astinh27 astinh27

102 posts   630 followers   920 followings

Asti Nurhayati Nurjaman  Aya NH ๐Ÿ‘ฃ InsyaAllah~ โœ Penulis Novel 'Our Destiny' (TeenLit, GPU 2016) ๐Ÿ’ฆ Pluviophile ๐Ÿ“š Bibliophile ๐ŸŽ“ Penekun Ekonomi Syariah

Regrann from @biblioforum - .
๐Ÿ“š Tadarus Cerpen:
Sepotong Senja untuk Pacarku ๐Ÿ“–
.
Sejak dikeluarkannya Trilogi Senja dengan tokoh Sukab dan Alina, rasanya diksi "Senja" memang benar-benar telah direbut oleh Seno Gumira Ajidarma. Lelaki yang menjadi langganan cerpenis Kompas setiap tahunnya itu memang sangat apik dalam mengemas setiap ceritanya. Tak heran sebagian orang menobatkan beliau sebagai salah satu cerpenis yang kini dimiliki Indonesia.
.
Namun, seberapa bagus sih cerpen "Sepotong Senja untuk Pacarku" yang ditulis Seno pada awal tahun 90an tersebut?
.
Yuk kita sama-sama tadarus cerpen ini dalam kegiatan #BiblioCorner perdana edisi daring yang digagas oleh @biblioforum! \(^o^)/
.
Bersama: Asti Nurhayati @astinh27 (Pegiat Literasi Kab. Garut)
.
๐Ÿ“… Selasa, 5 Juni 2018
โฐ 21.00 s.d. 22.00 WIB
๐Ÿ  Grup Whats App Khusus
.
Acara ini GRATIS dan Terbuka untuk UMUM, lho! Yuk segera daftarkan dirimu dengan ketik: BC_Nama_Asal/Instansi, kirim ke: 0838-2880-771
.
Sebarkan dan ajak teman-temanmu yaa. Sampai bertemu besok ;)
.
Info lanjut bisa menghubungi: @biblioforum
.
#biblioforum #komunitas #literasi #sastra #cerpen #sga #senogumiraajidarm #sepotongsenjauntukpacarku #ceritapendek #cerpenkompas #tadaruscerpen #penulis #pembaca #reader #bibliophile #writer #author #writivation #giph - #regrann

Regrann from @flpgarut.id - ๐Ÿ“๐Ÿ“– Ngabuburead FLP Garut ๐Ÿ“–๐Ÿ“
.
Bedah Novel "Our Destiny" .
.
Teenlit selalu menjadi bacaan yang sangat direkomendasikan bagi sesiapa saja yang tak ingin mengerutkan kening terlalu dalam saat membaca. Ringan, namun tetap menyuguhkan berbagai cerita yang tak kalah menarik dengan jenis novel lainnya. Teenlit selalu hadir dengan keunikan tersendiri yang membuat eksistensinya tetap diperhitungkan di antara sekian banyak ragam fiksi yang ada.
.
.
Lalu, apakah proses kreatif penulisan Teenlit seringan cerita yang sampai pada pembaca?
.
Bersama Aya NH, FLP Garut akan berbincang banyak seputar dunia Teenlit. Melalui bedah novel Our Destiny, kita akan mengetahui behind the scene kisah hidup Afra, Radit, dan Ihsan.
.
Ah, adakah yang kangen dengan tiga tokoh ini?
Atau adakah yang belum mengenal mereka?
Menepi saja bersama kami hari ini!

Catet waktunya,
๐Ÿ—“ Kamis, 24 Mei 2018
๐Ÿ  Dispusip Kab.Garut
โฐ Pukul 13.00 s.d. selesai

Sampai bertemu Siang nanti ya :)
.
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
WA: 0895-3552-05150
IG: @flpgarut.id
.
#flpgarut #flpjabar #forumlingkarpena #komunitas #sastra #literasi #santun #flp #garut #jawabarat #penulis #jurnal #jurnalistik #perpusnas #perpusgarut #perpusseru #artikelopini #gagasanopini #artikel #jurnalis #writer #author #blogger #bandung #writivation #tintabiru #bukugpu #teenlit #teenlitgpu #gramediapustakautama

