[PR] Gain and Get More Likes and Followers on Instagram.

duniaira duniaira

1964 posts   2020 followers   1119 followings

DUNIAIRA  Perempuan yang suka selfie, jatuh cinta pada langit laut dan mata kamu

http://www.duniaira.blogspot.com/

Semoga nanti bisa jadi seperti beliau. Semoga......
.
#Repost @natgeoindonesia (@get_repost)
・・・
“Ini modal saya untuk menulis. Buku harian membantu saya mengingat,” ucap H.O.K. Tanzil seraya menunjuk si buku harian. “Seorang travel writer sebaiknya menulis catatan detail di buku, sebelum dituangkan dalam bentuk artikel,” beliau menambahkan.

Bergelar akademis sebagai professor emeritus bidang mikrobiologi Universitas Indonesia, selain menulis jurnal ilmiah sebanyak 184 buah, Om Hok, sapaan akrabnya, telah menulis feature perjalanan atau wisata sebanyak 16 buku. Karyanya dahulu dimuat secara berkala di Majalah INTISARI serta diterbitkan ulang dalam bentuk buku oleh beberapa penerbit.  Royalti dari tulisan-tulisan perjalanan ini beliau salurkan ke beberapa badan sosial.

Perjalanan pribadi Om Hok bersama sang istri, Ellia Chandra Tanzil, yang dituangkan ke dalam berbagai tulisan, mayoritas dilakukan setelah masa pensiun. Jumlah negara yang dikunjungi mencapai 238 negara, dan melintasi perbatasan sebanyak 741 kali. Data ini tercatat di dalam 15 paspornya.

Kemarin sore, 19 Oktober 2017, beliau telah berpulang ke Sang Pencipta pada usia 94 tahun. Selamat jalan legenda pejalan sejati.

Teks dan foto oleh RR. Ukirsari Manggalani.
#natgeoindonesia #natgeotraveler #natgeotravelerid #intisari #travelwriter #hoktanzil

Pergi ke lokasi ini pake drama. Bangun kesiangan. Pake kesasar sasar. Pake motor yang nggak bisa buka bagian bensinnya. Dan jauhnya luar biasa. Di ulu pang pang. Masuk keluar jalan yang rusak. Ujung ketemu ujung. Total 100 km lebih pergi pulang jarak yang harus aku saya tempuh untuk pergi pulang dari tempat ini

Tempat wisata berbasis konservasi. Pada jaman Jepang hingga tahun 80 an digunakan area tambak sehingga mangrove rusak dan mangrove mulai kembali di remaja kan pada tahun 2003

Sejak kawan mangrove memadat, masyarakat yang mayoritas bekerja sebagai nelayan mendapatkan manfaatnya, salah satunya adalah hasil tangkapan ikan yang lebih banyak termasuk tangkapan udang, rajungan dan kepiting. Secara akar akar mangrove cocok untuk tempel telur ikan dan juga menghasilkan oksigen yang baik

Dari luasan 600 hektar perairan Kili Kili, yang dijadikan wisata hanya sekitar 5 hektar. Ada jalur tracking dari bambu ditengah hutan mangrove

Jalan jalan boleh saja. Selfie selfie juga nggak dilarang. Tapi masih ada hal hal baik yang bisa dipelajari dalam setiap perjalanan

Selamat mengambil peran untuk lingkungan

http://travel.kompas.com/read/2017/10/19/101200527/menikmati-kili-kili-hutan-mangrove-cantik-di-banyuwangi

#duniaira #mangrove #banyuwangi #muncar

Its Scrub

Rencananya mau dikirim ke pos pantau. Alhasil dikirim ke sukowidi satu pake dengan kopinya

Saya mikir kok semakin kesini orang semakin kreatif. Jaman dulu masih pake scrab dari tepung beras sama kunir kudu dikasih air dulu dan cuma sekali pakai. Terus berkembang ke scrub bubuk yang bisa dikira kira berapa banyak yang digunakannya biar nggak kebuang percuma

La Its Scrub ini beda. Dia bisa langsung dipakai tanpa perlu di kasih air. Cukup colek saja lalu digosokkan ke wajah. Aroma Coffe sama cononut butternya kerasa banget. Simplenya adalah tuh tutup bagiannya atasnya bisa di rekatin lagi terus di taruh di lemari es. Isinya nggak kemana-mana. Simple. Cocok banget buat yg suka "on the way". Saya ndak lagi endorse tapi kalo mau pesen langsung aja ke @ijencoffee atau @friska_kalia . Beli ini, juga salah satu bentuk dukungan buat produk lokal Indonesia. Serius

Dan kamu ndak harus sibuk buat mempertanyakan apakah aku cantik atau tidak. Jika kamu perempuan maka kamu cantik. Sesimple itu

Sekarang yang perlu kamu lakukan adalah merawatnya sebagai bentuk syukur atas tubuh yang diberi Gusti Allah

Noted: Saya nggak hanya cantik tapi juga manis walaupun kulit tangan dan wajah gosong ndak karu karuan karena banyak di jalanan

