rantie_fidya rantie_fidya

693 posts   1903 followers   246 followings

Rantie Haryadi Potter  - Mom of two πŸ‘¦πŸ‘§ - Hobby baker - Food enthusiast πŸ“±Food phonegraphy, Xiaomi 🏑 Bangka Belitung, Indonesia πŸ“ www.rantiefidya.blogspot.com

https://www.youtube.com/channel/UCPo1h1GADgHJbtU8MwjSdIA

Life is short, eat dessert first.. πŸ˜‹
.
.
.
#mspsweetdessert
#mysquarephoto
#cheesecreamoreo
#dapurantie
#alabundarantie

Bulan puasa besok pasti banyak menu tradisional yang biasa dibuat. Ada menu khusus yang biasanya hanya dibuat di bulan puasa. Yuukk yang suka bebikin sekalian ikut GA nya. Siapa tau beruntung kann..
.
Colek @cookingwithsheila @riskaendrawan @echieffendi @heniarie_ @haiicut 😊
.
.
#Repost @selma_wahida with @repostapp
・・・
Bismillah

Assalamu'alaykum

Nggak kerasa udah memasuki bulan Ramadhan ya. Udah ada persiapan kan? Semoga bulan ini menjadi bulan penuh berkah, puasa kita diterima..aamiin... Ramadhan ini Dapur Comel Selma -- Selma's kitchen mau mengadakan give away. Give away perdana insyaAllah.
Hadiahnya voucher belanja di @decorprops_jkt , jadi teman-teman bisa milih sendiri prop yang disukai. Asyik kan?

Syarat dan ketentuannya insyaAllah mudah ya. Akan ada tiga pemenang dan satu pemenang yang beruntung. Yuk ajak temannya ikutan juga.

Syarat dan ketentuan:
1. Udah follow @selma_wahida dan @decorprops_jkt yaa
2. Posting foto dengan tema "Kue Basah Tradisional yang sesuai untuk menu Takjil"
Kalau bisa yang unik yah...
Maximal 3 foto beserta resepnya
3. Repost foto ini dan tag 5 orang temannya dan mention saya ya.
4. Berikan hastag #giveawaykuebasahselma dan #giveawayperdanaselma
5. Giveaway berlangsung dari tanggal 26 mei-26 juni..sebulan penuh ni...pengumuman pemenang tanggal 28 juni insyaAllah.

Selma tunggu fotonya ya teman-teman.
Semoga bulan ini barokah..aamiin

#giveaway #lomba #kuebasah #giveawayindonesia #giveawaykuebasahselma #giveawayperdanaselma

Berhijab bukan menunggu diri ini siap atau tidak. Tapi berhijab adalah tentang kewajiban. Kewajiban wanita muslimah kepada Rabb sang pemberi segalanya.
Tidak perlu menunggu menjadi baik untuk berhijab, tapi berhijab itu harus setelah kita baligh.
Yang berhijab memang belum tentu baik akhlaknya tapi setidaknya dengan berhijab kita sedang berusaha menjadi lebih baik.. 😊
.
.
.
Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung. (Q.S. An-Nur : 31)
.
.
"Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat." (Q.S. Al-A'raf : 26)
.
.
"Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." ( Q.S. Al-Ahzab : 59)
.
.
Rasulullah bersabda : "Aurat wanita itu adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan." (HR. Abu Dawud)
.
.
#alqurankareem
#quranquotes
#ayatquran
#selfreminder
#hijrah
#keepistiqamah
#hijabsyari
#syariisamust

Mau bikin cemilan tapi lagi males ribet. Bikin yang gampang aja lah yaa, seperti cheese cream oreo ini. Kebetulan semua bahan ready, tinggal beli Oreo di toko sebelah. Bocah seneng, berasa makan es krim katanya.. πŸ˜‹
.
Sekalian meramaikan challenge topic 2weekly nya @ykmk2014 @sachilla_house
Hayuklah pada ikutan mba @fithrotal_chaq
@riskaendrawan @novita_napitupulu..😊
Maaf baru mention, kmrn takutnya cheese cream ini gak masuk tema, eh ternyata masuk. Ini baru dapet balesan dari admin..
#ykmk2014
#ykmk2014_recipes
#ykmk2014_2wkly_04
.
.
Cheese Cream Oreo
Bahan :
500 ml susu UHT plain
130 gr keju cheddar, parut
30 gr susu kental manis
3 sdm gula pasir (bisa ditambah atau dikurangi bila perlu)
1 bungkus Oreo, pisahkan biskuit dan isiannya
3 sdm tepung maizena dilarutkan dengan sedikit air

