[PR] Gain and Get More Likes and Followers on Instagram.

astinh27 astinh27

101 posts   577 followers   832 followings

Asti Nurhayati Nurjaman  Aya NH 👣 InsyaAllah~ ✏ Penulis Novel 'Our Destiny' (TeenLit, GPU 2016) 💦 Pluviophile 📚 Bibliophile 🎓 Penekun Ekonomi Syariah

http://astinurhayati27.blogspot.com/

@Regranned from @flpgarut.id -
Jadi bagian dari geliat FLP Garut, yuk!
FLP Garut? Hadir, dong!
FLP Garut? Ada, kok!
FLP Garut? Kami-Kami!
Nah,
FLP Garut tengah begitu gencarnya menyemarakkan atmosfer literasi di Kota Intan ini, lho. Adalah 'Dakwah, Menulis, dan Peradaban' yang menjadi jargon utama yang kami gaungkan di sini.

Penasaran tentang kami? Atau tertarik untuk menemukan korelasi yang jelas antara dakwah, menulis, dan peradaban?
Yuk, jadi bagian dari geliat FLP Garut!
Nantikan informasi berikutnya dari si Tinta Biru, ya!

Informasi:
0895-3131-7000 (SMS/WA)
instagram.com/flpgarut.id (IG)

#flpgarut #flpjabar #flpoke #forumlingkarpena #oprecflp #tintabiru #openrecruitment
#Menulis #membaca #literasi #budayaliterasi #lingkarpena - #regrann

--- Punggung yang Berjalan Menjauh
.
.
“Entah kenapa, Pak, punggung yang berjalan semakin menjauh selalu terlihat begitu melankolis di mataku akhir-akhir ini.” Setelah memastikan tali sepatuku tersimpul rapi, aku berjalan menghampiri Bapak yang tengah mengenakan helmnya.
,
,
“Punggung menjauh seperti ini maksudnya?”
,
,
Aku melihat Bapak yang berbalik telah berjarak beberapa langkah di hadapanku. Refleks aku menutup mata dan dengan gemas berujar, “Malah dipraktekkin ih, Bapakk.”
,
,
“Lho, kita memang mau berangkat, kan?” Bapak menengok padaku dengan kernyitan bingungnya. Dagu Bapak lalu menunjuk sepeda motor yang terparkir di pekarangan seraya bergurau, “Nggak mungkin kan kalau Bapak harus berjalan mundur?”
,
,
Masih dengan posisi tangan menutup mata, aku memberenggut begitu menangkap senyum jail di sudut bibir Bapak.
Beberapa detik kemudian aku telah ambil posisi di balik punggung Bapak. Bersiap untuk berangkat ke sekolah.
,
,
“Kalau kamu masih begitu, berarti nanti-nanti Bapak kalau mau pergi harus diam-diam, dong? Biar nggak ada punggung yang berjalan semakin menjauh –seperti katamu itu.”
.
.
🍂
Mataku sama basahnya dengan bunga segar yang meruah di atas gunungan kecil tanah yang masih merah.

Setangkai tubuh ini memaku kuat menandingi nisan putih yang tertancap mantap bersama satu nama yang terukir di sana.

Tak ada dedaunan yang berembus lembut.

Hanya tangkai-tangkai pohon yang mengayun kaku dan rikuh tersebab sang angin yang telah lebih cepat beranjak sebelum salam perpisahan sempat dieja sedikit pun.

Barang satu embus pun, tak tertanggal sama sekali.

Bahkan meski sekadar punggung angin yang berjalan kian menjauh sekali pun, tak terlihat sama sekali.
.
.
#28
#CeritaFebruari #RandomWriting #DailyWriting #Menulis #FlashStory #FlashFiction #AyaNH
.
.
Pict by google.

