Instagram post by @jokowi Joko Widodo

Kepemilikan sertifikat tanah merupakan bukti sebagai pemilik Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jadi sekarang harus berani mengatakan 'Ya saya pemilik NKRI. Ini buktinya sertifikat tanah saya.' Penyerahan sertifikat tanah di Mandailing Natal merupakan bagian dari target penyerahan tahun ini, harus mencapai 5 juta sertifikat seluruh Indonesia. Tahun depan targetnya 7 juta sertifikat yang dibagikan. Dari 106 juta bidang tanah, baru 46 juta bidang yang telah disertifikatkan. Kita harapkan tahun 2025 nanti semua bidang telah bersertifikat.
Foto: Biro Pers Setpres

2,187 Comments

  • 47w ago moon_elviansyah moon_elviansyah

    Memang baik peningkatan pelayanan kerja, namun khususnya kami alumni D1 STPN. Jangan hanya tenaga kami yg di peras lapangan dengan imbalan rupiah. Tapi perhatikan masa depan kami juga. @jokowi #salamdaritimurindonesia

  • 47w ago setyaukat_sukatma setyaukat_sukatma

    Pk jokowi Tlng d perhatikan jg.. suami sy bikin sertifikat sawah ko gk jd2... yg Ada malah ngeluarin duit trs.. tlng pk bntu kami...

  • 47w ago noerman_thakoer noerman_thakoer

    percuma dkomenin juga...gk bakal ada waktu ngurusin komen di sosmed.

  • 45w ago w1112321 w1112321

    hmm ☺️

  • 42w ago enov_richy enov_richy

    Pak @jokowi kapan program 1% nya masuk ke denpasar? Biar saya bisa punya rumah sendiri,bosen kontrak terus,pak

  • 41w ago wwnps_ wwnps_

    Assalammualaikum wr wb. Aminn bapakk @jokowi , di tarakan kalimantan utara pembuatan sertifikat tanahnya mahal sekalee bapak, soalnya org yg kerja di bidang pertanahan terkadang sengaja melmbat2kn pembuatan sertifikat tanah n membuat warga hrus trun tngn dengan mainan duit, n itu sngt tidak adil bagi warga2 yg kurng mampu, saya harap bpak melihat atau memonitor saja kinerja para pegawai di tarakan ini pak. Terima kasih sebelumnya dan maaf menambah beban bapak. Wassalammualaikum wr wb pak jokowi,

  • 39w ago aku_setia_menunggumu aku_setia_menunggumu

    Pak kami rindu siang hapus fulda

  • 39w ago edward_acoustic_lighting edward_acoustic_lighting

    Di Bogor Kota juga.... malah dijual ke mafia tanah...Yth.Bpk Presiden Joko Widodo mohon melihat ke bawah langsung pak... jangan percaya dengan simbolik kenyataannya sangat beda di masyarakat.

  • 37w ago nayrendra_skm nayrendra_skm

    Peyerobotan&perampasan tanah masih terjadi diwilayah puri kembangan jakbar oleh pengusaha nakal.tolong turun kebawah dong pak presiden

  • 31w ago cheng_aldhi cheng_aldhi

    Pak di bukittinggi sumatra barat kapan mau di bagikan. Saya sudah urus dan katanya sudah selesaai tinggal nunggu waktu dari bapak. Terimaksih

  • 30w ago inggizeina inggizeina

    Iya bp jokowi sy belum punya sertipikat rumah..mana cuma satusatunya lagi..kapan ke desa sy di kec jln cagak kab subang jawa barat..sy mohn pa itu harta satusatunya ..terima kasih bp jokowi atas perhatianya

  • 30w ago yari3849 yari3849

    Iya pak jokowi di tempat saya juga masih banyak yg blm punya sertipikat tanah,rumah, kapan ke desa saya di desa pasung,kec wedi,kab klaten. Trimakasih atas perhatiannya

  • 29w ago ronny_perpratama ronny_perpratama

    Pak saya pengen ketemu pak

  • 28w ago fahmiamoii fahmiamoii

    Стойкий Мужик

  • 25w ago fathur_jeh fathur_jeh

    Di desa saya kok belum ada ea gitu2. Pada hal tetangga desa sebelah sudah ada. Ama BPJS juga. Masak 1RW di jatah cuma 2 orang. Mohon di tindak lanjuti pak terima kasih@jokowi

  • 25w ago edwin_bejo edwin_bejo

    Pak @jokowi sistem sertifikasi tanah mohon di evaluasi terutama fungsi notaris, dg ada nya fungsi ini proses sertifikasi lbh lama dan biaya yg tidak ada standardnya

  • 24w ago farhanirfnsyh_1206 farhanirfnsyh_1206

    saya siap pak @jokowi untuk jadi petugas ukur ptsl sampai tahun 2025 kedepan pak

  • 18w ago boy_civil98 boy_civil98

    Maaf sblm nya pak presiden @jokowi ...saya salah satu mengikuti progran sertifikat tanah prona d kab oku-sumsel...spngetahuan saya penyerahan simbolis telah d lakukan d palembang tnggl 22 bln 1 tahun 2018...kenapa smpai skrng sertifikat km blm d bagikan...mohon d pasilitasi pak presiden...sekali lg mohon maaf...