- BISA DAN BIASA -
. .
.
"Ini mimpi bukan ya? Ini mimpi nggak?" Ujar Bu Popi begitu selesai membaca beberapa ayat di dalam Al-Quran. Saking takjubnya, ia bahkan mencubit pelan lengannya sendiri.
.
.
Ada haru yang seketika menyeruak.
Pun, aku merasakan ada keresahan yang perlahan meluruh di setiap benak.
Tersebab, salah satu keresahan yang sangat meresahkan ialah keresahan yang dirasakan oleh mereka yang belum bisa menikmati indahnya membaca Al-Quran.
Adapun setelah fase itu berhasil dilewati, semoga sisa keresahan akan ditentramkan oleh lantunan ayat suci yang senantiasa dilanggengkan.
Ya, bukan sekadar bisa membaca Al-Quran, namun juga menjadi biasa berinteraksi bersamanya. .
.
Ah, aku yakin bahwa tidak ada yang kebetulan di dunia ini.
Dan semoga, Senin&Rabu kita selama beberapa pekan ke belakang adalah momen rancangan Allah yang bisa menjadi salah satu wasilah kita menuju surga-Nya.
Tersebab kita tak pernah tau, amal mana yang akan mengantarkan kita menuju ke sana. .
.

ุฎูŠุฑูƒู… ู…ู† ุชุนู„ู… ุงู„ู‚ุฑุงู† ูˆุนู„ู…ู‡
"Sebaik-baik kamu adalah orang yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya." (HR. Bukhari) .
.
Pun, semoga kita bisa senantiasa menjadi mereka yang dibicarakan dalam hadits tersebut.
Insyaa Allah, mudah-mudahan Allah bantu agar kita senantiasa bisa dan biasa bersama dengan Al-Quran. .
.
@30hariberbagi
#ABi
#AkuBisaNgaji
#BisadanBiasaNgaji
#30HariBerbagi
#30HBK
#30HBK01
#RamadhanMenulis
#AyaNH

Regrann from @flpgarut.id - Dunia cerita memang seakan tidak berujung untuk terus diselami.
Setelah membuka Tinta Biru dengan membincangkan seluk-beluk prosa mulai dari segi historis hingga menukil sisi teoritis, pekan kedua lalu dijadikan sebagai ajang untuk menghidupkan semangat menulis karya bersama dalam wujud cerita.
.
.
Agar menjadi kian lengkap, temu ke-tiga Tinta Biru akan mengajak para peserta untuk menyaksikan menyenangkannya membedah sebuah karya. Bersama penulisnya langsung, pula!
Ialah Kang Husu yang akan menggembirakan temu ke-tiga nanti dengan membawa The Special Boy-nya. Buku ke-empat yang sekaligus novel debut dengan nama HuSu dari Ketua FLP Jawa Barat ini akan dibincangkan di Tinta Biru nanti.
.
.
Jangan lewatkan momen ini.
Jadi, yuk!
Kapan lagi, lho, bisa menyimak kisah humanis dan romantis Aubin dari penulisnya langsung? - #regrann

Regrann from @flpgarut.id -
Akhirnya, hari yang ditunggu-tunggu tiba!
Temu perdana Tinta Biru akan segera dimulai. Siang nanti, ya! Di Dispusip Daerah Garut!
Masih ada yang belum sempat mendaftarkah untuk bergabung bersama Tinta Biru?
Datang langsung aja yuk nanti siang dan mendaftar di sana.
Ninta Biru, yuk! ๐Ÿ™Œ - #regrann

