al Kubro no. 8024 dalam “Puasa”, Bab “Waktu yang diharamkan untuk makan bagi orang yang berpuasa” dan Ad Daruquthni dalam “Puasa”, Bab “Waktu makan sahur” no. 2154. Ibnu Khuzaimah dan Al Hakim mengeluarkan hadits ini dan keduanya menshahihkannya sebagaimana terdapat dalam Bulughul Marom)
.
Dasarnya lagi adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, .
.
إِنَّ بِلاَلاً يُؤَذِّنُ بِلَيْلٍ فَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يُؤَذِّنَ ابْنُ أُمِّ مَكْتُومٍ .
.
“Bilal biasa mengumandangkan adzan di malam hari. Makan dan minumlah sampai kalian mendengar adzan Ibnu Ummi Maktum.” (HR. Bukhari no. 623 dalam Adzan, Bab “Adzan sebelum shubuh” dan Muslim no. 1092)-(Majmu' Fatawa Ibnu Baz, 15/281-282, Mawqi' Al Ifta')
.
Semoga bermanfaat...
.
Jangan lupa follow : @syarisquad .
#Muslim #Allah #ramadhan #ramadhan1438 #sahur #syarisquad #onedayoneposter

Perbanyaklah memohon ampunan kepada Allah, karena do'a di bulan Ramadhan tidak akan ditolak. .

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, .
.
إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ .
.
”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan,dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.”(HR. Al Bazaar, dari Jabir bin ‘Abdillah. Al Haitsami dalam Majma’ Az Zawaid (10/149) mengatakan bahwa perowinya tsiqoh (terpercaya). Lihat Jaami’ul Ahadits, 9/224.) .
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, .
.
ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ .
.
“Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizholimi”.(HR. At Tirmidzi no. 3598. Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan.)
.
.
An Nawawi rahimahullah menjelaskan, “Hadits ini menunjukkan bahwa disunnahkan bagi orang yang berpuasa untuk berdo’a dari awal ia berpuasa hingga akhirnya karena ia dinamakan orang yang berpuasa ketika itu.”(Al Majmu’, 6/375.)
.
.
An Nawawi rahimahullah mengatakan pula, “Disunnahkan bagi orang yang berpuasa ketika ia dalam keadaan berpuasa untuk berdo’a demi keperluan akhirat dan dunianya, juga pada perkara yang ia sukai serta jangan lupa pula untuk mendoakan kaum muslimin lainnya."
.
Raihlah berbagai keutamaan di bulan tersebut, wahai Saudaraku!
.
Semoga Allah memudahkan kita untuk semakin meningkatkan amalan sholih di bulan Ramadhan.
.
Semoga bermanfaat...
.
Jangan lupa follow : @syarisquad
.
#Muslim #Allah #ramadhan #ramadhan2017 #ramadhan1438 #puasa #doa #islam #islamicquotes #motivasi #nasihat #dakwahsunnah #dakwahislam #bismillah #syari #squad #onedayoneposter

Ahlan wa sahlan yaa Ramadhan
.
.
Alhamdulillah, kita masih diberikan kesempatan oleh Allah, untuk bertemu dengan bulan yang sangat mulia ini, yaitu Ramadhan. bulan yang didalamnya penuh dengan keberkahan
.
.
bulan yang telah Allah khususkan dari bulan - bulan yang lainnya. lalu apa kenapa bulan Ramadhan begitu dirindukan oleh setiap muslim ? karena keutamaan bulan yang penuh berkah ini adalah dillipatgandakan amalan kebaikan di dalamnya. diriwayatkan bahwa amalan sunnah di bulan Ramadhan memiliki pahala yang sama dengan amal wajib. Satu amal wajib yang dikerjakan di bulan ini setara dengan 70 amal wajib
.
.
Barangsiapa yang memberi buka puasa untuk seorang yang berpuasa, maka diampuni dosanya dan dibebaskan dari api neraka, dan baginya pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala oarang yang berpuasa tersebut sedikit pun
.
.
Semua kebaikan, berkah, dan anugerah ini diberikan untuk kaum muslimin dengan datangnya bulan yang penuh berkah ini. oleh karena itu, hendaklah kaum muslimin menyambut bulan ini dengan kegembiraan dan keceriaan, memuji Allah yang telah mempertemukannya (dengan bulan Ramadhan), dan meminta pertolongan kepada-Nya untuk dapat berpuasa dan mengerjakan berbagai amal shalih di bulan Ramadhan
.
.
Sesungguhnya Ramadhan adalah bulan yang agung dan mulia, bulan yang penuh berkah bagi umat Islam. kami memohon kepada Allah Ta’ala untuk menganugerahkan keberkahan bulan Ramadhan kepada kami.
.
Semoga bermanfaat..
.
.
Jangan lupa follow : @syarisquad .
.
#Muslim #Allah #ramadhan #ramadhan2017 #ramadhan1438 #puasa #ilmu #islam #islamicquotes #motivasi #nasihat #dakwahsunnah #dakwahislam #bismillah #syari #squad #onedayoneposter