Cara membuat :
1. Tumbuk biskuit Oreo. sisihkan.
2. Dalam panci masukkan susu UHT, keju parut, susu kental manis, gula pasir dan isian Oreo. Aduk dan masak hingga mendidih.
3. Setelah mendidih masukkan larutan maizena, masak sambil diaduk hingga mengental. Matikan kompor, biarkan uap panas nya hilang.
4. Siapkan cup, isi dengan 1 sdt bubuk Oreo, lalu isi dengan adonan cream. Ratakan lalu tuangkan bubuk Oreo lagi, lalu tuangkan adonan cream lagi. Terakhir taburi keju parut dan sedikit bubuk Oreo.
5. Dinginkan di kulkas sebelum dinikmati.
.
.
#cheesecreamoreo #homemade #foodshare #foodstagram #foodporn #foodphonegraphy #dapurantie #alabundarantie

"Semua persahabatan yang didasarkan dengan selain Allah, maka persahabatan itu akan berubah menjadi permusuhan di akhirat kelak. Kecuali yang didirikan karena Allah, maka orang - orang yang bersahabat di dunia akan kekal hingga akhirat ".
Semoga kita jadi sahabat dunia akhirat dan selalu saling mengingatkan yaa.. Aamiin. 😊
.
.
.
#mommyketjeh
#nurselife
#nursedayoff
#sahabatsalihah
#bff

Kemarin bikin sempol buat cemilan bocah, sekalian buat bekal sekolah. Udah sering banget bikin sempol ini, kadang bikin dari ayam dan kali ini dari ikan.. Sama enaknya..πŸ˜‹
.
.
Sempol Ikan
Bahan :
300 gr daging ikan (bisa diganti ayam)
150 gr sagu tani
75 gr terigu
1 butir telur
7 batang daun seledri, iris
1/2 sdt merica
1 sdt garam
5 siung bawang putih, tumbuk kasar
3 siung bawang merah, tumbuk kasar
50 ml air

Bahan pencelup :
Telur, kocok lepas
Garam dan merica secukupnya

25 tusuk sate untuk tangkainya

Cara :
1. Campurkan semua bahan dalam wadah kecuali air, aduk rata menggunakan tangan.
2. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga kalis (adonan agak sedikit lengket).
3. Ambil sedikit adonan dan lilitkan pada tusuk sate dan bentuk sesuai bentuk sempol, lakukan hingga adonan habis. (Basahi tangan dengan sedikit minyak goreng agar tidak lengket saat membentuk sempol)
4. Rebus sempol di air mendidih hingga matang, angkat dan tiriskan.
5. Celupkan sempol ke bahan pencelup yg telah di siapkan lalu goreng hingga berwarna kecoklatan.
6. Sajikan dengan saos kacang atau saos sambal.
.
.
#sempol #sempolikan #khasmalang #homemade #homecooking #doyancooking #bisabikin #berbagiresep #idebekal #yukbelajarmasak #fotomasak #foodporn #foodstagram #foodstyle #foodphonegraphy #dapurantie #alabundarantie

Makanan kalo gak pedas kayaknya kurang sip ya. Padahal saya sebetulnya gak tahan pedas, tapi kalo masak suka masukin cabe yang banyak. Akhirnya kepedesan deh.. Yang suka pedas cobain deh sate plecing ini, pedesnya mantaap.. πŸ˜‹
.
.
Semoga berkenan ya @anaqahku @jepret.indah..😊
#ji_awaskepedesan
#jepretindah
#sateplecingayam
#sateplecingbali
#dapurantie
#alabundarantie

Jika Palembang punya Pempek, maka di Bangka khususnya Belinyu kami menyebutnya Kelsan. Sebetulnya sama, hanya di Palembang biasanya memakai ikan air tawar, kalo di Bangka karena dikelilingi laut maka yang digunakan adalah ikan laut. Bisa ikan tenggiri, ikan ciu, ikan parang-parang, ikan dencis atau seperti yang saya pakai yakni ikan kepetek. Dicocol cuka pedas sedaapnya, lidah Belinyu pasti suka makanan satu ini. πŸ˜‹
.
.
Kelsan aka Pempek

Bahan :
700 gr daging ikan kepetek, setengah beku
2 putih telur
1/2 sdm garam
400-500 gr tepung sagu tani

Cara membuat :
1. Haluskan daging ikan kepetek yang dalam kondisi setengah beku dengan chopper. Lalu masukkan dalam baskom.
2. Tuang putih telur, aduk menggunakan tangan. Tambahkan garam, aduk lagi.
3. Masukkan tepung sagu tani sedikit demi sedikit, sambil diuleni dengan tangan agar tercampur rata. (Tadi saya siapkan 700 gr ikan dan 700 gr tepung sagu. Tapi jika adonan sudah bisa dibentuk walaupun tepung sagu belum dituang semua, tidak apa2. Pakai tepung secukupnya.)
4. Bentuk adonan memanjang, lakukan hingga habis.
5. Rebus kelsan dalam air mendidih dalam panci. Angkat jika sudah mengapung, tanda kelsan sudah matang.
6. Bisa dimakan begitu saja, atau jika ingin digoreng tunggu dingin terlebih dahulu. Sajikan dengan cuka.

