bundaniralilla bundaniralilla

42 posts   15,615 followers   169 followings

bundanya niralilla  💝 Istri & ibu 4 anak 💝 Postingan untuk muhasabah diri sendiri bukan menggurui 💝 Tak lebih baik dari kalian, jangan segan memberi saya nasihat

Bismillah semoga ada manfaatnya
.
# Apa Tujuanmu Belajar Agama?
.
Belajar agama
Bukan untuk membuatmu
Keras hati, sombong dan merendahkan manusia
Tapi agar engkau
Lembut, berkasih sayang pada sesama, rendah hati serta
Menebar manfaat di muka bumi
.
Jika setelah belajar agama
Lisan semakin pedas dengan celaan & sindiran
Lebih banyak membahas fitnah dan bantahan
Daripada ilmu dan edukasi
Semakin sombong dan merendahkan manusia
.
Ketahuilah itu ilmu agama yang tidak berkah
Karena cara menuntutnya yang tidak benar
dan niat belajar yang tidak baik
.
Cukuplah menjadi ibrah
kisah Iblis yang diusir dan dilaknat
Karena sombong dan merendahkan manusia
.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
.
ﻻَ ﻳَﺪْﺧُﻞُ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔَ ﻣَﻦْ ﻛَﺎﻥَ ﻓِﻰ ﻗَﻠْﺒِﻪِ ﻣِﺜْﻘَﺎﻝُ ﺫَﺭَّﺓٍ ﻣِﻦْ ﻛِﺒْﺮ
.
"Tidak masuk surga orang yang dalam hatinya ada kesombongan seberat zarrah dalam hatinya."(HR. Muslim)
.
Iblis diusir dari surga
Karena sombong
Kita belum tentu masuk surga
Mengapa berlagak sombong?
.
Setelah belajar agama
Fokuslah memberi dan menebar manfaat
Kepada manusia
Karena ukuran sukses adalah manfaat
Bukan harta, ilmu dan jabatan semata
.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
.
ﺧَﻴْﺮُ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﺃَﻧْﻔَﻌُﻬُﻢْ ﻟِﻠﻨَّﺎﺱِ
.
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Ahmad, Shahihul Jami’ no. 3289)
.
Semoga setelah belajar agama
Kita dijauhkan dari sombong dan
Menjadi semakin bermanfaat bagi orang lain

@ Yogyakarta Tercinta

Penyusun: Raehanul Bahraen

Artikel www.muslimafiyah.com

https://muslimafiyah.com/apa-tujuanmu-belajar-agama.html

__
Follow akun (klik):
kontakk.com/@raehanulbahraen
kontakk.com/@raehanulbahraen

Siapa seperti ini?
.
Harusnya..kita lebih senang menyendiri bila ternyata saat berkumpul justru disibukkan dengan membahas kekurangan orang lain, menghitung dosa orang lain, hingga lupa bahwa diri sendiri pun punya banyak cela.
.
Bundaniralilla

Bismillah....
.
Maka hendaknya kita para ibu rumah tangga harus yakin pada kemampuan dirinya, tak berhenti mengasah talenta yang dipunyai. Meski melaksanakan tugas serta tanggung jawab sebagai istri dan seorang ibu namun harus diberi kesempatan untuk mengaktualisasikan kemampuan dirinya melalui cara yang disyariatkan atau tak menentang syariat Allah Ta'ala. Kalo yang ini note buat para suami. Xixixi... Supaya para ibu rumah tangga tetap terampil dan semakin terampil.
.
Buu...Di rumah saja. Cukup.
Meski raga kita di rumah, tapi kita bisa kok menyebarkan manfaat ke seluruh penjuru bumi.
Teknologi sudah semakin canggih, dengan aplikasi instagram ini misalnya, kita bisa berbagi manfaat.
Yang jago masak bisa sharing resep atau tips seputar memasak.
Yang jago bikin cantik rumah,bisa sharing tips menata rumah dan sejenisnya.
Yang jago bikin prakarya bisa sharing cara membuat prakarya dari bahan daur ulang,misalnya.
Dan masih banyak lagi.
Meski ibu di dalam rumah, tapi para pengguna media sosial pun bisa ikut mendapatkan manfaat dari diri ibu.
.
Tak ada yang salah dengan bermedia sosial. Namun akan menjadi salah saat kita memprioritaskan berselancar di dunia maya daripada tugas dan tanggung jawab dunia nyata.
Itu anak udah makan apa blom buu?
Udah mandi apa belom?
Cucian setrikaan apa kabaar??
Rumah kayak apa kondisinya?
Udah dzikir pagi petang bu?
Shalat apa kabar?
Alquran sdh dibaca?
Dan banyak lainnya.
.
Yuuk... Menggunakan smart technology dengan smart💚
.
Sambil menasihati diriku sendiri,
Saudarimu,bundaniralilla