--- Masih Perihal Bapak, dan Perpindahan
.
.
Perpindahan adalah bagian dari hidup yang tak mungkin dielakkan.
.
Hari yang merangkak menjadi pekan lalu berjalan menuju bulan dan terus berlari hingga tak terasa telah genap tahun-tahun berselang.
Semuanya berubah.
Segalanya berpindah.
.
Perpindahan peran adalah salah satu misal;
dulu orangtua yang 'menjaga' kita, sampai kemudian si waktu memutarbalikkan posisi dengan menyandangkan 'kalimat aktif' itu pada pundak setiap anak.
.
"Sekarang kamu yang 'menjaga' orangtuamu, ya."
.
.
Namun aku didamparkan oleh putaran waktu pada satu titik yang -dulu kurasa, terlampau gegas untuk kutelan bulat-bulat sebagai segumpal nyata.
.
Ialah realita yang tak memberi kesempatan untuk menjadi lakon dalam 'kalimat aktif' itu;
bersama Bapak.
.
.
#27
#CeritaJanuari #30HariBercerita #RandomWriting #DailyWriting #Menulis #FlashStory #Prosa #AyaNH
.
.
Pict by google.

--- Bapak Tanpa Tapi
.
.
Bapak, salah satu bilah terpenting dalam hidup yang dikatakan Rasulullah saw. setelah penyebutan 'ibu' yang diulang sebanyak tiga kali.
Ibu, ibu, ibu, baru bapak.
.
Repetisi yang menomorempatkan bapak bukan berarti kita bisa seenaknya menomorsekiankan sosok #bapak dalam keseharian.
Tidak sama sekali.
Dan jangan pernah walau sesekali.
Sama sekali jangan.
.
Meski tidak semua, namun kebanyakan figur bapak memang identik dengan 'keheningannya'.
Cinta bapak kerap tak terlihat, iya.
Namun tiada yang tahu kalau perasaan luar biasa untuk kita -anaknya, bersemayam dengan begitu khidmatnya di selubuk hati di sana.
.
Pun, kita yang lebih nyaman dibersamai keekspresifan #ibu, kerap abai untuk membaca banyak hal yang tersembunyi di balik defensifnya sang bapak.
Padahal, bisa saja kita sering melewatkan momen tatkala dengan mudahnya ibu mengurai air mata untuk kita, di detik yang sama, dengan wajah datar bapak akan berbalik dan menunduk.
Mencari pojok yang tak terjangkau siapa pun.
Dan ketika itulah, getaran punggung yang dengan susah payah bapak tahan akan bertransformasi menjadi guncangan.
Bapak terisak.
Tanpa terpapar pandangan siapa pun.
Terlebih kita -anaknya.
.
.
Ah, bagaimana pun cara bapak menampilkan diri di hadapan kita, tegaskan pada hati ini bahwa;
telapak kaki lelaki paruh baya itu juga memiliki surga,
-pada setiap langkah yang ia ambil untuk terus menyambung nafas dan menumbuhkan kita,
ada surga. (#AzharNurunAla)
.
.
#26
#CeritaJanuari #30HariBercerita #RandomWriting #DailyWriting #Menulis #FlashStory #AyaNH
.
.
Pict by google.

--- Chuchux [3/3]: Koala Kumal
.
.
Manusia adalah kumpulan dari kenangan-kenangan yang tertata rapi. (#DhamalaShobita)
.
Begitu juga, kami pergi ke Chuchux membawa kantong kenangan masing-masing. Mungkin lengkap dengan harapan agar setidaknya mendapati sedikit saja hal serupa di sana.
Tapi tidak. Di saat yang bersamaan, selain speechless karena senang, kami sekaligus tak punya cukup banyak kata karena merasa menjadi 'koala kumal'.
.
.
Diceritakan oleh #RadityaDika bahwa ada seekor koala yang kembali ke hutan tempat ia tinggal setelah bermigrasi sekian lamanya. Namun si koala kebingungan karena mendapati tempat tinggalnya tak seperti dulu. Ia lalu hanya bisa diam. Memandangi sesuatu yang dulu sangat diakrabinya telah berubah hingga ia tak mampu mengenalinya.
.
.
Keliru, sih, sebenarnya, kalau mengharapkan sesuatu akan terus sama. Selain karena perubahan adalah sebuah keniscayaan, tentu saja ada banyak hal yang dilaluinya sepeninggal kita, yang lambat laun menjadi penyebab berubahnya sesuatu pula. Pun sebaliknya.
Contoh kecilnya adalah patah hati.
Masih kata Bang Radit, bahwa setiap orang pasti akan mengalami 'patah hati' yang mengubah cara pandangnya terhadap 'cinta' seumur hidupnya.
Di sini, aku ingin memperluas makna dari patah hati dan cinta yang tidak melulu seperti yang jadi perbincangan.
Dan terkhusus untuk Chuchux, ia berubah karena dibuat 'patah hati' oleh zaman yang seakan tak lagi menengok dirinya, kecewa pada para bibliofil yang pernah begitu setia mengunjunginya, hingga saat kian menyusut dan sepi, berubahlah ia dalam segala.
Lha, koq baper, sii 😂 wkwk
.
.
Kalau sudah berubah, ya mau gimana? Yang harus dilakukan adalah membiasakan diri dengan perubahan yang ada. Jika biasanya buku di sana bisa kita sewa, sekarang wayahna kalau mau baca harus beli 🙊 *bukan promosi (lagi) .
.