  • 16w ago ratih_arisia ratih_arisia

    terimakasih pakde @jokowi tertanggal 27 maret yg lalu... saya ada menyampaikan kejadian yang menimpa keluarga kami. tanah an. kakak kandung saya sendiri @galaperdana ... mengenai penyerobotan tanah oleh pihak2 yang bermain di dalamnya... dan penerbitan sertipikat yang tumpang tindih. serta oknum BPN yang tidak menjalankan tgs dan tanggungjawabnya secara baik benar dan jujur. Alhamdulilah pak.. keadilan berbicara... dan berpihak kepada kami..., sehingga putusan MA... telah resmi turun... dan pihak kami resmi menang atas kasus tsb. alhamdulillah hak kami bisa diperjuangkan... dan kembali ke tangan kami.... sekali lagi terimakasih atas perhatiannya. memang segala bentuk kecurangan harus diberantas pakde.... terimakasih buat supportnya... smg kejadian yg kami alami tidak menimpa keluarga lainnya di indoneaia tercinta ini.... berantas mavia tanah... berantas oknum nakal BPN... trmksh pak.

  • 16w ago galaperdana galaperdana

    @ratih_arisia , @jokowi , alhamdulillah ini merupakan salah satu bukti nyata di pemerintahan saat ini. Tidak memandang besar kecilnya perkara, tetapi mengedepankan keadilan. 5 tahun proses telah dilalui bukan waktu yang sebentar, tetapi hasilnya sangat memuaskan...

  • 14w ago ch.andra841 ch.andra841

    Saya ICAN DARI PROV. RIAU KAB.ROKAN HILIR.saya mau tanya, sebenarnya Program Prona itu bayar atau tidak. Soalnya di desa saya DESA TELUK NAYANG, KEC. PUJUD di sini program prona dikenakan biaya sebesar Rp.1.200.000 kalau tidak ada surat dasar, Rp. 500.000 kalau ada surat dasar. Mohon di jawab dan di tindak lanjuti.karena gagal program berarti bapak sebagai presiden juga gagal....terimakasih

  • 13w ago rijalsafrur rijalsafrur

    Buat kami pk itu khayalan ...tanah kami yg di aku oleh perusahan selama 41th tak ...selama ini kami menuntut hak kami tapi kami rakyat kecil yg selama ini kami haya di ta kuti ..dan dibodihi...... Pk persiden kami haram ada ukuran tangan dari bak

  • 12w ago tati_farel tati_farel

    Bapak presiden jokowi ,di tempat suami saya membuat sertifikat tidak gratis harus bayar 3 juta rupiah ,tepat nya di daerah majalengka jawa barat ,kalau membuat sertifikat gratis bagaimana caranya pak? Terima kasih

  • 12w ago yanimayanti_maya yanimayanti_maya

    @ch.andra841 sama pak? Saya malahan suruh bayar 3juta di desa.setia asih kec.tarumajaya kab.bekasi

  • 12w ago yanimayanti_maya yanimayanti_maya

    Pak presidenku @jokowi yang terhormat, saya mau menanyakan program ini gratis atau memang bayar? Di desa.setia asih kec.tarumajaya kab.bekasi disuruh bayar 3juta apa benar seperti itu. Tolong bantuannya

  • 10w ago utamiprieta utamiprieta

    Pak presiden,,mhn maaf bagaimana dgn daerah kami yg semi kota,,rumah kami di pinggir jalan besar,,,(warisan orang tua)pajaknya tinggi sekali,,,kami mau balik nama biaya hampir 50 juta,,,kami hanya pegawai biasa

  • 10w ago utamiprieta utamiprieta

    Semoga besuk bpk punya program pemutihan balik nama njih pak,,,trimkasih bpk

  • 8w ago desybundahaninazhafran desybundahaninazhafran

    Pak presiden @jokowi yang terhormat kenapa di tmpt ayah saya di minta uang untuk pembuatan sertifikat gratis ini pak? mohon di tindak lanjuti sbnrnya bagaimana programnya