Karena terkadang 'ibu lelah', Nak...
Dan bila lelah, ibu bisa berubah garang :(

Bismillah.
Dear ummi...
Jangan berkecil hati jika kau telah bersekolah tinggi namun tak menjadi karyawati.
Takkan sia-sia ilmu yang kau pelajari karena engkaulah pendidik pertama sang buah hati.
.
Meski di rumah..katakan pada diri, "aku ingin menjadi orang bermanfaat" .
Ga perlu jauh2.
Bermanfaat utk suami dan anak2.
Untuk tetangga kiri dan kanan.
Jika mampu, bermanfaat untuk lebih banyak orang.
.
Ga akan pernah sia-sia ilmu apapun yg telah dipelajari.
Terutama saat telah menjadi ibu .
Sebuah peran yang bisa menjelma menjadi apa saja,kapanpun dimanapun.
.
Ibu memang superwoman.
Super dlm kebaikan,lo,ya...
.
Katakan pada diri,meski aku di rumah,orang tak mengenal siapa aku tapi karyaku bisa dikenal orang dan bermanfaat untuk banyak orang. .
Ingat. Yang dikenal dan dikenang orang adalah karya,lo,ya! Karya apapun itu. Sesuai ketrampilan yg kita miliki. Sebarkan.
Ingat, menebar pesan kebaikan bukan pesan kebencian atau berita yang bahkan kita sendiri belum mengetahui kejelasan kebenarannya .
Jadikan dirimu bermanfaat bagi sebanyak-banyaknya orang,Ummi...
.
Kaulah madrasah pertama bagi buah hatimu❤❤ dan mereka "peniru" ulung dirimu.
.
Ga sia-sia kok,dear ummahat (yang pada akhirnya memilih resign dari 'karyawati' bergaji tinggi)..
.
Menulis sambil menasihati diri sendiri.
Repost tulisan 9 Dzulhijjah 1438 H.
.
.
Salam ukhuwah fillah
Selalu semangat,yaaa.
Saudarimu,bundaniralilla

Bismillah..
.
Buibu....mari berlomba-lomba dalam masalah akhirat 💜
.
Terkadang hati dan iman kita sedang lemah, kita bisa jadi timbul rasa iri, mereka bisa segera meraih kenikmatan dunia, sedangkan kita terkadang sibuk denganmenuntut ilmu dan dakwah sehingga dunia tidak banyak kita dapat. Maka kita ajaklah mereka berlomba-lomba dengan akhirat misalnya:
-ketika mendengar teman sudah bisa punya rumah dengan membayar KPR maka kita katakan, kita juga sedang membangun rumah disurga dengan memakmurkan masjid dan amalan lainnya.
-ketika mendengar anak tetangga lancar les bahasa inggris, maka kita katakan, anak kita sudah lancar bahasa Arab .
-ketika mendengar teman sudah kuliah S2 atau S3 di Amerika dan Eropa maka kita katakan, saya sudah menghapal sekian juz Al-Quran dan berpuluh-puluh hadits.
.
Al Hasan Al Bashri mengatakan,
“Apabila engkau melihat seseorang mengunggulimu dalam masalah dunia, maka unggulilah dia dalam masalah akhirat.”
.
Wahib bin Al Warid mengatakan,
“Jika kamu mampu untuk mengungguli seseorang dalam perlombaan menggapai ridha Allah, lakukanlah.”
.
Sebagian salaf mengatakan,
“Seandainya seseorang mendengar ada orang lain yang lebih taat pada Allah dari dirinya, sudah selayaknya dia sedih karena dia telah diungguli dalam perkara ketaatan.”
.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,
“Dan janganlah kamu tujukan kedua matamu kepada apa yang telah Kami berikan kepada golongan-golongan dari mereka, sebagai bunga kehidupan di dunia untuk Kami uji mereka dengannya. Dan karunia Rabb-mu adalah lebih baik dan lebih kekal. “ (Thaha: 131)

Melihat kenikmatan orang lain dan membanding-bandingkan dengan kita hanyalah membawa kesedihan dan menambah duka saja.
.
Penulis: Raehanul Bahraen.
Artikel lengkap di muslimafiyah.com
.
Dikutip : bundaniralilla
Repost tulisan 9 Muharram 1439 H

Bismillah...
Izinkan saya berbagi apa yang telah saya rangkum dari nasihat emas ustadz Nuzul Dzikri hafidzahullahu ta'ala : "Barangsiapa yang berpaling dari ayat Allah dan hadits Nabi, saat dia menjalankan roda rumah tangganya, penuh dengan derita. Barangsiapa yang tidak mengamalkan Alquran dan hadits Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam
rumah tangga dan keluarganya maka rumah
tangganya penuh dengan air mata. Masalah rumah tangga sekarang, 'suami tidak menjalankan kewajibannya dan melupakan hak istri' atau sebaliknya 'istri yang tidak menjalankan kewajibannya dan memberikan hak suami'.
.
Yang belum menikah semoga ini dapat menjadi pelajaran. Berilmu sebelum menikah🌹
Yang sudah menikah,pasti pahaaam banget.
Ya kaaan??
.
Salam ukhuwah fillah,
Saudarimu*bundaniralilla*

"Emboh" versi kalian apa?

Bismillah...
.
Sambil menasihati diri, saya kutip dari ustadz Raehanul Bahraen. Artikel lengkapnya bisa dibaca di muslimafiyah.com :
Perhatikan perkataan Abu Hurairah, “Salah seorang dari kalian dapat melihat kotoran kecil di mata saudaranya tetapi dia lupa akan kayu besar yang ada di matanya.” (Adabul Mufrad no. 592, shahih)
Jika semua orang salah di mata 
Berarti ada yang perlu diperbaiki pada hati
Karena sifat ini membuatnya 
Tidak akan punya teman dan
Tidak akan merasakan nikmatnya persahabatan.
.
Salam ukhuwah,
Bundaniralilla

Bismillah...
.
Semoga para suami membaca ini.
.
Buat ummahat, siapin tisu ya.
.
.
<---- geser ke kiri untuk membaca
.
***Saya mendapat postingan ini dari akun ig ruben onsu

Bismillah...
.
Mari ummahat, senantiasa mohon dengan sungguh-sungguh, bukan hanya lisan namun juga dari hati.
"Ya Allah...tunjukkan kepadaku jalan yang lurus"
Dengan bekal paham tauhid yang benar,kita dapat menunjukkan/mengajarkan kepada buah hati tauhid yg benar pula,atas izin Allah.
.
Salam ukhuwah fillah,
Ibu yg masih terus belajar,
Bundaniralilla💛

Most Popular Instagram Hashtags