#25
#CeritaJanuari #30HariBercerita #RandomWriting #DailyWriting #Menulis #FlashStory #AyaNH

Pict by google.

--- Chuchux [2/3]: TeenLit Pertama
.
.
Aku berseru girang begitu mendapati #buku ini di deretan novel-novel lama. Pasalnya, ini adalah #teenlit pertama yang aku bacaaa 😆 dalam rangka mengerjakan tugas resensi #novel waktu kelas tujuh duluu.
Bisa disebut juga, novel berjudul 'Rahasia' ini adalah yang mengantarkanku menuju dunia per-teenlit-an. Sampai kemudian aku berkenalan dengan (karya) #EstiKinasih #KenTerate #LunaTorashyngu, #StefhanieZen, hingga mulai bergeser pada #metropop gegara tetralogi empat musimnya #IlanaTan.
.
.
Tapi-tapi, di antara berbagai jenis buku (novel) yang aku baca, terkhusus dalam rentang waktu SMP sampai SMA, teenlit sepertinya bukan sekadar mendominasi bacaan, namun sekaligus juga yang memberi porsi cukup banyak dalam mewarnai tulisanku. Buktinyaaa, yaa tengok aja #novelOurDestiny 🙈
.
.
Dipertemukan kembali dengan teenlit, lagi-lagi aku seakan diingatkan pada saran dari Pak Irfan sewaktu di persidangan penulis tempo hari.
Hihii kalau kata @agi_eka, sih, kayak mestakung gitu 🙈
.
.
#24
#CeritaJanuari #30HariBercerita #RandomWriting #DailyWriting #Menulis #FlashStory #FiksiGPU #ValleriaVerawati #AyaNH
.
.
All 📷 by Teh Widy Manis (@nurwidya96)

--- Chuchux [1/3]: Sejenak Bernostalgia
.
.
Bayangkan saat tetiba bertemu dengan teman dekattt yang sudah lama tak bersua, apa yang kira-kira dirasakan?
Bahagia bukan main! 😆
Begitu pula ketika tanpa rencana, aku dan @nurwidya96 mengunjungi lokasi Chuchux kemarin sore.
.
.
Fyi, Chuchux adalah salah satu tempat rental #buku yang cukup berjaya selama beberapa dekade di #Garut. Hanya saja, beberapa tahun ini dia memang sepi pengunjung hingga akhirnya berhenti beroperasi secara total.
.
.
Beberapa langkah dari mulut gang, kami mendapati plang bertuliskan Chuchux tergolek sepi(?) di sana. Hilangnya si dia di tepi jalanlah yang menjadi awal timbulnya pertanyaan tentang keberadaan Chuchux ini.
Begitu menjejak di dalam, kami mendapati banyak perubahan di sana;
Jika biasanya wangi kertas yang khas sudah tercium walau baru menginjak teras saja, kini harum bakso yang dijual si ibu telah menggantikannya.
Dulu, buku-buku berderet rapi di setiap raknya, sekarang mereka berbaris miring bahkan banyak pula yang ditumpuk begitu saja.
.
.
Satu yang nggak berubah:
Kami masih dan tetap merasa sangat betah di ruang penuh buku itu 😆
.
.
Satu lagi kabar yang tak kalah menggembirakan,
adalah pintu Chuchux yang masih terbuka lebar untuk siapa pun berkunjung ke sana. Karena-karenaa, semua koleksi buku di sana dijual dengan harga miring setiap eksemplarnya, lho! 😆
.
.
Yuk, belanja buku murah ke Chuchux! 🙊 *bukan promosi 🙈
.
.
#23
#CeritaJanuari #30HariBercerita #RandomWriting #DailyWriting #Menulis #FlashStory #AyaNH