Regrann from @flpgarut.id - Hallo, Teman-Teman! ๐Ÿ˜Š
.
Forum Lingkar Pena (FLP) Garut menyelenggarakan Tinta Biru, lho!
Seperti yang sudah Teman-Teman ketahui, FLP telah mewadahi ribuan orang di seluruh Indonesia untuk bersama-sama saling mengasah diri menjadi penulis.
Dan sekarang, melalui perhelatan Tinta Biru ini, giliran FLP Garut yang akan menyemarakkan napas literasi di Kota Intan ini.
Nah, untuk Teman-Teman yang ingin hobi membaca tapi tak kunjung terbiasa, atau bahkan ingin menjadi penulis tapi masih berpikir menulis itu susah, yuk, jadi bagian dari geliat FLP Garut di Tinta Biru ini!
Akan ada banyak pengalaman, cerita, hingga tips & trik yang akan Teman-Teman dapatkan selama tiga bulan membersamai Tinta Biru nanti.
.
Maka dari itu, yukk isi formulirnya di
๐Ÿ‘‰ https://goo.gl/forms/WJS37ob4UGQPXk8z2 ;
Persyaratan pembayaran transfer ke
๐Ÿ‘‰ rekening BRI Syariah 1026464807 a.n. Asti Nurhayati Nurjaman ;
Dan untuk persyaratan karya, kirimkan karya terbaik Teman-Teman ke
๐Ÿ‘‰ pos-el: flpgarut.id@yahoo.com

Satu lagi yang harus digarisbawahi:
Tinta Biru dibuka terbatas hanya untuk 30 orang peserta, lho, Teman-Teman! ๐Ÿ™Œ

Yuk, menjadi bagian dari geliat FLP Garut dalam semarak Tinta Biru! Bersama-sama membedah korelasi antara dakwah, menulis, dan peradaban selama tiga bulan ke depan.
Informasi lebih lanjut, sila layangkan ke narahubung:
๐Ÿ‘‰ Widy: 0895-3552-05150 - #regrann

@Regranned from @flpgarut.id -
Jadi bagian dari geliat FLP Garut, yuk!
FLP Garut? Hadir, dong!
FLP Garut? Ada, kok!
FLP Garut? Kami-Kami!
Nah,
FLP Garut tengah begitu gencarnya menyemarakkan atmosfer literasi di Kota Intan ini, lho. Adalah 'Dakwah, Menulis, dan Peradaban' yang menjadi jargon utama yang kami gaungkan di sini.

Penasaran tentang kami? Atau tertarik untuk menemukan korelasi yang jelas antara dakwah, menulis, dan peradaban?
Yuk, jadi bagian dari geliat FLP Garut!
Nantikan informasi berikutnya dari si Tinta Biru, ya!

Informasi:
0895-3131-7000 (SMS/WA)
instagram.com/flpgarut.id (IG)

#flpgarut #flpjabar #flpoke #forumlingkarpena #oprecflp #tintabiru #openrecruitment
#Menulis #membaca #literasi #budayaliterasi #lingkarpena - #regrann

--- Punggung yang Berjalan Menjauh
.
.
โ€œEntah kenapa, Pak, punggung yang berjalan semakin menjauh selalu terlihat begitu melankolis di mataku akhir-akhir ini.โ€ Setelah memastikan tali sepatuku tersimpul rapi, aku berjalan menghampiri Bapak yang tengah mengenakan helmnya.
,
,
โ€œPunggung menjauh seperti ini maksudnya?โ€
,
,
Aku melihat Bapak yang berbalik telah berjarak beberapa langkah di hadapanku. Refleks aku menutup mata dan dengan gemas berujar, โ€œMalah dipraktekkin ih, Bapakk.โ€
,
,
โ€œLho, kita memang mau berangkat, kan?โ€ Bapak menengok padaku dengan kernyitan bingungnya. Dagu Bapak lalu menunjuk sepeda motor yang terparkir di pekarangan seraya bergurau, โ€œNggak mungkin kan kalau Bapak harus berjalan mundur?โ€
,
,
Masih dengan posisi tangan menutup mata, aku memberenggut begitu menangkap senyum jail di sudut bibir Bapak.
Beberapa detik kemudian aku telah ambil posisi di balik punggung Bapak. Bersiap untuk berangkat ke sekolah.
,
,
โ€œKalau kamu masih begitu, berarti nanti-nanti Bapak kalau mau pergi harus diam-diam, dong? Biar nggak ada punggung yang berjalan semakin menjauh โ€“seperti katamu itu.โ€
.
.
๐Ÿ‚
Mataku sama basahnya dengan bunga segar yang meruah di atas gunungan kecil tanah yang masih merah.

