iramastuti_khairul iramastuti_khairul

528 posts   1,040 followers   669 followings

Gentle Birth Jogja Bidan Tata  Midwife, Hypnobirthing, Fertility-Prenatal-Postnatal Yoga, Mom Baby Kids Spa, Doula, Child Birth Lactation Education, Gentle Birth Feel free to DM 😊

Kelas kurikulum terakhir Keluarga Kita dengan tema "Belajar Efektif"
Super padat materinya, karena di era sekarang, saat teknologi makin canggih, banyak orangtua yang "tertantang" untuk meningkatkan minat anak pada dunia "belajar". Gimana sih supaya anak asik belajar, tanpa kita minta secara otomatis mereka mengajak kita untuk belajar. Bentuk belajar itu apa aja sih? Apakah harus baca buku? Apakah sistem reward itu baik? Kapan menjadi baik kapan menjadi kurang pas? Gimana sih supaya konsisten untuk belajar? Dan banyaaaaakkkkkk lagi. Sampai "mendampingi" anak untuk "sekedar" tau bahwa itu rasanya asin "tanpa" kita kasih tau bahwa itu rasanya asin πŸ˜‚ "tanpa" kita deskripsikan asin itu gimana, "tanpa" kita kasih tau bahwa ada banyak rasa lain selain asin (pahit, manis, masam, pedas)

Kurikulum kedua, banyak saya terapkan untuk belajar sama kakak dan ponakan saya. Karena pengasuhan sekarang banyak banget jenisnya, dengan kemajuan jaman, tentu kita jg harus belajar persiapkan itu semua. Dan tentu saja, flashback evaluasi thd asuhan orang tua disekitar kami, dulu ataupun sekarang πŸ’“

Regrann from @keluargakitaid - JOGLOSEMAR

Kelas Kurikulum Disiplin Positif yang merupakan materi pembekalan bagi para Rangkul wilayah Joglosemar berlangsung pada Kamis, 28 Juni 2018 lalu di Ralana Eatery, Solo.
Rangkul yang berasal dari Salatiga, Semarang, Surakarta, Boyolali, Yogyakarta, hingga Surabaya mengikuti materi pengasuhan tentang menumbuhkan disiplin diri tanpa hukuman dan sogokan. Selain itu, pembekalan bagaimana menjadi fasilitator Sesi Rangkul juga dilatihkan agar nantinya para Rangkul dapat menjadi teman belajar pengasuhan bagi orangtua di sekitarnya.

Yuk, belajar pengasuhan dengan menjadi Rangkul (Relawan Keluarga Kita) karena tidak ada orangtua yang sempurna dan pengasuhan adalah urusan kita bersama.

#Rangkul
#KeluargaKita
#K4DisiplinPositif
#TidakAdaOrangtuaYangSempurna
#MencintaiDenganLebihBaik
#SemuaMuridSemuaGuru - #regrann

Menjadi bagian dalam rangkul, banyak berefleksi pada sesi pertama ini. Ada banyak rasa bersalah, menyesal, dan tersakiti. Namun jarak, ruang, waktu, terkadang membuat kita belum mampu bersua kembali. Maka dalam berefleksi ini, saya kirimkan permohonan maaf dan memaafkan. Semoga Allah ijinkan meski "terhalangi" jarak, ruang, dan waktu. Saya menyesal, saya memohon maaf, saya berterimakasih, dan saya mencintai πŸ’“

Regrann from @keluargakitaid - JOGLOSEMAR(Semarang)
β€’
Ada yang berbeda dari rangkaian sesi pembekalan kali ini. Bila biasanya diadakan di satu kota, khusus Kelas Kurikulum Joglosemar, Rangkul akan mengikuti sesi pembekalan di 3 kota: Yogkarta, Surakarta, dan Semarang.
β€’
9 Mei 2018 di Semarang merupakan sesi pembekalan relawan pertama untuk para Rangkul yang berdomisili di Semarang, Solo, Jogja, dan sekitarnya. Kelas Kurikulum yang membahas Hubungan Reflektif kali ini juga dihadiri oleh para Rangkul yang berasal dari beberapa kota di Jawa Timur.
β€’
Di sesi pembekalan ini, Rangkul saling bercerita tentang hubungannya bersama anggota keluarga yang melibatkan berbagai emosi. Rangkul juga diajak mengenal lebih dalam temperamen bawaan dan belajar teknik komunikasi yang efektif untuk memperkuat hubungannya dengan anggota keluarga. Tak lupa, Rangkul juga diajak bermain bersama anggota keluarga untuk menciptakan suasana asyik di keluarga.
β€’
Terima kasih semuanya sudah belajar dan bersenang-senang bersama! Mari ciptakan hubungan yang baik antar orang dewasa di sekitar anak agar menciptakan anak yang bahagia :) ❀

