Instagram post by @jokowi Joko Widodo

Saya baru saja bersilaturahmi dengan tokoh lintas agama di Istana Merdeka. Para tokoh berasal dari Majelis Ulama Indonesia, Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Konferensi Wali Gereja Indonesia, Persekutuan Gereja Indonesia, Perwakilan Umat Buddha Indonesia, Parisada Hindu Dharma Indonesia, dan Majelis Tinggi Agama Khonghuchu Indonesia. Kami membicarakan dinamika kebangsaan yang menjadi perhatian kita bersama.
Dan saya senang mendengar komitmen semua tokoh agama dan umatnya untuk terus menjaga, mempertahankan, serta memperkokoh Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Saya senang dan berterima kasih mendengar komitmen semua umat beragama untuk terus menjaga persatuan, persaudaraan, perdamaian, dan toleransi antar umat, antar kelompok, dan antar golongan.

Saya juga senang dan berterima kasih atas komitmen semua pihak untuk membangun demokrasi yang sehat dan mendukung penegakan hukum.

Saya perlu tegaskan di sini bahwa kebebasan berpendapat, berserikat, dan berkumpul, itu dijamin oleh konstitusi kita. Tetapi saya juga perlu tegaskan, bahwa kebebasan tersebut harus sesuai dengan koridor hukum, harus sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945, harus berada dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Jikalaupun dalam beberapa waktu terakhir ini ada gesekan antar kelompok di masyarakat, mulai saat ini, saya minta hal-hal tersebut, gesekan tersebut untuk segera dihentikan.
Jangan saling menghujat karena kita ini adalah saudara.
Jangan saling menjelekkan, karena kita ini adalah saudara.
Jangan saling memfitnah, karena kita ini adalah bersaudara.
Jangan saling menolak karena kita ini adalah saudara.
Jangan kita saling mendemo.
Habis energi kita untuk hal-hal yang tidak produktif itu.
Kita adalah saudara. Saudara sebangsa dan setanah air.
Saya juga telah perintahkan kepada Kapolri, kepada panglima TNI untuk tidak ragu-ragu menindak tegas segala bentuk ucapan dan tindakan yang mengganggu persatuan dan persaudaraan, yang mengganggu NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, yang tidak sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa meridhoi upaya kita bersama. Terima kasih.
Foto: Biro Pers Setpres

4446 Comments

  • 4w ago yuandaulfa yuandaulfa

    Selamat ulang tahun pak jokowii, terimakasih untuk semua jasa bapak untuk negara ini.sy berdoa semoga bapak bisa jadi panutan calon2 presiden yg mendatang! Sehat terus pak, we love youu pak jokowi โค

  • 4w ago queencookizz queencookizz

    GBU pak jokowi..

  • 4w ago asti.t.a__ asti.t.a__

    Bapak is the best๐Ÿ’•๐Ÿ’“๐Ÿ’•๐Ÿ’“

  • 4w ago ns_naj_sab137 ns_naj_sab137

    Tak pandang rendah tinggi mata melihat rakyat, slalu datang untuk memenuhi berbagai kebutuhan rakyatnya! Walaupun berbeda agama, dirinya.. tetap senang bisa menjadi pemimpin mereka. Walau tak kenal lelah ia tetap bekerja keras.. demi melihat rakyatnya tersenyum! Itulah pemimpin kami pak presiden @jokowi sang pelindung kami dari kejahatan teroris. Slalu sukses pak @jokowi agar Indonesia bisa menjadi yg terbaik di masa depan ๐Ÿ˜„

  • 4w ago naya_baekna naya_baekna

    Negara hancur aja.. Percumaa, Indonesia akan di serang oleh kaum nasrani, nggak ada pertahanan. Udah percaya ndiri neraka sama surga gak ada, tunggu aja nanti.. Huh.. ๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž๐Ÿ‘Ž

  • 4w ago gdlcky gdlcky

    Pak @jokowi tolong usir makhluk ini @naya_baekna dari bumi pertiwi

  • 4w ago vallent7 vallent7

    Salam kenal semuanya

  • 3w ago ma.rina2705 ma.rina2705

    @naya_baekna situ sehat? Berdoalah yg baik, biasakan kluarkn kata2 yg santun dan mbawa berkat

  • 3w ago thr1q_kamal thr1q_kamal

    Wwoyyy

  • 3w ago thr1q_kamal thr1q_kamal

    Polback woy

  • 3w ago thr1q_kamal thr1q_kamal

    Woy folback

  • 3w ago thr1q_kamal thr1q_kamal

    Folback wiy

  • 3w ago thr1q_kamal thr1q_kamal

    Pak folback pak

  • 3w ago thr1q_kamal thr1q_kamal

    Pak folback pak

  • 3w ago thr1q_kamal thr1q_kamal

    Pakkkk

  • 3w ago thr1q_kamal thr1q_kamal

    0ak

  • 3w ago nilamsari9357 nilamsari9357

    Bapak ini gimna rakyatmu yg ada di negri orang pak bantu kami pak ๐Ÿ˜ข

  • 2w ago sitonytobing sitonytobing

    @galuhginans Kuota,loe bisa beli tiap bulan. Listrik aj msh minta subsidi. Loe naik angkot aj,kl gak sanggup bayar pajak kendaraan. Gitu aj kok susah.

  • 2w ago galuhginans galuhginans

    @siparlin apasi riweuh, hak gua lah mau nyampein apa. Lo berdiri atas nama demokrasi tapi BACOT lo kayak DIKTATOR. Ya suka suka gua lah mau nyampein apa ke pemerintah, tolol lu ya?

  • 2w ago farhanzain_707 farhanzain_707

    Paling ganteng sendiri ya pak @jokowi

  • 2w ago sitonytobing sitonytobing

    @galuhginans cengeng loe. Hallo..semua loe keluhin. Mati aj loe. Malu neh negara, punya anak muda model loe yg ngeluuh Mulu. Mikir woii. Loe mikir, bisa ksh apa buat negara ini. Bukan malah cengeng dengan keadaan

  • 2w ago galuhginans galuhginans

    @siparlin lo siapa tai?

  • 2w ago sitonytobing sitonytobing

    @galuhginans hahaha..loe sekolah yg bener. Loe bicara jg yg bener. Apa loe gak sekolah y? Bapak loe gak ngajarin sopan santun ya. Pantes hidup loe ngeluuh mulu

  • 2w ago galuhginans galuhginans

    @siparlin lah? Elu yang gajelas, gua kritik pemerintah kok elu yang ribet? BUZZER BAYARAN MAH DIEM AJA TOLOL, idup lu cuma jadi jongos aja banyak bacot

  • 2w ago sitonytobing sitonytobing

    @galuhginans hidup loe yg jongos. Gw susah,Tp gak teriak2 model loe yg mental jongos. Msh muda aj, loe penuh dengan keluhan. Buzeer? Apa gak ke balik, loe yg buzeer braii

  • 3d ago bungatiarahatie bungatiarahatie

    Halo pa jokowi

  • 3d ago widyani_014 widyani_014

    Pak jokowi harus terus memnibing warga kenegaraan indonesia semangat pak peresiden jokowi

  • 2d ago anuibod anuibod

    Payaahhhhh

  • 9h ago nanda_prasetio nanda_prasetio

    FPI ga d ajak pak?๐Ÿ˜‚

  • 57m ago jan_bagus jan_bagus

    Amin

  • 57m ago jan_bagus jan_bagus

    @nanda_prasetio knpa harus ngajak FPI

Most Popular Instagram Hashtags