Bulan Ramadhan benar-benar kesempatan terbaik untuk beramal. Bulan Ramadhan adalah kesempatan menuai pahala melimpah. Banyak amalan yang bisa dilakukan ketika itu agar menuai ganjaran yang luar biasa. Dengan memberi sesuap nasi, secangkir teh, secuil kurma atau snack yang menggiurkan, itu pun bisa menjadi ladang pahala. Maka sudah sepantasnya kesempatan tersebut tidak terlewatkan.
Inilah janji pahala yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebutkan,
.
.
مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا .
.
“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”(HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5/192, dari Zaid bin Kholid Al Juhani. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.)
.
.
Al Munawi rahimahullah menjelaskan bahwa memberi makan buka puasa di sini boleh jadi dengan makan malam, atau dengan kurma. Jika tidak bisa dengan itu, maka bisa pula dengan seteguk air.(Faidul Qodhir, 6/243) .
.
Ath Thobari rahimahullah menerangkan, “Barangsiapa yang menolong seorang mukmin dalam beramal kebaikan, maka orang yang menolong tersebut akan mendapatkan pahala semisal pelaku kebaikan tadi. Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi kabar bahwa orang yang mempersiapkan segala perlengkapan perang bagi orang yang ingin berperang, maka ia akan mendapatkan pahala berperang. Begitu pula orang yang memberi makan buka puasa atau memberi kekuatan melalui konsumsi makanan bagi orang yang berpuasa, maka ia pun akan mendapatkan pahala berpuasa.”(Syarh Ibnu Baththol, 9/65)
.
Read more : https://rumaysho.com/1147-pahala-besar-di-balik-memberi-makan-berbuka.html
.
Semoga bermanfaat...
.
Jangan lupa follow : @syarisquad .
.
#Muslim #Allah #ramadhan #ramadhan2017 #ramadhan1438 #puasa #ilmu #islamicquotes #motivasi #nasihat #dakwahsunnah #dakwahislam #bismillah #syari #squad #onedayoneposter

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
.
.
إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ .
.
”Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.”( HR. Bukhari no. 3277 dan Muslim no. 1079, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)
.
Al Qodhi ‘Iyadh mengatakan, “Hadits di atas dapat bermakna, terbukanya pintu surga dan tertutupnya pintu Jahannam dan terbelenggunya setan-setan sebagai tanda masuknya bulan Ramadhan dan mulianya bulan tersebut.” Lanjut Al Qodhi ‘Iyadh, “Juga dapat bermakna terbukanya pintu surga karena Allah memudahkan berbagai ketaatan pada hamba-Nya di bulan Ramadhan seperti puasa dan shalat malam.
.
Hal ini berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Di bulan Ramadhan, orang akan lebih sibuk melakukan kebaikan daripada melakukan hal maksiat. Inilah sebab mereka dapat memasuki surga dan pintunya. Sedangkan tertutupnya pintu neraka dan terbelenggunya setan, inilah yang mengakibatkan seseorang mudah menjauhi maksiat ketika itu.” (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 7/188.) .
Maka daripada itu, bulan Ramadhan ini adalah bulan yang tepat bagi kita semua untuk menghidupkan malam malam Ramadhan dengan ibadah Sunnah yang telah diajarkan Rasulullah. Karena hanya dibulan inilah Allah memudahkan kita untuk bisa memasuki pintu surgaNya.
.
Semoga bermanfaat...
.
Jangan lupa follow : @syarisquad .
#muslim #Allah #ramadhan #ramadhan2017 #ramadhan1438 #puasa #ilmu #islamicquotes #motivasi #nasihat #dakwahsunnah #dakwahislam #bismillah #syarisquad #onedayoneposter

Most Popular Instagram Hashtags