Setangkai tubuh ini memaku kuat menandingi nisan putih yang tertancap mantap bersama satu nama yang terukir di sana.

Tak ada dedaunan yang berembus lembut.

Hanya tangkai-tangkai pohon yang mengayun kaku dan rikuh tersebab sang angin yang telah lebih cepat beranjak sebelum salam perpisahan sempat dieja sedikit pun.

Barang satu embus pun, tak tertanggal sama sekali.

Bahkan meski sekadar punggung angin yang berjalan kian menjauh sekali pun, tak terlihat sama sekali.
.
.
#28
#CeritaFebruari #RandomWriting #DailyWriting #Menulis #FlashStory #FlashFiction #AyaNH
.
.
Pict by google.

--- Masih Perihal Bapak, dan Perpindahan
.
.
Perpindahan adalah bagian dari hidup yang tak mungkin dielakkan.
.
Hari yang merangkak menjadi pekan lalu berjalan menuju bulan dan terus berlari hingga tak terasa telah genap tahun-tahun berselang.
Semuanya berubah.
Segalanya berpindah.
.
Perpindahan peran adalah salah satu misal;
dulu orangtua yang 'menjaga' kita, sampai kemudian si waktu memutarbalikkan posisi dengan menyandangkan 'kalimat aktif' itu pada pundak setiap anak.
.
"Sekarang kamu yang 'menjaga' orangtuamu, ya."
.
.
Namun aku didamparkan oleh putaran waktu pada satu titik yang -dulu kurasa, terlampau gegas untuk kutelan bulat-bulat sebagai segumpal nyata.
.
Ialah realita yang tak memberi kesempatan untuk menjadi lakon dalam 'kalimat aktif' itu;
bersama Bapak.
.
.
#27
#CeritaJanuari #30HariBercerita #RandomWriting #DailyWriting #Menulis #FlashStory #Prosa #AyaNH
.
.
Pict by google.

--- Bapak Tanpa Tapi
.
.
Bapak, salah satu bilah terpenting dalam hidup yang dikatakan Rasulullah saw. setelah penyebutan 'ibu' yang diulang sebanyak tiga kali.
Ibu, ibu, ibu, baru bapak.
.
Repetisi yang menomorempatkan bapak bukan berarti kita bisa seenaknya menomorsekiankan sosok #bapak dalam keseharian.
Tidak sama sekali.
Dan jangan pernah walau sesekali.
Sama sekali jangan.
.
Meski tidak semua, namun kebanyakan figur bapak memang identik dengan 'keheningannya'.
Cinta bapak kerap tak terlihat, iya.
Namun tiada yang tahu kalau perasaan luar biasa untuk kita -anaknya, bersemayam dengan begitu khidmatnya di selubuk hati di sana.
.
Pun, kita yang lebih nyaman dibersamai keekspresifan #ibu, kerap abai untuk membaca banyak hal yang tersembunyi di balik defensifnya sang bapak.
Padahal, bisa saja kita sering melewatkan momen tatkala dengan mudahnya ibu mengurai air mata untuk kita, di detik yang sama, dengan wajah datar bapak akan berbalik dan menunduk.
Mencari pojok yang tak terjangkau siapa pun.
Dan ketika itulah, getaran punggung yang dengan susah payah bapak tahan akan bertransformasi menjadi guncangan.
Bapak terisak.
Tanpa terpapar pandangan siapa pun.
Terlebih kita -anaknya.
.
.
Ah, bagaimana pun cara bapak menampilkan diri di hadapan kita, tegaskan pada hati ini bahwa;
telapak kaki lelaki paruh baya itu juga memiliki surga,
-pada setiap langkah yang ia ambil untuk terus menyambung nafas dan menumbuhkan kita,
ada surga. (#AzharNurunAla)
.
.
#26
#CeritaJanuari #30HariBercerita #RandomWriting #DailyWriting #Menulis #FlashStory #AyaNH
.
.
Pict by google.