Karena saya Perempuan

Apa kabar kamu? Kamu cantik kok asal kamu perempuan, dan tampan jika kamu laki laki

#duniaira #scrub #kopi
#banyuwangi

Bakso Kebo Keboan

Daging baksonya dicampur dengan cabe giling, dalamnya diisi pasta cabe plus cacahan daging. Warna hitam baksonya dari arang bambu Jepang jadi aman dikonsumsi. Disebut bakso kebo keboan karena terinspirasi dari tradisi kebo keboan, yaitu manusia yang dilumuri lumpur hitam dan bertingkah seperti kerbau

Yang bakso besar di mangkok berbeda isinya ada adalah iga yang masih ada sedikit tulangnya. Salah satu bakso terenak yang pernah saya cicipi. Daging bakso nya terasa, tetelan daging yang menempel di tulang iga juga bikin nikmat dan jauh dari rasa eneg. Gurih dagingnya dapet banget

Kuahnya ada dua pilihan yang original atau yang kuah merah pedas Lombok Lithik
Yang nggak suka pedas ada 9 varian plus gorengan nya yang bisa pilih sendiri. Untuk mie dan sayur sayurannya free dan bisa nambah

Harganya variatif antara 2 ribu sampai 30 ribu rupiah. Tempatnya di Jajag Banyuwangi Selatan. Bisa jadi referensi buat kamu yang doyan jajan bakso

Saya hanya mengenal rasa enak dan enak banget. Dan bakso ini enak banget dan rekomendasi buat dicoba. Buka jam 11 siang dan jangan kaget tepat jam 11 sudah banyak orang yang ngantri di depannya

http://travel.kompas.com/read/2017/10/16/210400827/pedas-menggoda-bakso-item-kebo-keboan-di-banyuwangi

#baksobanyuwangi #kulinerbanyuwangi #makananbanyuwangi #bakso #duniaira #banyuwangi

Kopi pagi ku hambar, semacam kenangan

Kepada Sapiyah

Hari ini gerhana bersalam pagi
Karena keduanya telah pada hatinya
Padu dalam menerima kedatangan lelaki tualang

Lelaki miliknya bumi miliknya
Nyanyi pohon manggis sendu bernaung keduanya
Janji mewarna dalam kebenaran kata kata : Hiduplah

Hanya dalam daerah ini aku bertahan pagi sekali
Memandang jalan yang memanjang dari sisi kehidupan
Kelahiran sejak sajak sajak padu dalam hijau mata mu
.
(Armaya : 1957)

Terlahir menjadi perempuan
Terkadang saya berpikir, betapa panjang perjalanan yang sudah saya lewati. Bertemu dengan orang orang baru, menghadapi peristiwa yang mempengaruhi keputusan keputusan yang saya ambil

Menjadi perempuan, sudah belasan mungkin puluhan kali mendapatkan perilaku tidak menyenangkan. Mulai dari disepelekan sampaikan dilecehkan. Saya pernah memilih diam saja karena terlahir di keluarga yang masih menjunjung adat ketimuran. Perempuan yang harus ngalah. Perempuan kudu nerimo. Perempuan harus melayani laki laki, walaupun sering menyakiti. Ibu tidak pernah berbicara langsung, tapi dia bicara lewat matanya yang berkaca-kaca. Lewat doanya yang saya dengar setiap malam. Sampai ibu bilang bahwa saya harus memilih jalan sendiri

Mereka bilang saya keras kepala seperti ibu. Berani dan suka melawan seperti bapak. Padahal saya hanya ingin membela diri saya sendiri

Berkali kali saya memilih untuk mundur tapi mereka tertawa dan bilang saya kalah. Saya tidak suka dipecundangi. Mundur untuk melompat lebih jauh bukan?
Sederhana saja. Perlakukan perempuan, seperti laki laki juga ingin diperlakukan. Hargai perempuan sebagaimana laki laki ingin dihargai. Perempuan dan laki laki adalah sama sama manusia?

Mungkin benar katamu saya terlalu banyak bicara. Terlalu banyak bermimpi dan berhalusinasi. Ini adalah jeda. Iya jeda. Tapi lebih baik sudahi saja jika kau merasa tersakiti

Kata Krisdayanti. "Namun hidup ini jangan berhenti. Hanya bila aku pergi"
.
.
Kita akan rindu ceria dibawah jendela ini bukan?