--- Lilin Cerita
.
.
Beda halnya dengan yang lain, satu rumah di ujung jalan itu malah sumringah ceria jika sesekali terjadi pemadaman listrik di malam hari.
Gelap yang identik dengan suasana mencekam, disulap menjadi gulita yang penuh #cerita oleh mereka.
Sebab keluarga kecil di naungan rumah sederhana itu akan segera melingkar dan mulai melempar cerita saat gelap datang.
Selarik cahaya menari dengan gemulai di tengah-tengah mereka. Adalah lilin cerita mereka menamainya.
.
.
Sepenggal cerita itu aku peroleh dari salah satu seri #buku parentingnya ibu Ida S. Widayanti.
Beliau bahkan mengatakan bahwa itu merupakan kisah nyata. Yang jika focal point-nya dikaitkan dengan konteks #parenting , merupakan salah satu strategi untuk menanamkan perspektif yang lebih positif dan menyenangkan pada anak.
.
.
Dalam hal ini adalah gelap.
Perihal yang sangat identik dengan suasana menakutkan, dikonversi menjadi momen yang menyenangkan dan bahkan dinantikan karena ada keseruan di sana.
Tak ada gelap yang menakutkan. Tersebab telah semenjak awal si anak tidak diberi pendefinisian yang tertuju ke arah sana.
.
.
Yang ada adalah,
gelap yang bahagia,
gulita yang bercerita.
.
.
#22
#CeritaJanuari #30HariBercerita #RandomWriting #DailyWriting #Menulis #FlashStory #AyaNH
.
.
Pict by google.

--- Serba-Serbi Si Sulung
.
.
Beberapa bulan ke belakang, aku sempat sangat gregettt ingin mencoba menggarap #tulisan #nonfiksi dengan serius. Lalu dalam jiwa coba-cobaku(?) terlintas begitu saja sewujud #buku yang isinya berbicara perihal warna-warni menjadi anak sulung.
Aku bahkan sudah pegang judul fiksnya:
'Namaku, Sulung!' (Baru judulnya ajaaa 😂)
.
.
Untuk memulai, aku melempar pertanyaan ke beberapa teman. Adalah:
.
.
'Apa yang refleks terlintas begitu mendengar kata 'sulung'?
.
.
Jawabannya beragam :
Beberapa yang sungguh-sungguh menjabat posisi sulungnya berkata; sulung identik dengan tanggung jawab, harapan keluarga, hingga suatu acuan 😁
Sementara yang 'berbau kepaksa(?)' menjalani kesulungannya memberi jawaban; sulung adalah anak yang paling ter-be-ba-ni.
Dan ini nii yang paling membingungkan, ada yang dengan asalnya menimpali bahwa si sulung biasanya mempunyai jiwa kepemimpinan yang tinggi -alias, bisa seenaknya nyuruh-nyuruh si adik. Lhaa, itu sulung yang jadi leader atau pada dasarnya emang bossy? 😂
.
.
Aku juga membuka KBBI dan Tesaurus untuk mengumpulkan redaksi lain yang berkelindan dengan si sulung. Bahkan saking semangatnya, aku download beberapa jurnal, dan pun merapikan beberapa koleksi buku #parenting yang ada.
.
.
End, voila!~
Dari hasil ubek-ubek itu aku berhasil menyusun outline.
Tapi-tapi-tapi, sampai saat ini mereka masih saja aku biarkan membisu. Sebab, aku tiba-tiba dihadapkan pada kebingungan dalam perihal penyajiannya. Apakah aku akan mengeksekusinya seperti personal literatur pada umumnya, atau tipe nonfiksi yang dikonstruk oleh kumpulan tulisan pendek bertemakan sulung? Entah.
.
.
Aku masih bingung. Dan memang belum berniat memecahkan kebingungan itu.
Lagipula, sekarang aku juga sedang menggarap tulisan nonfiksi, lhooo.
Guess what? Wkwkwk
.
.
#21
#CeritaJanuari #30HariBercerita #RandomWriting #DailyWriting #Menulis #FlashStory #AyaNH
.
.
Pict by google.