--- Chuchux [3/3]: Koala Kumal
.
.
Manusia adalah kumpulan dari kenangan-kenangan yang tertata rapi. (#DhamalaShobita)
.
Begitu juga, kami pergi ke Chuchux membawa kantong kenangan masing-masing. Mungkin lengkap dengan harapan agar setidaknya mendapati sedikit saja hal serupa di sana.
Tapi tidak. Di saat yang bersamaan, selain speechless karena senang, kami sekaligus tak punya cukup banyak kata karena merasa menjadi 'koala kumal'.
.
.
Diceritakan oleh #RadityaDika bahwa ada seekor koala yang kembali ke hutan tempat ia tinggal setelah bermigrasi sekian lamanya. Namun si koala kebingungan karena mendapati tempat tinggalnya tak seperti dulu. Ia lalu hanya bisa diam. Memandangi sesuatu yang dulu sangat diakrabinya telah berubah hingga ia tak mampu mengenalinya.
.
.
Keliru, sih, sebenarnya, kalau mengharapkan sesuatu akan terus sama. Selain karena perubahan adalah sebuah keniscayaan, tentu saja ada banyak hal yang dilaluinya sepeninggal kita, yang lambat laun menjadi penyebab berubahnya sesuatu pula. Pun sebaliknya.
Contoh kecilnya adalah patah hati.
Masih kata Bang Radit, bahwa setiap orang pasti akan mengalami 'patah hati' yang mengubah cara pandangnya terhadap 'cinta' seumur hidupnya.
Di sini, aku ingin memperluas makna dari patah hati dan cinta yang tidak melulu seperti yang jadi perbincangan.
Dan terkhusus untuk Chuchux, ia berubah karena dibuat 'patah hati' oleh zaman yang seakan tak lagi menengok dirinya, kecewa pada para bibliofil yang pernah begitu setia mengunjunginya, hingga saat kian menyusut dan sepi, berubahlah ia dalam segala.
Lha, koq baper, sii ๐Ÿ˜‚ wkwk
.
.
Kalau sudah berubah, ya mau gimana? Yang harus dilakukan adalah membiasakan diri dengan perubahan yang ada. Jika biasanya buku di sana bisa kita sewa, sekarang wayahna kalau mau baca harus beli ๐Ÿ™Š *bukan promosi (lagi) .
.

#25
#CeritaJanuari #30HariBercerita #RandomWriting #DailyWriting #Menulis #FlashStory #AyaNH

Pict by google.

--- Chuchux [2/3]: TeenLit Pertama
.
.
Aku berseru girang begitu mendapati #buku ini di deretan novel-novel lama. Pasalnya, ini adalah #teenlit pertama yang aku bacaaa ๐Ÿ˜† dalam rangka mengerjakan tugas resensi #novel waktu kelas tujuh duluu.
Bisa disebut juga, novel berjudul 'Rahasia' ini adalah yang mengantarkanku menuju dunia per-teenlit-an. Sampai kemudian aku berkenalan dengan (karya) #EstiKinasih #KenTerate #LunaTorashyngu, #StefhanieZen, hingga mulai bergeser pada #metropop gegara tetralogi empat musimnya #IlanaTan.
.
.
Tapi-tapi, di antara berbagai jenis buku (novel) yang aku baca, terkhusus dalam rentang waktu SMP sampai SMA, teenlit sepertinya bukan sekadar mendominasi bacaan, namun sekaligus juga yang memberi porsi cukup banyak dalam mewarnai tulisanku. Buktinyaaa, yaa tengok aja #novelOurDestiny ๐Ÿ™ˆ
.
.
Dipertemukan kembali dengan teenlit, lagi-lagi aku seakan diingatkan pada saran dari Pak Irfan sewaktu di persidangan penulis tempo hari.
Hihii kalau kata @agi_eka, sih, kayak mestakung gitu ๐Ÿ™ˆ
.
.
#24
#CeritaJanuari #30HariBercerita #RandomWriting #DailyWriting #Menulis #FlashStory #FiksiGPU #ValleriaVerawati #AyaNH
.
.
All ๐Ÿ“ท by Teh Widy Manis (@nurwidya96)

Most Popular Instagram Hashtags