Instagram post by @jokowi Joko Widodo

Saya baru saja bersilaturahmi dengan tokoh lintas agama di Istana Merdeka. Para tokoh berasal dari Majelis Ulama Indonesia, Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Konferensi Wali Gereja Indonesia, Persekutuan Gereja Indonesia, Perwakilan Umat Buddha Indonesia, Parisada Hindu Dharma Indonesia, dan Majelis Tinggi Agama Khonghuchu Indonesia. Kami membicarakan dinamika kebangsaan yang menjadi perhatian kita bersama.
Dan saya senang mendengar komitmen semua tokoh agama dan umatnya untuk terus menjaga, mempertahankan, serta memperkokoh Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Saya senang dan berterima kasih mendengar komitmen semua umat beragama untuk terus menjaga persatuan, persaudaraan, perdamaian, dan toleransi antar umat, antar kelompok, dan antar golongan.

Saya juga senang dan berterima kasih atas komitmen semua pihak untuk membangun demokrasi yang sehat dan mendukung penegakan hukum.

Saya perlu tegaskan di sini bahwa kebebasan berpendapat, berserikat, dan berkumpul, itu dijamin oleh konstitusi kita. Tetapi saya juga perlu tegaskan, bahwa kebebasan tersebut harus sesuai dengan koridor hukum, harus sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945, harus berada dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Jikalaupun dalam beberapa waktu terakhir ini ada gesekan antar kelompok di masyarakat, mulai saat ini, saya minta hal-hal tersebut, gesekan tersebut untuk segera dihentikan.
Jangan saling menghujat karena kita ini adalah saudara.
Jangan saling menjelekkan, karena kita ini adalah saudara.
Jangan saling memfitnah, karena kita ini adalah bersaudara.
Jangan saling menolak karena kita ini adalah saudara.
Jangan kita saling mendemo.
Habis energi kita untuk hal-hal yang tidak produktif itu.
Kita adalah saudara. Saudara sebangsa dan setanah air.
Saya juga telah perintahkan kepada Kapolri, kepada panglima TNI untuk tidak ragu-ragu menindak tegas segala bentuk ucapan dan tindakan yang mengganggu persatuan dan persaudaraan, yang mengganggu NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, yang tidak sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa meridhoi upaya kita bersama. Terima kasih.
Foto: Biro Pers Setpres

4359 Comments

  • 4d ago awbeautygirls awbeautygirls

    Keren pak

  • 4d ago artha_permana artha_permana

    @adeviaindikasari itu alis bnerin dlu sblum ngoceh mbk

  • 4d ago artha_permana artha_permana

    NKRI Harga Mati Pak @jokowi

  • 3d ago razkaahafizh razkaahafizh

    Assalamualaikum pak

  • 3d ago _devipratiwi_ _devipratiwi_

    Pak presiden jojowi,hapus segala bentuk devide at impera(pecah belah) yg mulai bermunculan kembali dan berantas narkoba,indonesia mulai dijajah secara halus,dg merusak generasi muda bangsa,mohon di perhatikan kurikulum pendidikan indonesia mohon dibanyakan juga pada pembelajaran mencintai NKRI,pancasila,uud-1945,bhineka tunggal ika ,perilaku terpuji dan agama,@jokowi

  • 3d ago _devipratiwi_ _devipratiwi_

    Juga Pembelajaran Pelarangan dan bahay penggunaan narkoba dan psikotropika di pelajar dan masyarakat atas sampai bawah,mari pak mendidik rakyatnya kejalan yg benar @jokowi #janganMudahTerprovokasi

  • 3d ago arys_letto arys_letto

    Devide at impera yg kini muncul sebagai pemicu runtuhnya demokrasi harus dicegah sejak dini. Terimakasih untuk yg mulia mister presiden @jokowi yg secara tegas mengatakan "tidak boleh lagi memfitnah atau hal lain yg ingin memecah belah bangsa" kita adalah saudara sebangsa dan setanah air.

  • 3d ago niabochi niabochi

    @y.t_523 heh,km jgn asal njeplak sj bcr emang km udh prnh lngsung ktmu fpi trus km di gebukin? Ati2 klo bcr,sy bukn org fpi tp sy phm fpi itu .

  • 3d ago niabochi niabochi

    Untuk bicara dan mengkexspos kebenaran di era pnuh kamuflase ini sngat butuh Kejujuran kesatriaan dan etika santun.

  • 3d ago naurahhalimatus naurahhalimatus

    Semangat ya

  • 3d ago swary.tarigan swary.tarigan

    Boleh bapak merintis usaha di kalangan kepala2 pemuka agama. Tp kaki tangannya main pak

  • 3d ago irarahmawati18 irarahmawati18

    Pan Kali Kali bpk me bojong kulur

  • 3d ago mas_efril12 mas_efril12

    @niabochi boleh kalau paham fpi tapi fpi paham hukum ngga ya?? Kok ketuanya lari dari hukum?? Coba tolong dijelaskan??

  • 3d ago niabochi niabochi

    Klo mau tahu Fpi lbh tntang Fpi dan who is hRs,mas_efri12 silahkan gbung di forum fpi.krn fpi dan hRs itu tdk sm sprti yg anda dngar & lht di media tv yg kbnykn mmutarbalikkn fakta.