Bahan cuka :
500 ml air
100 ml air asam jawa
10 siung bawang putih, tidak perlu dikupas kulitnya
5 buah cabe merah besar
8 buah cabe rawit
1 keping gula merah ukuran besar
3 buah jeruk kunci
Gula dan garam secukupnya
2 sdm kecap manis
>> Rebus air dan air asam jawa lalu masukkan bawang putih dan cabe yang sudah diblender. Tambahkan gula merah, gula, garam, kecap dan perasan jeruk kunci. Masak hingga mendidih.
.
.
#kelsan #kelsanrebus #pempek #cukajeruk #khasbelinyu #bangkaculinary #olahanikan #homemade #homecooking #doyancooking #bisabikin #berbagiresep #yukbelajarmasak #foodporn #foodpic #foodstagram #foodphonegraphy #dapurantie #alabundarantie

Foodphotography dengan #flatlaystyle adalah salah satu favorit saya, hanya saja kadang masih bingung untuk styling nya.. Masih terus belajar sambil lihat foto temen2 lain. Btw, Semoga berkenan ya @edelweis_sh0pz @jepret.indah.. 😊
.
.
.
#jepretindah
#ji_flatlayfood
#putuayu
#putuayupandan
#dapurantie
#alabundarantie

Breakfast in Bed.. πŸ˜‹
In frame turmeric rice and soy milk. Morning everyone. 😊
.
.
.
@uploadkompakan
#uploadkompakan
#ukmamamdikasur_pku
#breakfastinbed

Tadi beli cumi (nitip beli sama om @oednang sih sebetulnya). Cuminya besar, 600 gr isinya cuma 2 ekor. Pengen masak yang pedes buat makan siang ini.. Dimasak pake cabe ijo aja, tambahin kentang biar jadinya agak banyak.. 😊 Selamat makan siang! πŸ˜‹
.
.
Cumi Cabe Ijo

Bahan :
600 gr cumi, bersihkan dan iris
2 buah kentang ukuran sedang, rebus dan potong dadu
1 ons cabe hijau, blender kasar
10 siung bawang merah, iris
5 siung bawang putih, iris
1 ruas lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
1 buah tomat uk kecil, iris
Gula dan garam secukupnya

Cara membuat :
1. Tumis irisan bawang merah dan bawang putih hingga harum, matikan kompor.
2. Ulek bawang yang telah ditumis tadi lalu tumis lagi dengan minyak goreng agak banyak. Tambahkan cabe hijau, lengkuas, daun salam. Tumis sambil di aduk.
3. Masukkan irisan cumi dan kentang. Bumbui dengan gula dan garam, lalu masak hingga matang. Koreksi rasa.
4. Jika sudah pas, masukkan irisan tomat. Masak sebentar. Done!

#cumicabeijo #cumi #seafood #homemade #homecooking #doyancooking #bisabikin #berbagiresep #yukbelajarmasak #fotomasak #foodporn #foodpics #foodstagram #foodphonegraphy #dapurantie #alabundarantie #ykmk2014 #ykmk2014_recipes

Homemade putu ayu pandan dan taro.. πŸ˜‹
Seneng deh kalo temanya tentang makanan. Stok bejibuun.. Ini #homemadefood ku. Mana punya mu mbak @fithrotal_chaq @qhiqhio @cookingwithsheila..
Semoga laris ya buat @vintagehomesolution dan selamat atas 11k followers nya @mysquarephoto.. 😊
#mspchoiceawards11k
#mspvsvintagehome
.
.
Putu Ayu

Bahan :
300 gr tepung terigu serbaguna
2 sdm tepung tapioka
4 butir telur
1 sdm SP
1/2 sdt garam halus
240 gr gula pasir
100 ml santan, kekentalan sedang (saya pakai 65 ml santan Kara ditambah air matang hingga 100 ml)
1 sdm taro powder ditambah sedikit air panas agar mengental seperti pasta
1/2 sdt pasta pandan

Bahan kelapa :
1 butir kelapa putih, parut
2 lembar daun pandan
Sejumput garam

Minyak goreng untuk mengoles cetakan.

Cara membuat :
1. Kukus kelapa parut yang telah dicampur garam dan daun pandan sekitar 15 menit, sisihkan.
2. Masukkan dalam wadah, telur, gula pasir, garam dan Sp. Miixer hingga berubah pucat dan berjejak.
3. Tambahkan tepung terigu, tepung tapioka, santan secara bergantian dan sedikit demi sedikit. Mixer hingga tercampur rata.
4. Bagi 2 adonan, satu bagian ditambahkan pasta taro, satu bagian ditambahkan pasta pandan.
5. Siapkan cetakan, olesi minyak goreng lalu tambahkan kelapa parut secukupnya sambil ditekan-tekan dan ratakan.
6. Tuang adonan hingga cetakan penuh, lalu kukus selama 15 menit. Angkat dan keluarkan dari cetakan.
. *Untuk 48 buah kue putu ayu

Most Popular Instagram Hashtags