saritarahmi saritarahmi

168 posts   1,663 followers   1,664 followings

cacingtanah 

Petualangan Amazonia bersama Amang Tukang Ngusep @yuddhaswara 🐋🐋

Dia, adik ku yang berada jauh 4000 km di Pulau Jawa. Semangat terus Ade!
#Repost @wulanlabadu_
• • • • •
Mabapura, mendengar kata Mabapura maka yang terlintas di dalam benak adalah "Rindu". kenapa rindu? (eits rahasia). Saya putri halmahera, saya akan bercerita tentang "Tana Merah" atau kampung merah iyah kampung merah, bekas hantaman penambang nikel. semasa kecil saya menetap didesa Mabapura, menghabiskan waktu bersama teman2 dengan bermain boi, goro, bekel, (permainan tradisional), dan masih banyak lagi termasuk jalan-jalan ke Koropon, salah satu pulau yang persis di depan desa mabapura untuk cari Bia darah (kerang darah). saya juga sering main di kebun (kobong), bersama teman- teman cari nanas, pepaya, mangga, (buat rujak). selain itu, di kebun juga ada tolop (wajib cari tumbuhan ini kalau ke kebun) karena enak, ada kelapa, cokelat, pala dan masih banyak lagi. di Desa Mabapura atau kampung merah terkenal dengan hasil laut yang melimpah (seketika langsung ingin makan ikan bakar), hasil hutan pun melimpah, dan hasil tambang yang melimpah (tapi otw habis). laut yang biru mulai berubah menjadi cokelat kemerah-merahan, hutan hijau sudah tidak hijau lagi melainkan berwarnah merah (tanah merah), karena hantaman alat-alat berat dari perusahaan-perusahaan tambang. Hal ini sangat di sayangkan. Walau demikian para warga yang ada di desa Mabapura harus bekerja di perusahan-perusahan tersebut agar bisa menyekolahkan anak-anak mereka ke jenjang yang lebih tinggi. pekerjaan yang di lakoni oleh para warga sebagian besar hanyalah sebagai buruh tambang dikarenakan kurangnya pendidikan yang di miliki, harapannya generasi- generasi baru sekarang dapat melihat betapa perlunya kita melakukan perubahan tentunya dengan pengetahuan, pengalaman, dan keahlian yang kita miliki untuk melindungi tana dodomi tercinta,
Dengan selalu ingat empat nilai yang menjadi pedoman yaitu ngaku re rasai (kebersamaan dan kekeluargaan), budi re bahasa (baik dan santun dalam bertutur), sopan re hormat (saling menghargai dan menghormati), dan metat re meimoy (malu dan takut pada kesalahan). _Sekian.
#sosiologipedesaan
#ceritadesa
#skpm
#ipb
#desa
#praktikumsosped

Saat itu menangislah daku jauh di kedalaman hati. Merasakan sunyi dalam ramai. Hanya sekejap tapi makna nya lekat hingga hari ini. Terimakasih Bung @jonkastella untuk segala cukup kurang lebih nya. Semoga kita selalu dicukupi dalam segala kurang ataupun lebih. :')

Nuhun Bu @rockeria video nya. Jadi kangen Naura banget ini, kangen juga masa-masa saya jadi tukang sulap hihi. #eh #loh #kok 😁🌻

Edisi rindu @katakerja, apa kabar semua di sana? Hehe. Terimakasih @jooemrp sudah merekam nya.

Pada suatu ketika di desa kami. Kami tidak punya listrik tapi kami harus tetap belajar apapun hambatannya. Jadi kami belajar beramai-ramai saja jadinya lebih asyik dan seru.

Damai dan kasih natal untuk kawan-kawan yang merayakan dan tentunya seluruh semesta. Teriring nyanyian indah persembahan putra putri SMAN 1 Halmahera Timur.
Video direkam oleh Mba @dorkasajisa idolaku. Selamat natal untuk mu juga ya Mba yu..🌲
#smansahaltim #haltim #halmaheratimur