  • 3d ago benway__ benway__

    Yang kelihatan saja kayak gitu apalagi yang ga keliatan 😂😂😂😂

  • 3d ago sutrin0 sutrin0

    Saya heran sama saudara (i) yang komentarnya nggak baik,ya.. INSYA ALLAH orang yang baik untuk orang yang baik pula,dan yang jahat itu untuk yang jahat pula Amin

  • 3d ago gus.t gus.t

    @benway__ setuju. Kita gamau tau smpe dalamnya bahkan sampe gabung tapi kita kan maunya NKRI harga mati jgn dipaksain nurut tuntutan demo fpi ya bang wkwk

  • 2d ago delonnur delonnur

    Pak harga jaket bombernya berapa ?😊

  • 2d ago putuyudha7 putuyudha7

    TERUS PAK, KASUS SOAL AGAMA LELUHUR YANG MEMPERMASALAHKAN KOLOM AGAMA SEGERA DIHAPUS ITU GIMANA ? ALASANNYA KARENA MERASA DI DISKRIMINASI. Tolong pak tegas, agama yang telah membentuk semua persatuan diindonesia. Dan pengamalan sila pertama "Ketuhanan yang maha esa" merupakan sebuah kewajiban bagi bangsa Indonesia. Saya mohon, tindak para pelapor yang ingin menghapus kolom agama di KTP dengan alasan apapun @jokowi

  • 2d ago doramayasari doramayasari

    Masalahnya pak @jokowi yg slalu jadi sasaran hujatan,sasaran fitnah,makar,hinaan ,dan yg slalu dizolimi itu umat islam pak. Dan slalu disudutkan. Trus harus gimana pak????

  • 2d ago sam_moody99 sam_moody99

    @jokowi kalo tak mau di salahkan ya jangan menyalahkan orang lain,,,gitu aja repottt

  • 2d ago hoirul_s17 hoirul_s17

    Pak@jokowi jngnlah hanya memikirkan masalah ini, masalah pendidikan pak coba pikir kembali kami harus membayar spp yg mahal

  • 2d ago somaybatagorcilok somaybatagorcilok

    mantap pak. saya lagi nonton metrotv. sudah dijawab semua, langsung gercep jawab orang2 nyinyir. tegas itu perlu pak. biar kita ga diinjek2. lanjutkan pak! salam10periode

  • 2d ago dp.raharjo dp.raharjo

    Pak @jokowi , Panca sila, bhineka tunggal ika, NKRI dan UUD 45 adalah betul dasar2 yg kokoh negeri ini utk jadi negeri yg rukun, aman, makmur dan sejahtera penduduknya. Semua dasar itu adalah pelajaran yg diambil dari kitab Al Quran dan kitab2 sebelumnya (injil, taurat dan zabur) oleh para founding father negara kita. Utk mewujudkan terwujudnya negeri spt di atas tadi petunjuknya ada di Al quran dan kitab2 sebelumnya juga. Tapi sayangnya saat ini sedikiiiiit sekali orang yg mengambil pelajaran dan petunjul dari kitab2 tsb. Utk bentuk generasi yg berakal harus dengan pendidikan praktik berbuat baik. Kl yg diajarkan hanya syariat dan ritual, maka 2 macem produk yg terbentuk, yaitu bangga golongan shg nyalahin yg tidak seakidah dan orang2 penentang yg akhirnya jadi penjahat2

  • 2d ago dp.raharjo dp.raharjo

    Opini orang musyik itu nyenbah batu, ke dukun dsb. Ternyata setelah buka kitab Sang Maha Kasih Sayang, musyirik itu diantaranya BANGGA GOLONGN 30 Ar rum ayat 31-32. Haduuh terbalik 180 drajat ternyata opini kebanyakan orang. Padahal musyirik adalah dosa yg tdk diampuni oleh Sang Welas Asih

  • 2d ago slamet_dwi_haryanto slamet_dwi_haryanto

    Bahahahahaha

  • 1d ago devincencia_chaterine55 devincencia_chaterine55

    halo pak jokowi.saya chaterine.seluruh keluarga saya mengagumi anda.pak jokowi,boleh kah saya menjalin pertemanan dengan anda.nanti ketika chat nanti di coment ya.

  • 1d ago tishopmart tishopmart

    Cari Sweater URGAN dan Kaos POLO RALPH LAURENT yang keren cuma ada disini, silahkan mampir gan..

  • 1d ago ahmad99saiful ahmad99saiful

    Haaa

  • 1d ago ellysabeth_kris ellysabeth_kris

    Pak dee, baru ini saya merasa bangga menjadi warga bangsa indonesia dan bangga memiliki presiden seperti Bapak, semoga pakdee sehat selalu, diberi kebijaksanaan oleh Tuhan dlm memimpin bangsa indonesia. Ameen

  • 17h ago mohammadiqbal3118 mohammadiqbal3118

    HEBAT ...

  • 3h ago achmad_zulkifli1927 achmad_zulkifli1927

    Hebat pak dhe

Most Popular Instagram Hashtags