--- Asyiknya Mengestafetkan Naskah!
.
.
Bagian favorit dari #projek ini adalah saat pergantian jadwal! 😆
Selalu adaaa saja hal mengejutkan pada chapter yang ditulis oleh setiap pengisi giliran. Kemudian aku akan sangat penasaran dan tidak sabar menunggu penulis berikutnya menuntaskan jadwal selama lima hari ke depan.
Begituuu seterusnya.
.
.
Fyi, ini adalah #projekmenulis #FLPGarut yang ditargetkan harus selesai menjadi satu naskah #novel yang utuh. 'Keroyokan' kalau kata Teh Rini mah 🙈
.
.
Ada sekitar lima belas orang yang ikut serta, dengan penjadwalan lima hari per orangnya.
Projek ini kami mulai dengan berbekal pada outline yang mutlak harus dipatuhi.
Sementara perihal eksplorasi berbagai detail dalam #cerita, semua diberi kebebasan untuk menuangkan isi kepala masing-masing. Dan di sini, nii, letak keasyikannya! Cara eksplorasi yang beragam selalu mendatangkan kejutan 😆
.
.
Selain sedikit-banyak mengenali karakter #tulisan setiap dari kami yang beragam, melalui projek ini kami juga berlatih menyeimbangkan frekuensi satu sama lain. Untuk keperluan meneruskan #naskah, tentunya. Hitung-hitung belajar menggarap karya secara teamwork, lha 😁
.
.
End,
jelas, yang menjadi harapanku adalah naskah ini akan terus berestafet sampai tuntas. Rampung serampung-rampungnya.
Hingga Deska dan Rinda berlabuh di titik masing-masing.
.
.
#20
#CeritaJanuari #30HariBercerita #RandomWriting #DailyWriting #Menulis #FlashStory #AyaNH

--- Meja Itu
.
.
Di meja itu:
Satu demi satu cangkir disuguhkan,
Rupa-rupa ekspresi turut meruap,
menyaru bersama kepul tipis yang ditiupkan si cangkir,
.
.
Di meja itu:
Si cangkir digelak tawa hingga tak sadar kopi yang dirangkumnya tercecer begitu saja,
Si cangkir diisak tangis hingga tanpa sadar kopinya turut jatuh dan merintik,
.
.
Tak ada yang tahu, laksa-laksa kenangan macam apa yang menjejak di sana,
di meja itu.
.
.
#19
#CeritaJanuari #30HariBercerita #RandomWriting #DailyWriting #Menulis #FlashStory #Prosa #AyaNH

--- Takut Hantu
.
.
Kita terlampau sering menerima sumber-sumber #informasi tidak tepat yang kemudian kerap kali menyebabkan kita salah dalam memahami diri sendiri.
.
.
Contoh paling umum adalah: takut hantu. .
Perasaan takut semacam itu tidak akan ada, sebenarnya, kalau sejak awal kita membentengi pikiran dari konsep-konsep itu.
Konsep keliru. Konsep tidak tepat.
Yang kemudian, sesuai dengan mekanisme kerja hukum pikiran, semua itu akan tercermin pula dalam perilaku kita.
Perilaku keliru. Perilaku tidak tepat.
.
.
Saat kita takut hantu -misal, saat itu pula kita telah keliru dalam memahami diri kita sendiri. Padahal sudah jelas dalam surat Al-Isra ayat 70 Allah mengatakan bahwa Ia telah memuliakan anak cucu-adam.
Namun kita yang telah terlampau berlebihan menjejali diri dengan informasi keliru, menjadi tak kalah keliru pula menafsirkan semuanya.
Atau bahkan, jangan-jangan sama sekali tak menyadari akan adanya sumber dari segala sumber informasi yang seharusnya dijadikan pegangan.
Adalah Al-Quran dan As-Sunnah.
.
.
Itu hanya contoh kecil.
Kekeliruan karena terlalu banyak mengecap informasi yang salah.
Dan nampaknya, kita harus mengurangi interaksi dengan sumber-sumber keliru, dan bergegas kembali pada sebenar-benarnya pegangan hidup. Adalah #AlQuran dan #AsSunnah.
.
.
#18
#CeritaJanuari #30HariBercerita #RandomWriting #DailyWriting #Menulis #SelfReminder #AyaNH
.
Pict by google.

Most Popular Instagram Hashtags