dionagam dionagam

695 posts   1,065 followers   554 followings

Dion Agam  A man who want to tell a story about Indonesian culture. @peoplesofid • hi.dionagam@gmail.com

Mereka menggunakan binatang sebagai tanda kebesaran seorang prajurit. Menggunakanya di bagian tertinggi manusia yaitu kepala. #toulour #culture #portrait

Mereka percaya setiap ajaran leluhur harus terus dijalankan karena berhubungan dengan jati diri mereka. @peoplesofid #minahasa #portrait #indigenous #culture

Kemarin sempat diskusi sama temen tentang hubungan perburuan binatang liar sama tradisi lokal. Pertanyaannya, apa boleh perburuan binatang liar dilakukan? Kalo dilarang, gimana tradisi lokal lestari padahal perburuan binatang salah satu kepentingan tradisi bahkan ajaran leluhur mereka di beberapa daerah? Contohnya kayak foto suku Minahasa, mereka berburu burung Rangkong (yang sekarang adalah satwa dilindungi) dan kera sebagai status sosial mereka. Kalo perburuan dilarang, apa mereka berani melanggar ajaran leluhur mereka yang dianggap sakral?

Kalo menurut kalian gimana? @peoplesofid #minahasa #culture #indigenous

Budaya Minahasa Toulour masih terus dijalankan walaupun subjek nya terus berkurang. Tapi budaya mereka akan terus ada walaupun dengan nilai-nilai yang mulai hilang, karena budaya adalah dasar kehidupan manusia. Pertanyaannya, seberapa besar? #minahasa #portrait

Mereka percaya setiap binatang yang ada di mahkota mereka adalah tanda kebesaran. Tanda siapa dia dan sekuat apa dia. @peoplesofid #toulour #portrait

Kampung Garot di Aceh punya tradisi seru pas malam lebaran, main Bude Dring. Semacam meriam tradisional dari bambu dan drum minyak yang disambung. Kalo yang bambu diisi pake minyak tanah, kalo yang drum minyak diisi pake karbit terus disulut pake api. Suaranya? Gausah ditanya! #aceh #localpride

Waktu ke Tondano, gue kaya ketemu harta karun. Ketemu sama orang yang selalu bangga dan menggebu-gebu kalo cerita ke gue tentang budaya Minahasa. Ini bapak Stenley, suku Minahasa Toulour. @peoplesofid #minahasa #culture #portrait

Perempuan Abui punya peranan penting dalam pelestarian budaya Alor. Kerajinan seperti kain dan aksesoris tradisional dibuat oleh para perempuan Alor. Ini mama Klopatra salah satu perempuan yang selalu bangga sama budayanya. @peoplesofid #alor #culture #portrait

Ini para mama yang selalu masak makanan enak selama gue tinggal di rumah bapak Abner. Tugas wanita orang Abui adalah urusan dapur, mulai dari masak, berkebun, sampe kasih makan ternak. Dilarang banget buat berjualan, wanita yang berjualan cuma buat yang tinggal di pesisir, begitu ajaran leluhurnya.

Selama 2 minggu tinggal bareng suku Kapitang, banyak banget cerita yang menarik, salah satunya tenun khas Abui. Dibuatnya dari kapas dan wajib punya 3 sambungan, tanda hubungan antara leluhur, rumah, dan suami istri. Gue punya satu, persis kaya yang dipake mama ini, dikasih sama bapak Abner, umurnya baru 15 tahun aja✌🏾 @peoplesofid #alor #culture

Sepengalaman ketemu dan tinggal sama suku asli, orang Alor yang paling welcome. Hampir 2 minggu tinggal bareng dan ngikutin kegiatan mereka sampe dikira akamsi. Mancing, motong pohon, panen kebun, ngasih makan babi, mereka engga risih sama sekali kalo gue motret. Apalagi kalo udah ngasih liat budayanya mereka, pride-nya langsung muncul!

Ini Bapak Abner dan Enyel, pas kita lagi motong pohon di hutan belakang rumah. @peoplesofid #alor #indigenous #culture

Anak ini namanya Enyel, cucu dari kepala suku Kapitang di Alor. Paling jago kalo udah urusan manjat-manjat pohon. Waktu itu sore-sore diajak sama Enyel naik pohon sambil nyoba buah khas Alor sambil duduk-duduk diatas pohon, nikmatnya... #alor #indigenous #culture

Marapu tetap dijalankan oleh para penerusnya, semua keputusan diambil berdasarkan upacara. Selalu menyenangkan ketemu sama orang-orang yang selalu bangga sama budayanya, semoga makin banyak orang yang bangga sama budaya lokal. @peoplesofid #indigenous #culture #sumba

Most Popular Instagram Hashtags