#KelasKurikulumKeluargaKita
#Rangkul
#KeluargaKita
#TidakAdaOrangtuaYangSempurna
#MencintaiDenganLebihBaik
#PengasuhanAdalahUrusanBersama
#SemuaMuridSemuaGuru - #regrann

Awalmula kenal gentle birth? Dari mba yesiieee πŸ’“πŸ’“πŸ’“ gara gara dapat tugas mata kuliah asuhan kebidanan, nyasar ke web nya mba yesie. Mantau terus deh pokoknya. Jatuh cinta banget sama konsepnya gentle birth. Banyak belajar dari beliau. Inget banget salah satu hal yang membuat saya takjub adalah, beliau "sekedar" "komunikasi" sama janin di dalam rahim, via jarak jauh, dan Alhamdulillah Allah ijinkan "komunikasi" mba yesie ke adek janin. Lahir lancar banget waktu itu, padahal sempat "macet". Banyak hal yg membuat saya amaze banget. Setiap ada kesempatan ketemu mba yesie selalu "cekrek", ketemuan di mall pun "cekrek". Makasih mba yesie, untuk banyak ilmu. Dan sll belajar dari mba yesie, nggak pernah berhenti, karena mba yesie jg sll update ilmu. Makasih juga untuk mengijinkan saya sebagai "perpanjangan" tangan yg dulu dan sampai sekarang sll mba yesie sampaikan πŸ’“

Sangat excited bisa berjumpa dan belajar menimba ilmu dengan bu lanny, ini foto hari ketiga sebenernya. Untuk pertama kalinya bagi saya, saat itu mengakui ketraumaan dalam diri (dan saya mengakui secara sadar kepada diri saya sendiri bahwa saya trauma πŸ˜‚ ini part yang paling menantang, seringkali kita nggak mau ngaku ke diri sendiri). Awalnya enggan untuk bercerita, berbagi, sharing, maunya "curhat" 4 mata saja dengan beliau hahahahah, dan bu lanny berhasil "merayu" saya agar bercerita. Supaya apa yg saya alami menjadi pengalaman dan bahan belajar bagi peserta lain juga tanpa harus mereka alami. Mewek? Jelasss, sepanjang cerita tak henti saya menangis, sampai kehabisan kata kata. Dan skrng saat saya berbagi cerita ini, langsung muncul dengan jelas dalam ingatan saya. Bagaimana seluruh peserta pelatihan dan team hypnobirthing menyatakan bahwa mereka mencintai saya, memeluk saya, dan berkata "kami bersama kamu". Good job Tata. Ahhh, mewek lagiii 😭😭😭 terimakasih bu lanny, untuk meyakinkan saya menebarkan cinta dalam keterbatasan diri πŸ™

Hari terakhir pelatihan basic hypnobirthing hypnoanestesia. Ngobrolin hormonal, peran pendamping, koneksi dg diri sendiri serta janin, belajar berdamai dg diri sendiri (waktu itu bener bener menguras ego dan berasa PR yang paling menantang). Udah bubar pelatihan mba naning masih sempat ngenalin apa itu "energi", "chakra", "aura". Dan dapat terapi sebentar dari mba naning, senang sekaliii πŸ€— terakhir ikut workshop lagi dan sama mba naning diijinkan tidur di klinik nya yg punya energi positif uenak banget, makanannya penuh energi cinta (waktu itu kita belajar ngukur energi cinta ini!) yang otomatis pasti enak dan sehat!
Makasih mba naning, 😘😘😘 untuk cinta yang sll disebarkan