  • 7w ago wahyu_sabih wahyu_sabih

    Pak presiden @jokowi yakin ituh gratis...coba dilihat/dicek di kelurahan/kecamatan...ada yg nakal apa nggak....kl emang gq sempet ...ya tinggal suruh orang bawahan buat ngecek....saya yakin banyak pegawai kelurahan/kecamatan yg rakus dengan uang rakyat...ott nya di terusin pak...@jokowi

  • 6w ago thisishandyy thisishandyy

    Kepada Bpk Jokowi presiden Republik indonesia

    Saya Handi terdaftar sebagai warga di kelurahan kalianyar RT 007/004 jakarta barat pak.

    Keluarga saya memiliki rumah yg belum memiliki sertifikat rumah yg lengkap dan berencana mengikuti program PTSL dari pemerintah.akan tetapi ketika diajukan kepada ketua RT,katanya kami harus membayar 8-10 juta setelah sertifikat sudah selesai dibuat.apakah benar biayanya sedemikian besar? Atau ini PUNGLI?Mohon pencerahannya pakde.

    Berdasarkan pengamatan saya dari beberapa sumber,salah satunya akun instagram BPN harusnya program PTSL bebas biaya.kalau memang benar dalam prakteknya ada oknum yg memungut PUNGLI,Saya harap petugas BPN segera menindaklanjuti kejadian ini,agar warga negara mendapat pelayanan publik yg lebih baik.

    Kalo masih seperti ini apa yg disebut reformasi birokrasi?saya masih belum paham.terima kasih

  • 4w ago lionajoe123 lionajoe123

    @jokowi ...pak datang ke kelurahan cilebut barat kasihan pengasuh anak sy rumah hanya 50 meter dikenakan oknum suruh bayar lagi uda kasih 300 rb disuruh bayar lagi 500 rb. Brantas oknum2 begitu pak. Sy dukung bapak 2 periode...

  • 4w ago andi_sagitarius_maulana andi_sagitarius_maulana

    Asmkm..bpa presiden yg terhormat...d.tempat sya pmbuatn sertfkt yg grtis ..tpi d.kntor klurhn d.mnta bayarn...sbnar.x gratis apa byar sih pa...ke-2 karna d.luar btas ukuran tnh.x ..ortu sya lngsung k.notris utk buat srtfk lngsng byar krna d.mnta cash bayar..krna pngkurn ttngga sblm.x orng pertnhn slah ukur..tnh ortu saya tdk mau d.buat.kn srtfkt..jdi bgaimna solusi.x untk kami yg awam..tdk mngrti ini...d.ppu sya prnh buat srtfkt tnah itu 2-3 thun bru slsai..apa.kh mmng sprti itu...mohon bantuan.x pa presiden..mdhn bpa panjang umur & sehat slalu ke priode-2

  • 3w ago bashori2553 bashori2553

    Di derah kami juga begitu pk pungli mewabah mengenai sertifikat gratis nyatanya bayar terlalu mahal di luar aturan ada yang kenak 900 keatas ada yang 3000 katanya pungli di tegak kan nyatanya pak tidak di tindak tegas penuh dengan kompromi dan kordinasi kami sangat kecewa dengAN ucapan bpk awas hati hati pungli kec.krejengan kab.probolinggo

  • 3w ago kusmatadir kusmatadir

    Ini udah 2018 lho pak@jokowi ,ngurus sertifikat masih aja lamaaaaa...udah 6 bulan ga terbit juga apa karena prona ya tapi kami bayar lho, masa iya nunggu bapak presiden kunjungan ke kab.seruyan Kalteng dulu baru sertifikatnya jadi karena klo bapak dtg kan bagi2 sertifikat judulnya( bukan pencitraan kan pak? )

  • 3w ago dewirenna dewirenna

    Pa daeah saya belum dapet sertifikat gratis , saya tanya ke kabupaten bandung tapi desa cangkuang wetan kecamatan dayeuh kolot belum terdaftar , mohon pa presiden kira2 kapan desa kami kebagian , makasih pa sehat selalu, salam 2 periode @jokowi

  • 3w ago d3v1_79 d3v1_79

    Pak @jokowi , kenpa begitu susah ngurus sertifikat. Padahal sdh jelas sertifikat itu kesalahan dari bpn, tp ttp ruwet dan bertahun tahun tdk siap. Sekarang malah terkendala dgn program sertifikat buat petani sawit di riau yg baru bpk resmikan. Mereka beralasan sibuk dg program bpk itu. Bagaimana dgn nasib kami pak,...

Most Popular Instagram Hashtags