Tante iraa. Kalo kakak pulang ke Batam, jangan sedih ya. Maaf kalo kamarnya kakak berantakin, buku bukunya kakak acak acak . Nggak kakak kembalikan ke tempatnya. Kakak sehari baca lima komik. Buku buku dari Oma disimpan ya Nanti kalo kakak balik k Banyuwangi, kakak baca lagi
.
.
Terus. Kapan Tante iraa balik Batam? Kalo kakak kangen biar nggak jauh ke Banyuwangi

Saya langsung baper dan melting

Pikiran orang tua itu emang rumit Zi. Hati hati di jalan, anak muda

#duniaira #banyuwangi

Zizi
.
.
"Tante iraa. Yang kakak rasakan semakin bertambah usia masalahnya semakin rumit," katanya

Zizi (14). Dulu mengenal nya saat masih kelas 2 SD dan sama sama tinggal di Batam. Perasan baru kemarin saya mengajak nya ke kantor surat kabar di Batam. Mengajaknya siaran dan berlibur di rumah Baloi Batam. Mendengarkan cerita tentang cita cintanya sebagai sebagai wartawan, seperti saya tantenya.
.
"Sekarang kakak ingin menjadi ilmuwan ahli nuklir atau peneliti DNA binatang," katanya

Hampir dua hari Instagram story' saya dikuasai dia. Belum lagi aplikasi media sosial lainnya. Buat saya geleng geleng kepala dengan bahasa dan gayanya. Generasi Z

Tertanda
Onty jaman now

#duniaira
#banyuwangi

: Kau. Menetaplah

Ini adalah sudut dari bagian rumah yang paling saya sukai. Di meja dan kursi itu sudah ratusan tulisan lahir. Buku buku tamat di baca. Lagu lagu diputar. Atau menyelesaikan sebuah pikiran dengan sekali hembusan nafas panjang

Di ruang ini banyak sekali peristiwa yang terjadi. Ada yang bertemu. Ada yang berpisah. Ada yang berkasih sayang, ada yang bertengkar. Ada pesta pernikahan, kelahiran dan selamatan kematian. Ada riuh, ada sepi

Bahkan ada pernah sepasang kekasih memutuskan menikah di ruang ini. Dan saya hanya tersenyum ketika mereka meminta restu. Padahal satu jam sebelumnya, mereka bertengkar hebat dan saya menyuruh mereka berhenti berteriak di ruang ini untuk saling bicara dari hati. "Saling bicara. Jangan berteriak. Jika suaramu sampai di kamar tidur ku, jangan pernah salahkan sikap yang aku ambil untuk kalian," ancamku saat itu. Mereka menikah dan memiliki anak lucu. Anak lucu nya saat ini memanggil saya kakak walaupun berkali kali bundanya menyuruh memanggil tante. Dia akan membaca catatan ini. Saya percaya. Membacanya sambil tersenyum malu malu mungkin juga akan memberi tahu suami nya tentang catatan ini lalu mengirim pesan,"Mbak iraa gimana kabarnya?." Di sudut ini saya pernah terhempas, melambung atau semacam kapas ringan mengambang tak punya perasaan. Berjam jam berusaha mempertahankan kewarasan. Beratus ratus gelas kopi, wine hingga es krim pernah meninggalkan noda di meja ini

Tapi bagi saya tetap siluet wajahmu adalah momen terbaik di sudut ini. Ketika saya melangkah masuk dan kau duduk di kursi dan dan wajahmu memantul dari samping . Aku tertegun ketika mau menatap ku dan berkata, "Sudah bangun? Maaf aku menunggumu duduk di sini sejak tadi". Mataku berkaca-kaca

Semua datang dan pergi. Tapi kau? Menetaplah. Jangan pergi pergi lagi
.
.
Selalu suka pagi di sudut ini. Tapi kamu nya tidak duduk di sudut itu
.
.
: Kau. Menetaplah
#duniaira #banyuwangi

: Kau langit dan aku matahari

Ada hal yang tak pernah kau sadari, jika aku memujamu. Merayakan setiap pertemuan kita dengan suka cita. Merekam gerak kinetik wajahmu. Dan aku suka jika kau tertawa. Semacam merasakan turbulensi. Aku terperangkap disana tanpa udara

Itu jika kau tertawa. Jika kau tersenyum? Semacam halimun yang turun di kaki gunung dan aku terjebak disana. Dingin. Sejuk dan tak ingin beranjak

Maka, aku matahari ijinkan memujamu dari tempatku berdiri. Memutar kembali kenang ketika kau menyapaku dan aku menyapaku. "Panggil aku Raa. Cukup Raa artinya matahari." Kau tertawa terbahak bahak mengira aku sedang bercanda dan tak pernah bisa jatuh cinta

Detik itu aku menyebutmu langit. Dan aku matahari

Kita beda tak bisa bersama. Apalagi sama sama jatuh cinta?

Yang tak pernah kau sadari setiap perpisahan aku ingin mengumpulkan satu pelukan. Darimu. Langit

Tertanda aku. Matahari
#duniaira

Apa kabar hari ini?
Lihat tanda tanya itu jurang antara kebodohan dan keinginanku memilikimu sekali lagi (Batas - Aan Mansyur)
.
. -------------------
.
.

Jika kau bertanya mengapa aku menulis? Sesederhana aku ingin mengabadikanmu dalam tulisanku

Hanya ada dua foto ibu dan dan bapakku yang bersandingan

Foto pernikahan mereka yang sudah aku gunting gunting bagian bawahnya ketika bapak meninggal dan foto lain dimana ada aku, mas Nurul, bapak, ibu dan Mak Wah. Foto yang aku pasang di kamar tidur ibuku

#duniaira

Most Popular Instagram Hashtags