Regrann from @stevianipuspitasari - Ini foto Prenatal gentle yoga pertama saya bareng mbak @iramastuti_khairul
Bersyukur kenal sama mbak tata . Sayang gapunya foto berdua. Huhu
Sebelum nya saya sudah ikut PGY di jakarta . Namun setiap pulang jogja pasti janjian sama mbak tata . Ini foto waktu kelas di tempat mbak tata. Saya hanya ikut dua kali . Sisa nya saya privat dirumah. Tiap ketemu mbak tata atau chatting isi nya saya kok cuma ngeluh yaa. Kalau inget malu . Hahaha. Mbak telapak kaki ku sakit . Mbak selakangan ku sakit aku gabisa angkat kaki bahkan buat sabunin kaki aja gabisa mau nunduk perut gede bener mau angkat kaki gabisa karena selakngan sakit . Dan dilihat lah . Ternyata postur tubuh saya ada yg gak balance. Yaa . . Pinggul saya tinggi sebelah . Pr nya sebelum janin masuk panggul harus di balance in dulu biar gak menghambat persalinan . Terakhir saya ikut kelas PGY di mbak tata saya datang sambil bilang " mbak kata dokter di tangerang janin ku kepala masih di atas " rajin lah kami melakukan gerakan yoga . Gatau namanya apa yah . Lalu beberapa minggu kemudian datang lagi saya bilang "mbak janin ku melintang kata dokter. Dokter bilang suruh komunikasi sama janin dan rutin yoga" sip saya pun kemudian rutin nin privat drumah . Alhamdulillah janin saya mulai turun kebawah kepalanya dan singkat cerita masuk panggul. Tapi panggul masih aja tinggi sebelah dan posisi kepala janin miring saat di usg dikhawatirkan menghambat proses persalinan. Makin semangat lah saya ikut PGY. Harus harus optimal posisi janin saya . Alhamdulillah persalinan saya berjalan nyaman , tanpa rasa sakit dan tanpa trauma seperti cerita di postingan saya sebelum nya 😊
Inti nya yang bisa saya lakukan saat itu hanya ikhtiar dan terus berdoa sama Allah .
Oyaaaa jangan dikira saya pinter ngatur nafas ya. Dikelas saya pasti paling rendah hitungan nafas nya kadang suka gakuat juga pas latihan nafas . Ahahahaha
Kangen hamil jadi nya πŸ˜‚
Mbaaaak maaf ya aku ceritain kamu kemana mana bahkan ngerekomen nin ke temen temen ku juga πŸ™ˆ - #regrann

Alhamdulillah, makasih mba manis.. sungguh amanah jadi pacar itu luar biasa. Seneng terharu πŸ’“
Regrann from @stevianipuspitasari - Persiapan menuju persalinan.

Hamil saya bukan hamil yang mulus mulus aja kayak jalan tol. Hanya rasanya lebih seneng berbagi indah nya daripada sedih nya. Hehe tapi saya dan suami optimis kami bisa melakukan persalinan dengan nyaman tanpa trauma dan menyambut adik bayi dengan cinta . Di instagram kita bisa belajar lewat akun @bidankita . Banyak pengetahuan tentang persalinan disana . Cerita cerita yg bikin optimis dari para ibu juga banyak. Bikin saya gak takut menghadapi persalinan. Saya pun mengenal sosok "doula" melalui akun nya mbak @jamilatus.sadiyah biasa di panggil mbak mila. Saya follow ig mbak mila dari jaman saya masih jomblo hlo. Sempet ikut yoga sama mbak mila juga di @provclinic dua kali setelah nya karena pulang jogja lanjut yoga di jogja . Oya mbak mila ini juga pernah main di the east net tv ngajar yoga. Banyak kisah yang membuat saya menjadi optimis menghadapi persalinan dari akun mbak mila. Ada lagi akun dokumentasi persalinan @bukaan.moment saya juga follow dari jaman masih jomblo . Kalau buka akun ini jangan di tempat umum soalnya selalu berhasil bikin menangis terharu betapa para ayah dan ibu optimis dan semangat menghadapi persalinan . Sempet WA tanya tentang dokumentasi persalinan tapi gajadi soalnya lahiran dijogja . Huhu . Satu lagi ini penyemangat aku buat yoga dan membuat posisi janin ku optimal sehingga persalinan ku mudah mbaak tata @iramastuti_khairul . Pokok nya aku koar koar sama temen temen ku di jogja kalau yoga sama mbak tata aja . Enak . orang nya perhatian macam pacar . Haha . Doula di jogja juga nih. .
.
Akhir akhir ini banyak temen yg lagi hamil curhat "takut menghadapi persalinan" saya pun juga dulu . Tapi setelah saya belajar dan memahami apa itu melahirkan. Ilang semua rasa takut dan berubah menjadi rasa nyaman . Sampai sekarang saya masih tdk percaya bisa melahirkan dengan nyaman dan saya terus memberi semangat para bumil kalau kita bisa melahirkan dengan nyaman tanpa trauma asal mau belajar dan bekerjasama bersama suami serta keluarga .
Sekian . Semoga bermanfaat 😁 - #regrann

Ketemu sama Ale yg kalau flashback ke proses persalinannya selalu terharu. Jadi booster dan bikin "nagih" πŸ€—

Sik sik, habis ngedoula dan hibernasi selfie dulu πŸ˜‚

Kangen banget sama mereka, fiz.. doamu utk ayok kerja diijabah sama Allah, kamu yg sehat ya di tanah rantau. Ankii yang dah lanjut D4 dan udah kerja juga, farikhah segera selesaikan kuliah ya. Doa untuk kalian, yg kurindu πŸ’š

Niat hati seharian mau hibernasi, apalah daya ketika harus nyaur utang jadwal ngedate. Ngadate aja nyaur utang 🀣 #bukanprewed

Most Popular Instagram Hashtags