#Repost @provisi.education
• • • • •
#SahabatProEdukasi Literasi adalah kemampuan mengakses, memahami dan menggunakan informasi secara cerdas. Kemampuan literasi dapat ditumbuhkan melalui suatu proses pembiasaan, maka dari itu Kemendikbud meluncurkan Gerakan Literasi Sekolah “Bahasa Penumbuh Budi Pekerti”. Gerakan Literasi Sekolah dikembangkan melalui Permendikbud Nomor 21 Tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti.
.
Di Desa Kawasi, Kec. Obi - Kab. Halmahera Selatan, budaya literasi belum tumbuh dan berkembang dengan baik. Hal tersebut dikarenakan rendahnya kesadaran masyarakat terhadap kebiasaan membaca hingga kemudian berdampak juga terhadap rendahnya kemampuan literasi peserta didik di ketiga sekolah dampingan yang berada disana.
.
“Kampanye Literasi ABCD (Anak Torang Bisa Cerdas Dengan Baca)” yang diadakan tanggal 15 Desember yang lalu merupakan bagian dari School Development Program dimana kampanye ini bertujuan untuk membangun kesadaran para pemangku kepentingan desa, masyarakat, guru dan orang tua tentang pentingnya penerapan pembiasaan literasi sehingga tumbuh semakin banyak generasi cerdas di Desa Kawasi.
.
Program ini merupakan kerjasama Harita Nickel dengan ProVisi Education.
.
#literacy #schooldevelopment #literacyprogram #southhalmahera #northmaluku #provisieducation #CSRpendidikan #educationprogram

Dhi, selamat pulang, selamat tenang di tempat yang paling nyaman. Terimakasih untuk semua hal baik yang udah lo kasih buat gw buat kita semua.
Maaf ga bisa nganter lo pulang buat terakhir kalinya. Bakal kangen bgt sama lo Dhi, 7 tahun kerja bareng lo, bener- bener pengalaman paling berharga buat gw. Terlalu banyak memori-memori sederhana yg terekam dalam ingetan gw.
1. Sendal Brickenstock lo yg bagian belakang nya udah abis tapi masih lo pake
2. Rokok lo yg harus dua jenis kalo belum makan hrs Marlboro mentol, abis makan garpit
3. Pertama kalinya lo ngasih gaji ke gw sambil minta maaf karena cuma bisa ngasih gaji kecil tapi lo janji bakal ngajakin main dan jalan-jalan and you did
4. Ngangkut box2 buku, naik mobil box atau kol buntung dari rmh lo trs kita buka lapak jualan di kampus2
5. Momen-momen dmn lo bersedia cerita hal paling privasi yg bahkan ga berani lo ceritain ke siapa-siapa
6. Momen-momen kita masak-masak
7. Terakhir yg paling gw inget adalah suara kalo manggil gw, "heh bibik cuci piring lo!" atau "Saritil gmn penjualan?". Yang tenang di sana Dhi, butuh waktu pasti buat gw untuk ikhlas. Semoga kita bisa ketemu lg Dhi. Dari sini gw kirim doa. 🙏🏻🌻

Direkam oleh Mba @dailysjahir sekitar dua tahun yang lalu. Dua tahun lalu saat masih ada si gadis kecil dalam diriku. Saat buku catatan didominasi oleh coretan-coretan lirik dan bukan tanggal-tanggal agenda tertentu.

Adapun si gadis kecil itu menulis lirik yang sekarang ku ingkari sendiri:
"what is essential it's invisible you better be blind and see with your heart"

Super Throw Back hehe.
Ketika @cakecaine masih kinyis-kinyis dan Om @deadpixxl juga masih kinyis-kinyis. Sedari dulu Nadin memang selalu memukau. Bangga pernah punya kesempatan ini huhu :')

Selamat jalan Pak, selamat pulang kembali kepada Nya, selamat bertemu kembali dengan istri Bapak tersayang.
Terimakasih untuk segala nilai, ajaran dan prinsip kehidupan yang Bapak berikan. Kami semua sekarang sedang dalam perjalanan memaknai diri sebagai manusia seutuhnya dan itu semua tidak lain dan bukan karena Bapak.
Terimakasih Bapak Petrus Canisius Suroso seorang Bapak, Guru, Filsuf dan Humanis, beliau sosok yang selalu menyadarkan kami tentang penting nya Pembangunan Berkelanjutan, mendahulukan pengembangan Human Capital dan memiliki cita-cita amat luhur yaitu ekonomi keadilan ekonomi yang mensejahterakan.
Terimakasih Pak, tenang dan damai di sana.

Most Popular Instagram Hashtags